Parenting Islami

8 April 2021

9 Pondok Pesantren di Jogja Terbaik dan Berkualitas, Ada dari SD hingga Perguruan Tinggi!

Ada yang biaya pendidikannya gratis lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Yogyakarta memang memiliki julukan kota pelajar. Tak heran, ketika pondok pesantren di Jogja pun bisa ditemmukan dengan mudah.

Ya, Jogja ternyata tak hanya memiliki fokus pada pendidikan formal saja. Kota ini juga memiliki berbagai macam pesantren yang bisa Moms pilih sebagai tempat Si Kecil menempuh pendidikan.

Pesantren tak memiliki tujuan untuk menimba ilmu agama saja. Pondok pesantren di Jogja pun memiliki visi untuk membentuk karakter dari santri yang sedang menimba ilmu.

Ya, memasukan anak ke pondok pesantren di Jogja pun pilihan yang baik karena Si Kecil bisa belajar agama sekaligus sekolah formal dengan baik.

Baca Juga: Masjid-Masjid Unik Karya Ridwan Kamil di Indonesia

Daftar Pondok Pesantren di Jogja

Pondok Pesantren di Jogja

Foto: Orami Photo Stock

Dengan mengetahui beberapa pondok pesantren di Jogja, mungkin Moms lebih mudah untuk memilih tempat yang terbaik untuk Si Kecil.

Jangan sampai tertinggal informasi, berikut daftar pondok pesantren di Jogja yang bisa pilih!

1. Pesantren Tahfidz Quran Al Munawwir Krapyak

Pondok Pesantren di Jogja sangat identik dengan pesantren yang berada di Krapyak ini. Krapyak adalah nama dusun di desa Panggunghargo Kecamatan Sewon, Bantul.

Seperti khas dari berbagai pesantren lainnya, pesantren ini nama pondok pesantren di Jogja ini juga identik dengan nama desanya.

Seperti halnya Gontor dan Tebu Ireng, pesantren Krapyak pun lebih dikenal atau populer dengan nama dusunnya.

Pondok pesantren di Jogja ini memiliki nama asli Al Munawwir. Pesantren ini pun salah satu pondok yang bisa dibilang sudah sesepuh di Indonesia.

Tak heran, banyak alumni dari pondok pesantren di Jogja ini yang akhirnya mendirikan berbagai pesantren terbaik lainnya di berbagai belahan Indonesia.

Pimpinan dari pesantren Al Muayyad Solo, pesantren Yanbu' Kudus serta pesantren Al Asy'ariyah Wonosobo dan lain sebagainya pernah menjadi santri di pesantren Al Munawwir ini.

Pesantren Krapyak sendiri khusus mempelajari tentang tahfidz Quran. Jadi, bisa dibilang pondok pesantren di Jogja ini terbaik dalam tahfidz Quran karena santrinya akan menguasai cara membaca Quran atau yang biasa dikenal dengan qira'ah sab'ah.

Metode tahfidz Quran yang digunakan pondok pesantren di Jogja ini sangat khusus. Ada Binnadzar dan bil ghoib. Waktu menghafalnya pun sudah ditentukan yakni pagi dan ba'da magrib.

Pesantren ini tidak hanya sebatas menghafal Al Quran. Namun para santri pun akan melakukan ngaji kitab kuning bersama para kyai. Metode yang digunakan pun sorogan dan bandongan seperti pesantren tradisional pada umumnya.

Sementara itu, pendidikan formal yang dimiliki oleh pesantren ini adalah SMK.

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Pantura yang Nyaman Disinggahi untuk Beribadah

2. Pesantren KH. Ali Ma'sum

Masih berada di Krapyak, pesantren KH. Ali Ma'sum sendiri adalah salah satu pondok pesantren di Jogja yang mengedepanjan tahfidz Quran.

Pesantren ini pun sebenarnya masih satu kerabat dengan yang sebelumnya namun hanya berbeda yayasan saja.

Perbedaan pesantren ini dengan yang sebelumnya sendiri terletak pada pendidikan umum. Sekolah umum yang dimiliki pesantren yang ini sangat banyak.

Ya, pesantren ini menyediakan pendidikan MTS dan MA sementara pesantren Al Munawwir hanya SMK saja.

Pondok Pesantren di Jogja ini pun memiliki fokus yang sama yakni tahfidz Quran. Meski demikian, santri di sini memiliki kegiatan tambahan sekolah formal yang lebih banyak.

3. Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro

Salah satu pondok pesantren di Jogja ini berlokasi di Jalan Cuwiri no. 123, Jogokariyan. Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro merupakan pondok pesantren salafiyah yang dipadukan dengan pendidikan formal.

Selain menjadi tempat santri untuk anak-anak usia sekolah dari SMP dan SMA, pondok pesantren di Jogja ini juga menyediakan tempat untuk santri yang telah berstatus mahasiswa alias menempuh perguruan tinggi.

Jadi, selain bertujuan untuk mendalami ilmu agama, pesantren ini pun akan lebih fokus pada penguatan karakter santri dan memiliki wawasan yang luas.

4. Pondok Pesantren Nurul Ummah

Pondok Pesantren di Jogja

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari infopesantren, pondok pesantren di Jogja yang satu ini memiliki jumlah santri yang cukup banyak.

Nah, Moms juga tak perlu khawatir dengan pendidikan formal yang akan ditempuh Si Kecil karena pondok pesantren Nurul Ummah memiliki banyak sekolah formal.

Terletak di Jalan Raden Ronggo KG No. 11/982, Kota Gede, pondok pesantren di Jogja ini menggabungkan pendidikan agama dengan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Baca Juga: 5 Masjid Agung di Jalur Mudik Selatan yang Nyaman untuk Beribadah

5. Pondok Pesantren Al Barokah

Pondok pesantren Al Barokah sudah memiliki fasilitas untuk menggabungkan pendidikan formal dan tentu saja mempelajari ilmu agama.

Pondok pesantren ini memiliki alamat di Blunyahrejo, Tegalrejo. Dipimpin oleh KH. Rosim Al Fatih, Lc., Pondok Pesantren Al Barokah kini memiliki 100 santri yang terdiri dari santri putra dan juga santri putri.

6. Pesantren Taruna Al Quran

Keunikan pesantren ini adalah biaya gratis yang diperuntukkan oleh seluruh santri. Pembiayaan dilakukan oleh unit usaha pesantren.

Kendati demikian, jika ada yang ingin membayar untuk berada di pesantren ini pun dipersilakan. Karena gratis, animo calon santri yang ingin belajar di pondok pesantren ini pun cukup besar setiap tahun.

Meski demikian, kapasitas santri yang bisa ditampung oleh pondok pesantren di Jogja ini tidaklah besar.

Pesantren Taruna Al Quran sendiri istimewa karena program yang dimiliknya. Jadi, setiap siswa yang sudah lulus dari MTS sudah harus dan wajib hafal 30 juz Al Quran.

Hal ini menjadi unik karena setiap anak juga belajar formal seperti biasanya. Bukan hanya menghafal Al Quran saja.

Tak sampai sana Moms, setiap santri yang lulus dari MTS pun perlu menghafal 100 hadist pilihan.

Sementara untuk santri MA, mereka diwajibkan untuk melakukan pendalaman ilmu agama seperti Ushul Fiqh, Faraid, Nahwu dan lain sebagainya.

7. Pesantren Nurul Ummah

Pondok Pesantren di Jogja

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu pondok pesantren di Jogja ini berlokasikan di Prenggan, Kota Gede. Pesantren ini khas dengan model NU.

Pendidikan di pesantren ini terbagi dua, yakni pagi dan juga sore. Sementara pukul 7 pagi hingga selesai, para santri akan melakukan pendidikan formal.

Ya, pesantren Nurul Ummah sendiri memiliki pendidikan formal di dalam lingkungan pesantren itu sendiri. Jenjang pendidikan yang ada adalah MI, MTS, dan juga MA. Jadi, Moms tidak perlu khawatir mengenai pendidikan akademis Si Kecil, ya!

Dilihat dari sisi pendidikan, pesantren ini lebih kental pada aspek pesantrennya. Pesantren Nurul Ummah sendiri memiliki fokus pada tahfidz Quran dan takhassus mengaji kitab kuning.

Baca Juga: 7+ Pesantren Terbaik di Indonesia, Punya Sejarah dan Fasilitas Luar Biasa!

8. Pesantren Tradisional Assalafiyah

Ini adalah salah satu pondok pesantren di Jogja yang bisa dibilang cukup strategis.

Pesantren ini berlokasikan di Mlangi yang dekat dengan Universitas Islam Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pesantren Tradisional Assalafiyah sendiri memiliki moto atau jargon "madrasah berbasis alam dan pesantren". Jadi, jika melihat pesantren ini, ingatan kita akan dibawa ke alam bebas serta kesederhanaan seperti anyaman bambu, berlantai ubin dengan atap yang terbuat dari jerami.

Ketika mandi, ada juga istilah blumbang. Blumbang adalah kolam bersama. Jadi, benar-benar kembali ke alam nih Moms! Bahkan untuk minumnya pun disediakan gentong!

Kelasnya sendiri pun unik, pondok pesantren di Jogja ini menggunakan gazebo dalam kegiatan belajar mengajar.

Seperti yang sudah dijelaskan, pesantren ini pun menganut pendidikan yang tradisional. Si Kecil akan diajarkan ngaji kitab kuning dengan kyai, sorogan, serta tahfidz Quran.

Nah untuk jenjang pendidikannya sendiri, pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan formal seperti MTS, MA, dan juga SMK.

9. Pesantren Al Khairaat

Pondok pesantren di Jogja selanjutnya adalah Al Khairaat. Pesantren ini terletak di Jalan Veteran UH, Umbulharjo, Pondok Pesantren Al Khairaat merupakan salah satu pesantren yang cukup terkenal di Kota Yogyakarta.

Sama seperti pesantren yang lainnya, selain mendalami ilmu agama, Si Kecil juga akan memiliki jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Nah Moms, gimana nih? Apa sudah menemukan pondok pesantren di Jogja yang cocok untuk Si Kecil? Jangan lupa untul membicarakan hal ini pada pasangan sebelum memutuskan ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait