Parenting Islami

19 Mei 2021

13 Pondok Pesantren di Solo untuk Pendidikan Agama Si Kecil, Ada yang Berdiri sejak 1750, Masya Allah!

Sedang mencari pondok pesantren di Solo? Intip referensinya yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Solo merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Selain menjadi kota yang terkenal sebagai pusat maulid nusantara, ada juga pondok pesantren di Solo yang cukup popular dan juga memiliki kualitas di atas rata-rata.

Pesantren merupakan lembaga agama yang digunakan untuk menimba ilmu agama. Tetapi ada juga pondok pesantern di Solo yang memiliki pendidikan formal seperti MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Hal ini tidak terlepas dari proses adaptasi pesantren dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

Journal of Islamic Civilization in Southeast Asia mencatat, perluasan jaringan pesantren juga bersifat inklusif. Pesantren sudah bekerjasama dengan berbagai organisasi yang terkait dengan pengembangan manajemen pesantren.

Baca Juga: 9 Pesantren di Bogor Terlengkap dan Modern untuk Pendidikan Si Kecil, Catat!

Referensi Pondok Pesantren di Solo

Pondok Pesantren di Solo -1.jpg

Foto: Solopos.com

Karena selain pembiasaan agama dan juga mengandung jenjang pendidikan formal, pesantren kini juga ikut mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa pondok pesantren di Solo yang bisa Moms pertimbangkan.

1. Pondok Pesantren Ta'mirul Islam

Pondok Pesantren ini merupakan lembaga Islam yang telah berdiri sejak 1928. Termasuk ke dalam jajaran pondok pesantren yang berusia tua, perkembangannya mulai pesat setelah memasuki usia 40 tahun. Sebab sebalumnya pesantren ini sulit berkembang karena masih dalam masa penjajahan.

Pondok yang terletak di Jl KH Samanhudi, Tegalsari, Surakarta ini juga memiliki beberapa jenjang pendidikan formal. Di antaranya adalah SD dan SMP. Selain itu, pondok pesantren ini juga memiliki program ngaji masyarakat seperti pesantren kilat atau pengajian Syawalan.

2. Pondok Pesantren Al-Muayyad

Pondok pesantren yang berada di Jl K H Samanhudi, Purwosari, Laweyan, Surakarta ini termasuk ke dalam salah satu pondok pesantren Alquran yang tertua di Solo. Pendirinya adalah KH Abdul Manan dan KH Sofawy.

Pondok pesantren ini memiliki kurikulim pendidikan salaf dan tahfidz Alquran, serta jenjang pendidikan formal. Di antaranya adalah kelas SD, SMP, sampai SMA. Memiliki berbagai fasilitas penunjang belajar yang cukup baik, pondok pesantren ini juga terkenal karena dapat bertahan hingga kini.

3. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Ini merupakan salah satu pondok pesantren di Solo yang masuk dalam jajaran pesantren terbaik. Pondok pesantren yang dibangun sejak 7 Agustus 1982 ini memiliki sistem kurikulum yang cukup lengkap dan menjadi alasannya masuk dalam deretan pesantren terbaik di Solo.

Beberapa programnya yakni program akselerasi untuk MTs dan SMA, program khusus bagi yang ingin menghafal Alquran Kulliyatul Qur'an wal Hadits (KTQ), dan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

Pesantren yang terletak di Kartasura, Jalan Garuda Mas, Pabelan, Sukoharjo – Surakarta ini memiliki fasilitas penunjang belajar yang cukup lengkap, seperti masjid, asrama, labolatorium, observatorium, perpustakaan, poliklinik, lapangan olah raga, laundry, dan sebagainya.

4. Pondok Pesantren Jamsaren

Pondok Pesantren Jamsaren merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1750. Sistem pendidikan yang digunakan adalah salafiyah dan madin (madrasah diniyah), serta beberapa jenjnang pendidikan formal seperti SLTP dan SLTA.

Sistem salaf yang digunakan adalah metode yang umum, yaitu dengan menekankan beberapa pembelajaran kuno dengan tulisan Arab Peghon, kemudian diajarkan pula beberapa grametika pokok seperti Nahwu, Sorof, I'lal, dan I'rab.

Baca Juga: Ingin Anak Berprestasi di Sekolah? Ajarkan 5 Kebiasaan Belajar yang Baik Ini!

5. Pondok Pesantren Darul Amanah

Pondok Pesantren di Solo -2.jpg

Foto: Darulamanah.com

Pondok pesantren ini merupakan cabang dari pondok pesantren Darunajjah yang berada di Jakarta. Sama seperti pusatnya, pondok pesantren di Solo ini juga berkembang dengan pesat dan termasuk ke dalam pondok modern yang terkenal.

Pondok pesantren ini memiliki beberapa jenjang pendidikan formal, mulai dari SD/ MI, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Salah satu tujuan dari pondok pesantren ini adalah untuk membentuk karakteristik santri agar lebih bertanggung jawab, memiliki jiwa pemimpin dan memiliki wawasan luas.

6. Pondok Pesantren Modern Selamat

Pondok pesantren di Solo selanjutnya ini telah berdiri sejak 1992. Pendiri pondok pesantren ini merupakan alumni santri dari pondok pesantren Darussalam Gontor yaitu Selamet Soemadyo. Di sini, pengurus memadukan pendidikan formal dan juga pendidikan agama.

Pondok pesantren modern ini semakin berkembang dibandingkan dengan pondok pesantren yang lain, salah satunya karena beragam fasilitas yang dimiliki serta pola pembelajaran yang baik. Tidak heran jika hal tersebut membuar pondok oesantren ini termasuk salah satu pondok pesantren terbaik di Solo.

7. Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6

Pondok pesantren Darussalam gontor yang ada di Malang dikenal memiliki cabang di berbagai daerah, salah satunya di Solo yang diberi nama Pondok Pesantren Darul qiyam Gontor 6. Pondok pesantren ini juga memiliki prestasi yang tidak kalah dibandingkan dengan induknya tersebut.

Selain mempelajari pendidikan agama Islam, para santri juga dibekali pendidikan formal seperti TK, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Ini dimaksudkan agar para santri ikut berkembang sesuai zamannya, dan mendapatkan pendidikan yang berimbang.

8. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi

Ini adalah salah satu pondok pondok pesantren di Solo yang berada di kecamatan Mijen, Kota Solo, Jawa Tengah. Salah satu pondok salafiyah di Solo ini termasuk dalam pondok termuda karena baru berdiri pada 2008 yang lalu.

Meski begitu, hingga kini terhitung sekitar 900 santri aktif berada di pondok pesantren tersebut. Seperti pesantren lainnya, pondok pesantren ini memiliki pendidikan agama sekaligus jenjang pendidikan formal yang berimbang dan baik untuk pendidikan santri.

9. Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad

Pondok Pesantren ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama saja namun juga memiliki jenjang pendidikan formal juga. Selain itu, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler yang tujuannya agar mengembangkan skill atau kemampuan yang dimiliki oleh para santri.

Sehingga, setelah lulus dari pondok pesantren ini para santri telah memperoleh bekal dalam menjalani kehidupannya. Yakni bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutkan, memiliki bekal agama yang kuat, serta dapat berbaur dengan masyarakat.

Baca Juga: Ini Tandanya Anak Siap Untuk Masuk Sekolah, Tak Hanya Mengenai Umurnya Saja Lho Moms

10. Pondok Pesantren NDM Surakarta

Pondok Pesantren di Solo -3.jpg

Foto: Ndmsurakarta.sch.id

Ini merupakan pondok pesantren yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Nahdlotul Muslimat (NDM), Surakarta. Pondok pesantren yang berdiri sejak 1931 ini terletak di tengah kota Surakarta. Pondok ini memiliki kurikulum yang sejajar dengan kurikulum Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Di sini memiliki 3 jenjang madrasah, yaitu: Madrasah Tsanawiyah (MTs), Kulliyatul Muallimat (KMI Putri), dan Kulliyatul Muallimin (KMI Putra). Salah satu tujuan pondok pesantren ini adalah meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris para santri.

11. Pondok Pesantren Imam Bukhari

Pondok pesantren di Solo bermanhaj salaf ini terletak di Jl Raya Solo-Purwodadi Km. 8, Selokaton Gondangrejo, Karanganyar, Solo. Pondok pesantren ini menerapkan pola pendidikan Islam yang berfokus pada tasfiyah atau tanpa syirik dan tarbiyah atau pendidikan yang benar.

Hafalan Qur’an adalah program unggulannya yang dikuatkan dengan penguasaan dasar ilmu-ilmu pokok agama Islam. Disamping itu, di sini juga memberi kesempatan kepada santri untuk mendapatkan ijazah pemerintah dengan menjalin kerja sama dengan Diknas melalui program pendidikan kesetaraan.

Terdapat pula kegiatan ekstra kurikuler seperti komputer, bela diri, olah raga, Osis, menjahit, tata boga, dan sebagainya. Ada juga program beasiswa bagi santri yang meraih prestasi tertentu dengan meraih predikat istimewa.

12. Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin

Pondok pesantren ini diawali dari pengajian selepas dzuhur di masjid Agung Surakarta. Selanjutnya para da’i dan mubaligh mengembangkan bentuk pengajian tersebut dengan mendirikan Madrasah Diniyah di jalan Gading Kidul 72 A Solo.

Memiliki tujuan melahirkan ulama dan cendekia yang siap menerima dan mengamalkan Islam secara kaffah (universal), pondok pesantren ini membentuk generasi muslim yang beribadah dengan benar, berakhlak mulia, berwawasan luas, kuat jasmani yang terlihat dalam pola pendidikannya.

13. Pondok Pesantern Darul Fithrah

Ini adalah salah satu pondok pesantren di Solo lainnya yang memiliki ciri khas. Memiliki visi mewujudkan insan yang berwawasan luas, bertakwa, hafal Alquran dan berakhlak karimah, pondok pesantren ini juga memberikan fokus lain dalm hal teknologi informasi.

Selain diarahkan untuk hafal Alquran, mahir berbahasa Arab dan Inggris, santri juga dibekali dengan pengetahuan teknologi informasi. Hal ini diharapkan dapat menjadi proses adaptasi tantangan zaman dengan menyebarkan dakwah dalam dunia maya.

Itulah beberapa referensi pondok pesantren di Solo yang dapat dipertimbangkan sebagai sekolah Si Kecil selanjutnya, Moms!

  • https://darulfithrah.com/2015/11/19/darul-fithrah-pondok-pesantren-di-solo-berbasis-it/
  • https://www.almukminngruki.or.id/index.php/profil/sasaran-dan-tujuan
  • https://www.alquran-sunnah.com/iftitah/referensi/pondok-pesantren/379-pesantren-imam-bukhari.html
  • https://ndmsurakarta.sch.id/
  • http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jicsa/article/view/2351
  • http://www.abusyuja.com/2020/03/9-pondok-pesantren-terbaik-di-solo-dan-sekitarnya.html
  • https://www.infopesantren.com/2019/01/pesantren-di-solo.html
  • https://www.almukminngruki.or.id/index.php/profil
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait