Selebriti

SELEBRITI
8 Januari 2021

Eksklusif! Poppy Sovia Buka-bukaan Soal Kesehatan Mentalnya, Idap Bipolar Hingga Akui Ingin Terjun dari Apartemennya

Dirinya bahkan sempat mengalami mental breakdown
placeholder

Foto: YouTube Orami Entertainment

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu tahu tentang sosok Poppy Sovia, sosok selebriti yang terkenal sebagai aktris dalam beragam film. Kini, aktris yang kerap berpenampilan nyentrik ini memang sudah jarang terlihat di layar lebar.

Memiliki keluarga kecil yang bahagia, wanita yang akrab disapa Popsov tersebut ternyata pernah memiliki gangguan kesehatan mental. Hal ini ia ungkapkan pada segmen "Buka-bukaan" di kanal YouTube Orami Entertainment.

Popsov banyak menceritakan tentang dirinya yang harus ke psikiater, serta didiagnosis mengidap bipolar. Seperti apa kisahnya? Simak lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: Terlibat di Dunia Balap dan Sinetron, Raya Kitty Akui Sempat Ingin Menyerah

Adanya Perbedaan Pola Asuh Anak dengan Suami

popsov5.jpg

Foto: Youtube Orami Entertainment

Berbeda usia dan latar belakang keluarga, membuat Poppy Sovia dan Sang Suami juga cukup mengalami perbedaan dalam mengurus anak mereka, June.

Namun, di usia June yang 1,5 tahun ini, akhirnya suami Poppy memberikan kepercayaan penuh kepada Poppy untuk mengurus anak.

Apalagi menurut Poppy, dirinya juga mulai bebas mengurus anak karena Sang Suami lebih sering bekerja di Bandung, sementara Popsov di Jakarta.

Poppy juga mengungkapkan kalau dirinya seorang control freak. Hal ini mulai terjadi semenjak dirinya ditinggalkan Sang Ayah saat SMA.

Menurut Poppy, kadang yang membuatnya kembali depresi adalah masalah keluarga, terutama berkaitan dengan ibunya.

Baca Juga: Cerai dengan Suami, Raya Kitty Merasa Down Hingga 2 Minggu

Didiagnosis Bipolar Tipe 1

popsov1.jpg

Foto: Youtube Orami Entertainment

Poppy Sovia pertama kali mengunjungi psikiater pada tahun 2009, karena diarahkan oleh manajemennya.

Dirinya sempat mengalami mental breakdown yang membuatnya meninggalkan pekerjaan, keluarga, dan dirinya sendiri. Saat itu, Poppy diketahui didiagnosis mengidap kondisi bipolar tipe satu.

Moms bisa mengetahuinya lebih lanjut dengan menonton videonya di link ini.

Tidak Lagi Mengonsumsi Obat

popsov2.jpg

Foto: Youtube Orami Entertainment

Meski harus bolak-balik ke psikiater, Poppy Sovia mengaku kalau dirinya sudah tidak mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi kondisi kesehatan mentalnya.

Awalnya, Poppy sempat mengonsumsi obat untuk kesehatan mentalnya. Dirinya juga mengungkapkan baru kali ini ia mengungkapkan kalau memiliki masalah mental dan mudah panik.

"Aku merasa tidak sendiri, dan banyak orang yang belum bisa mengungkapkan masalah mereka. Waktu 2009 aku bolak-balik aku malu, padahal banyak orang yang sama seperti aku," jelas Popsov.

Tidak lagi mengonsumsi obat, kini Poppy mengandalkan shalat dan berdoa, serta memperbaiki lingkaran sosialnya yang merupakan orang-orang terdekatnya, seperti ibunya, suaminya, bahkan asisten rumah tangganya (ART).

Baca Juga: Sempat Ditolak, Begini Kisah Cinta Mark Sungkar dan Istri yang Berbeda 45 Tahun

Pemicunya Terdiri dari Banyak Faktor

pop33.jpg

Foto: Youtube Orami Entertainment

Liza Djaprie, psikolog klinis yang juga menjadi host di segmen Buka-bukaan, mengungkapkan bahwa apapun masalah psikologis ada banyak faktor yang terlibat.

Seperti karakter, tekanan lingkungan, genetik, keturunan, dan kemungkinan ada yang salah dengan otak. Namun, biasanya penyebabnya bukan faktor tunggal, karena itu harus dicari tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Menurut Liza, apa yang dilakukan Poppy sudah baik, Tetapi, ia harus mulai rutin pada apa yang dia lakukan untuk mengobati kondisi kesehatan mentalnya.

Baca Juga: Cerita Widi Mulia Tentang Dwi Sasono yang Masuk Rehab, Butuh Dua Minggu untuk Berdamai!

Pernah Ingin Bunuh Diri

popsov4.jpg

Foto: Youtube Orami Entertainment

Poppy beberapa kali pernah menyakiti dirinya, juga pernah ingin lompat dari apartemennya dan bahkan berdelusi ingin terbang dengan motornya. Karena delusi ini juga, Poppy pernah mengonsumsi narkoba.

Untungnya, Poppy memilih untuk tidak terlarut dalam pada masalahnya dan masih merasa ada ikatan pada orang-orang yang menurutnya tidak akan senang kalau Poppy meninggalkan dunia lebih dahulu.

Kini, Poppy yang mulai terbuka dengan masalahnya, kerap menghubungi orang saat keinginan bunuh diri kembali menghamipirinya.

Poppy sangat bersyukur bisa sampai sekarang yang membuatnya menjadi seperti sekarang.

"Hidup tuh hanya sekali, aku tahu ini tidak gampang, tapi bukan berarti di sis aini aku ga dapat kebahagiaan-kebahagiaan itu. Aku memilih bahagia," ungkap Poppy.

Itu dia cerita Poppy Sovia yang buka-bukaan mengungkapkan tentang kondisi mentalnya. Semoga Popsov selalu dalam kondisi yang baik, ya!

Jika ingin mencari tahu kisah Popsov lebih lanjut tentang kondisi mentalnya, Moms langsung tonton di video Buka-bukaan di link ini, ya.

Artikel Terkait