Trimester 2

3 Januari 2021

5 Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan, Dijamin Aman!

Hamil 5 bulan ternyata memiliki tantangan tersendiri dalam berhubungan dengan suami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms pasti bertanya-tanya apa saja posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan. Wajar saja jika Moms khawatir berhubungan skes dengan perut yang sudah membuncit. Tapi jangan khawatir lagi karena ada beberapa posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan.

Kehamilan jelas memengaruhi setiap wanita dengan cara yang berbeda dan itu termasuk pada urusan kehidupan seks bersama pasangan. Bagi beberapa calon Moms, kehamilan membuat mereka merasa seperti dewi seks yang tidak pernah merasa cukup.

Namun, ibu hamil lainnya menemukan fakta bahwa di antara berbagai kesulitan hamil mulai dari mual di pagi hari, kelelahan, dan nyeri payudara, membuat berhubungan seks saat hamil menjadi hal paling terakhir yang mereka ingin lakukan.

Ini mungkin karena beberapa ibu hamil mengalami drama kehamilan yang cukup berat dan melelahkan.

Saat Moms berlayar memasuki trimester kedua atau usia kehamilan 5 bulan, mungkin Moms akan mulai merasa lebih baik dan bahkan lebih jarang muntah.

Pada saat ini, Moms mungkin menemukan libido Moms kembali untuk memulai berhubungan dengan cara yang tentunya tepat dengan kondisi kehamilan di usia 5 bulan ini.

Jadi, bisakah Moms berhubungan seks saat hamil 5 bulan? Seperti dikuti dari Romper, para ahli mengatakan bahwa sebagian besar ibu hamil dapat melakukannya. Akan tetapi, Moms harus mengingat beberapa hal sebelum melakukannya.

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), berhubungan seks adalah hal yang aman untuk dilakukan pada usia kehamilan berapapun. Namun, mungkin Moms dan pasangan harus kreatif untuk menemukan posisi yang tepat dan mengakomodasi perut Moms yang sedang tumbuh.

American Pregnancy Association (APA) mengatakan bahwa ada beberapa situasi di mana sebagian besar penyedia layanan kehamilan akan menyarankan wanita hamil untuk tidak berhubungan seks.

Misalnya, jika Moms pernah mengalami kehamilan dengan lahir prematur dan atau persalinan di masa lalu, mengalami perdarahan vagina, menderita plasenta previa atau telah didiagnosis dengan serviks yang tidak kompeten.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, trimester kedua atau hamil 5 bulan adalah fase paling nyaman dan menyenangkan selama masa kehamilan, untuk memelihara keintiman dengan pasangan Moms. Perut Moms mungkin membesar, tetapi tidak membuat halangan apa pun dalam bercinta.

Baca Juga: Hamil Muda Boleh Berhubungan Seks?

Beberapa posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan yaitu:

1. Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan: Posisi Wanita di Atas

posisi berhubungan saat hamil 5 bulan

Naiki kapal itu! Posisi yang mantap ini juga didukung oleh sains karena setidaknya satu penelitian di Taiwan menemukan peningkatan kepuasan seksual untuk wanita hamil yang mengontrol penetrasi dengan berada di atas pasangan.

Sesuaikan kenyamanan dengan bersandar ke belakang atau dinding agar berat perut tidak membawa Moms menekuk perut besar yang berisi Si Kecil.

Posisi ini membantu mengenai tempat yang tepat di vagina dan bisa Moms praktekan sejak awal hingga kehamilan Moms yang berusia 5 bulan bahkan lebih. Namun, posisi ini tidak bisa terus dilakukan hingga trimester ketiga.

Pada trimester ketiga, Moms mungkin ingin menghindari penetrasi yang dalam, terutama jika alat vital Moms cukup sensitif dan ingin menghindari iritasi pada serviks atau pendarahan yang tidak disengaja.

Baca Juga: Apakah Boleh Menggunakan Alat Bantu Seks Saat Hamil?

2. Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan: Posisi Spooning atau Menyendok

"Bagaimanapun, seks adalah tentang menikmati tubuh, keintiman, dan kedekatan. Posisi menyendok itu luar biasa," kata Holly Richmond, seorang terapis seks klinis dan terapis pernikahan dan keluarga berlisensi.

Ini adalah salah satu posisi terbaik bagi Moms yang hamil 5 bulan dan ingin berhubungan. Moms dan pasangan hanya perlu bersandar menyamping di mana pasangan ada di belakang dan keduanya menghadap satu sisi yang sama.

Posisi yang nyaman ini membuat pasangan dapat bebas memegang dan biasanya menembus benteng pertahanan Moms yang sedang hamil.

Akan tetapi, apakah benteng itu benar dapat ditembus atau tidak, selalu sentuh klitoris karena di situlah pusat kesenangan berada. Khabar baiknya, posisi ini juga tidak menganggu atau menekan perut Moms yant hamil 5 bulan.

3. Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan: Posisi Cowgirl Terbalik

posisi berhubungan saat hamil 5 bulan

Posisi terbaik yang melibatkan Moms yang sedang hamil 5 bulan adalah mengangkangi pasangan. Namun, tetap pastikan untuk menjaga rangsangan klitoris dalam posisi ini.

Jika posisi ini adalah salah satu favorit Moms, maka Moms mungkin dapat menyesuaikan beban dengan bersandar pada pasangan dan memposisikan lengan di belakang badan untuk menopang.

Posisi ini baik karena mencegah perut Moms tertekan atau disentuh, jika memang Moms merasa sensitif di area tersebut.

Baca Juga: Fakta Menarik dan Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Seks Saat Hamil

4. Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan: Posisi Duduk

Ini adalah satu posisi yang juga bisa dicoba bagi Moms yang sedang hamil 5 bulan. Moms dan pasangan dapat menikmati hubungan seks sambil duduk, di mana Moms harus duduk di kursi atau di tepi tempat tidur dan pasangan memposisikan diri di depannya.

“Pasangan mereka kemudian dapat dengan mudah mengakses dengan jari, kemaluan, dan mulut. Pasangan dapat berlutut di depan wanita hamil atau menarik kursi dan duduk di samping mereka lalu pergi ke peraduan bersama," ujar Shanna Katz Kattari, Seksolog sexologist dan Instruktur di University of Michigan School of Social Work.

5. Posisi Berhubungan yang Bagus saat Hamil 5 Bulan: Bersandar Pada Bantal

posisi berhubungan saat hamil 5 bulan

Posisi terbaik untuk berhubungan yang satu ini membutuhkan bantuan banyak bantal. Moms tentu tahu bahwa Moms tidak boleh berbaring telentang pada usia kehamilan yang semakin menua atau dimulai usia 5 bulan.

Akan tetapi, Moms masih dapat menikmati posisi misionaris yang dimodifikasi jika Moms mau. Moms hanya perlu memastikan untuk menopang diri dengan bantuan banyak bantal, berada pada sudut tegak dan pasangan Moms tidak berbaring di atas atau di perut Moms. Prinsipnya, posisi ini mirip dengan posisi duduk.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Janin Saat Moms Berhubungan Seks Saat Hamil?

Itulah beberapa posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan. Posisi-posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan di atas terbilang aman karena tidak ada penekanan pada perut Moms yang sudah mulai membuncit.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari posisi seks yang memberikan tekanan pada perut atau membuat Moms berbaring telentang, seperti posisi misionaris, ketika Moms memasuki usia kehamilan 5 bulan.

Selain itu, cobalah untuk meminimalkan tindakan penetrasi dalam, karena tidak disarankan untuk memberikan tekanan berlebihan selama trimester kedua tersebut.

Jangan khawatir, karena pendekatan atau hubungan seks bagi Moms yang sedang hamil 5 bulan tidak selalu harus dilakukan secara langsung. Pendekatan hubungan seks antara Moms dan pasangan juga bisa dilakukan secara oral.

Asisten Dokter Bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam urologi, kesehatan wanita, dan pengobatan seksual, Aleece Fosnight, MSPAC, PA-C, CSC, CSE., mengatakan bahwa memberi atau mendapatkan seks oral boleh-boleh saja dilakukan bagi wanita yang hamil usia 5 bulan.

Menurutnya, tidak masalah jika Moms menelan atau memberikan seks oral kepada pasangan yang memiliki penis karena hal tersebut tidak akan memengaruhi Si Kecil di dalam perut  Begitu pula jika Moms menerima seks oral, itu tidak akan memengaruhi perkembangan bayi, terutama pada trimester terakhir.

Selain itu, ini adalah alternatif yang menyenangkan untuk seks penetrasi jika Moms tidak siap melakukannya.

Sementara rangsangan klitoris adalah salah satu cara yang lebih dapat atau diandalkan untuk mencapai orgasme, perlu Moms ketahui bahwa tidak semua seks harus diakhiri dengan orgasme.

Seks adalah tentang keintiman fisik, terlepas apakah ada penetrasi atau tidak dan atau mengalami orgasme atau tidak.

Baca Juga: 7 Posisi Berhubungan Agar Bayi Cepat Lahir, Ingin Coba?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait