Trimester 1

4 Agustus 2021

3+ Posisi Seks saat Hamil yang Aman dan Nyaman, Catat ya Moms!

Cari tahu juga tipsnya yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms, saat hamil bukan berarti pasangan suami istri tidak boleh behubungan seks. Hubungan seks saat hamil justru boleh dilakukan kapan pun, asal posisi seks saat hamil tetap aman dan nyaman. Apalagi jika telah didiskusikan dulu dengan dokter.

Saat hamil, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa hubungan seks dapat membahayakan kandungan atau merasa terganggu dengan posisi perut yang semakin membesar.

Sebenarnya, seks masih bisa terasa menggairahkan kok, Moms. Pelajari tentang posisi seks saat hamil yang akan tetap memanaskan gairah di atas ranjang tanpa khawatir dan tetap menyenangkan!

Baca Juga: 4 Posisi Seks yang Pas untuk Penderita Nyeri Leher dan Punggung

Ini yang Terasa Jika Melakukan Seks saat Hamil

Posisi Seks Saat Hamil -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum menemukan posisi seks saat hamil yang cocok, aman dan nyaman, ketahuilah bahwa seks saat hamil tidak hanya aman tapi juga baik dilakukan. Perempuan yang mengalami orgasme selama kehamilan mendapat beberapa manfaat.

“(itu) Dari hormon yang menenangkan dan meningkatkan aliran darah kardiovaskular, dan manfaat itu diturunkan ke bayi,” catat Aleece Fosnight, asisten dokter dan konselor seks di bidang urologi, kesehatan perempuan, dan kedokteran seksual.

Karena hormon ini, beberapa perempuan mungkin merasa vaginanya kurang ‘ketat’. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, seperti peningkatan pelumasan dan perubahan hormon. Ada juga yang menemukan otot dasar panggul yang terlalu kencang yang membuat seks benar-benar tidak nyaman.

Untuk ini, Aleece merekomendasikan untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk pemanasan dengan foreplay atau ciuman. Moms juga bisa melakukan seks dengan penuh perhatian dan melewatkan penetrasi sama sekali.

Ada beberapa hal yang terjadi saat melakukan hubungan seksual saat hamil, di antaranya:

1. Lebih Mudah Orgasme

Stephanie Buehler, penulis buku yang psikolog dan terapis seks bersertifikat mengatakan bahwa beberapa perempuan mungkin atau bahkan mengalami orgasme untuk pertama kalinya selama kehamilan karena aliran darah dan hormon.

Mungkin kedengarannya sedikit menakjubkan. Tapi itu bukan gambaran secara keseluruhan. “Selama kehamilan, tubuh Anda berubah, dan setiap hari, minggu, dan bulan bisa terasa berbeda dari sebelumnya,” jelasnya.

2. Alat Kelamin Lebih Sensitif

Karena perubahan hormonal, beberapa perempuan menemukan bahwa nafsu seksualnya menjadi tinggi. Moms bahkan tidak bisa merasa cukup hanya dari cuddling atau foreplay saja. Apa yang mendorong hal tersebut?

Aleece mengatakan ada 50 persen peningkatan aliran darah yang terjadi selama kehamilan. Darah itu juga mengalir ke vulva, vagina, klitoris, dan panggul, menggenangi jaringan. Tergantung pada orangnya, itu bisa terasa menyenangkan, menjengkelkan, atau di antara keduanya.

"Pria mungkin mengatakan mereka merasa lebih penuh di vagina, bahkan selama trimester pertama," kata dia.

3. Merasa Sedikit Ekstra Basah

Saat menemukan posisi seks saat hamil yang pas, Moms akan merasa sedikit lebih basah di daerah vagina daripada biasanya. Jangan khawatir, itu adalah hal yang umum terjadi, bahkan saat kehamilan pada trimester terakhir.

“Adalah umum untuk peningkatan sekresi dan lebih banyak pelumasan terjadi, sebagian besar untuk melawan bakteri (dan infeksi bakteri). Anda tidak lagi seperti oven pembersih diri biasa. Anda adalah oven pembersih diri ekstra,” katanya.

4. Seluruh Tubuh Lebih Sensitif

Sebagai persiapan untuk produksi ASI, bentuk dan ukuran payudara juga dapat berubah dan bertambah hingga satu atau dua cup. Ini akan meningkatkan sensitifitas tubuh, terutama bagi Moms yang menyukasi saat mendapatkan rangsangan di area puting payudara.

Baca Juga: 9 Posisi Seks untuk Orgasme Maksimal, Perlu Dicoba!

Kekhawatiran Berhubungan Seks saat Hamil

Posisi Seks Saat Hamil -2

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa hal yang sering menjadi kekhawatiran saat melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Di antaranya:

1. Apakah Penetrasi Mengganggu Kehamilan?

Sederhananya, tidak. "Selama penetrasi, rahim mungkin bergerak sedikit dan Anda merasakannya. Orang-orang ketakutan ada sesuatu yang terjadi pada bayi itu. Faktanya, rahim lebih mudah digerakkan selama kehamilan,” jelas Aleece.

Dia menambahkan, bayi sangat terlindungi dan memiliki sistem filternya sendiri yang sangat selektif tentang apa yang masuk dan keluar. "Kecuali Anda telah diinstruksikan untuk melakukan istirahat panggul, seks boleh saja," terangnya.

Istirahat panggul dapat diresepkan untuk masalah seperti serviks yang tidak kompeten atau plasenta previa. Namun, penelitian di atas menemukan hingga 80 persen Dads khawatir jika seks yang dilakukan akan ‘menyakiti bayi’.

2. Apakah Seks Saat Hamil Menyebabkan Keguguran?

Seks tidak akan menyebabkan keguguran. Keguguran sering kali disebabkan oleh janin yang tidak berkembang secara normal. Sebuah studi 2011 oleh CMAJ menyimpulkan bahwa seks tidak menyebabkan persalinan dini pada kehamilan berisiko rendah.

Faktanya, seks bahkan dapat membantu persalinan. “Beberapa pasangan berhubungan seks sampai perempuan melahirkan. Kecuali ada alasan medis atau salah satu atau kedua pasangan tidak tertarik, pasangan bisa melakukan sesuka mereka," kata Stephanie.

3. Mengapa Saya Tidak Merasa Seksi?

Dengan hormon yang terus berubah dan terbiasa dengan tubuh baru, ada banyak perubahan yang dapat memperumit keinginan. Banyak perempuan mencatat penurunan minat, kenyamanan, dan keinginan pada trimester ketiga, menurut penelitian Journal of Sex and Marital Therapy.

Sementara kelelahan dan mual di pagi hari berlalu, beberapa hambatan mungkin terkait dengan pola pikir. “Kehamilan juga bisa menjadi waktu eksplorasi psikologis dan seksual bagi orang hamil dan pasangannya,” tambahnya.

Mungkin Moms menemukan apa yang dulu membuat bersemangat namun sekarang tidak lagi. Itu mungkin hanya masalah selera yang berbeda dan bereksperimen untuk melihat apa yang berhasil, termasuk menemukan posisi seks saat hamil yang menggairahkan.

4. Apakah Ada Hal Seksual yang Tidak Aman?

Moms dan Dads harus membuat batasan tentang sentuhan apa yang dapat diterima dan tidak. Selain membutuhkan waktu untuk menemukan posisi seks saat hamil yang aman, pastikan juga untuk tidak melakukan tindakan yang membahayakan bagi pasangan dan juga janin.

Dan sementara teknik anal dan posisi berada di atas baik-baik saja, jangan biarkan Dads meniupkan udara ke dalam vagina. Meskipun jarang, udara yang tertiup ke dalam vagina dapat menyebabkan emboli dan bahkan kematian.

Baca Juga: Jangan Lakukan 4 Posisi Seks Ini Saat Sedang Lelah

Posisi Seks saat Hamil yang Aman

Di bawah ini adalah beberapa posisi seks saat hamil yang aman dilakukan, karea tidak akan menyakiti janin dan tetap menyenangkan untuk dilakukan oleh Moms dan Dads tanpa meninggalkan rasa was was.

1. Spooning

Ini Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Foto: Parents.com

Kunci utama agar seks masih tetap terasa nikmat dan menggairahkan adalah pasangan suami istri perlu mengetahui posisi apa yang paling membuat masing-masing nyaman, baik Moms atau Dads.

Posisi spooning menjadi pilihan terbaik. Di posisi ini Moms berbaring menyamping, memunggungi Dads yang berbaring di belakang. Spooning menjadi posisi paling aman. Selain itu tentu membuat Moms dan Dads merasa puas.

2. Berdiri

Ini Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Foto: Parents.com

Sebenarnya posisi ini hampir sama dengan posisi spooning. Bedanya bukan dilakukan dengan berbaring melainkan sambil berdiri. Moms bisa berdiri menghadap tembok dan Dads berdiri tepat di belakang Moms. Ini bisa menjadi posisi seks saat hamil yang aman dan juga menantang.

Posisi ini juga mampu meningkatkan kemesraan dan keintiman di antara pasangan, lho, Moms. Dads bisa dengan mesra memeluk erat tubuh Moms dari belakang. Jangan takut untuk bereksperimen dan saling melemparkan kalimat mesra untuk mengingkatkan gairah.

3. Doggy Style

Ini Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Foto: Parents.com

Mungkin posisi ini mungkin jadi posisi seks yang paling jarang atau tidak pernah Moms lakukan sebelumnya. Walau tampak aneh untuk sebagian orang, posisi doggy style nyatanya sangat aman dilakukan oleh ibu hamil.

Posisikan tubuh Moms seperti hendak merangkak dengan bertumpu pada kedua lutut dan siku. Sementara Dads bisa melakukan penetrasi dari belakang. Posisi ini justru dapat membuat Dads melakukan penetrasi yang lebih dalam dan tentu semakin menggairahkan suasana bercinta.

Namun perlu diperhatikan bahwa saat melakukan posisi ini, pastikan satu sama lain telah menentukan ritme penetrasi dengan tepat, agar Moms tetap rileks.

4. Cowgirl (Woman on Top)

Ini Posisi Seks yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

Foto: Parents.com

Sebuah penelitian dari Journal of Sex & Martial Theraphy menemukan bahwa Moms yang sedang hamil tetap bisa mendapatkan kepuasan seksual yang sangat menggairahkan dengan mengontrol penetrasi dan berada di posisi atas pasangan Dads.

Menurut ahli seks terapis, Shannon Chaves, Psy. D, juga menyebutkan berada di posisi atas, perempuan bisa mengendalikan kedalaman penetrasi tetapi juga memposisikan tubuhnya untuk kenyamanan terbaik, dan gesekan atau penetrasi yang dilakukan bisa memunculkan kesenangan.

Moms, jadi saat hamil bukan berarti keintiman dan kemesraan dengan Dads jadi berkurang ya. Justru dengan memilih posisi seks saat hamil yang tepat, akan menambah rasa cinta dan juga menjadi pengalaman seksual yang menyenangkan.

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnant-sex
  • https://www.researchgate.net/publication/322202134_Journal_of_Sex_Marital_Therapy_Sexual_Life_during_Pregnancy_Effect_of_an_Educational_Intervention_on_the_Sexuality_of_Iranian_Couples-A_quasi_experimental_study_Sexual_Life_during_Pregnancy_Effect_of_
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0092623X.2014.889054https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3080531/
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00926230590513410?src=recsys&journalCode=usmt20
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait