Kesehatan

3 Juni 2021

4 Posisi Tidur saat Maag Kambuh, Bisa Redakan Sakit!

Ingin tahu posisi tidur saat maag kambuh yang tepat? Ini pembahasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Memerhatikan posisi tidur saat maag kambuh sangat penting untuk dilakukan. Terdapat beberapa gejala yang akan membuat Moms tidak nyaman saat maag kambuh, salah satunya adalah perut terasa mulas, disertai mual dan muntah.

Mulas di sini adalah sensasi terbakar (heartburn) yang terjadi dari perut bagian atas hingga kerongkongan dan terasa di belakang area tulang dada. Gejala ini tentunya membuat Moms tidak nyaman dan kesulitan untuk tidur,

Mulas cenderung menjadi lebih buruk ketika berbaring atau membungkuk. Untuk itu, pahami posisi tidur saat maag kambuh agar dapat meredakan gejalanya.

Baca Juga: 4 Posisi Tidur yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Perhatikan Posisi Tidur saat Maag Kambuh

Ada beberapa posisi tidur saat maag kambuh yang bisa dicoba untuk membantu mengurangi gejalanya.

Maag terjadi ketika asam di saluran pencernaan menggerogoti permukaan bagian dalam lambung atau usus kecil.

Penyakit ini bisa membuat luka terbuka yang menyakitkan dan bisa berdarah di lambung. Coba perhatikan posisi tidur yang tepat agar Moms tetap merasa nyaman.

1. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Posisi Tidur Miring ke Kiri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tidur saat maag kambuh bisa dengan tidur miring ke kiri. Dilansir dari laman National Sleep Foundation, tidur miring ke kiri menjadi posisi tidur yang paling direkomendasikan dan sangat baik dilakukan apabila Moms mengalami masalah pada lambung.

Posisi tidur miring ke kiri juga sangat baik dilakukan bagi penderita GERD. Saat berbaring ke kiri, maka dapat mengurangi episode refluks dan mencegah asam lambung naik.

Menempatkan bantal di antara kaki bagian bawah Moms dinilai akan membantu menyelaraskan pinggul dengan lebih baik untuk menghindari nyeri punggung bawah.

Para ahli juga menyarankan, posisi tidur miring ke kiri yang ditinggikan ini mampu mengurangi gejala mulas di malam hari.

Nah, akhirnya posisi tidur untuk maag kambuh ini memberikan perlindungan dari paparan asam yang berkepanjangan ke kerongkongan, tenggorokan, dan paru-paru.

Namun, hindari tidur miring ke kanan. Posisi tidur seperti ini tampaknya mendorong relaksasi sfingter esofagus bagian bawah, menghubungkan lambung dan esofagus yang biasanya melindungi dari refluks.

Tidak hanya itu, posisi tidur miring ke kiri ini juga dapat membantu sistem otak untuk bekerja lebih efektif dibandingkan dengan tidur telentang atau tengkurap. Bahkan, posisi tidur ini berkontribusi pada pencegahan beberapa penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer, parkinson, dan demensia.

Meski bermanfaat untuk meredakan gejala maag yang kambuh, posisi tidur miring ke kiri juga memiliki kekurangan.

Moms akan lebih mungkin memiliki garis-garis halus kerutan lebih dini akibat tekanan yang diberikan pada sisi wajah. Tidur miring juga cenderung dapat mengganggu sirkulasi di lengan akibat tekanan tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Mengatasi Insomnia

2. Angkat Kepala saat Berbaring

Angkat Kepala saat Berbaring.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tidur saat maag kambuh berikutnya yang dapat dicoba, yaitu mengangkat kepala saat berbaring. Meninggikan kepala 6 hingga 8 inci membantu gravitasi dan menjaga asam lambung Moms dari refluks.

Jika Moms memiliki tempat tidur dengan rangka yang bisa disesuaikan juga dapat menjadi cara yang mudah untuk mengurangi gejala maag kambuh.

3. Hindari Tidur Telentang

Hindari Tidur Telentang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidur telentang nyatanya bukan menjadi posisi tidur saat maag kambuh. Meski dinilai punya banyak manfaat, sebaiknya Moms menghindari posisi tidur telentang saat maag sedang kambuh. Mengapa demikian?

Tidur telentang dengan posisi kepala datar, karena tekanan pada perut dapat mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini akan semakin parah apabila Moms mengalami obesitas.

Jika Moms menderita refluks asam lambung dan tetap ingin memilih untuk tidur terlentang, pastikan posisi kerongkongan lebih tinggi dari perut.

4. Memerhatikan Waktu Tidur yang Tepat

Memerhatikan Waktu Tidur yang Tepat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selain memerhatikan posisi tidur saat maag kambuh, Moms juga perlu memahami waktu tidur yang tepat. Sebaiknya, tunggu selama 3-4 jam setelah makan sebelum akhirnya pergi ke tempat tidur. Mengapa demikian?

Hal ini untuk memberikan kesempatan perut dalam memroses makanan dan memindahkannya melalui sistem pencernaan. Kemudian, perut Moms akan kosong dan sangat kecil kemungkinannya untuk memicu maag kambuh saat tengah berbaring.

Makan malam dengan porsi yang kecil dan ringan juga direkomendasikan bagi para penderita maag.

Itulah posisi tidur saat maag kambuh yang dapat dicoba. Posisi tidur terbaik, yaitu tidur miring ke kiri. Moms dapat melakukan posisi ini agar kualitas tidur lebih baik dan nyaman saat gejala maag sedang kambuh.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman

Tips Tidur Nyaman saat Maag Kambuh

Tips Tidur Nyaman saat Maag Kambuh

Foto: Orami Photo Stock

Ada kalanya, maag kambuh akan mengganggu produktivitas hingga Moms mengalami kesulitan tidur di malam harinya.

Selain memerhatikan posisi tidur saat maag kambuh yang tepat, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar tidur lebih nyenyak, yaitu:

  • Lakukan pengobatan rumahan menjelang malam hari untuk mengatasi heartburn. Caranya bisa dengan minum susu, mengunyah permen karet, dan menggunakan pengobatan herbal dapat meredakan gejala maag kambuh.
  • Perhatikan pola makan saat maag kambuh. Moms disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. Hindari berbaring setelah makan dan tunggu 2-3 jam sebelum berbaring.
  • Saat maag kambuh, hindari mengonsumsi makanan pedas dan terlalu asam. Hindari pula minuman bersoda, kafein, dan minuman beralkohol.
  • Kelola stres dengan baik. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan perubahan hormonal di tubuh yang merangsang sel-sel lambung memproduksi asam berlebihan.
  • Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, dingin, dan tenang. Hindari menggunakan gadget menjelang waktu tidur.

Baca Juga: 4 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Aman Dilakukan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidur lebih nyenyak dan nyaman, meski maag sedang kambuh. Jadi, pilihlah posisi tidur saat maag kambuh yang tepat, ya, Moms!

  • https://www.sleepfoundation.org/physical-health/gerd-and-sleep
  • https://medcline.com/blogs/acid-reflux/the-secret-of-sleeping-reflux-free
  • https://www.everydayhealth.com/gerd/managing/sleep-tips-for-people-with-gerd.aspx
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait