Kesehatan

3 Juni 2021

3 Posisi Tidur untuk Mengecilkan Perut, Bisa Dicoba!

Ingin tahu posisi tidur untuk mengecilkan perut? Intip ulasan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Tahukah Moms bahwa ada yang dinamakan posisi tidur untuk mengecilkan perut? Nah, mungkin ini menjadi pertanyaan yang membuat Moms akan sedikit ragu.

Apakah benar ada? Ternyata, posisi tidur dapat berpengaruh pada kinerja tubuh saat kita sedang terlelap.

Posisi tidur yang baik juga berpengaruh terhadap kualitas tidur. Jika Moms mengalami sakit badan saat bangun tidur, mungkin selama ini tidur dalam posisi yang salah.

Nyatanya, tidur merupakan hal yang penting dilakukan, tapi tidur yang berkualitas sering dianggap remeh.

Maka dari itu, mulai dari sekarang ketahui posisi tidur untuk mengecilkan perut. Posisi tidur yang tepat akan meningkatkan kualitas tidur, dan dengan demikian juga akan berpengaruh pada metabolisme tubuh.

Baca Juga: Benarkah Tidur Telanjang Baik untuk Kesehatan?

Posisi Tidur untuk Mengecilkan Perut

Jika Moms saat ini berkeinginan untuk menurunkan berat badan, cobalah beberapa posisi tidur untuk mengecilkan perut berikut ini, di antaranya:

1. Posisi Tidur Telentang

Posisi Tidur Telentang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidur telentang adalah posisi tidur yang disebut paling sehat, lho, Moms. Ketika Moms tidur telentang, maka akan berbaring telentang secara horizontal, dengan kaki lurus atau sedikit ditinggikan.

Sayangnya, posisi tidur satu ini tidak cukup populer dibandingkan yang lainnya. Dilansir dari National Sleep Foundation, hanya sekitar 8 persen orang memilih posisi tidur ini. Pada kenyataannya, ini adalah posisi tidur yang optimal bagi banyak orang.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang ditawarkan dari posisi tidur telentang. Bagi Moms yang memiliki masalah dengan asam lambung, posisi tidur telentang sangat baik untuk mencegah gejalanya kambuh.

Selain itu, posisi tidur telentang juga bermanfaat untuk melindungi tulang belakang, serta membantu meredakan nyeri pinggul dan lutut. Tidur telentang juga dinilai baik untuk kesehatan kulit wajah.

Baca Juga: 9 Cara Menurunkan Berat Badan saat Tidur Malam

Posisi tidur telentang dipercaya tidak akan memicu munculnya garis-garis halus calon keriput sebelum waktunya di wajah. Hal ini karena tidak terjadinya gesekan di wajah saat Moms sedang terlelap.

Lantas, apa alasannya tidur telentang menjadi posisi tidur untuk mengecilkan perut? Posisi tidur telentang baik untuk menghilangkan lemak di perut.

Ketika Moms berbaring telentang, maka tubuh memiliki waktu yang lebih sulit untuk mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi lemak.

Sebaliknya, setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut akan diubah menjadi energi yang baik untuk tubuh. Itulah sebab, posisi tidur untuk mengecilkan perut ini wajib Moms coba, ya!

2. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi Tidur Tengkurap.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berbicara tentang posisi tidur untuk mengecilkan perut, maka tidak lepas dari posisi tidur tengkurap, ya, Moms?

Posisi tidur ini memungkinkan seseorang untuk berbaring tengkurap secara horizontal, dengan kepala di atas bantal atau ranjang.

Meskipun tidak dinilai cukup baik dari berbagai sudut pandang kesehatan, nyatanya posisi tidur ini memiliki banyak manfaat juga.

Di antaranya adalah berguna untuk meredakan nyeri punggung bawah dan cocok bagi mereka yang memiliki gangguan tidur sleep apnea.

Selain itu, posisi tidur tengkurap juga membantu melawan lemak di perut. Para ahli percaya, tidur tengkurap akan memberikan tekanan tambahan pada area perut, sehingga menghalangi terjadinya penumpukan lemak berlebih di perut.

Namun, posisi tidur tengkurap dapat menyebabkan leher terasa tidak nyaman. Leher akan diputar pada sudut 90 derajat dan diangkat oleh bantal, sehingga menyebabkan leher terasa sakit dan tegang.

Nah, ada tips yang bisa Moms lakukan untuk mencegahnya. Tukar bantal yang empuk dan lembut, dengan bantal yang tipis dan lebih kokoh.

Tujuannya untuk mencegah leher Moms terlalu tinggi dan memungkinkan lengkungan tulang belakang lebih rata.

“Letakkan juga satu atau dua bantal di bawah daerah panggul. Tujuannya untuk mengurangi kompresi pada lengkung punggung bawah, sehingga memungkinkan penyelarasan tulang belakang yang lebih alami,” ungkap Jen Robart, ahli terapi fisik dari Northeast Rehabilitation Hospital.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Tempat Tidur Lebih Nyaman

3. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Posisi Tidur Miring ke Kiri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms lebih suka tidur dengan posisi miring, maka cobalah untuk tidur miring ke kiri.

Posisi tidur ini dinilai lebih nyaman oleh para ahli. Ketika Moms tidur miring ke kiri, maka ini juga bisa menjadi posisi tidur untuk mengecilkan perut.

Secara umum, tidur miring ke kiri akan memungkinkan jantung dengan mudah memompa darah ke seluruh tubuh dan akan menyehatkan kondisi kardiovaskular. Lalu, bagaimana tidur miring ke kiri dapat menjadi posisi tidur untuk mengecilkan perut?

Coba taruh bantal yang kokoh di antara lutut untuk mendukung keselarasan yang baik antara pinggul dan persendian.

Cara ini juga membantu mendistribusikan berat badan Moms secara merata sepanjang malam, sehingga dapat memiliki peranan untuk menghilangkan lemak di perut. Selain itu, manfaat tidur miring juga meredakan perasaan tidak nyaman saat bangun di pagi hari.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mendekorasi Kamar Tidur Romantis

Nah, ada dua tips juga yang bisa Moms lakukan untuk memaksimalkan posisi tidur di atas. Tujuannya agar perut yang rata dan langsing bisa Moms dapatkan. Tips-tips tersebut di antaranya, yaitu:

  • Lakukan pernapasan perut sebelum waktu tidur. Cara sederhana ini mampu menjadi olahraga penghilang lemak, merangsang buang air besar, serta membuat pinggang lebih kencang.
  • Miliki waktu tidur yang cukup. Selain posisi tidur untuk mengecilkan perut, perhatikan waktu tidur yang berkualitas setiap harinya. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam untuk membantu tubuh membakar kalori bahkan saat tubuh sedang istirahat.
  • Miliki pola makan yang sehat dan bernutrisi. Jika Moms memang sedang berfokus untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk menerapkan diet defisit kalori agar hasilnya lebih maksimal.

Jadi, itulah beberapa posisi tidur untuk mengecilkan perut ini dapat dicoba, serta tips yang bisa Moms lakukan di rumah. Selamat mencoba, ya!

  • https://bellyfatzone.com/lose-belly-fat-while-sleeping/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3903787/
  • https://www.terrycralle.com/sleeping-positions-to-lose-belly-fat/
  • https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/best-and-worst-sleeping-positions-your-health
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait