Kehamilan

22 Juli 2020

Pregnancy Lips, Benarkah Bentuk Bibir Berubah Saat Hamil?

Moms merasakan bibir seperti merekah ketika hamil? Apakah ada yang perlu dikhawatirkan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms dan Dads mungkin pernah mendengar tentang mual di pagi hari, dan kelelahan yang luar biasa di mana umum terjadi saat kehamilan. Tetapi, bagaimana dengan bibir merekah ketika hamil? Atau beberapa orang menyebutnya dengan pregnancy lips.

Pregnancy lips biasanya disebabkan oleh bengkak yang kadang dirasakan oleh beberapa ibu hamil. Menurut penasihat pendidikan di Royal College of Midwives, Gail Johnson, selama kehamilan hormon menyebabkan pembuluh darah membesar lebih banyak yang berarti bahwa tubuh menyimpan lebih banyak cairan.

Namun, umumnya hal itu terjadi pada anggota tubuh bagian bawah seperti kaki. Tapi, tak jarang terjadi di tempat lain seperti jari, wajah, dan kadang-kadang bibir.

Baca Juga: Ini Pengaruh Hormon Kehamilan pada Tubuh di Tiap Trimester, Moms

Penyebab Pregnancy Lips

Meskipun tidak ada perubahan tubuh yang signifikan selain kehamilan itu sendiri, tapi ketika mendapatkan pregnancy lips, Moms pasti bertanya-tanya. Lalu, apa penyebab pregnancy lips?

Baca Juga: Merencanakan Kehamilan, Cek 10 Tanda Fisik Memasuki Masa Subur

1. Kepadatan Kapiler

Pregnancy Lips

Foto: Orami Photo Stocks

Tepat di bawah permukaan bibir Moms ada pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler. Sehingga, menurut Journal of Hypertension, kapiler tersebut menjadikan bibir merah merona.

Nah, kepadatan kapiler meningkat selama kehamilan. Selain itu, trimester ketiga pun akan menyumbang karena mengalami peningkatan aliran darah untuk mendukung Si Kecil dalam kandungan yang sedang tumbuh. Hal ini menyebabkan pembuluh darah termasuk kapiler melebar.

Diyakini pula hal ini yang menyebabkan bibir lebih gemuk, penuh, atau bahkan lebih merah dibanding biasanya.

Baca Juga:3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

2. Kekurangan Cairan

Pregnancy Lips

Foto: Orami Photo Stocks

Selain mendapatkan bibir merah merona maupun penuh, Moms pun bisa mendapati bibir pecah-pecah bahkan lebih dibanding biasanya. Ini karena tubuh memerlukan hidrasi ekstra sehingga kemungkinan besar Moms tidak mendapatkan cukup air ketika hamil.

Tapi, tubuh dapat mempertahankan apa yang didapatkannya lewat menarik kelembaban dari permukaan lain.Menurut NHS.UK, Dehidrasi juga bisa menjadi efek samping dari hyperemesis gravidarum, atau mual di pagi hari sehingga membuat bibir kering

Baca Juga:Lebih Cantik saat Hamil, Ini Penjelasan Pregnancy Glow

Sebagian besar, dokter kandungan dapat menjelaskan mengapa beberapa Moms mengalami pregnancy lips. Dokter umum dan kosmetik di Mamma Mia, Dr. Jodie Silleri mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan fenomena nyata dalam kehamilan.

Ini hanyalah efek samping lain dari cara pembengkakan yang dapat memengaruhi tubuh saat hamil.

"Pembengkakan adalah bagian normal dari kehamilan dan itu terjadi di hampir setiap bagian tubuh Moms termasuk bibir,” terangnya.

Jika pembengkakan Moms atau datang tiba-tiba, atau khususnya di wajah serta tangan dan kaki, dan disertai dengan sakit kepala atau masalah dengan penglihatan. Dilansir dari Tommy.org, Moms mungkin mengalami pre-eklampsia.

Jika mengalami gejala-gejala ini, harus segera menghubungi bidan, rumah sakit, atau dokter.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait