Showbiz

3 November 2021

Profil Imel Putri dan Perjalanannya Melawan Kanker, Yuk Ditengok!

Semangat Imel Putri melawan kanker!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms yang suka nonton sinetron dan FTV pasti tidak asing dengan wajah Imel Putri. Pada awal 2000an, wajahnya memang selalu tampil dalam judul sinetron dan juga FTV kolosal yang tayang di stasiun televisi nasional.

Namun, ia memutuskan untuk berhenti dari dunia seni peran setelah menikah dengan Pengusaha asal Balikpapan bernama Sirajuddin Mahmud Sabang. Dari pernikahan tersebut Imel dikaruniai anak perempuan bernama Aqila Ramadhani.

Sayangnya, pernikahan tersebut hanya berlangsung selama 7 tahun, dan mereka bercerai pada tahun 2018 silam. Saat ini mantan suaminya telah menikah dengan Pedangdut Zaskia Gotik dan dikaruniai satu orang anak.

Belum lama ini, kabar tidak menyenangkan datang dari Imel Putri. Pemilik nama Imel Putri Cahyati ini divonis menderita lipersarcoma yang terbilang cukup langka.

Ia mengatakan bahwa sang ayah juga pernah mengalami penyakit serupa dan langsung menjalani pengobatan. Hal itu pun dilakukan oleh Imel.

Setelah mengetahui penyakitnya tersebut, Imel terus menjalankan pengobatan, mulai dari operasi hingga kemoterapi. Selama menjalaninya, ia mendapa dukungan dari orang-orang terkedatnya.

Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui perjalanan imel putri melawan penyakit kanker ganas di dalam tubuhnya.

Baca juga: Inspirasi Model Rambut Pirang dari Artis Indonesia dan Barat

Profil Imel Putri

profil imel putri

Foto: Instagram.com/ imelpc

  • Nama Lengkap: Imel Putri Cahyati
  • Nama Panggilan: Imel
  • Tanggal Lahir: 8 November 1988
  • Tempat Lahir: Garut, Jawa Barat
  • Pekerjaan: Aktris, Model, Desainer
  • Mantan Suami: Sirajuddin Machmud Sabang (bercerai 2018)
  • Anak: Aqila Ramadhani
  • Orang tua: Encep Karsum (Ayah); Kartika (Ibu)

Baca juga: 6 Artis Kembar Indonesia, Cari Tahu Juga Artis Kembar Korea di Sini!

Perjalanan Imel Putri Pasca Melawan Kanker

imel putri

Foto: Instagram.com/ imelpc

Setelah memutuskan untuk bercerai dari sang suami, Imel Putri memang tidak kembali tampil di layar kaca. Ia memilih untuk menjalankan sebiah bisnis IMCBOUTIQUE dan mengurus putri satu-satunya.

Kendati demikian, Imel tetap aktif di media sosial dan juga channel youtube pribadinya. Beberapa waktu lalu, Imel memberikan kabar mengejutkan.

Ia mengunggah foto tengah berbaring di rumah sakit dengan tangan menggunakan infus. Dalam keterangan fotonya, ia menulis bahwa baru saja menjalani kemoterapi.

1. Menyadari Ada yang Tidak Beres

Melalui Youtube Channelnya, Imel Putri mengaatakan bahwa ada yang tidak beres pada tubuhnya sejak 2015 silam. Ia mengaku sering mengalami sakit di perut kiri bawah disertai dengan kakinya terasa panas. Gejala ini semakin memburuk pada 2020 hingga akhirnya ia memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Setelah ke dokter kandungan ia mendapat diagnosis endometriosis, Imel kemudian menjalani operasi endometriosis pada Desember 2020. Karena operasinya berjalan lancar, ia mengaku merasa lega.

2. Tumor Lebih Ganas

Walaupun berjalan lancar, Imel Putri kembali mengalami gejala setelah 3 minggu pascaoperasi. Ia mengaku gejala yang ia alami sama persis dengan yang ia alami sebelum operasi.

Kemudian ia kembali memeriksakan diri ke dokter. Saat itu ia mengaku masih merasa nyeri bahkan setelah diberi obat anti nyeri. Hingga akhirnya dokter melakukan USG kembali dan menemukan ada benjolan.

Setelah mengetahui ada benjolan di dalam tubuhnya, Imel mengaku drop. Apalagi saat diperiksa lebih dalam ternyata ada tumor yang lebih ganas di dalam tubuhnya. Saat itu ia mengaku tidak bisa menangis karena terlalu terkejut.

3. Jalani Biopsi

Setelah hasilnya keluar, Imel Putri mengetahui bahwa dirinya mengidap liposarcoma. Sejenis kanker langka yang ukurannya sudah cukup besar. Sebelumnya ia berpikir kalau ovariumnya mengalami pembengkakan ternyata kanker tersebut yang menekan rahim dan kantong kemihnya.

Imel Putri mengaku tidak ingin terlalu larut dalam kesedihan. Ia pun meminta dokter untuk menjalani operasi dan juga pengobatan. Saat itu, ia ingin segera sembuh dari penyakit tersebut.

Tiga bulan setelah menjalani operasi endometriosis, Imel menjalani operasi laparotomi. Saat itu, ia meminta doa dari anak dan juga orangtuanya.

Prosedur operasi laparotomi diceritakan Imel Putri lebih cepat dibandingkan dengan endometriosis. Selama menjalani operasi kedua, Imel ditemani oleh lawan mainnya di sinetron Reiner G Manopo.

4. Dirawat di ICU dan Menjalani Kemoterapi

Awalnya, Imel sudah menutup rapat kabar mengenai penyakit yang dideritanya. Namun, akhirnya ia memberanikan diri untuk mengungkapkan ke public satu bulan setelah menjalani operasi besar.

Setelah menjalani pooperasi tersebut, Imel Putri mengaku bahwa dirinya sempat dirawat selama 4 hari di ICU. Saat itu, Imel mengaku bahwa sel kanker di tubuhnya. Namun, ia tetap harus menjalani kemoterapi agar kanker tersebut tidak kembali tumbuh.

Melalui akun instagramnya, Imel Putri mengungkap bahwa telah melakukan enam kali kemoterapi. Selama menjalani pengobatan tersebut, Imel juga mengalami kerontokan rambut sama seperti kebanyakan penderita kanker lainnya. Saat menjalani kemoterapi, Imel juga sempat tertular COVID-19.

5. Kembali Bekerja

Beberapa bulan setelah operasi dan kondisinya semakin membaik, Imel Putri kembal menyibukan diri dengan pekerjaan. Ia mengaku hal itu dilakukan agar ia tidak terlalu memikirkan tentang penyakitnya.

Saat itu, ia memilih untuk menyibukan diri menjadi fashion stylish beberapa artis seperti Lesti Kejora dan Selfi Nafilah. Imel mengaku hal itu benar-benar membutanya melupakan penyakit kanker yang pernah menggerogoti tubuhnya.

6. Semangat Menjalani Kehidupan

Setelah dokter mengatakan sel kanker dalam tubuhnya sudah terangkat habis, Imel mengaku sangat bersyukur. Ia juga tetap semangat menjalani kehidupan bersama putrinya.

Melalui Channel Youtube Imel meminta doa dari semua orang agar ia dan keluarga selalu diberi Kesehatan. Ia juga berterimakasih kepada semua orang yang telah memberikan dukungan kepadanya selama sakit dan menjalani pengobatan kanker.

Baca juga: 9 Artis Indonesia Keturunan Korea yang Terkenal Banget, Mana Favorit Moms?

Demikian artikel mengenai profil dan perjalanan Imel Putri Pasca melawan kanker. Semoga bisa menambah infomasi Moms ya.

  • https://id.theasianparent.com/imel-putri-cahyati
  • https://hits.grid.id/read/482901186/perjalanan-hidupnya-seakan-terjun-bebas-artis-cantik-ini-harus-jalani-kemoterapi-untuk-sembuhkan-kanker-yang-ia-derita-sedangkan-sang-mantan-suami-sudah-bahagia-den?page=all
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Imel_Putri_Cahyati
  • https://www.liputan6.com/showbiz/read/4654343/imel-putri-cahyati-sudah-jalani-kemoterapi-ke-6-banyak-yang-dialaminya-mulai-kebotakan-hingga-hilang-teman-curhat
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait