Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
20 April 2020

Mendikbud Adakan Program "Belajar dari Rumah" di TVRI Nasional, Berikut Faktanya

Materi pelajarannya untuk anak kelas PAUD hingga SMA
placeholder

Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, atau PSBB, yang menganjurkan masyarakat melakukan aktivitas di rumah, termasuk kegiatan belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), membuat program "Belajar dari Rumah" yang tayang di stasiun TVRI Nasional, merilis jadwal belajar dari rumah.

Ketahui lebih lanjut apa saja fakta dari program Belajar dari Rumah TVRI berikut ini, Moms.

Baca Juga: 4 Kenali Jenis Gangguan Belajar pada Anak, Yuk Cari Tahu!

Fakta Program "Belajar dari Rumah" TVRI

Sebagai stasiun televisi pertama di Indonesia, TVRI membuat program ini agar Si Kecil tetap bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan materi selama ia tidak bisa belajar tatap muka dengan guru di sekolah.

1. Program Dibuat Agar Masyarakat Tetap Bisa Belajar

Belajar dari Rumah TVRI-1.jpeg

Foto: littleguidedetroit.com

Mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, program "Belajar dari Rumah" TVRI dibuat sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus COVID-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, ingin memastikan bahwa meskipun kondisi darurat tetapi masyarakat bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar di rumah, salah satunya melalui televisi.

"Program 'Belajar dari Rumah' merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat COVID-19," ujar Nadiem pada Kamis (9/4/2020).

Baca Juga: Mencegah Penyebaran Bakteri dan Kuman pada Si Kecil selama Masa Pandemi Covid-19

2. Tayangan Edukatif untuk Berbagai Jenjang

Belajar dari Rumah TVRI-2.jpg

Foto: thelocal.de

TVRI akan menayangkan program pembelajaran bagi ragam jenjang, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas). Program untuk anak sekolah diadakan setiap Senin hingga Jumat.

Selain itu, 'Belajar dari Rumah' TVRI juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan yang ditayangkan setiap Sabtu dan Minggu.

"Masing-masing (kelas) ada setengah jam. Setengah jam PAUD, setengah jam kelas 1-3 SD, setengah jam kelas 4-6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan program parenting," tutur Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid.

3. Bisa Ditonton Secara Streaming

Belajar dari Rumah TVRI-3.jpg

Foto: studying-in-canada.org

Jika Moms tidak memiliki akses ke saluran TVRI Nasional, Moms bisa menontonnya secara daring (online) lewat streaming melalui link stream TVRI Nasional ini.

Lebih lanjut, Nadiem menjelaskan bahwa program 'Belajar dari Rumah' oleh TVRI akan dilaksanakan selama tiga bulan, terhitung sejak Senin, 13 April 2020 kemarin.

"Untuk sementara, program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Nadiem.

Baca Juga: 5 Tips agar Tetap Fokus Bekerja saat WFH

4. Jadwal Dapat Dilihat di Instagram TVRI

Belajar dari Rumah TVRI-4

Foto: instagram.com/tvrinasional

Bagi Moms yang hendak menonton program ini, bisa mencari tahu jadwal untuk program 'Belajar dari Rumah' dengan mengunjungi akun Instagram resmi TVRI Nasional atau ke situs resmi Mendikbud.

Tidak hanya menayangkan materi pembelajaran seperti Matematika, tetapi di malam hari TVRI Nasional juga menayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter yang edukatif.

Itu dia Moms, beberapa fakta tentang program "Belajar dari Rumah" dari TVRI Nasional yang bisa menjadi wadah untuk kegiatan belajar mengajar Si Kecil.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait