Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
22 Juli 2020

Serba Serbi Psikotest Untuk Anak dan Manfaatnya

Intip kemampuan dan potensi diri anak melalui psikotest
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat Si Kecil mulai masuk sekolah, banyak orang tua mulai penasaran dengan serba serbi psikotest untuk anak.

Terutama karena sudah banyak yang merasakan manfaat psikotest untuk anak dalam mendukung kemajuan belajar serta mengoptimalkan potensi diri anak.

Yuk Moms, simak dulu penjelasan berikut untuk tahu lebih banyak tentang psikotest untuk anak.

Seperti Apa Psikotest Untuk Anak?

Serba Serbi Psikotest Untuk Anak dan Manfaatnya 1.jpg

Foto: Bfdpod.com

Pada dasarnya, psikotest adalah serangkaian tes terstandarisasi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu untuk mengukur dan menggali potensi diri anak. Semua tes hanya boleh dilakukan dan ditafsirkan oleh psikolog, psikiater, atau ahli lain dari bidang yang sesuai.

Nah, serba serbi psikotest untuk anak yang paling sering bikin orang tua penasaran adalah berbagai tes yang nantinya harus Si Kecil lakukan. Pada umumnya, psikotest mencakup rangkaian tes seperti:

  • Tes sinonim dan antonim, untuk mencari kata dengan arti yang sama atau berbeda dengan kata soal. Terkadang soal juga diberikan dalam bentuk gambar.
  • Tes analogi untuk mencari hubungan antara padanan kata.
  • Tes angka untuk mengetahui kemampuan mengenali pola serta kecepatan berhitung dan analisa. Terkadang soal juga diberikan dalam bentuk gambar.
  • Tes logika dalam bentuk kalimat maupun melengkapi urutan gambar.
  • Mengembangkan gambar dari satu bentuk dasar sebagai acuan.
  • Menafsirkan gambar.

Hasil dari psikotest tidak ada benar atau salah maupun tinggi atau rendah, karena setiap anak memiliki perbedaan kemampuan dan keunikan karakter sendiri.

Untuk hasil yang akurat, psikotes paling baik dilakukan saat anak dalam keadaan fisik dan mental yang sehat. Si Kecil juga tidak perlu mempersiapkan diri dengan belajar soal sebelumnya kok, Moms.

Apa Tujuan Psikotest Untuk Anak?

Serba Serbi Psikotest Untuk Anak dan Manfaatnya 2.jpg

Foto: Deaconessadoption.org

Menurut penjelasan dari psikolog klinis anak dan remaja Dr. Stephanie Margolese, psikotest untuk anak dapat membantu mengetahui berbagai hal, di antaranya:

  • Fungsi kognitif dan kapasitas intelektual anak (IQ).
  • Kemampuan akademis, seperti kemampuan dan pemahaman membaca, matematika, menulis, atau komunikasi verbal.
  • Perhatian dan fungsi eksekutif, daya ingat, kemampuan motorik visual, kemampuan bahasa, dan fungsi adaptif atau kecakapan hidup.
  • Kepribadian, fungsi sosial emosional, dan fungsi perilaku.
  • Kesiapan memasuki masa sekolah.

Dari hasil psikotest bisa diketahui pula kelebihan dan kekurangan anak dalam berbagai bidang, kecenderungan minat dan bakat, kondisi psikologis, kendala belajar, maupun masalah emosional dan perilaku.

Namun, hasil psikotest tidak mutlak dan masih bisa berubah seiring dengan perkembangan anak sehingga sebaiknya dilakukan secara berkala sesuai kebutuhan.

Manfaat Psikotest Untuk Anak

Serba Serbi Psikotest Untuk Anak dan Manfaatnya 3.jpg

Foto: Usatoday.com

Ada banyak manfaat yang bisa didapat setelah orang tua mengetahui hasil psikotest anak, terutama untuk pola asuh di rumah dan kelancaran akademis. Menurut Yale Madicine, ada berbagai hal berikut bisa Moms lakukan setelah mendapatkan hasil psikotest:

  • Mengenali gangguan belajar yang menghambat kemajuan belajar anak supaya bisa mengambil langkah intervensi dini untuk mengatasinya.
  • Mengetahui gaya belajar anak (auditori, kinestetik, visual, dan sebagainya) supaya bisa membantu Si Kecil belajar lebih optimal.
  • Mengetahui kecenderungan bakat dan potensi anak, supaya bisa mengarahkannya pada kegiatan ekstramural dan jalur pendidikan yang sesuai.
  • Mengetahui kondisi psikologis, emosional, dan kesehatan mental anak yang mungkin menjadi penyebab masalah perilaku, kesulitan bergaul, sulit diatur, tidak konsentrasi belajar, dan berbagai masalah yang mengganggu kualitas kehidupan anak lainnya.
  • Membesarkan dan mendisiplinkan anak sesuai dengan karakter dan kepribadiannya.

Moms, manfaat psikotest untuk anak lain yang terlalu sayang untuk dilewatkan adalah kesempatan untuk lebih mengenal Si Kecil secara mendalam, karena sebenarnya banyak hal dalam diri anak yang sering tidak terlihat atau tidak disadari oleh orang tua.

Menurut Moms, apa lagi serba serbi psikotest untuk anak yang perlu dibahas?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait