Kehamilan

KEHAMILAN
3 Mei 2020

Pthalhate Pada Plastik Pengaruhi Kesuburan?

Ternyata ini dampaknya terhadap kesuburan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Apakah Moms pernah mendengar mengenai phthalate? Phthalate ada di mana-mana, hampir di semua benda yang biasanya digunakan sehari-hari.

Sayangnya, zat kimia yang satu ini diketahui memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Bahkan para ahli menganggap bahwa phthalate pengaruhi kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Apa Itu Phthalate?

Pthalhate Pada Plastik Pengaruhi Kesuburan? 1

Foto: unsplash.com

Sebagaimana dikutip dari WebMD, phthalate adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi lunak dan fleksibel. Umumnya, phthalate dapat Moms temukan pada beberapa produk berikut ini:

  1. Kemasan kosmetik dan produk perawatan pribadi, mulai dari parfum, cat kuku, hair spray, sabun, sampo, hingga pelembap kulit.
  2. Tabung medis dan kantong cairan.
  3. Pelapis kayu, deterjen, perekat, pipa plastik, pelumas, pelarut, insektisida, bahan bangunan, dan lantai vinil.
  4. Kemasan makanan, terutama daging, produk susu, dan makanan cepat saji.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

Phthalate Pengaruhi Kesuburan Wanita

Pthalhate Pada Plastik Pengaruhi Kesuburan? 2

Foto: unsplash.com

“Phthalate adalah pengganggu endokrin, yang berarti mengikat reseptor hormonal dan menganggu fungsi hormon reproduksi seperti estrogen dan testosteron,” kata Lora Shahine, MD, FACOG, spesialis endokrinologi reproduksi yang berbasis di Seattle.

Bahkan studi dalam jurnal Fertility dan Sterility menemukan bahwa tingkat paparan phthalate yang lebih tinggi dapat menyebabkan gangguan menstruasi, disfungsi ovulasi, dan peningkatan risiko endometriosis.

Sementara penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, telah menunjukkan bahwa paparan phthalate yang lebih tinggi pada wanita yang sedang mencoba untuk hamil terbukti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk konsepsi dan beberapa diantaranya didiagnosis mengalami infertilitas (ketidakmampuan untuk hamil).

Tidak hanya itu, paparan phthalate juga terbukti memiliki kaitan erat dengan kualitas sel telur yang buruk, sebagaimana disebutkan dalam hasil penelitian di Environmental Health Perspective.

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

Paparan Phthalate Dapat Mempengaruhi Kualitas Sperma

Pthalhate Pada Plastik Pengaruhi Kesuburan? 3

Foto: unsplash.com

Tidak hanya mempengaruhi kesuburan dan peluang hamil seorang wanita. Paparan phthalate juga diketahui dapat mempengaruhi kesuburan pria dengan merusak kualitas sperma.

Sebuah hasil penelitian dalam Scientific Reports bahkan telah menemukan fakta bahwa paparan diethylhexyl phthalate terbukti dapat menurunkan, bahkan merusak kualitas sperma.

Selain itu, sebuah studi di PubMed menemukan bahwa paparan (2-etilheksil) phthalate (DEHP), dibutyl phthalate (DBP), butylbenzyl phthalate (BBP), diethyl phthalate (DEP), di-isonyl phthalate (DINP), yang termasuk dalam kategori estrogenik lemah bersifat s antiandrogenik dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sperma, meningkatkan frekuensi spermatozoa abnormal serta kerusakan DNA.

Baca Juga: Mengonsumsi Obat Bebas Bisa Mempengaruhi Kesuburan? Simak Kata Ahli

Jadi, ternyata sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa phthalate pengaruhi kesuburan pria dan wanita. Meskipun menghindari paparan phthalate bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Namun, Moms tentu saja masih dapat mengurangi paparannya dengan mengurangi frekuensi penggunaan berbagai produk yang dikemas menggunakan plastik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait