Fashion & Beauty

15 Juli 2021

9 Manfaat Madu untuk Wajah, Simak Yuk Moms!

Madu sudah lama mengklaim takhta sebagai ratu lebah dunia kecantikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Manfaat madu untuk wajah ternyata sangat banyak, lho.

Moms pasti pernah mencoba berbagai resep masker wajah rumahan untuk wajah dengan aneka bahan dasar alami seperti oatmeal, pisang, alpukat, dan buah lainnya.

Namun, hasil akhirnya bisa jadi hanya kekacauan dan tumpukan kekecewaan.

Tapi jangan menyerah pada perawatan kulit buatan sendiri dulu, karena ternyata bahan alami kuno seperti madu adalah yang sebenar-benarnya bisa menjadi bahan untuk perawatan kecantikan yang sangat sederhana.

Madu adalah cairan kental yang lengket juga manis dan dihasilkan serta disimpan oleh lebah dalam sarang.

Dalam bentuknya yang alami, madu dihasilkan oleh aktivitas enzim, bahan tanaman, dan bakteri hidup yang bergabung untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil Yang Tidak Banyak Diketahui

Proses unik dalam pembuatan madu tersebut membuatnya sangat berarti untuk keperluan kosmetik, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Tidak heran bila ada beragam manfaat madu untuk wajah.

Mona Gohara, MD, profesor klinis di Yale Department of Dermatology, mengungkapkan bahwa madu memiliki sifat penyembuhan alami, khususnya untuk penyembuhan luka.

"Manfaat madu ini adalah peran pentingnya untuk pembangunan kolagen, sehingga bisa menjadikannya sebagai anti-aging yang hebat," katanya seperti dikutip dari WomenHealth's.

Founder situs gaya hidup dan kecantikan alami kimberlyloc.com, Kim Wallace, mengatakan madu mentah adalah bahan alami dengan manfaat luar biasa untuk kulit karena memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bisa menyelamatkan kulit.

"Bila Anda mencari solusi resep rumahan untuk perawatan kulit yang murah dan benar memberikan manfaat, maka madu mentah dapat membantu kulit Anda kembali bercahaya," katanya seperti dikutip dari SheKnows.

Simak lebih lanjut tentang manfaat madu untuk wajah berikut ini, Moms.

Manfaat Madu untuk Wajah dan Kecantikan

Berikut ini adalah manfaat madu untuk wajah dan kecantikan yang bisa Moms lihat dan buktikan dengan mencobanya langsung.

1. Madu untuk Jerawat dan Kulit Eksim

Perawatan Kulit Berjerawat

Foto: Orami Photo Stock

Ada manfaat madu untuk wajah bila terjadi kondisi yang cukup buruk pada kulit Moms.

Moms dapat menggunakannya sebagai obat dengan meneteskannya pada titik-titik jerawat atau dijadikan masker wajah dengan membiarkannya selama beberapa menit.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah adalah dengan mencampurkannya bersama bahan lain agar dapat menjadi bahan masker wajah madu yang menyejukkan.

Hal terpenting tentang menggunakan madu untuk mengobati kondisi ini adalah gunakan madu yang tidak dipasteurisasi, seperti madu manuka.

Manfaat madu jenis tersebut adalah kandungannya yang masih berisi bakteri sehat yang efektif dan dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Sebelum mencoba manfaat madu untuk wajah ini, pastikan untuk melakukan tes tempel (patch test) madu dan bahan-bahan lainnya untuk memastikan Moms tidak memiliki reaksi alergi.

Baca Juga: 11 Ciri Madu Asli, Jangan Terkecoh dengan yang Palsu ya!

2. Madu untuk Mencerahkan Kulit

Kulit Cerah dan Bersinar

Foto: Orami Photo Stock

Berbicara tentang manfaat madu untuk wajah yang cerah, para peneliti belum menemukan hubungan langsung antara menggunakan madu di wajah dan bintik-bintik gelap yang lebih terang.

Tetapi karena madu memiliki sifat pengelupas, menggunakannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Ini bisa menjadikan kulit menjadi lebih cerah.

Setelah mencuci wajah dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu mentah yang tidak dipasteurisasi ke wajah.

Jika Moms mau, encerkan madu dengan air agar tidak lengket dan lebih mudah dihilangkan.

Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas untuk melihat manfaat madu untuk wajah yang lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Tomat

3. Madu untuk Memudarkan Bekas Luka

Sembuhkan Bekas Luka Bakar dengan Madu

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari jurnal berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, manfaat madu untuk wajah dapat membantu proses penyembuhan tubuh dan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

Moms dapat menggunakan madu sebagai pengobatan untuk bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari sebagai pasta di lokasi jaringan kulit yang terlihat bekas luka.

Moms juga dapat melihat hasilnya yang lebih maksimal jika menggunakan masker wajah madu sebagai bagian dari rutinitas kecantikan seperti dijelaskan di atas.

"Madu memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami," kata Dendy Engelman, MD, Cosmetic Dermatologist from New York.

4. Melembutkan Bibir Pecah-Pecah

Bibir Pecah

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya bagus digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah, madu juga bermanfaat untuk bibir.

Manfaat madu untuk kecantikan bibir adalah kemampuannya terutama kemampuan jenis madu murni yang dapat membantu mengatasi kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

Moms hanya perlu mengoleskan sedikit madu di bibir sesaat sebelum tidur dan membiarkannya semalaman.

Madu akan menyerap ke dalam kulit dan membuat bibir halus dan kenyal apabila digunakan setiap hari.

Akan tetapi, alangkah baiknya apabila Moms menghubungi dokter terlebih dahulu karena menggunakan madu di bibir dan membiarkannya dalam semalam juga bisa membawa risiko botulisme.

Untuk diketahui, botulisme adalah penyakit langka namun berpotensi fatal yang disebabkan oleh racun yang diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Penyakit ini menargetkan sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan dan kegagalan pernapasan.

Madu adalah salah satu sumber botulisme yang paling umum. Sekitar 20 persen kasus botulisme melibatkan madu atau sirup jagung.

Jadi, berhati-hatilah sebelum menggunakan madu di area bibir, apalagi jika ingin dibiarkan semalaman, Moms.

5. Membantu Mencerahkan Kulit

Memutihkan Kulit dengan Madu

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat madu untuk wajah lainnya, yakni dapat membantu memutihkan kulit dengan berbagai cara.

Sifat antibakterinya, bisa meringankan peradangan, mempertahankan atau menjaga kulit dari kuman, dan juga melembapkan kulit.

Mengkombinasikan madu dengan yogurt akan menunjukkan manfaat madu untuk wajah yang maksimal.

Hal ini karena yogurt mengandung L-sistein yang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Kombinasi yogurt dan madu dapat membantu mengelupas kulit dan mencerahkannya dan juga memiliki efek mendinginkan dan menenangkan kulit.

Moms hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan yogurt segar dengan 1 ½ sendok makan madu.

Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan ulangi secara rutin, yakni dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

6. Mengatasi Kulit Kering

Ketahui Tanda Kulit Dehidrasi, Beda dengan Jenis Kulit Kering

Foto: Orami Photo Stock

Selain itu, kombinasi madu dan yogurt dapat membantu merawat kulit kering dan bersisik. Keduanya memiliki sifat antibakteri yang sangat mampu membersihkan kulit.

Manfaat madu untuk wajah, yang kaya antioksidan dan juga humektan, berfungsi meningkatkan kadar kelembapan kulit.

Campurkan 1 sendok makan yogurt tanpa pemanis dan tanpa rasa dengan 1 sendok makan madu.

Oleskan campuran ke wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

7. Eksfoliasi

manfaat madu untuk kulit

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa menggunakan masker madu sebagai bahan eksfoliasi alami supaya bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Penting untuk diketahui bahwa semua eksfoliasi harus memiliki tekstur kasar pada kulit.

Jadi, tekstur madu yang lembut bisa salah satu bahan eksfoliasiyang ampun untuk mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di wajah.

Hal ini terjadi karena adanya kandungan enzim yang dimiliki oleh madu.

Untuk mengaplikasikan madu di wajah dan mendapatkan manfaat madu untuk wajah, bisa dilakukan dengan menggunakan scrub atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk Moms yang memiliki kulit kering, mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sementara bagi yang memiliki kulit berminyak, bisa dicampurkan dengan tepung garam dengan madu.

Aplikasikan campuan tersebut selama tiga hingga lima menit sembari memijat halus wajah.

Setelah itu diakan masker selama 5 menit di wajah untuk kemudian dibilang dengan air.

8. Melembapkan Kulit Wajah

manfaat madu untuk kulit-lembapkan wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai perempuan, tentunya Moms pernah merasakan kulit wajah yang tiba-tiba menjadi kering. Hal tersebut dikarenakan kulit kehilangan minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit.

Paparan udara yang kering serta memiliki kebiasaan mencuci muka dengan menggunakan air panas, serta membiarkan kulit wajah terpapar bahan kimia tertentu pun bisa menjadi penyebab kulit berubah menjadi kering.

Jika kulit Moms terasa berubah menjadi kering, madu pun bisa membantu untuk melembapkan kulit wajah.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang sanggup merawat kulit kering.

Nah, untuk Moms yang memiliki kulit berminyak pun juga tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah lho!

Hal tersebut dikarenakan madu memiliki zat pemanis yang bisa membantu untuk memperahankan kelembapan serta elastisitas kulit.

Manfaat madu untuk wajah yang memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino seta anti-oksidan pun dikenal bisa menangkal penuaan dini loh, Moms.

Agar mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang bisa menunda penuaan dini, Moms bisa menggunaka masker madu alami pada wajah untuk didiamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air!

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Komedo

9. Mengatasi Jerawat

manfaat madu untuk kulit-obat jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Pengaplikasian madu ke wajah pun bisa meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat.

Moms bisa menjadikan madu sebagai masker dan merasakan wajah yang lebih lembut. Pasalnya, resep berikut ini bisa meredakan peradangan dan jerawat dalam waktu satu malam.

Moms pun bisa memanfaatkan lebih banyak manfaat madu untuk wajah dengan mancampurkan madu murni dengan bubuk kunyit secukupnya.

Pengaplikasian resep ini ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Aplikasikan ke wajah sebelum tidur dan kemudian bilas wajah di pagi hari untuk merasakan perbedaannya.

Madu tidak mungkin menyebabkan reaksi alergi pada kebanyakan orang.

Akan tetapi, Moms harus menggunakan salah satu dari solusi ini dengan hati-hati jika memiliki alergi terhadap serbuk sari, seledri dan racun lebah.

Sebelum mencoba manfaat madu untuk wajah di atas, selalu uji madu yang akan digunakan pada area kecil kulit Moms yang terlihat.

Minimal dengan hal ini Moms bisa mengetahui apakah ada alergi yang ditimbulkan.

Pastikan juga untuk menghilangkan madu dari wajah sebelum tidur karena madu yang tertinggal di wajah dapat menarik debu dan kotoran lainnya dan hal itu tidak disarankan.

Selama Moms tidak memiliki alergi madu, tidak ada banyak alasan untuk tidak mencobanya!

  • https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19946109/beauty-uses-for-honey/
  • https://www.sheknows.com/living/articles/1017621/beauty-benefits-of-honey/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
  • https://www.healthline.com/health/botulism-honey
  • https://www.stylecraze.com/articles/honey-to-get-glowing-skin/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait