Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
18 November 2020

Ragam Manfaat Masker Air Mawar dan Cara Membuatnya, Catat Moms!

Khasiat air mawar telah diketahui sejak ribuan tahun atau pertengahan abad silam.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Pasti Moms sudah tak asing lagi dengan bunga mawar? Bunga mawar yang identik sebagai lambang cinta ini ternyata tak hanya wujudnya yang cantik, tapi juga memiliki banyak kegunaan. Mulai dari parfum, minyak mawar, hingga air mawar.

Air mawar menjadi salah satu bahan alami yang kerap ditemui pada produk-produk kosmetik, salah satunya jika dibuat menjadi masker air mawar. Selain itu, pembuatan air mawar tak semudah yang dibayangkan lho, Moms.

Air mawar dibuat dengan cara menyuling kelopak mawar dengan uap. Aromanya yang menyegarkan kerap digunakan sebagai parfum alami atau pengganti parfum berbahan kimia.

Khasiat air mawar telah diketahui sejak ribuan tahun atau pertengahan abad silam. Zaman dulu, air mawar tak hanya dijadikan sebagai produk kecantikan namun juga makanan dan minuman karena manfaatnya bagi kesehatan.

Melansir dari jurnal penelitian berjudul Turkish rose. A review of the history, ethnobotany, and modern uses of rose petals, rose oil, rose water, and other rose products, menjelaskan asal usul munculnya air mawar berasal dari Timur Tengah.

Saat itu, perkebunan bunga mawar pertama kali dibudidayakan di Bulgaria pada abad ke-16 dan diimpor oleh pedagang Ottoman.

Karena kondisi iklim, tanah, dan letak geografisnya yang menunjang untuk perkebunan mawar, warga pun mulai mendirikan perkebunan mawar di berbagai wilayah di Bulgaria hingga dikenal sebagai 'Lembah Mawar'.

Selama lebih dari 400 tahun Lembah Mawar dikenal sebagai pusat produksi minyak mawar dan air mawar. Dikelilingi oleh dua gunung yang megah yakni Sredna Gora dan Pegunungan Balkan, Lembah Mawar dianggap memiliki struktur tanah, kelembapan udara, kekeruhan dan curah hujan terbaik untuk mendapatkan minyak mawar dan air mawar terbaik dan paling dicari di dunia.

Sejak zaman kuno, mawar telah digunakan secara medis, bergizi, dan sebagai sumber parfum. Orang Yunani, Romawi, dan Fenisia kuno menganggap taman mawar sama pentingnya dengan lahan pertanian seperti kebun buah-buahan dan ladang gandum.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, air mawar berevolusi menjadi bahan utama pembuatan masker di dunia kecantikan. Khasiatnya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit jadi salah satu alasan masker mawar diminati banyak orang.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat Masker Air Mawar

Selain sebagai bahan utama dalam produk-produk kosmetik, air mawar ternyata memiliki banyak khasiat yang baik untuk kulit wajah. Berikut sejumlah manfaat yang bisa Moms dapatkan dari masker air mawar.

1. Membantu Meredakan Iritasi Kulit

XX Manfaat Air Mawar

Foto: Orami Photo Stock

Sifat anti-inflamasi air mawar dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, mencegah pembengkakan tambahan, dan meredakan ketidaknyamanan akibat jerawat. Ini menjadi salah satu manfaat masker air mawar.

Menurut penelitian berjudul Pharmacological Effects of Rosa Damascena, air mawar kaya akan vitamin C dan fenolat, menjadikannya pilihan anti-inflamasi alami untuk jerawat yang meradang.

Penelitian juga menyimpulkan bahwa sifat antiseptik dan antibakteri air mawar dapat membantu penyembuhan luka, luka bakar, dan bekas luka lebih cepat.

Menurut studi 2011 berjudul Antioxidant and potential anti-inflammatory activity of extracts and formulations of white tea, rose, and witch hazel on primary human dermal fibroblast cells, sifat anti-inflamasi air mawar juga dapat membantu meringankan iritasi pada rosacea.

Rosacea adalah kondisi kulit umum yang ditandai dengan kemerahan pada wajah, pembuluh darah yang terlihat, dan benjolan merah yang sering kali berisi nanah.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

2. Melindungi dan Mencegah Kulit Dehidrasi

XX Manfaat Air Mawar

Foto: Orami Photo Stock

Banyak hal yang bisa membuat kulit menjadi kering, mulai dari cuaca yang terlalu dingin, AC hingga menurunnya kelembapan udara. Kulit yang kering akan bersisik dan kasar.

Agar hal tersebut tak terjadi, sebaiknya mulai sekarang Moms harus sering menyemportkan air mawar ke kulit.

Studi tahun 2014 berjudul Water nanodroplets make a greater contribution to facial skin moisture levels in air‐conditioned rooms during winter than in summer, menemukan bahwa kabut sangat efektif dalam melembabkan lapisan terluar kulit kita, terutama di bulan-bulan musim dingin.

"Air mawar ampuh untuk meningkatkan perlindungan kulit dan mencegah kulit dehidrasi," ujar Dominique Caron, pendiri Apoterra Skincare.

Selain itu, manfaat masker air mawar juga menganding antioksidan dan sifat antibakteri.

"Karena jumlah komponen aktif yang terkandung dalam air mawar jauh lebih rendah dari minyak esensial, air mawar akan jauh lebih lembut pada kulit dan menenangkan sistem saraf Anda" lanjut Caron.

3. Mengandung Antioksidan

XX Manfaat Air Mawar

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut jurnal penelitian berjudul Assessment of Rose Water and Evaluation of Antioxidant and Anti-inflammatory Properties of a Rose Water Based Cream Formulation, kelopak mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Antioksidan ini memiliki efek penghambatan peroksidasi lipid potensial. Dengan manfaat masker air mawar ini, dapat memberikan perlindungan sel yang kuat sebagai hasilnya.

Baca Juga: DIY Masker Kopi untuk Dapatkan Wajah Awet Muda

4. Menyembuhkan dan Menyamarkan Luka Bakar

Manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan luka bakar.

Mereka juga dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker air mawar sering ditemukan pada produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Itu dikarenakan air mawar memiliki efek anti-penuaan. Selain menenangkan kulit yang teriritasi, dapat mengurangi munculnya keriput saat dioleskan

Baca Juga: Kulit Ternutrisi, Ini 5 DIY Masker Wajah Anak dari Bahan Alami

6. Mengencangkan Kulit Wajah

manfaat masker air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Astringents biasanya digunakan untuk membersihkan kulit, mengeringkan minyak, dan mengencangkan pori-pori. Air mawar yang kaya tanin dapat memberikan efek pengencangan pada kulit. Ini juga tidak mengeringkan kulit seperti astringen berbasis alkohol lainnya.

7. Sebagai Antibakteri

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stocks

Sifat antiseptik air mawar, termasuk masker air mawar dapat mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah studi tahun 2010 mengkonfirmasi sifat analgesik dan antiseptik air mawar.

Studi lain tahun 2010 berjudul Activities of Ten Essential Oils towards Propionibacterium acnes and PC-3, A-549 and MCF-7 Cancer Cells, menyimpulkan bahwa minyak mawar adalah antibakteri yang sangat efektif, membunuh Propionibacterium acnes, bakteri yang terkait dengan jerawat.

8. Menyeimbangkan pH Kulit

masker air mawar-2

Foto: Orami Photo Stock

Menurut penelitian, kulit wajah manusia memiliki pH 4,1 hingga 5,8. Sedangkan pH air mawar adalah 4,0 hingga 4,5. Masker air mawar bisa menjadi salah

Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Current Problems in Dermatology merekomendasikan produk perawatan kulit dengan tingkat pH 4,0 hingga 5,0 karena dapat meminimalkan iritasi kulit.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

Bahan Campuran untuk Masker Air Mawar

Agar bisa menyerap khasiat air mawar dengan sempurna dan menyeluruh pada kulit wajah, Moms bisa menggunakan beberapa campuran.

Dengan mencampur air mawar beserta bahan-bahan alami lainnya, manfaat masker air mawar yang ditimbulkan akan lebih terserap dengan baik dan ampuh mengatasi berbagai jenis permasalahan kulit wajah.

Berikut ini sejumlah bahan alami yang bisa Moms coba ketika ingin membuat masker ait mawar.

1. Air Mawar dan Kopi

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stocks

Masker air mawar yang dicampur dengan kopi efektif untuk menghilangkan kulit kusam.

Sebab, kandungan kafein pada kopi dapat mengangkat sel kulit mati, mengatasi dan menyamarkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, antioksidan alami, dan mencerahkan kulit.

Selain untuk masker, kopi juga kerap digunakan sebagai scrub alami yang berguna sebagai eksfoliasi kulit. Caranya pun mudah, campurkan kopi dan air mawar lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

Kemudian pijat ringan dengan gerakan memutar dan biarkan selama 15-20 menit, berikutnya bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Wajah Terlihat Flawless Berkat Masker Mentimun

2. Air Mawar dan Mentimun

masker air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Masker air mawar dengan campuran mentimun adalah perpaduan yang pas untuk menyamarkan mata hitam atau mata panda.

Caranya, ambil setengah potong mentimun yang sudah dikupas kulitnya. Lalu, potong kecil-kecil dan haluskan hingga menjadi bubur. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan adonan timun dengan air mawar, kemudian aduk hingga rata.

Oleskan campuran tersebut ke wajah dan bawah mata lalu diamkan 15 menit, terakhir bilas dengan air dingin.

3. Air Mawar dan Susu

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Selain menyehatkan tubuh, susu juga bisa digunakan sebagai bahan alami campuran masker air mawar. Sebab, susu mengandung vitamin A, B, C, D, E, dan K yang sangat baik untuk mencerahkan kulit, Moms.

Selain itu, susu juga mengandung zat besi yang berguna untuk melancarkan sirkulasi oksigen dalam kulit wajah.

Caranya, campurkan susu dan air mawar dengan takaran 1:1. Kemudian masukan madu 1 sendok, lalu aduk hingga merata. Selanjutnya aplikasikan masker ke wajah selama 30 menit dan bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Jenis Masker Wajah dan Kegunaannya, Simak di Sini

Cara Membuat Masker Air Mawar

Setelah mengenatui khasiat air mawar, kini saatnya mencoba masker air mawar, Moms. Tapi, sebelum membuat masker, Moms harus memperhatikan dulu jenis kulit yang Moms miliki. Sebab, campuran masker air mawar berbeda-beda tergantung jenis kulit.

Misalnya, untuk kulit normal maka dianjurkan untuk menggunakan clay powder dan air mawar. Sedangkan untuk kulit berminyak disarankan menggunakan 1 sdm putih telur, 2 sdm air mawar, dan madu.

Sementara itu, untuk kulit kering direkomendasikan menggunakan pisang dan air mawar. Berikut cara membuat masker air mawar.

1. Masker Air Mawar untuk Kulit Berjerawat

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Campur satu sendok teh jus lemon encer dan satu sendok teh air mawar. Oleskan campuran tersebut ke area yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

Lemon mengandung vitamin C dan memiliki efek mengeluas kulit mata pada kulit. Jika dikombinasikan dengan air mawar, ini membantu mengelola dan menenangkan jerawat.

Minyak mawar (yang ada dalam air mawar) memiliki efek antimikroba dan dapat membantu mengurangi peradangan jerawat.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

2. Masker Air Mawar agar Kulit Lembap

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Campur 3 sendok makan air mawar dengan 2 sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke wajah seperti masker. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Madu memiliki sifat melembabkan yang membantu mengunci kelembapan di kulit. Kombinasi dengan air mawar, madu menjadi solusi hidrasi yang sangat baik untuk kulit kering.

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

3. Masker Mawar sebagai Pembersih Wajah

manfaat air mawar

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms lebih suka pembersih alami buatan sendiri, coba resep ini. Campur secangkir air mawar dengan 2 sendok makan sabun Castile. Moms bisa memasukkan kapsul vitamin E ke dalamnya dan menggunakannya sebagai pencuci atau pembersih wajah.

Itulah manfaat air mawar, cara membuat masker air mawar, hingga campuran bahannya. Apakah Moms tertarik untuk membuat masker air mawar untuk mengatasi permasalahan kulit?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait