Kesehatan

30 November 2020

Segar Saat Dikonsumsi, Ini Ragam Manfaat Nata De Coco untuk Kesehatan!

Tetap ingat agar tak mengonsumsinya secara berlebihan, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms tentu sudah tahu nata de coco, yang biasanya disajikan menjadi minuman segar dan dicampur dengan sirup.

Namun, siapa sangka bahwa makanan fermentasi ini memiliki ragam manfaat untuk tubuh, lho! Kira-kira, apa saja ya manfaat nata de coco untuk kesehatan?

Manfaat nata de coco untuk kesehatan bisa didapatkan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Nata de coco sendiri biasa disajikan sebagai suguhan pelengkap minuman berbahan dasar air kelapa yang diolah dengan menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum.

Nata de coco sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa latin memiliki arti "Natare" atau mengambang.

Karena proses fermentasi ini, manfaat nata de coco bisa diperoleh karena mengandung cukup tinggi serat. Nah, untuk mengetahui manfaat nata de coco lainnya yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

Baca Juga: 23 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Berkhasiat Banget!

Manfaat Nata De Coco

manfaat nata de coco -1

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui, meski terbuat dari air kelapa nata de coco juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan lain seperti santan, tebu, dan buah-buahan.

Mengutip Songklanakarin Journal of Science and Technology, nata de coco tinggi akan kandungan selulosa, rendah lemak, kalori, dan tidak mengandung kolesterol. 

Berbagai kalangan sangat menyukai makanan satu ini karena memiliki rasa manis dan tekstur yang unik. Beberapa manfaat nata de coco yang mungkin didapatkan, yakni:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat nata de coco yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin B, seperti vitamin B1, B2, serta vitamin C tentunya sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Jumlah air yang cukup banyak pada nata de coco juga bisa memenuhi kebutuhan air.

Biasanya, anak aktif bermain dan membutuhkan air yang cukup. Memberikan nata de coco pada anak diketahui mampu menjaga imunitas anak sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit berbahaya.

2. Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes

Manfaat nata de coco selanjutnya yaitu aman bila dikonsumsi pengidap diabetes.

Selama nata de coco dikonsumsi dengan jumlah dan cara yang benar atau tidak berlebihan, makanan ini relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Ini mengacu pada kandungan kolesterol yang tidak terlalu banyak.

Kandungan kolesterol yang sedikit pada nata de coco tidak akan mengganggu peredaran darah serta konsentrasi gula dalam darah tetap terjaga dengan baik. Makanan lain yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, antara lain tauge, buah naga, dan susu kedelai.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

3. Tidak Mengganggu Proses Diet

Jika mengacu pada jumlah kalori yang terkandung dalam nata de coco, maka tentunya tidak akan berpengaruh bagi pelaku diet. Ini juga menjadi manfaat nata de coco lainnya.

Hal ini karena nata de coco memiliki kemampuan untuk mengikat air dan menyerap karbohidrat dengan baik. Karena itu, makanan ini bisa kamu masukkan ke dalam menu diet harian. 

Meskipun aman, Moms yang sedang melakukan diet harus membatasi konsumsinya. Beberapa makanan yang bisa membantu dalam proses diet, yakni apel, nasi merah dan kacang merah. 

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat nata de coco lainnya yang bisa didapatkan adalah membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Jika Moms sedang mengalami sembelit, maka nata de coco mempermudah proses buang air besar.

Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya yang cukup tinggi. Konsumsilah nata de coco secara rutin, tetapi tidak berlebihan untuk mencegah efek samping kesehatan yang mungkin terjadi. 

Baca Juga: Resep Puding Jeruk Kelapa Muda Nikmat untuk Buka Puasa

Dampak Negatif Nata De Coco

dampak negatif nata de coco

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun ada ragam manfaat nata de coco, tetapi Moms perlu memerhatikan konsumsinya dan jangan sampai berlebihan, karena bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Beberapa dampaknya yaitu:

1. Menyebabkan Obesitas

Manfaat nata de coco dapat dirasakan terutama untuk seseorang yang sedang diet, tetapi dengan catatan bila dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.

Namun, apabila dikonsumsi berlebihan dan tidak disertai pola makan yang sehat maka bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Obesitas terjadi akibat penambahan gula atau pemanis lainnya saat menyajikan nata de coco. Hal ini kemudian dapat menambah lemak dalam tubuh dan memicu masalah kelebihan berat badan.

Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam batas wajar dan tidak terlalu sering.

Baca Juga: Berasa Nostalgia, Ini 5 Jajanan Tradisional dari Kelapa yang Bikin Lidah Bergoyang

2. Memicu Diabetes

Tak hanya obesitas, nata de coco yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Diabetes terjadi akibat penggunaan sirup atau pemanis tambahan saat membuat minuman dengan nata de coco.

Sirup dan pemanis buatan yang terlalu banyak dan dikonsumsi dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kadar gula darah meningkat.

Sebelum mengonsumsi nata de coco, pastikan untuk mengecek kadar gula darah dalam tubuh untuk penderita diabetes.

Itu dia Moms, ragam manfaat nata de coco yang dapat diketahui. Ingat, meskipun rasanya memang enak dan menyegarkan, tetap jaga porsinya agar tidak berlebihan, ya.


Sumber: gooddoctor.co.id

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari Good Doctor

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait