Kesehatan

KESEHATAN
23 Maret 2021

22 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kesehatan, Luar Biasa!

Tak hanya segar diminum saat dijadikan jus, tomat juga dapat menyegarkan kulit wajah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebenarnya, apa manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan? Sedari kecil, orang tua selalu mengingatkan untuk mengonsumsi tomat secara rutin.

Hal itulah yang membuat kita ikut menasehati Si Kecil untuk sering rajin makan tomat. Namun, apa sih manfaat tomat untuk tubuh?

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan buah tomat. Yup, manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan sangatlah banyak. Jadi, Moms jangan sampai melewati informasi ini ya!

Pernahkah Moms merawat kulit dengan bahan alami? Ya, kini memang semakin banyak produk alami yang diklaim dapat menjaga kesehatan kulit, terutama wajah, termasuk tomat.

Tomat memang menyehatkan karena kaya kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan di dalam tubuh. Tomat pun menjadi sumber kalium, vitamin A, vitamin B, dan magnesium.

Dilansir dari U.S. Department of Agriculture, 1 cangkir tomat mengandung 30 gram vitamin C. Nah, vitamin C dalam skincare dapat meningkatkan produksi jaringan baru yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Kulit Kering? Atasi dengan 5 Masker Wajah Alami Ini!

Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kesehatan

Selain dikonsumsi dan menyehatkan dari dalam tubuh, tomat bisa juga dijadikan masker wajah. Apa saja manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan? Yuk, simak selengkapnya ulasan tentang manfaat tomat, Moms!

1. Menyamarkan Pori-pori dan Mencegah Jerawat

Manfaat masker tomat - menyamarkan pori.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang pertama adalah menyamarkan pori-pori dan mencegah jerawat. Jika Moms memiliki tipe kulit wajah berminyak, kemungkinan besar pori-pori wajah cenderung besar. Pori-pori wajah besar menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah.

Tak bisa dipungkiri, pori-pori yang lebar bisa rasa percaya diri menurun. Terlebih ketika kita ingin menggunakan make up ke wajah. Pori-pori yang memiliki ukuran besar akan terlihat dengan lebih jelas.

Ukuran pori-pori wajah memang tidak bisa diubah, namun tenang saja! Moms bisa menyamarkannya, kok. Yup, menyamarkan pori-pori bisa menjadi salah satu manfaat tomat.

Dengan membersihkannya dari kotoran dan minyak yang menyumbat, pori-pori yang awalnya terbuka lebar akan tampak lebih kecil.

Dan hal tersebut bisa dihasilkan dengan memakai masker tomat dan juga mengonsumsi tomat.

“Tomat bertindak sebagai astringen dan dapat mengurangi pori-pori yang besar,” ujar Tsippora Shainhouse, Dermatologist di Stay Skin Safe.

2. Mencerahkan Wajah

Siapa yang tidak sebal ketika wajah menjadi kusam? Walaupun saat ini sedang pandemi dan membuat kita berdiam di rumah saja, memiliki wajah kusam tentu saja akan tetap membuat rasa percaya diri menurun.

Manfaat tomat untuk wajah yang selanjutnya adalah mencerahkan wajah. Jika Moms ingin menghilangkan bintik hitam dan mencerahkan kulit wajah, Moms dapat mencoba masker tomat dan lemon!

Lemon dan tomat ternyata memiliki sifat pencerah kulit alami yang dapat membantu meratakan warna kulit, hiperpigmentasi, dan meringankan bekas jerawat.

Nah, khusus untuk lemon, buah ini memiliki sifat antibakteri yang bisa merusak kuman-kuman yang ada di kulit wajah.

Selain dapat mencerahkan wajah, lemon juga kerap digunakan untuk kulit yang berjerawat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Tomat

3. Memperlambat Penuaan Wajah

Manfaat masker tomat - memperlambat penuaan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah memperlambat penuaan wajah. Siapa sangka, tomat juga dapat melawan penuaan dini pada kulit wajah, lho.

“Antioksidan membantu mencegah kerusakan kolagen di kulit. Sedangkan likopen pada tomat secara khusus membantu mencegah perubahan warna kulit, tekstur, garis-garis halus serta kerutan,” jelas ahli dermatologis, Tsippora Shainhouse.

4. Menangkal Pembentukan Komedo

Memiliki komedo memang menyebalkan sekali ya Moms. Apalagi ketika kita sedang memoleskan make up ke wajah. Foundation atau bedak yang menempel pada area yang memiliki komedo akan membuat area tersebut terlihat seperti duri landak.

Meski tidak terlalu terlihat jika diperhatikan dari jauh, namun saat kita mengetahuinya, hal tersebut tentu saja menurunkan rasa percaya diri dan membuat kita ingin menyembunyikan area tersebut dari perhatian orang lain.

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah menangkal pembentukan komedo. Komedo hitam yang membandel dan terus muncul kini bisa dilawan dengan masker tomat dan alpukat. Manfaat lainnya juga bisa untuk melembapkan kulit.

Baca Juga: 3 DIY Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat masker tomat - mencerahkan wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian paling umum di dunia.

Sebuah penelitian dalam U.S. National Library of Medicine pada pria paruh baya mengaitkan kadar likopen dan beta-karoten yang rendah dalam darah dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Semakin banyak bukti dari uji klinis menunjukkan bahwa melengkapi dengan likopen dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Studi klinis produk tomat menunjukkan manfaat melawan peradangan dan penanda stres oksidatif. Mereka juga menunjukkan efek perlindungan pada lapisan dalam pembuluh darah dan dapat menurunkan risiko pembekuan darah.

6. Mencegah Kanker

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah kanker. Tomat adalah sumber vitamin C dan antioksidan lainnya yang sangat baik. Dengan komponen tersebut, tomat dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas. Radikal bebas diketahui menyebabkan kanker.

Sebuah studi baru-baru ini di jurnal Molecular Cancer Research mengaitkan asupan beta-karoten tingkat tinggi dengan pencegahan perkembangan tumor pada kanker prostat.

Tomat juga mengandung likopen. Likopen adalah polifenol, atau senyawa tumbuhan, yang dikaitkan dengan salah satu jenis pencegahan kanker prostat. Ini juga memberi tomat warna merah yang khas. Produk tomat menyediakan 80 persen likopen makanan yang dikonsumsi.

Sebuah penelitian terhadap penduduk Jepang menunjukkan bahwa konsumsi beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Asupan serat dari buah dan sayur dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Diet kaya beta-karoten mungkin memainkan peran protektif terhadap kanker prostat.

Penelitian berbasis manusia lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi kemungkinan peran likopen dan beta-karoten dalam mencegah atau mengobati kanker.

Baca Juga: 7 Jenis Masker Wajah Berdasarkan Masalah Kulit

7. Sumber Vitamin yang Baik

Manfaat masker tomat - menghalau komedo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah sumber vitamin yang baik. Satu tomat dapat menyediakan sekitar 40 persen dari vitamin C minimum yang direkomendasikan setiap hari.

Terlebih lagi, tomat menyediakan vitamin A, yang mendukung kekebalan, penglihatan, dan kesehatan kulit; vitamin K, yang baik untuk tulang kita; dan kalium, nutrisi utama untuk fungsi jantung, kontraksi otot, dan menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan yang sehat.

8. Meningkatkan Penglihatan Kita

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan penglihatan. Ya, mengonsumsi tomat bisa membuat penglihatan menjadi lebih cerah, Moms! Jadi, jangan heran ketika buah tomat sangat memberikan manfaat untuk Si Kecil.

Tomat kaya akan likopen, lutein, dan beta-karoten. Ini adalah antioksidan kuat yang telah terbukti melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya, perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Studi Age-Related Eye Disease Study (AREDS) baru-baru ini menemukan bahwa orang dengan asupan makanan tinggi karotenoid lutein dan zeaxanthin, keduanya terdapat dalam tomat, mengalami penurunan risiko AMD neovaskular sebesar 35 persen.

Baca Juga: Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Ketahui Manfaat, Dosis, dan Sumber Alaminya

9. Menjaga Tekanan darah

manfaat buah tomat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga tekanan darah. Mempertahankan asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Namun, meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efeknya yang melebar pada arteri.

Menurut National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), kurang dari 2 persen orang dewasa AS memenuhi asupan kalium harian yang direkomendasikan sebesar 4.700 miligram (mg).

Asupan kalium tinggi dan natrium rendah juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian 20 persen dari semua penyebab.

10. Bisa Mengatasi Sembelit

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi sembelit. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air dan serat, seperti tomat, dapat membantu hidrasi dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sering kali digambarkan sebagai buah pencahar.

Serat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit. Namun, menghilangkan serat dari makanan juga menunjukkan dampak positif pada sembelit. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi kualitas pencahar tomat.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Pahami 10 Fakta dan Mitos Diabetes Ini

11. Manajemen Diabetes

manfaat buah tomat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah manajemen diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah, sedangkan penderita diabetes tipe 2 mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah, lipid, dan insulin.

Satu cangkir tomat ceri menyediakan sekitar 2 gram serat.

American Diabetes Association merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan sekitar 38 gram per hari untuk pria.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit.

Sebuah studi dalam The British Journal of Dermatology, menemukan bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi pro-kolagen, molekul yang memberi struktur pada kulit dan membuatnya tetap kencang dan awet muda.

Ilmuwan percaya bahwa likopen dalam tomat adalah kuncinya. Konsentrasi tertinggi saat tomat telah dimasak, dan minyak zaitun meningkatkan penyerapannya dari sistem pencernaan ke dalam aliran darah kita.

13. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

manfaat buah tomat

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan ibu hamil. Asupan folat yang cukup sangat penting sebelum dan selama kehamilan untuk melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat. Ini tersedia dalam suplemen tetapi juga dapat ditingkatkan melalui langkah-langkah diet.

Meskipun wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, tomat merupakan sumber folat alami yang bagus. Ini berlaku sama untuk wanita yang mungkin hamil dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Tomat

14. Tomat dapat Meningkatkan Asupan Vitamin

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan asupan vitamin. “Tomat adalah sumber vitamin C dan kalium yang baik, yang keduanya dibutuhkan lebih banyak orang,” kata Jhonny Bowden, ahli gizi.

Fakta menariknya dari tomat, bubur tomat memiliki lebih banyak kalium daripada tomat segar, dan pasta tomat memiliki kalium dua kali lipat dari bubur! Meskipun demikian, tomat secara umum dianggap sebagai makanan tinggi kalium.

Sebagai perbandingan, tomat ukuran sedang memiliki 292 mg kalium sedangkan pisang ukuran sedang memiliki 422 mg.

15. Baik untuk Tulang

tomat bisa mencegah kanker

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah baik untuk tulang. Tahukah Moms bahwa tomat mengandung vitamin K dan kalsium?

Menurut United States Department of Agriculture, seratus gram tomat mengandung 110 mg kalsium. Itu berarti tulang kita tetap kuat selama Moms makan tomat.

Baca Juga: Cara Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Anak untuk Pertumbuhan Tulang

16. Memperbaiki Kerusakan Akibat Merokok

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah memperbaiki kerusakan akibat merokok. Kiwi dikenal membantu sistem kita saat kita berhenti merokok.

Tetapi asam coumaric dan asam klorogenat dalam tomat membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok, dan itu juga termasuk perokok pasif.

17. Sumber Antioksidan yang Hebat

tomat baik untuk kulit dan rambut

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah sumber antioksidan yang hebat. Tomat adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C.

Dan kedua komponen ini membantu tubuh untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam darah kita. Namun, untuk menyerap Vitamin C ke dalam sistem, tomat harus dimakan mentah, jadi jangan dimasukkan dalam salad ya Moms.

Baca Juga: Mengidap Hipoglikemia? Konsumsi 5 Makanan untuk Atasi Gula Darah Rendah Ini

18. Membantu Mengontrol Gula Darah

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah mengontrol gula darah. Tomat diketahui memiliki mineral yang disebut kromium.

Dan tahukah Moms bahwa kromium bekerja dalam menjaga kadar gula darah? Jadi bagi mereka yang mengidap diabetes, atau riwayatnya dalam keluarga, ada baiknya untuk dimasukkan dalam menu makanan kita.

19. Bekerja untuk Kekebalan Tubuh Kita

tomat baik untuk kesehatan ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Sarat dengan vitamin C, jus tomat segar sangat bagus untuk meningkatkan tingkat kekebalan kita.

Vitamin C di dalamnya juga mengontrol peningkatan hormon stres, dan membantu tubuh kita tetap berenergi, dan sehat.

Baca Juga: 5 Variasi Jus untuk Menambah Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi

20. Membantu Membakar Lemak

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah membantu membakar lemak. Jika Moms sedang diet, sekarang saatnya memasukkan tomat sebagai bagian dari rutinitas harian kita.

Tomat mendorong produksi asam amino yang disebut karnitin, yang dilaporkan dapat meningkatkan kemampuan membakar lemak tubuh hingga setidaknya 30 persen, jika tidak lebih.

21. Baik untuk Kulit dan Rambut

makan tomat untuk kesehatan rambut

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan yang selanjutnya adalah baik untuk kulit dan rambut. Mengingat meningkatnya tingkat polusi, kulit dan rambut kita akhirnya menjadi beban yang berat. Memasukkan tomat dalam makanan biasa kita sebenarnya membantu melawan kerusakan yang dialami kulit kita.

Tomat mengandung likopen, yang juga digunakan untuk pembersih wajah. Dan selain memakannya sebagai salad, Moms juga bisa mengupas tomatnya, dan menggunakan kulitnya sebagai masker di wajah kita. Ini membersihkan dan menyegarkan kulit kita. Dan Vitamin A dalam tomat juga melindungi rambut Moms dari kerusakan eksternal.

22. Baik untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Usai mengetahui manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan, ternyata buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil.

Salah satu manfaat paling penting dari tomat untuk ibu hamil adalah sebagai sumber asam folat.

Asam folat sendiri sangatlah dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan ibu hamil dan Si Kecil dalam kandungan.

Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi lahir dengan cacat terutama pada bagian otak dan juga sarafnya. Saraf pusat manusia sendiri sudah mulai terbentuk pada awal Si Kecil berada dalam kandungan.

Jadi, mengonsumsi buah tomat atau jus buah tomat sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan juga janin.

Asam folat pun memiliki peran penting dalam pembentukan, perbaikan dan fungsi DNA yang berpengaruh terhadap pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin lho, Moms!

Asam folat dengan vitamin B12 serta vitamin C juga bisa membantu dalam pembentukan sel-sel dalam tubuh, pembentukan sel darah merah serta produksi DNA.

Namun perlu diingat, walaupun tomat memberikan manfaat yang begitu besar pada pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil, ketika dikonsumsi berlebihan, tomat bisa menimbulkan komplikasi.

Ketika kehamilan memasuki trimester kedua, perasaan mulas menjadi salah satu kondisi yang menjadi perhatian bagi sebagian besar ibu hamil.

Rasa mulas tersebut muncul akibat hormon progesteron melemaskan katup yang bertugas untuk memisahkan kerongkongan kita dari perut. Hal tersebut pun menyebabkan refluks asam dan rasa terbakar hadir dalam perut ibu hamil.

Nah ketika hal ini terjadi, mengonsumsi makanan asam seperti buah tomat bisa jadi akan membuat kondisi menjadi tambah buruk. Bagi sebagian wanita hamil, kondisi mulas bisa menjadi lebih parah.

Nah, jika Moms merasakan mulas selama kehamilan, cobalah untuk mengurangi konsumsi tomat dan hindari makanan lain yang menyebabkan masalah gastrointestinal ya!

Nah, itulah segudang manfaat tomat untuk wajah dan kesehatan. Luar biasa ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait