Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perkembangan Anak | Feb 19, 2019

Ramai tentang Debat Calon Presiden, Begini Menjelaskan pada Anak Soal Situasi Politik

Bagikan



Beberapa bulan lagi, pemilihan Presiden akan segera dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 17 April 2019. Sebelum Pilpres berlangsung, ada rangkaian debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang ditayangkan di stasiun televisi lokal selama beberapa kali.

Acara debat Capres Cawapres biasanya akan menampilkan apapun yang berkaitan dengan tema yang sedang dibahas menyangkut isu-isu kenegaraan, masyarakat, politik, dan sebagainya. Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan di dalam acara debat tersebut, walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada hal-hal negatif yang bisa saja muncul.

Nah, biasanya Moms akan menonton acara debat ini bersama Dads di rumah, terkadang Si Kecil pun bisa ikut menonton bersama. Sebagai orangtua, Moms harus lebih perhatian terhadap anak soal situasi politik, karena kita tidak akan pernah tahu ia mendapatkan pengaruh yang baik atau buruk.

Lalu, bagaimana sebaiknya sikap orangtua dalam menjelaskan pada anak soal situasi politik yang sedang ramai sekarang ini?

Baca Juga: Berbeda Pilihan Politik Dengan Pasangan

Penjelasan Deskriptif dan Tidak Memengaruh

Foto : wisegeek.com

Menurut penjelasan dari psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi kepada Orami, "Sebagai orangtua, Moms harus memberikan penjelasan yang sifatnya deskriptif atau gambaran apa adanya yang sedang terjadi. Sebaiknya, Moms tidak memberikan penjelasan persuasif atau mencoba mempengaruhi Si Kecil untuk bersikap tertentu seperti kampanye dan bentuk aksi politik lainnya. Penyebabnya, karena toh Si Kecil belum siap dan belum waktunya untuk berpikir ke arah sana."

Moms juga harus memberikan edukasi kepada Si Kecil di masa ini, yaitu menjelaskan dengan baik bagaimana proses demokrasi berjalan. Ajak Si Kecil untuk melihat secara objektif saja ya Moms.

Gunakan Sebagai Ajang Edukasi dan Diskusi

Foto: istockphoto

Apa yang sebaiknya boleh dan tidak boleh dilakukan saat Si Kecil ikut menonton tayangan debat calon presiden di televisi bersama Moms dan Dads?

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo melanjutkan, "Moms boleh menjadikan momen menonton debat Capres Cawapres ini sebagai ajang diskusi tentang proses berdebat yang baik. Moms juga bisa menjelaskan bagaimana caranya mengutarakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain. Perlu dijaga agar anak tidak terbawa emosi, karena tahapan pemikiran rasional mereka belum matang untuk mempertimbangkan apa yang pantas dan mana yang tidak, sehingga dikhawatirkan akan timbul perilaku yang berlebihan entah di sekolah atau di pergaulannya,” tambah Vera. 

Baca Juga: Berbeda Pilihan Politik Dengan Pasangan

Moms boleh saja memihak pada salah satu kandidat capres, tetapi Moms jangan menjelekkan kandidat calon presiden lain di hadapan Si Kecil, karena ia akan melihat, mengamati, dan mencerna Hal ini dari bagaimana reaksi Moms saat menonton tayangan debat capres.

Selamat menonton dan tetap berikan pelajaran baik bagi anak soal situasi politik ya Moms!

(IRN)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.