Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jan 11, 2018

Rambut Rontok pada Ibu Menyusui, Apa Penyebabnya dan Cara Mengatasinya?

Bagikan


Ketika hamil, biasanya rambut ibu tampak sehat, berkilau dan tebal. Akan tetapi, setelah melahirkan dan semasa menyusui, tak sedikit ibu yang mengeluh mengalami kerontokan rambut. Ini tentu membuat ibu cemas. Jangan-jangan, rambut jadi rontok karena stres mengasuh bayi dan menyusui. Benarkah demikian?

Terjadi akibat perubahan hormon

Perlu kita tahu Moms, saat hamil, hormon dalam tubuh berubah-ubah. Nah, salah satu hormon yang meningkat pesat adalah Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Saat dilakukan tes kehamilan, hormon inilah yang diukur. Terjadinya peningkatan HCG menandakan kita telah hamil.

Saat hamil, meningkat pula hormon lainnya, misal estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Segera usai melahirkan, beberapa hormon turun dengan drastis, di antaranya estrogen dan progesteron. Meski begitu, hormon tersebut akan kembali normal dalam jangka waktu 24 jam setelah persalinan. Terkecuali, prolaktin, karena hormon ini akan terus tinggi selama ibu menyusui.

Lalu, apa pengaruh hormon terhadap rambut rontok? Saat hamil, kadar estrogen meninggi sehingga mencegah rambut rontok. Sebenarnya dalam kondisi normal, rambut akan rontok setiap hari meski dalam jumlah yang sedikit. Nah, selama hamil, rambut yang rontok akan lebih sedikit.

Kemudian, usai melahirkan dan masa menyusui, hormon akan turun secara drastis. Rambut yang rontok di masa kehamilan, akan rontok di masa ini dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Kerontokan rambut terjadi secara bersamaan dalam waktu singkat sehingga kita merasa jumlah rambut yang rontok menjadi berlebihan.

Rontoknya rambut di masa usai persalinan dan masa menyusui ini dapat terjadi kapan saja. Terhitung sejak bayi lahir dan dapat terjadi selama satu tahun lamanya. Puncak kerontokan rambut terjadi pada bulan keempat pasca melahirkan.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Maka perlu dimaklumi bila rambut rontok dan menipis usai melahirkan dan di masa menyusui ini. Kendalanya memang belum diketahui cara yang ampuh untuk mencegah rambut rontok. Akan tetapi, bila Moms merasa khawatir karena rambut rontok terus-menerus, coba beberapa hal ini:

1. Hentikan menggunakan hairdryer atau catokan

Hairdryer atau catokan rambut adalah alat yang menimbulkan suhu panas sehingga membuat rambut kering dan gampang patah. Usai membasahi atau keramas, biarkan saja rambut kering secara alami. Dengan begitu, rontok rambut bisa diminimalisir.

Hati-hati juga ketika menyisir rambut, jangan terlalu keras karena berisiko membuat rambut rontok. Sisirlah rambut dengan lembut dan perlahan mulai dari bawah ke atas.

2. Konsumsi makanan bergizi

Tubuh membutuhkan zat-zat gizi agar tetap sehat, demikian juga dengan rambut. Kesehatan rambut dapat terjaga bila kita rajin mengonsumsi sayur dan buah. Misal, sayuran hijau gelap (mengandung zat besi dan vitamin C), ubi dan wortel (mengandung beta karoten), telur (vitamin D), dan ikan (omega-3 dan magnesium).

Baca juga: Ini 5 Makanan Vegan yang Sedang Hits di Instagram

3. Konsumsi vitamin

Vitamin dikonsumsi sebagai suplemen bila asupan makan kita kurang bergizi seimbang, apalagi bila sedang dalam masa menyusui. Vitamin yang baik untuk mengatasi rambut rontok adalah vitamin A, C, D, dan E.

4. Jangan lupa pakai vitamin rambut

Selain vitamin yang harus diminum, kita juga harus mengaplikasikan vitamin rambut. Setelah keramas dan keadaan rambut setengah kering, oleskan vitamin atau serum rambut ke kepala. Pijat-pijat pelan ke kulit kepala agar bisa menyerap dengan baik. Vitamin dan serum rambut akan menutrisi kulit kepala, serta membuat rambut jadi lebih kuat.

Kerontokan rambut usai melahirkan dan semasa menyusui adalah hal yang normal dan wajar, jadi Moms tak perlu cemas. Bila kerontokan rambut terus terjadi bahkan hingga Si Kecil berusia satu tahun, tak ada salahnya Moms coba bertemu dengan dermatologis untuk memastikan bahwa tak ada masalah berat dari kerontokan rambut yang dialami.

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.