Program Hamil

PROGRAM HAMIL
26 November 2020

10+ Ramuan yang Bisa Bantu Moms Hamil

Jika Moms sedang mencoba untuk hamil tetapi belum beruntung, inilah saatnya mencoba beberapa ramuan tradisional yang dipercaya dapat membantu kesuburan agar cepat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Memiliki anak adalah impian sebagian besar pasangan suami istri, baik bagi mereka yang baru menikah atau sudah menanti cukup lama untuk diberikan kepercayaan tersebut. Sementara itu, bagi seorang wanita melahirkan bayi adalah salah satu perasaan yang paling memuaskan dan menggembirakan.

Tes kehamilan yang positif dan kemudian dikonfirmasi oleh dokter kandungan, sudah jelas akan membangkitkan kebahagiaan yang tidak ada bandingannya. Setelah itu, Moms akan dengan penuh semangat menunggu kelahiran Si Kecil lahir  dan berharap menjalani 9 bulan tanpa drama atau dengan damai.

Namun, perjalanan untuk hamil bagi setiap wanita pasti akan berbeda. Sementara beberapa wanita mudah hamil, yang lain mungkin harus menunggu lebih lama untuk merasakan anugerah ini.

Beberapa faktor bisa menjadi alasan mengapa seorang wanita susah hamil, misalnya usia, kondisi medis Moms dan pasangan, masalah rahim, dan beberapa alasan lainnya seperti gaya hidup. Ya, masalah gaya hidup bisa menjadi salah satu faktor  seorang wanita susah hamil. Hal ini biasa terjadi di wilayah di mana gaya hidup dan pilihan makanan tidak sepenuhnya sehat, seperti kota metropolitan.

Meskipun pengobatan secara medis masih menjadi pilihan utama, tetapi banyak juga pasangan yang memilih terapi dan pengobatan alternatif tradisional yang misalnya mengandalkan ramuan bahan alami atau herbal agar cepat hamil. Dikutip dari Daily Wellness, herbal telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai tujuan pengobatan dan salah satunya meningkatkan kesuburan secara alami.

Beberapa ramuan dari tumbuhan herbal masih diminum sampai sekarang. Menurut studi konsumen AS 2018 tentang suplemen makanan, Council for Responsible Nutrition menemukan dalam survei bahwa 75% orang dewasa di AS mengonsumsi suplemen makanan. Jurnal Spermatogenesis melaporkan bahwa 29% pasangan tidak subur menggunakan pengobatan komplementer dan dalam kelompok ini, 17% diantara mereka berusaha dengan terapis dan ramuan herbal dalam meningkatkan peluang untuk hamil.

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

12 Ramuan Agar Cepat Hamil

Berikut ini adalah 12 ramuan herbal atau bahan natural yang bisa Moms coba agar cepat hamil:

1. Kurma

kurma1.jpg

Kurma kaya akan vitamin B dan K, zat besi, kalium, folat, antioksidan, dan mineral penting lainnya. Zat besi dan folat adalah nutrisi yang sangat penting untuk dimiliki selama pembuahan atau usaha hamil dan kehamilan.

Dengan demikian, kurma yang kaya nutrisi adalah makanan kuat yang dapat membantu Moms hamil dan juga selama kehamilan.

Haluskan 10-12 kurma tanpa biji dengan dua sendok akar ketumbar sehingga menjadi pasta. Pasta kurma ini dapat ditambahkan dalam secangkir susu sapi sebelum Moms merebusnya kembali.

Konsumsi ramuan ini selama seminggu setelah haid berakhir, untuk membantu meningkatkan kesuburan Moms dan mempercepat proses hamil.

2. Delima

Delima dikemas dengan Vitamin C dan K, serta banyak antioksidan, folat, dan kalium. Delima sangat efektif dalam meningkatkan aliran darah ke daerah panggul. Buah ini dikatakan dapat meningkatkan kesuburan wanita dan juga membantu menebalkan lapisan rahim, sehingga mengurangi risiko keguguran.

Ambil kulit pohon delima dan bijinya dalam jumlah yang sama, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Makanlah setengah sendok teh bubuk ini setiap hari selama beberapa minggu untuk mencoba peruntungan hamil Moms.

3. Kayu Manis

4 Manfaat Mengonsumsi Kayu Manis saat Hamil

Dam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu manis digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bisakah kayu manis memiliki manfaat sebagai suplemen herbal kesuburan?

Ada beberapa bukti awal bahwa kayu manis dapat membantu wanita penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS) dalam mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, yang berpotensi membantu keluarga berencana dan konsepsi.

Dalam studi uji coba terkontrol yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, para peneliti di Universitas Columbia menemukan bukti awal bahwa kayu manis bisa menjadi pilihan pengobatan untuk wanita dengan sindrom ovarium polikistik.

Tentu saja, penelitian ini masih awal, dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan. Akan tetapi, upaya menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air hangat dan meminum ramuan ini selama beberapa bulan tentu tidak ada salahnya sebagai bagian dari usaha agar cepat hamil.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Makanan, Ini 5 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan!

4. Akar Maca

Akar maca atau ginseng asal Peru ini dapat digunakan untuk mengobati kesuburan yang rendah baik pada wanita maupun pria. Akar buah ini cukup bergizi, karena mengandung Vitamin B dan C, zat besi, dan kalium.

Tidak hanya itu, akar ini juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormonal tubuh dan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, sehingga meningkatkan kesuburan.

Moms hanya perlu mengambil setengah sendok teh bubuk akar maca dan dicampur dengan secangkir air hangat atau susu. Konsumsi bubuk akar maca selama beberapa bulan dan ketika sudah hamil, Moms tidak boleh mengkonsumsinya lagi.

5. Bawang Putih

bawang putih dapat menjadi makanan program hamil untuk suami.jpg

Salah satu bahan herbal alami yang efektif untuk hamil adalah dengan mengonsumsi bawang putih.  Bawang putih dikenal dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Penambah rasa yang selalu digunakan saat memasak ini, dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma dan sel telur.

Bawang putih juga mampu melemaskan pembuluh darah Moms dan meningkatkan sirkulasi. Aliran darah yang baik sangat penting untuk menjaga organ seperti ovarium dan rahim dalam kondisi prima.

Moms bisa mengambil 4 sampai 5 siung bawang putih dan mengunyahnya. Setelah itu, minumlah segelas susu hangat setelah mengunyah bawang ini. Jalani rutinitas ini secara teratur di musim dingin untuk meningkatkan kesuburan.

6. Chasteberry

Chasteberry digunakan selama ribuan tahun oleh orang Mesir kuno, Yunani, dan Romawi untuk mengobati berbagai kondisi ginekologi. Menurut American Family Physician, saat ini chasteberry 'banyak digunakan di Eropa' untuk mengobati beberapa kondisi premenstrual syndrome termasuk ketidakteraturan siklus menstruasi dan perdarahan uterus.

Di Jerman, chasteberry banyak diresepkan oleh dokter keluarga dan ginekolog untuk mengobati premenstrual syndrome, mengatur siklus menstruasi, dan mengontrol perdarahan uterus yang tidak berfungsi.

Chasteberry juga termasuk dalam FertilityBlend, suplemen nutrisi yang dirancang untuk meningkatkan kesuburan wanita. Stanford University School of Medicine memberikan FertilityBlend pada 53 wanita yang telah berjuang untuk hamil selama 6 sampai 36 bulan terakhir.

Hasilnya, 26% wanita hamil setelah tiga bulan, dibandingkan dengan hanya 10% wanita dalam studi kontrol yang tidak diberikan FertilityBlend.

Moms hanya perlu mengambil satu sendok chasteberry kering dan masukkan ke dalam air mendidih selama 10 menit. Minum teh ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

Baca Juga: 11+ Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

7. Kemangi

kemangi - goodhousekeeping.com.jpg

Kemangi telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit medis dan kondisi kesehatan.  Konsumsi kemangi juga terbukti efektif dalam menyembuhkan kemandulan wanita.

Beberapa daun kemangi (tiga hingga empat) dapat dikunyah setiap hari, diikuti dengan segelas susu untuk meningkatkan peluang Moms supaya hamil.

8. Adas dan Kelopak Mawar

Obat rumahan lain yang bisa dijadikan ramuan agar cepat hamil adalah konsumsi adas dan mawar. Jika yoga dan olahraga adalah sesuatu yang tidak dapat Moms ikuti untuk meningkatkan peluang hamil, Moms dapat mengonsumsi adas dan kelopak mawar untuk meningkatkan kesuburan.

Campur 10 gram adas dan 50 gram kelopak mawar dan minum campuran ini setiap malam dengan susu sapi hangat.

9. Green Tea

Teh Membantu Cepat Hamil, Mitos atau Fakta? 2

Green tea atau teh hijau telah dipuji karena berbagai khasiat kesehatannya. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek antioksidan teh hijau mungkin memiliki manfaat kesuburan. Menurut Reproductive BioMedicine Online, efek antioksidan teh hijau dapat meningkatkan kelangsungan hidup sperma pada pria dan sel telur pada wanita.

Lantas, haruskah pasangan yang mencoba hamil minum lebih banyak teh hijau? Tentu ini tidak ada salahnya. Akan tetapi, kesuburan adalah proses yang rumit sehingga pasangan yang ingin hamil harus berhati-hati saat memilih satu ramuan sebagai obat untuk semua.

Jika Moms ingin membuat ramuan agar cepat hamil dari teh hijau, Moms hanya perlu menyeduh teh hijau celup atau satu sendok daun teh hijau dengan air panas dan ditambah madu.

Baca Juga: Bikin Sendiri Ramuan Kecantikan Berbahan Teh Hijau

10. Pala

Konon banyak yang mengatakan bahwa bumbu masakan yang satu ini bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan wanita. Moms mungkin sudah biasa memasukkan pala ke dalam makanan dan kini bisa lebih sering melakukannya untuk meningkatkan peluang hamil.

Moms dapat mengambil bubuk pala dan gula bubuk dalam jumlah yang sama (masing-masing sekitar 3 gram) dan meminumnya dengan satu cangkir susu sapi selama masa menstruasi.

11. Garam Kasar

salt garam

Moms bisa menggunakan garam batu atau garam kasar sebagai bagian dari ramuan untuk meningkatkan peluang hamil. Garam batu dapat efektif dalam memerangi ketidaksuburan pada wanita, karena garam batu memiliki banyak mineral penting di dalamnya seperti kalsium, magnesium, kalium, dan zat besi.

Moms bisa mengambil satu sendok garam batu dan merendamnya dalam 750 ml air. Minumlah air ini pagi-pagi sekali atau sebelum matahari terbit selama 3 hingga 6 bulan untuk melihat hasilnya.

12. Kunyit

Dalam pengobatan Ayurveda (pengobatan tradisional India), kunyit memiliki sejarah sebagai bagian dari obat herbal obat sejak 4000 tahun yang lalu.

Menurut Herbal Medicine: Biomedical and Clinical Use, dalam 25 tahun terakhir penelitian ilmiah yang lebih ketat telah melihat potensi manfaat medis dari rempah-rempah. Apa yang dikatakan ilmu pengetahuan modern tentang penggunaan kunyit sebagai suplemen kesuburan?

Tiga penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan ovulasi, mencegah komplikasi kehamilan tertentu, dan dapat berfungsi sebagai zat yang mampu mengawetkan sperma.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproduction and Fertility menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan ovulasi pada wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) sehingga berpotensi membantu mereka untuk hamil.

Para peneliti yang menulis dalam jurnal Biomarkers and Genomic Medicine juga mencatat bahwa kunyit juga dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan perkembangan preeklamsia atau komplikasi kehamilan yang berpotensi mematikan. Akhirnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Microbiology, Biotechnology, and Food Sciences menunjukkan bahwa kunyit dapat mengawetkan kultur sperma in vitro ketika penelitian dilakukan kepada hewan.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui apakah kunyit benar-benar dapat meningkatkan jumlah sperma pria atau motilitas pada manusia.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health , berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan dan kesuburan wanita masih terus dipelajari hingga saat ini.

Moms hanya perlu menambahkan 1/8 -1/4 sdt kunyit ke smoothie yang Moms buat atau yang lebih natural adalah memasukannya ke makanan atau tumisan sayuran dengan mengkombinasikannya bersama bumbu aromatik favorit Moms.

Baca Juga: Resep Jamu Kunyit Asam dan Sinom, Segar dan Menyehatkan

Moms bisa mencoba dan mendapatkan keuntungan dari beberapa ramuan alami yang mungkin bisa Moms buat jika memang benar ingin hamil.

Namun, Moms tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan pola makan atau gaya hidup dengan mengkonsumsi ramuan alami tertentu ini.

Artikel Terkait