Parenting Islami

12 Agustus 2021

57+ Rangkaian Kata-Kata Hijrah Agar Senantiasa Istiqomah, Masya Allah!

Ada kata-kata hijrah motivasi, istiqomah, semangat, dan juga cinta
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat ini, banyak kalangan mulai dari kalangan selebritis hingga masyarakat lainnya yang mulai berhijrah dan lebih Islami. Bukan hanya dari segi perilaku dan juga tutur kata, banyak juga yang menyebarkan kata-kata hijrah yang mudah ditemui di media sosial.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada banyak cara yang didapatkan dalam mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Termasuk dari kata-kata hijrah yang bisa memberikan motivasi dan juga semangat untuk selalu istiqomah.

Baca Juga: Kompak Mendalami Agama, 7 Pasangan Artis Ini Hijrah Bersama

Mengenal Kata Hijrah

Kata-kata Hijrah -1.jpg

Foto: Thetravelmagazine.net

Dikutip dari Islamic Research Institute, International Islamic University, Islamabad, konsep hijrah memainkan berbagai peran penting dalam penjelasan Islam. Sepanjang sejarah Islam, konsep dan citra hijrah telah menjadi bagian penting dari penjelasan dan perdebatan para pemikir besar muslim.

Dalam pembahasan kekinian, hijrah biasanya dianggap sebagai peristiwa sejarah tertentu dalam kehidupan masyarakat muslim. Misalnya, saat seseorang memutuskan lebih dekat dengan agama karena mengalami peristiwa tertentu.

Sebenarnya, kata hijrah sendiri berasal dari Bahasa Arab, yang bisa bermakna meninggalkan, menjauhkan dari atau berpindah tempat. Kata ini pertama-tama dikenal saat Rasulullah SAW bersama para sahabat melakukan hijrah atau berpindah dari Makah ke Madinah.

Hijrah tersebut bertujuan mempertahankan dan juga menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam. Kini, orang yang memutuskan untuk berhijrah biasanya ditandai dengan berubahnya penampilan, dari yang terbuka menjadi tertutup.

Perintah berhijrah sendiri juga terdapat dalam beberapa ayat Alquran, antara lain:

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَٱلَّذِينَ هَاجَرُواْ وَجَٰهَدُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ أُوْلَٰٓئِكَ يَرۡجُونَ رَحۡمَتَ ٱللَّهِۚ وَٱللَّهُ غَفُورٞ رَّحِيمٞ ٢١٨

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al-Baqarah: 218)

Berhijrah tidak selamanya bermakna berpindah tempat. Berhijrah bisa juga berarti bertekad mengubah diri untuk mendapatkan rahmat dan keridhaan Allah SWT. Seseorang dapat dikatakan berhijrah ketika memenuhi dua syarat; rela meninggalkan sesuatu dan mempunyai tujuan yang lebih baik.

Berniat untuk berhijrah harus dengan jiwa yang kuat, karena akan banyak rintangan yang dilalui dalam proses tersebut. Ada pepatah mengatakan Semakin Tinggi Pohon, Semakin Lebat Buahnya, Semakin Kencang Angin Menerpanya. Inilah salah satu sebab yang membuat hijrah menjadi lebih menantang.

Baca Juga: 9 Potret Penampilan Baru Syahrini Kenakan Hijab, Sudah Berhijrah?

Rangkaian Kata-Kata Hijrah

Kata-kata Hijrah -2

Foto: Orami Photo Stock

Seseorang yang memutuskan berhijrah, harus mempersiapkan diri baik secara lahir dan juga batin. Jika sedang merasakan kegelisahan saat melalui prosesnya, deretan kata-kata hijrah ini diharapkan akan memberikan motivasi dan juga semangat.

Kata-Kata Hijrah Motivasi

  1. Tak peduli selambat apa engkau berproses, sekalipun engkau bergerak layaknya siput, itu adalah jauh lebih baik dan lebih disukai Allah.
  2. Hijrah itu bukan hanya sekadar niatnya saja tetapi juga harus dilakukan dengan taat.
  3. Menutup diri bukan karena sombong, tapi karena ingin menjaga hati.
  4. Hijrah itu bukan untukmu, tapi untuk-Nya.
  5. Muslimah berhijrah bukan malaikat, namun ia sedang proses menuju taat.
  6. Hijrah itu berat, tapi di dalamnya ada rasa nikmat.
  7. Hijrah dari gelap menuju terang, dari maksiat menuju taat.
  8. Hijrah itu by Allah, for Allah, from Allah, to Allah.
  9. Hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur, tanpa ada kata tua. Jatuh berdiri lagi, kalah mencobah lagi, gagal bangkit lagi. ‘Never give up and keep istiqomah’, sampai Allah berkata ‘Waktunya pulang’.
  10. Ketika engkau sudah berada di jalan yang benar menuju Allah, maka berlarilah. Jika sulit bagimu, maka berlarilah kecil. Jika kamu lelah berjalanlah. Jika itupun tidak mampu, merangkaklah. Namun jangan pernah berbalik arah atau berhenti.
  11. Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah dan itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan.
  12. Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.
  13. Jangan terlalu mempercayakan manusia untuk meluapkan emosi dan gelisahmu dalam bercerita, cukup Allah saja ternyata mampu membuatmu lebih damai dan bahagia.
  14. Putus asa, menyerah, pesimis mungkin selalu menggoda untuk memberhentikannya. Mencoba untuk mengembalikannya pada masa lalu yang kelam. Mencoba mengembalikannya pada keindahan dunia yang fana.
  15. Sesuatu akan lebih bernilai tinggi, jika dijaga dengan sebaik-baiknya. Dan untuk wanita muslimah adalah dengan menutup aurat dari pandangan orang banyak.

Kata-Kata Hijrah Semangat

  1. Hijrah itu berubah. Berubah dari yang buruk menjadi baik, meninggalkan segala sesuatu yang buruk untuk sesuatu yang lebih baik. Harus mulai darimana? Dari dirimu sendiri niat dalam dirimu. Bukan sekedar ikut-ikutan.
  2. Hijrah tidak harus mondok, ilmu agama bisa di dapat dari mana saja juga dari masyarakat dan lingkungan kita. Ilmu agama itu selamanya tetap sama takkan berubah meski 1000 tahun akan datang ya tetap sama.
  3. Hijrahlah yang akan mengendalikan sifat buruk, perbanyaklah istigfar. Tak ada manusia yang sempurna, manusia tempatnya salah dan khilaf.
  4. Tutup telinga mu dari perkataan yang menyakiti, tutu mata mu dari lisan-lisan yang memandang mu rendah, lalu tutup mulut mereka dengan perubahanmu yang jauh lebih baik.
  5. Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usah kita Allah selalu melihatnya.
  6. Jihad yang paling hebat adalah jihad dalam bertarung melawan diri sendiri, untuk berjuang melawan semua sifat buruk di dalam diri.
  7. Kalau kita ingin berubah menjadi lebih baik karena Allah maka Allah akan mempertemukan orang-orang baik untuk kita.
  8. Berhijab bukan menjamin pahala sempurna, namun ia usahakan pahala tetap ada. Bila yang dijaga bisa tiada, apalagi yang dibiar saja.

Baca Juga: Perjalanan Karir Cut Meyriska dari Modeling hingga Memutuskan Hijrah

Kata-Kata Hijrah Istiqomah

  1. Wahai diri, istiqomahlah. Biar pelan yang penting konsisten. Biar sedikit, yang penting rutin. Kalau mulai lelah, ingatlah Allah. Ingat bagaimana awal mula ingin hijrah dulu.
  2. Amalan yang bagaimanakah yang paling disukai Allah? Rasulullah menjawab, “Amalan yang dikerjalan secara tetap walaupun sedikit. (HR Muslim)
  3. Jangan puji aku sholehah, cukup doakan istiqomah karena iman sifatnya naik turun begitu pula dengan hati mudah berbolak-balik.
  4. Kita gagal mendidik diri istiqomah kerana terlalu banyak perkara yang telah menghitamkan hati.
  5. Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik.
  6. Sahabat sholeh/sholehah adalah kunci istiqomah dalam hijrah.
  7. Berubah itu sukar, tapi yang lebih sukar adalah beristiqomah dengan perubahan diri, hanya yang berkeazaman kukuh teguh meneruskan.
  8. Di balik kata istiqomah, ada perjuangan yang sangat berat dan tidak mudah, perngorbanan yang banyak, dan doa yang tak berhenti diucapkan.
  9. Datangnya hari kematian tidak harus menunggu datangnya istiqomah, maka beristiqomahlah sambil menunggu hari kematian itu tiba.
  10. “Hadist menyatakan bahwa: ‘Wahai dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan di atas ketaatan kepada-Mu.’ Orang yang baik akan selalu berdoa seperti itu, karena akan banyak godaan yang mengampiri. Kehidupan akan selalu diterpa dengan godaan, orang yang baik dan sholeh akan selalu mengharapkan kekuatan untuk berdiri di atas ketaatan,” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)
  11. Rasul pernah menyatakan bahwa: ‘Jalan Allah itu panjang, akan tetapi kita menempuhnya layaknya kura-kura dan tujuannya bukanlah dengan engkau sampai pada ujung jalannya. Tujuannya adalah dengan engkau mati di atas jalan tersebut.’ Maka pertahankanlah prinsip yang telah Anda jalani, tidak akan ada yang tahu Anda kan berakhir pada keadaan baik ataupun buruk. (Syaikh Al-Albaniy)
  12. Memulai untuk memperbaiki diri dengan berhijab secara perlahan mampu mempengaruhi akhlak.
  13. Memang tidak ada manusia yang sempurna. Namun, bukan berarti juga jika manusia harus tetap menjadi apa adanya. Perbaikan itu memang perlu dan salah satunya dengan cara menutupi aurat dari orang-orang yang ada di sekitar.
  14. Hai diri tidaklah Allah memberikan ujian cobaan kesulitan kecuali sebagai bukti tanda cintanya.
  15. Istiqomah itu sulit dan butuh perjuangan sehingga hanya orang-orang terpilih yang mampu Istiqomah.

Kata-Kata Hijrah Cinta

  1. Karena yang setiap hari memberi coklat akan kalah dengan yang memberi seperangkat alat sholat.
  2. Jomblo dalam ketaatan itu lebih indah daripada bersama dalam kemaksiatan.
  3. Jodoh itu bukan seberapa lama kamu dengannya, tapi seberapa yakin kamu kepada-Nya”
  4. Yakin saja, sesuatu yang sudah ditakdirkan menjadi hak kita, Allah tidak akan berikannya menjadi milik orang lain.
  5. Sabar dalam penantian, benahi diri, dekatkan diri pada Allah. Cintai Allah, persiapkan diri menjadi sebaik-baiknya wanita. Hijrah Cinta!
  6. Cintailah seseorang itu secara diam-diam, seperti kisah cinta suci Fatimah dan Ali yang akhirnya Allah pertemukan jua. Sesungguhnya mereka mencintai secara diam itu sedang berjihad, berjihad menentang kehendak diri. Menundukan nafsu hati.
  7. Dulu aku senang untuk berbicara berdua bersamamu. Namun kini aku lebih senang untuk berdua bersama Allah di sepertiga malam, untuk berbicara tentang kamu. (Aldilla Dharma)
  8. Karena mendoakan adalah cara mencintai yang paling rahasia.
  9. Karena yang sudah sah akan menjadi ibadah, sudah pasti lebih indah, makanya hijrah setelah istiqomah.
  10. Jika wajah yang membuatmu jatuh cinta, bagaiman caramu mencintai Tuhan yang tak berupa?
  11. Ya Allah, jika aku jatuh cinta. Cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu, agar bertambah kekuatanku untuk mencintai-Mu.
  12. Jodoh itu bukan hanya karena cinta, lebih dari itu, kita akan menghabiskan sisa waktu bersamanya. Maka bersabar adalah kuncinya. Percayalah, Allah tidak pernah kecewakan hamba-Nya.
  13. Segala sesuatu menjadi indah karena awalnya telah terjaga. Peliharalah hati ini, hingga nanti pada masanya, kita persembahkan untuk sebuah jiwa yang juga menjaga, lagi diridhoi-Nya.”
  14. Zaman sekarang sulit mencari yang sholeh/sholehah. Kenapa mencari? Lebih baik berusaha menjadi yang sholeh/sholehah.
  15. Menjaga hati, menjaga jarak, karena sejauh apapun jika berjodoh akan disatukan Allah. Dan sedekat apapun jika tidak berjodoh tidak akan pernah bersatu.
  16. Cinta karena nyaman akan kalah dengan cinta yang karena iman.
  17. Jodohmu adalah cerminan dirimu bukan cerminan wajahmu. Jodohmu adalah cerminan akhlakmu bukan cerminan rupamu.
  18. Tak ada yang lebih romantis dari sujudnya hamba pada Tuhannya. Menyesal, berdoa, dan bertekad untuk berubah menjadi lebih baik lagi.
  19. Tampan dan mapan mungkin kau butuhkan tapi Allah lebih tahu bahwa kau lebih butuh lelaki yang kuat iman.
  20. Pastikan dirimu Memang Pantas Allah sandingkan dengan orang yang baik agamanya.

Dengan membaca kata-kata hijrah ini, semoga keyakinan dan keistiqomahan semakin kuat sehingga akan meningkatkan rasa iman di dalam hati. Aamiin.

  • https://nurfasta.com/kata-kata-hijrah/
  • https://qudsfata.com/kata-kata-hijrah/
  • https://www.jstor.org/stable/20839808
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait