Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
15 Juni 2020

Redakan Sakit Tenggorokan Anak dengan Cara Sederhana Ini

Simak tipsnya dengan baik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sakit tenggorokan merupakan hal yang umum terjadi pada anak. Agar tidak terasa semakin sakit, Moms perlu memberikan pertolongan pertama untuk meredakan sakit tenggorokan anak.

Sakit tenggorokan bisa terjadi akibat virus dan bakteri. Sakit tenggorokan yang disebabkan virus terwujud dalam bentuk masuk angin, influenza, infeksi mononukleosis (mono), kadang-kadang dikenal sebagai demam kelenjar. Sedangkan strep throat adalah infeksi tenggorokan yang terjadi akibat paparan bakteri streptococcus.

"Strep throat sangat menular. Penyakit ini harus ditangani dengan cepat untuk mencegahnya menyebar ke orang lain. Infeksi tidak hanya dapat ditularkan, tetapi ada potensi komplikasi dari radang tenggorokan yang tidak diobati," ujar dokter Valerie D. Riddle, MD, ahli penyakit menular News In Health, Florida.

Dokter Valerie juga menambahkan komplikasi yang terjadi juga termasuk penyakit seperti infeksi telinga, demam rematik, dan masalah ginjal.

Baca Juga: 5 Penyebab Paling Umum Sakit Tenggorokan Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Tips Meredakan Sakit Tenggorokan Anak

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: health.clevelandclinic.org

Sebelum benar-benar membawa Si Kecil ke dokter, tak ada salahnya untuk memberikan ia pertolongan pertama untuk meredakan sakit tenggorokan anak.

Sebab, rasa sakit yang ia alami pasti membuatnya sangat tidak nyaman. Ini yang bisa Moms lakukan.

1. Berikan Cukup Air

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: pdckids.com

Untuk menjaga tenggorokannya tetap nyaman, berikan anak cukup air agar tenggorokannya selalu lembap.

“Pernahkah memperhatikan bahwa sakit tenggorokan rasanya buruk di pagi hari? Itu karena tenggorokan menjadi sangat kering dalam semalam," jelas dokter Valerie.

Dengan memberikan anak banyak cairan, akan membantunya terhindar dari tenggorokan kering yang menyiksa.

2. Kumur dengan Air Garam

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: popsugar.com

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan anak yang gatal. Pasalnya, garam dapat membantu mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang.

Selain itu, garam juga bisa membantu anak untuk merasa lebih nyaman. Berikan Si Kecil air garam yang terdiri dari 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja yang dicampur segelas air hangat.

Kemudian bantu anak berkumur beberapa detik dan keluarkan. Ulangi kumur garam ini beberapa kali setiap hari.

Baca Juga: Radang Tenggorokan pada Ibu dan Anak

3. Berikan Comfort Food

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: monikabriggs.com

Saat anak mengalami sakit tenggorokan, pastikan ia mendapatkan comfort food. Makanan dan minuman yang menenangkan tentu membantu anak mengatasi rasa sakitnya. "Sup ayam adalah obat rumahan yang paling sering diresepkan untuk sakit tenggorokan dan gejala flu," jelas dokter Caroline Roberts, M.D., asisten direktur residensi di UNC Family Medicine.

Terdapat data yang menunjukkan bahwa sup ayam bekerja dengan menghambat migrasi neutrofil, komponen di dalam tubuhyang menyebabkan peradangan di tenggorokan.

4. Gunakan Pelembap Udara

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: mashable.com

Cara lain untuk meredakan sakit tenggorokan anak adalah dengan menggunakan pelembap udara atau humidifier. Ini akan sangat membantu Moms untuk menghilangkan udara kering yang dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan Si Kecil.

Namun, pastikan untuk membersihkan pelembap secara teratur sehingga tidak menumbuhkan jamur atau bakteri.

5. Teh Bunga Chamomile

meredakan sakit tenggorokan anak

Foto: livescience.com

Teh chamomile telah lama digunakan untuk tujuan medis sebab memiliki khasiat untuk menyembuhkan. Selain itu teh chamomile juga dipercaya dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak dan menghindari batuk terus menerus di malam hari yang membuat anak tidak nyaman.

Baca Juga: Simak Cara Mengobati Esofagitis (Sariawan Tenggorokan) Berikut Ini

Sifat anti-bakteri dan anti-virus yang membantu melawan infeksi di dalamnya akan membantu anak mengurangi rasa sakit. Berikan Si Kecil teh chamomile setidaknya dua kali sehari.

Dengan tindakan yang tepat, tentu akan meredakan sakit tenggorokan anak dengan cepat. Selamat mencoba, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait