Selebriti

30 Oktober 2020

Menerima Anak Jadi Transgender, Reggy Lawalata Melalui Proses Bertahun-tahun

Sebagai orang tua, tentunya ini bukan keputusan yang mudah
placeholder

Foto: YouTube Orami Entertainment

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjadi seorang single parent di usia muda membuat Reggy Lawalata menjadi sosok wanita yang kuat. Sejak usia muda, Reggy telah merawat kedua putranya hingga mereka tumbuh menjadi sosok yang mandiri.

Tidak hanya itu, Reggy juga menceritakan tentang pergumulannya ketika anak pertamanya, Oscar, memutuskan untuk menjadi seorang transgender. Keputusan Oscar ini tentu bukan hal yang mudah bagi Reggy sebagai seorang ibu.

Reggy menceritakan bagaimana prosesnya hingga ia menerima keputusan Oscar dalam video "Reggy Lawalata Menerima Keputusan Besar Oscar Lawalata" di kanal YouTube Orami Entertaintment, bersama Liza M. Djaprie, M.Psi, CH, seorang psikolog.

"Saya berproses. Waktu Oscar mulai mengobrol dengan saya, tentu saja waktu itu menjawab 'tidak.' Itu wajar, karena saya yang melahirkan, tentu ingin kalau anak laki-laki ya jantan, dan stigma kita itu biasanya hanya ada laki-laki dan perempuan. Tapi, ternyata dunia tidak begitu," terang Reggy.

Cari tahu lebih lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Cerai dengan Suami, Raya Kitty Merasa Down Hingga 2 Minggu

Reggy Lawalata Berproses Bersama Selama Bertahun-tahun

Reggy Lawalata-3

Foto: YouTube Orami Entertainment

Reggy Lawalata mengatakan jika ia telah melihat Oscar sedikit berbeda dengan anak laki-laki seusianya.

"Waktu Oscar SMP, saya merasa anak ini lebih feminin. Dia mudah tersinggung, lebih sedih, dan enggak suka kekerasan. Jika dibandingkan dengan Mario kan terlihat sekali perbedaan dua anak ini," terang Reggy.

Awalnya, Reggy merasa dirinya penuh dengan pertanyaan, apalagi menjadi seorang ibu yang bekerja. Tetapi, setelah Oscar berbicara dengannya, ia mulai mengobrol dan bertanya dengan banyak orang.

"Saya pikir perasaan-perasaan ini yang perlu saya perhatiin untuk Oscar. Soal ia mau berubah atau tidak, itu saya pikirkan belakangan. Untuk saya mengerti dia dulu saja itu sudah membantu buat mereka," jelas Reggy.

"Akhirnya, saya coba belajar semua itu, saya mengerti dulu, dan kembali mengatur perasaan bagaimana kalau saya di posisi dia. Dan karena Oscar kebetulan anak yang baik, dia enggak pernah membuat sesuatu yang jelek sepanjang hidupnya, tidak pernah memalukan saya sebagai orang tua, saya pikir tidak fair kalau segalanya itu tentang apa yang saya mau. Tetapi, memang saya ada pergumulan dan ini membuat saya berdoa, berdoa dan berdoa," ungkap Reggy.

Sedikit berbeda dengan Mario, justru ia ingin memastikan jika tindakan yang dilakukan kakaknya itu dapat menjamin kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

"Pergolakan ini juga saya selalu bicarakan dengan Mario, dan kami berdua ada juga perasaan khawatir. Tetapi Mario lebih bertanya kepada Oscar 'jika melakukan hal tersebut, apakah akan menjamin dirimu bahagia?' namun saya lebih ke 'mengapa?' dan kita berproses bersama bertahun-tahun membicarakan hal ini," lanjut Reggy.

Baca Juga: Hamil di Luar Nikah Hingga Jalani Terapi, Ini 5 Fakta Kisah Cinta Onadio Leonardo dan Beby Priscilla

Sudah Dipertimbangkan dengan Sang Anak Sendiri

Reggy Lawalata-4

Foto: YouTube Orami Entertainment

Lebih lanjut, Reggy mengatakan bila segala keputusan yang sudah diambil Oscar tentu sudah melalui proses dan pemikiran yang panjang.

"Oscar pernah bilang jika dirinya bukan tipikal orang yang melakukan seustua tanpa pikir. Apapun itu. Termasuk untuk hal ini, itu memang sudah dia pikirkan," kata Reggy.

Bahkan, Oscar datang kepada ibunya untuk bicara dan sudah menyiapkan keterangan dari para ahli tentang keputusannya tersebut.

"Hebatnya lagi, Oscar datang ke saya dengan penjelasan. Ia sudah ke psikolog, psikiater, dan menyatakan banyak hal. Saya pikir ini luar biasa. Ia tidak bercerita, pergi sendiri tanpa ditemani siapapun, bertanya sendiri. Hal ini yang lebih menguatkan saya dan Mario, bahwa dia tahu apa yang dilakukan, dan ini tidak berubah," jelas Reggy.

Baca Juga: Kepergok Anak saat Bercinta, Begini Trik Indra Bekti dan Istri Menjelaskannya

Oscar Merasa Lebih Bahagia dengan Keputusan yang Diambil

photo6086858451557919852.jpg

Foto: YouTube Orami Entertainment

Sampai akhir, Oscar tidak mengubah pikirannya. Bahkan setelah memutuskan menjadi seorang transgender, Reggy melihat perubahan anaknya yang lebih bahagia.

"Dia malah lebih bahagia, dan seperti ada beberapa hal yang kita tidak pernah lihat sebelumnya, dan hal tersebut keluar. Contohnya, dulu dia lebih banyak menyendiri di kamar, tetapi sekarang lebih sering bersama-sama. Kebetulan, keluarga saya juga open-minded. Jadi Oscar merasa didukung," cerita Reggy.

Memiliki kehidupan yang tidak selalu mulus, membuat Reggy Lawalata sadar bahwa perjalanan hidupnya ini sebenarnya merupakan bentuk kekuatan untuk dirinya.

"Kita sebagai orang tua punya mata, punya hati. Matanya jangan ditutup, apalagi hatinya. Kalau ditanya, mereka juga tidak mau, tetapi kalau mereka terlahir seperti itu bagaimana? Bisa tidak kita, sebagai orang tua, merasakan perasaan mereka sebentar, dan jangan menolak," kata Reggy.

Jika mengambil dari sudut pandang agama, Reggy mengaku bila ini pertanyaan yang sulit. Tetapi, ia tetap percaya pada rencana yang sudah dibuat oleh Tuhan.

"Kalau dari sudut pandang agama itu memang sulit. Tapi, saya pikir Tuhan pasti punya rencana. Tidak ada yang tidak indah yang Tuhan ciptakan. Jadi, ini tentang bagaimana cara kita berpikir saja," tutup Reggy.

Itu dia Moms, curahan hati dari Reggy Lawalata yang menjadi seorang ibu dengan prosesnya bersama kedua anaknya untuk menerima keputusan Oscar menjadi seorang transgender. Moms bisa melihat videonya lebih lanjut di bawah ini.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait