Home & Living

16 Juli 2021

15 Rekomendasi Air Fryer untuk Hidup Lebih Sehat, Harga Mulai 300 Ribuan!

Moms bisa memasak gorengan tanpa khawatir minyaknya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Belakangan, rekomendasi air fryer banyak terlihat seiring menjadi tren di kalangan ibu rumah tangga. Barang elektronik yang satu ini memang sedang naik daun lantaran disebut-sebut dapat menghasilkan gorengan yang lebih sehat karena tidak mengandung banyak minyak.

Meski banyak yang mempercayai makanan yang digoreng dengan rekomendasi air fryer pilihan akan menjadi lebih sehat, tetapi tak sedikit pula yang mengatakan air fryer dapat memengaruhi nutrisi makanan dan meningkatkan risiko kanker.

Lalu bagaimana fungsi, manfaat, kelebihan, dan kekurangan dari berbagai pilihan rekomendasi air fryer yang banyak digaungkan? Air fryer disebut sebagai alat menggoreng alternatif karena disebut dapat memotong kalori sebesar 70 persen hingga 80 persen dan memiliki lebih sedikit lemak ketimbang menggoreng makanan dalam minyak.

Selain itu, air fryer juga dapat mengurangi beberapa efek berbahaya lain dari memasak dengan menggunakan minyak. Saat menggoreng kentang atau makanan bertepung lainnya dengan menggunakan minyak, proses tersebut dapat memunculkan akrilamida, senyawa kimia yang diklasifikasikan sebagai karsinogen grup 2A.

Menurut penelitian, senyawa tersebut dikaitkan dengan peluang lebih besar terkena kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa air fryer dapat menurunkan jumlah akrilamida dalam kentang goreng hingga 90 persen, seperti dikutip dari laman WebMD.

Dikutip dari Very Well Health, Air fryer pertama kali diluncurkan pada 2010 sebagai alat alternatif untuk menggoreng, karena saking banyaknya orang yang menyukai gorengan. Alat yang satu ini mampu membuat makanan menjadi renyah, meski dengan menggunakan sedikit minyak.

Hal inilah yang membuat rekomendasi air fryer banyak dicari. Padahal waktu yang dibutuhkan untuk proses memasak lebih lama ketimbang pengorengan biasa.

Memasak dengan menggunakan air fryer sudah pasti berbeda dengan menggoreng dengan banyak minyak. Pada dasarnya, air fryer sama dengan oven konveksi.

Alat ini menggunakan kipas untuk mengedarkan tetesan minyak kecil dan udara panas di sekitar makanan. Cairan pada makanan akan keluar karena proses pemanasan ini, hal inilah yang membuat hasil makanannya juga renyah. 
Baca Juga: 7 Resep dan Cara Menggoreng Kacang Mete yang Renyah, Anti Gosong!

Rekomendasi Air Fryer Terbaik

Hampir semua brand barang elektronik menawarkan rekomendasi air fryer terbaik versi masing-masing. Namun, rekomendasi air fryer mana yang cocok untuk Moms?

Tentu saja Moms mencari rekomendasi air fryer yang bisa menawarkan berbagai manfaat. Misalnya rekomendasi air fryer dari Philips yang salah satunya dapat membantu memasak makanan beku.

Namun yang perlu Moms ingat, meski air fryer disebut sebagai alat penggoreng yang sehat, namun mayoritas air fryer membutuhkan daya listrik yang cukup besar untuk memasak. Biasanya, semakin besar kapasitas memasak air fryer, semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi air fryer terbaik yang mungkin cocok dengan yang Moms butuhkan: 

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Kalau Anak Terlalu Sering Makan Gorengan

1. Oxone Professional Air Fryer OX-199N

oxone air fryer

Foto: oxone.id

Rekomendasi air fryer yang pertama untuk Moms adalah keluaran Oxone. Moms bisa mengandalkan alat yang satu ini untuk menggoreng tanpa menggunakan minyak. Air fryer yang satu ini memiliki pilihan tempratur yang bisa diatur mulai dari 80 hingga 220 drajat, tergantung kebutuhan memasak Moms.

Air fryer ini memiliki kapasitas memasak 4 liter dengan daya listrik 1.500 watt dan dibandrol dengan harga Rp2.590.000.

2. Philips Premium Air Fryer HD9723/11

philips air fryer

Foto: greatdeals.com.sg

Rekomendasi air fryer selanjutnya adalah Philips Premium Air Fryer HD9723/11. Ada cukup banyak kelebihan, sehingga tak heran brand ini menjadi salah satu rekomendasi air fryer andalan, dengan bandrol harga Rp3.599.000.

Alat yang satu ini memiliki teknologi yang bisa memisahkan dan membuang lemak berlebih. Selain itu, teknologi Twin Turbostar-nya dapat membuat masakan matang dan merata. Jika membelinya, Moms juga akan mendapatkan kumpulan resep memasak. Meski begitu, Moms perlu mempersiapkan daya listrik yang cukup besar juga untuk menggunakannya, yakni 1.500 watt.

3. Philips Essential Air Fryer XL HD9270/90

philips air fryer

Foto: parents.com

Jika Moms ingin memasak makanan rendah lemak, maka rekomendasi air fryer untuk Moms adalah Philips Essential Air Fryer XL HD9270/90, yang disebut sebagai produk penggoreng rendah lemak nomor satu. Selain itu, air fryer seharga Rp1.789.000 ini juga memiliki kapasitas memasak yang cukup besar hingga 6,2L, yang membuatnya mampu menampung lebih banyak masakan.

Desainnya juga modern, dengan layar sentuh 7 prasetel yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Selain itu, komponennya mudah dibersihkan karena mudah dilepas. Namun, daya listrik yang dibutuhkannya lebih besar. Moms harus menyiapkan 2.000 watt untuk memasak dengan menggunakan air fryer yang satu ini.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

4. Oxone OX-277 Professional Air Fryer

oxone air fryer

Foto: oxone-world.com

Untuk Moms yang hanya memiliki sedikit anggota keluarga, rekomendasi air fryer keluaran Oxone ini cocok untuk Moms. Karena kapasitasnya kecil hingga hanya dapat menggoreng sedikit makanan.

Meski begitu, Oxone OX-277 ini mudah digunakan dan memiliki desain menarik yang futuristik.

Air fryer seharga Rp1.500.000 ini dapat berputar 3D dengan penutup kaca transparan, sehingga Moms bisa langsung melihat tingkat kematangan masakan. Selain itu, rekomendasi air fryer yang satu ini juga mudah dibersihkan karena komponennya dapat dilepas dengan mudah.

5. Russell Hobs 5L Brooklyn Digital Air Fryer

air fryer

Foto: harveynorman.com.au

Moms yang hobi bepergian, tetapi tetap ingin memasak sehat bisa memilih air fryer yang satu ini. Karena dilengkapi dengan pegangan yang nyaman untuk dibawa bepergian. Selain itu, Russell Hobs 5L Brooklyn Digital Air Fryer ini juga memiliki kapasitas hingga 5L hingga bisa memasak cukup banyak makanan.

Desainnya pun modern dengan layar sentuh dan tampilan digital, hingga memiliki 7 mode penggorengan otomatis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masakan Moms. Air fryer ini menjadi rekomendasi untuk Moms terutama jika Moms memiliki budget berlebih. Russell Hobs 5L Brooklyn Digital Air Fryer dibandrol dengan harga Rp5.699.000.

6. Strogen Air Fryer Compact 2.0

air fryer

Foto: strogen.net

Moms yang memiliki budget kecil, tetapi tetap ingin memiliki air fryer bisa coba melihat rekomendasi air fryer keluaran Strogen. Air fryer yang satu ini dibandrol dengan harga Rp699.000.

Meski begitu, Strogen Air Fryer Compact memiliki keunggulan utama dengan daya yang cukup rendah dibanding rekomendasi air fryer sekelasnya. Kemampuannya pun tak kalah dengan air fryer lain dengan desain modern dan layar sentuh.

Strogen Air Fryer Compact juga bisa jadi rekomendasi untuk Moms yang kerap menggoreng dengan jumlah sedikit. Bagaimanapun juga,  kapasitasnya hanya sekitar 1,8L.

Baca Juga: Direbus atau Digoreng, Bolehkah Penderita Wasir Makan Telur?

7. Air Fryer Signora

signora air fryer

Foto: productnation.co

Rekomendasi air fryer selanjutnya adalah keluaran Signora. Air fryer yang satu ini memiliki keunggulan mode penggorengan otomatis, tetapi Moms tetap bisa mengatur suhu sesuai keinginan.

Selain itu daya listrik yang digunakan untuk air fryer seharga Rp1.780.000 ini juga lebih sedikit dan Moms bisa menghemat hingga 30 persen energi dibandingkan dengan menggunakan oven. Desainnya pun elegan, meski tidak memiliki tampilan digital dan layar sentuh.

8. Lock&Lock Eco Fryer

air fryer

Foto: alibaba.com

Moms yang hanya membutuhkan air fryer dengan kapasitas minimalis juga bisa memilih rekomendasi air fryer besutan Lock&Lock ini. Didesain hanya untuk kapasitas 3,2L, Moms bisa menyajikan gorengan minim minyak dengan air fryer seharga Rp2.999.000 ini.

Selain itu, desainnya juga menarik dengan kombinasi yang lucu meski belum dilengkapi dengan tampilam digital dan layar sentuh. Meski begitu, Lock&Lock Eco Fryer ini memiliki keunggulan yang sama. Moms tetap bisa mengatur waktu memasak dan yang menarik, air fryer yang satu ini mudah dibersihkan, bahkan memungkinkan untuk dicuci dengan mesin pencuci piring.

Baca Juga: Terlalu Banyak Makanan Digoreng akan Tingkatkan Risiko Kematian Perempuan?

9. Mito Digital Air Fryer

Mito Air Fryer.jpeg

Foto: mdp.co.id

Seperti namanya, Mito Digital Air Fryer hadir dengan menu serba otomatis hingga lebih praktis. Moms hanya perlu menekan layar untuk mencairkan makanan beku, membuat kue, menggoreng ayam, daging, dan seafood. Termasuk mengatur waktu dan suhu.

Salah satu kelebihan air fryer yang satu ini adalah lapisan granit atau marmernya yang membuat makanan yang digoreng, dipanggang, dan dibakar bisa matang lebih cepat dan merata tanpa harus menggunakan daya listrik besar.

Melansir official store, Mito Digital Air Fryer hanya membutuhkan daya listrik sebesar 650 Watt hingga Moms tak perlu khawatir tagihan listrik membengkak.

Kapasitas wadah yang cukup besar, yakni 4 Liter juga dapat memudahkan Moms untuk langsung memasak berbagai makanan hingga mempersingkat waktu bekerja di dapur. Ditambah komponen-komponennya yang dapat dilepas dan mudah dibersihkan.

Mito Digital Fryer ini tersedia dalam dua warna yang dapat Moms pilih, putih dan hijau toska dengan harga kisaran Rp890.000 hingga Rp1 juta-an.

10. Yong Ma Magic Friyer

Yong Ma air Fryer.jpeg

Foto: yongmasale.com

Air fryer lain dengan kapasitas besar dan juga daya listrik cukup rendah adalah Young Ma Magic Fryer. Teknologi HeatWave yang digunakan dalam air fryer yang satu ini diklaim dapat membuat makanan yang digoreng dan dipanggang lebih cepat matang dan garing.

HeatWave merupakan teknologi yang memanfaatkan uap panas yang berputar 360 derajat dari atas, bawah, depan hingga belakang. Moms juga tak perlu khawatir saat membersihkan komponen Magic Fryer ini, karena lapisan teflonnya membuat masakan tidak mudah lengket hingga dapat dibersihkan dengan mudah.

Dengan daya 800 Watt, Moms bisa memasak aneka makanan dalam kapasitas wadah 2.4 Liter. Yong Ma Magic Fryer ini dibandrol dengan harga Rp799.000 di beberapa gerai online shop.

Baca Juga: Jangan Asal Pakai, Ketahui 8 Jenis Pisau Beserta Fungsinya

11. Xiaomi-Liven Air Fryer

Xiaomi Air Fryer.jpeg

Foto: Xiaomiplanets.com

Salah satu merek air fryer populer di Indonesia adalah Xiomi Liven Air Fryer dengan desain yang modern dan kapasitas sebesar 5 Liter.

Desain air fryer yang satu ini agak berbeda dengan air fryer kebanyakan. Bentuknya lebih menyerupai panci presto dengan tutup transparan. Namun, desain tersebut tidak mengurangi fungsinya yang diklaim serba guna.

Moms bisa memasak daging, sayuran ikan, bahkan makanan panggang tanpa menambahkan minyak. Meski begitu, makanan bisa terproses dengan sempurna, renyah, dan juga sehat berkat sistem ventilasi dan kipas yang mampu menyebarkan udara panas ke dalam seluruh ruang.

Xiomi Liven Air Fryer juga dilengkapi dengan teknologi untuk degreasing makanan pada suhu tinggi. Namun sayangnya, daya yang dibutuhkan untuk air fryer yang satu ini cukup besar, yakni 1100 Watt.

Mengutip official store-nya, Xiomi Liven Air Fryer dibandrol dengan harga Rp945.000.

12. Xiaomi Onemoon Rosou Air Fryer

Xiaomi Onemoon Rosou.jpeg

Foto: www.aliexpress.com

Generasi kedua alat menggoreng pintar keluaran Xiaomi ini memiliki keunggulan teknologi sirkulasi udara high-speed.

Teknologi tersebut menghasilkan panas hingga Moms tidak membutuhkan minyak panas untuk menggoreng masakan. Meski begitu, Moms tetap mendapatkan hasil gorengan yang renyah sempurna tetapi rendah lemak karena tidak mengandung minyak jahat.

Xiaomi Onemoon Rosou Air Fryer AO2 ini juga dilengkapi pengatur suhu hingga 200 derajat celcius, pengatur waktu dan juga indikator LED pada bagian atas air fryer. Tentunya, fitur-fitur tersebut dapat membuat proses memasak lebih mudah dan praktis.

Panci teflonnya pun membuat proses membersihkan sisa makanan bekas menggoreng maupun memanggang menjadi lebih mudah.

Namun, air fryer yang satu ini juga membutuhkan daya yang cukup besar, yakni 1000 Watt saat proses memasak.

Mengutip official store di ecommerce, Xiaomi Onemoon Rosou Air Fryer AO2 dibandrol dengan harga Rp875.000.

Baca Juga: Cara Menggunakan Microwave untuk Pemula, Jangan Sampai Salah!

13. KONKA Air Fryer

Konka Air Fryer.jpeg

Foto: www.aliexpress.com

KONKA Air Fryer menjadi salah satu produk populer di Indonesia karena harganya yang cukup terjangkau, meski membutuhkan daya 1000 Watt.

Di beberapa official store online shop, air fryer yang satu ini dibandrol dengan harga Rp599.499. Meski begitu, air fryer yang satu ini juga mampu menggoreng makanan dengan sempurna tanpa menggunakan minyak. Hingga membuat makanan menjadi lebih sehat.

Cara mengoperasikannya yang cukup sederhana dan cara membersihkannya yang mudah pun menjadi salah satu keunggulan dari air fryer yang satu ini.

Air fryer dengan kapasitas 2,2 Liter ini juga dilengkapi dengan sirkulasi udara 360 derajat, kipas ganda, tabung pemanas tersembunyi, pengatur suhu dan waktu, serta liner terintregasi dengan pemanggang.

14. Midea Air Fryer MF-CN35B

Midea Air Fryer.jpeg

Foto: www.midea.com

Desainnya yang elegan dan mewah, serta bentuknya yang ringkas dan minimalis membuat air fryer yang satu ini cukup populer.

Penampilan modern dari Midea Air Fryer MF-CN35B terlihat dari sistem pengoperasiannya yang layar sentuh. Sistem operasi ini juga yang memudahkan air fryer ini cukup mudah digunakan, bahkan oleh para lansia.

Keunggulan lain dari air fryer yang satu ini adalah tak ada asap dan bau yang dihasilkan saat Moms mengolah makanan. Hal ini membuat dapur Moms tetap bersih dan aman dari bau makanan yang menyengat.

Dengan kapasitas wadah hingga 4,7 Liter Midea Air Fryer juga dapat menghasilkan berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng, dipanggang, dibakar, dengan sempurna, karena alat yang satu ini dibekali dengan 3 dimensi udara panas.

Teknologi tersebut dapat menghasilkan makanan yang matang secara merata dan sempurna.

Sayangnya, alat yang satu seharga Rp849.000 ini juga membutuhkan daya sebesar 1.500 Watt untuk memasak.

15. Pero Mutlifuncion Pure Air Fryer

Pero Air Fryer Multifunction .jpeg

Foto: https: Shopee.com.my

Keunggulan air fryer yang satu ini adalah disainnya yang sederhana dan juga harganya yang cukup terjangkau.

Di beberapa official store ecommerce,  Pero Mutlifuncion Pure Air Fryer dibandrol dengan harga Rp369.000.

Bukan hanya itu, air fryer yang satu ini juga membutuhkan daya yang cukup rendah saat proses memasak.

Dengan daya sebesar 700 Watt dan kapasitas wadah sebesar 1 Liter Moms bisa menggoreng, memanggang, dan membakar dengan menggunakan alat yang satu ini. Meski begitu, makanan yang dihasilkan produk unggulan Turki ini setara dengan air fryer lainnya.

Air fryer yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengatur suhu dan pengatur waktu, yang tentunya membantu Moms memasak lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Berdampak Pada Kesehatan, Ini 4 Panduan Memilih Alat Masak

Itulah beberapa rekomendasi air fryer yang bisa Moms pilih. Dengan menawarkan kelebihan masing-masing, kira-kira rekomendasi air fryer mana yang akan Moms pilih?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait