Kesehatan

2 Mei 2020

3 Rekomendasi Aktivitas Fisik selama WFH, Yuk Lakukan!

Ketahui juga dampaknya kurang aktivitas fisik selama WFH
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selama masa pandemi virus corona (COVID-19), semua masyarakat diharuskan untuk melakukan social distancing dan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Berbeda dengan bekerja di kantor, WFH tentunya membuat aktivitas fisik kita terbatas dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop, baik untuk melakukan pekerjaan atau untuk meeting.

Kita juga tidak bisa mengunjungi fasilitas olahraga publik dikarenakan masalah keamanan dan mengikuti anjuran pemerintah, demi mengurangi angka penyebaran infeksi COVID- 19, berbagai fasilitas olahraga ditutup.

Namun, bukan berarti kita jadi tidak dapat melakukan aktivitas fisik sama sekali selama WFH ya, Moms.

Baca Juga: 6 Olahraga Ringan Agar Badan Tidak Pegal Selama #DiRumahAja

Rekomendasi Aktivitas Fisik selama WFH

aktivitas fisik selama WFH

Foto: healthline.com

Berikut rekomendasi aktivitas fisik yang dapat dilakukan saat WFH.

1. Sedikit Aktivitas Fisik Sebelum Kerja

Sebelum kita mulai WFH, aktivitas fisik seperti jalan-jalan sebentar di sekitar rumah setidaknya 15 menit. Moms bisa membawa peliharaan sembari jalan-jalan atau mengajak anak kita ke taman kompleks.

Berjalan meningkatkan detak jantung kita, memulai metabolisme dan membantu menghilangkan stres. Cara ideal untuk memulai hari kerja yang baik.

2. Istirahat Sejenak

“Bila bekerja menggunakan komputer dan cenderung duduk dalam waktu yang lama, istirahatkan sejenak diri selama 3-5 menit setiap 30 menit sekali,” jelas dr. Kamila Fitri Islami, Dokter Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Lalu lakukan aktivitas fisik seperti stretching atau berjalan untuk merelaksasikan otot tubuh kita yang terlalu lama duduk saat WFH. Tujuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menjernihkan pikiran Moms

Penelitian terbaru dalam Journal of American Heart Association menunjukkan bahwa aktivitas fisik sekecil apapun (misalnya hanya 5 menit) ketika dilakukan dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting.

Baca Juga: Tetap Bugar dengan 4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan #diRumahAja

3. Berkebun

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar setiap orang melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit selama seminggu.

Waktu ini bisa dibagi menjadi 3 sampai 4 kali seminggu dengan durasi 30 sampai 40 menit dan 75 menit untuk aktivitas fisik tinggi.

“Contohnya aktivitas fisik yang dapat dilakukan selama WFH adalah berkebun, senam, yoga, HIIT, dan zumba,” terang dr. Kamila.

Dampak Kurang Aktivitas Fisik selama WFH

aktivitas fisik selama WFH

Foto: Orami Photo Stock

Di semua usia, manfaat menjadi aktif secara fisik akan melindungi kita dari potensi bahaya yang mengintai.

Melakukan beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak melakukan sama sekali. Dengan menjadi lebih aktif sepanjang hari adalah cara yang relatif sederhana, Moms dapat dengan mudah mencapai tingkat aktivitas yang direkomendasikan.

Secara umum, menurut Centers for Disease Control (CDC) kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan terganggunya kesehatan mental kita dan menjadi faktor risiko terkena penyakit-penyakit kronis, seperti jantung, kanker, dan diabetes mellitus.

WHO menyebutkan orang yang kurang aktif memiliki peningkatan risiko kematian 20-30 persen dibandingkan dengan orang yang cukup aktif.

Baca Juga: 5 Kegiatan Akhir Pekan #diRumahAja, Si Kecil Akan Jadi Lebih Semangat!

Nah, itulah beberapa rekomendasi aktivitas fisik selama WFH. Jangan malas ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait