Kesehatan

KESEHATAN
27 November 2020

Rekomendasi Aplikasi untuk Diet, Jangan Tunda Turunkan Berat Badan!

Aplikasi ini bisa bantu program diet Moms, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Menjalani aktivitas di rumah saja membuat Moms mungkin jadi kurang bergerak. Tidak heran bila Moms mungkin mengalami kenaikan berat badan, ditambah pola makan yang mungkin tidak teratur akibat ngemil.

Jika Moms ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, maka penting untuk membuat perencanaan makan, menghitung dan membatasi jumlah kalori masuk, serta berolahraga.

Nah, bila dirasa sulit, Moms bisa memanfaatkan penggunaan smartphone dan mengunduh rekomendasi aplikasi diet yang dapat digunakan untuk membantu program diet.

Apa saja aplikasi itu? Apakah bisa digunakan untuk semua jenis smartphone? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Rekomendasi Aplikasi untuk Diet yang Bisa Diunduh

Sebagai informasi, rekomendasi aplikasi untuk diet ini tersedia di Play Store (Android) dan App Store (Apple).

Masing-masing memiliki fungsi beragam, seperti menghitung kalori, makanan yang harus dihindari, serta saran menu untuk dikonsumsi. Moms bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Diet Puasa, Perhatikan Hal Ini!

1. Noom

aplikasi untuk diet-noom.png

Foto: goodhousekeeping.com

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi untuk diet pada umumnya, Noom dapat membantu Moms dalam menurunkan berat badan melalui perubahan kebiasaan atau pola hidup.

Aplikasi ini tidak hanya menampilkan daftar makanan sehat, tetapi Noom juga menawarkan fitur lain yang bermanfaat untuk penggunanya.

Misalnya, indikator kadar gula darah, bacaan motivasi, hingga petunjuk latihan ringan yang bisa dilakukan ketika sedang di kantor.  

2. MyFitnessPal

aplikasi untuk diet-MyFitnessPal.png

Foto: medium.com

Aplikasi untuk diet berikutnya adalah MyFitnessPal. Dilansir dari Medical News Today, aplikasi ini memiliki database sekitar lima juta menu makanan beserta jumlah kalorinya.

Nah, tidak heran bila aplikasi untuk diet ini akan membantu Moms dalam menentukan menu santapan apa saja yang tepat untuk dikonsumsi.

Selain itu, tidak hanya menghitung kalori, MyFitnessPal juga dapat melacak nutrisi apa saja yang terkandung pada sebuah makanan.

3. Daily Burn

aplikasi untuk diet-Daily Burn.png

Foto: techcrunch.com

Tak melulu soal makanan, ada aplikasi untuk diet yang bisa membantu Moms dalam menurunkan berat badan melalui olahraga. Daily Burn menyediakan akses ke lebih dari 700 latihan, termasuk aktivitas yoga dan kardio.

Untuk pemula, ada video latihan 30 menit yang ditambahkan ke aplikasi setiap harinya, tersedia selama 24 jam.

Moms juga bisa streaming olahraga apapun yang disukai, sangat cocok untuk orang yang tidak punya waktu untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran.

Baca Juga: 10 Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Buat Menu Diet Rendah Kalori

4. Lose it!

aplikasi untuk diet-Lose it!.png

Foto: loseit.com

Lose it! juga termasuk rekomendasi aplikasi untuk diet.

Jika Moms memiliki target berat badan tertentu, cobalah untuk menggunakan aplikasi ini. Masukkan detail profil dan target berat badan, lalu aplikasi akan menghitung jumlah kalori harian yang harus dikonsumsi dan dibakar.

Pada Snap it, ada fitut yang memungkinkan Moms untuk mengunggah makanan dan mengetahui jumlah kalorinya.

Tak hanya itu, Lose it! juga bisa membuat Moms berinteraksi dengan pengguna lain untuk saling memberi dukungan dan motivasi.

5. FatSecret

aplikasi untuk diet-fatsecret.png

Foto: fatsecret.com

Aplikasi untuk diet berikutnya adalah FatSecret, yang bisa membantu Moms untuk memilih resep dan menu makanan sehat serta menghitung pembakaran kalori dari olahraga.

Aplikasi ini dapat mendukung program diet tak hanya dari sisi makanan, tapi juga olahraga.

Beberapa fitur dari FatSecret yaitu bisa mencatat jumlah kalori yang masuk dan yang terbakar. Tak hanya data harian, FatSecret dapat menampilkan rata-rata kalori bulanan.

Jadi, Moms bisa mengetahui dan meninjau progresnya saat menjalankan diet.

6. Fitbit

aplikasi untuk diet-Fitbit.png

Foto: fitbit.com

Aplikasi untuk diet selanjutnya adalah Fitbit, yang dapat digunakan untuk mencatat aktivitas fisik Moms.

Selain itu, Fitbit bisa menghitung jumlah langkah saat berjalan dan naik tangga, mengukur detak jantung, memantau asupan makanan, hingga kebiasaan tidur.  

Moms bisa mengatur alarm sebagai pengingat untuk bangun dan olahraga. Selain itu, Fitbit juga dapat membuat Moms untuk terhubung dengan teman dan keluarga yang menggunakan aplikasi serupa.

Baca Juga: Seperti Apa Dietnya Ibu Menyusui yang Sehat dan Aman? Berikut Ini Tipsnya!

7. Fooducate

aplikasi untuk diet-Fooducate.png

Foto: diabetespedia.com

Fooducate merupakan aplikasi untuk diet yang bertujuan mengedukasi pengguna tentang apa saja yang ada di dalam piring makanan serta menyediakan opsi menu paling sehat untuk dikonsumsi.

Jika Moms ingin tahu makanan mana yang memiliki kandungan gula paling rendah, aplikasi Fooducate bisa membantu.

Aplikasi ini memiliki semua fitur diet konvensional, seperti pencatatan kalori, aktivitas fisik, dan target berat badan tujuan.

Kemampuannya dalam memberikan informasi nutrisi yang mendalam pada makanan membuat Fooducate terlihat lebih menonjol dari aplikasi lain.

8. Monitor Your Weight

aplikasi untuk diet-Monitor Your Weight.jpg

Foto: techwiser.com

Terakhir, ada Monitor Your Weight yang merupakan aplikasi untuk memudahkan penggunanya meninjau progres berat badan saat menjalankan diet.

Aplikasi untuk diet yang satu ini akan menampilkan grafik dan statistik hingga mencapai berat badan ideal. Kenaikan dan penurunan berat badan bisa tercatat dan terekam dengan rapi di aplikasi ini.

Nah, itulah daftar aplikasi untuk diet di smartphone yang bisa membantu program diet Moms agar dapat menurunkan berat badan.

Moms bisa menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dengan fungsi yang berbeda, agar program diet bisa terlaksana secara optimal. Selamat mencoba!


Ditinjau oleh dr. Debby Deriyanthi

Sumber: gooddoctor.co.id

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari Good Doctor

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait