3-5 tahun

3-5 TAHUN
3 Februari 2021

7+ Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak, Salah Satunya Es Krim!

Es krim bukan penyebab flu dan batuk pada anak, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selain asupan makanan pokok, kita juga memerlukan camilan sehat yang tak kalah penting untuk tubuh.

Camilan sehat ini memiliki kepentingan yang sama untuk melengkapi gizi tubuh seimbang. Begitu juga untuk anak-anak.

Namun tak semua camilan sehat dapat dikonsumsi untuk pelengkap nutrisi, melainkan harus memenuhi kriteria camilan sehat untuk anak.

Tingginya aktivitas anak dari pagi hingga sore, ia memerlukan pasokan energi lebih agar tubuhnya kuat dan terhindar dari penyakit.

Lalu, bagaimana orang tua mengetahui kriteria camilan sehat untuk anak-anak?

Simak kriteria camilan sehat dan contohnya di bawah ini ya, Moms!

Ini bisa jadi rekomendasi kritera camilan sehat anak sehari-hari, lho!

Apa Itu Kriteria Camilan Sehat Anak?

Apa Itu Kriteria Camilan Sehat Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Umumnya, anak-anak menyukai camilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam.

Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis kriteria camilan seperti tu, orang tua harus bisa memilah kritera camilan sehat yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Melansir dari Healthy Children, anak-anak setidaknya mengonsumsi camilan sehat sekali dalam sehari.

Camilan adalah bagian tidak terpisahkan dari anak. Di sela-sela makanan pokok, Moms harus memberikan kriteria camilan sehat anak untuk melengkapi gizi harian.

Buah dan susu menjadi kriteria camilan sehat anak dibandingkan makanan seperti keripik ataupun makanan ringan yang sering ditemukan di minimarket.

“Memilih kriteria camilan sehat anak tidak boleh sembarang. Jika anak biasa mengonsumsi camilan kurang bergizi, ini akan mengganggu daya tahan tubuhnya,” tutur dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak saat Konferensi Pers Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak oleh Paddle Pop, pada Jumat, 22 Januari 2021.

Baca Juga: 99 Ways to Grow Happy: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

Pemilihan asupan gizi yang kurang tepat dapat menyebabkan beberapa penyakit pada anak.

Memang, dampaknya tidak langsung, tapi ini berisiko terkena hipertensi, obesitas ataupun diabetes pada anak.

Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kriteria camilan sehat anak ataupun orang dewasa sebaiknya membatasi gula tidak lebih dari 50 gram, lemak tidak lebih dr 10 persen dan kalori tidak lebih dari 20 persen konsumsi harian.

Menurut International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, terdapat bukti bahwa anak-anak yang sering ngemil mengonsumsi energi lebih besar, dan kriteria camilan sehat tidak sesuai atau kualitas makanan yang buruk, berisiko untuk penambahan berat badan yang berlebihan.

Kriteria camilan yang terlalu asin, minuman berkalori manis dan peningkatan ukuran porsi berpotensi dalam tekena obesitas masa kanak-kanak.

“Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Anak gemuk tidak selalu mengindikasi ia sehat dan tumbuh optimal. Oleh karena itu, pola pikir ini yang harus kita ubah sebagai orang tua untuk bijak dalam memberikan kriteria camilan sehat untuk anak sesuai AKG,” menurut Sophie Novita, aktris parenting, saat Konferensi Pers.

Ideal konsumsi camilan untuk anak menurut dr. Attila adalah sekitar tiga kali di sela-sela peralihan jam makan utama.

Hanya saja, di saat pandemi seperti ini, anak akan sering menyemil. Maka orang tua perlu mengetahui jenis-jenis kriteria makanan sehat sesuai standar AKG.

Baca Juga: 3 Resep Camilan Anak Berbahan Dasar Singkong

Rekomendasi Camilan Sehat untuk Anak

Setelah mengetahui penjelasan kriteria camilan sehat anak, Moms perlu tahu jenis-jenis makanan yang termasuk dalam kriteria camilan sehat untuk Si Kecil.

Kriteria camilan sehat yang teratur bisa meningkatkan energi, dan dapat membantu anak menyelinap lebih banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Inilah jenis makanan kriteria camilan sehat anak yang lezat dan bergizi.

1. Yogurt

kriteria camilan sehat anak - yogurt.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Yogurt adalah kriteria camilan sehat yang sangat baik untuk anak-anak karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. “Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak-anak,” ujar dr. Attila.

Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup, yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, menurut studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information.

Pilihlah yogurt tanpa lemak atau rendah lemak dan mempermanisnya dengan buah segar atau sedikit madu.

Hindari memilih yogurt dengan pemanis buatan, ya.

Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan, karena mereka berisiko lebih besar terkena infeksi serius yang disebut botulisme.

2. Oatmeal

kriteria camilan sehat untuk anak - oatmeal.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Oatmeal bisa jadi satu ide untuk sarapan sehat Si Kecil tetapi juga bisa menjadi kriteria camilan sehat yang enak.

Oat kaya akan serat yang meningkatkan jumlah bakteri dan memperlancar saluran pencernaan, bersama dengan manfaat kesehatan lainnya.

Pilih oat yang rendah gula lalu tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kayu manis dan beberapa apel potong dadu untuk menambah rasa manis.

Jika Moms membuat oatmeal dengan susu dan bukan air, itu akan menambah protein dan kalsium tambahan untuk gizi anak.

Baca Juga: Terapkan 4 Cara Ini untuk Siapkan Camilan Sehat untuk Anak

3. Smoothies

kriteria camilan yang sehat untuk si kecil - smoothies.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jika anak kurang menyukai makan buah potong, Moms bisa mengubahnya menjadi smoothies, lho!

Kriteria camilan sehat anak ini adalah cara yang baik untuk mengemas nutrisi ke dalam sajian lebih menarik dan mudah dicerna.

Moms juga bisa menambahkan sayuran ke dalam smoothie. Dengan rasa manisnya buah, Si Kecil mungkin tidak menyadari bahwa sayuran ada di dalamnya.

Gunakan bahan-bahan buah segar yang utuh dan hindari jus buah yang tinggi gula.

Sebagian besar buah mengandung serat dan nutrisi penting seperti kalium dan vitamin A dan C.

Pisang, apel, pir, anggur, persik, dan plum adalah contoh buah-buahan yang dapat digunakan sebagai kritera camilan sehat utuk anak.

4. Sandwich

Sandwich Mentimun - kriteria camilan sehat untuk anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sandwich tidak hanya bisa dikonsumsi untuk makan pokok, melainkan juga untuk camilan anak di sela-sela aktivitasnya.

Untuk membuat sandwich yang sehat, mulailah dengan roti gandum dan sertakan buah atau sayuran.

Tambahkan telur ataupun potongan daging agar anak juga mendapatkan kalori dan protein yang dibutuhkan tubuh.

Rasa gurih dan mengeyangkan perut ini baik untuk meningkatkan energi anak.

5. Kacang-kacangan

Kaya Protein, Ketahui 9 Manfaat Kacang Sebagai Kriteria Camilan Sehat Anak

Foto: Orami Photo Stocks

Kacang kaya akan lemak sehat, dengan serat dan antioksidan. Lemak makanan penting untuk mendukung pertumbuhan pada anak-anak.

The New England Journal of Medicine menuliskan, kacang dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit tertentu karena mengandung sumber gizi yang baik untuk kesehatan.

Dokter biasanya merekomendasikan untuk tidak memberikan kacang pada anak-anak karena risiko reaksi alergi dan mudah tersedak.

Oleh karena itu jangan berikan kacang pada Si Kecil jika belum pandai mencerna, ya Moms.

6. Keju

Keju untuk Kriteria Camilan Sehat Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kriteria camilan sehat seterusnya adalah keju. Keju sebagian besar terdiri dari protein dan lemak serta merupakan sumber kalsium yang baik.

Studi menunjukkan bahwa makan keju dan produk susu lainnya sangat bagus untuk pertumbuhan tulang anak.

Makanan olahan susu berlemak secara signifikan berkontribusi pada kebutuhan nutrisi anak untuk kalsium, magnesium, dan vitamin A dan D.

Keju memiliki protein berkualitas tinggi, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang tepat. Protein juga akan membantu mereka merasa kenyang di antara waktu makan.

Selain itu, kriteria camilan sehat ini juga mencatat bahwa anak-anak yang makan keju cenderung tidak mengalami gigi berlubang, menurut studi dari National Center for Biotechnology Information.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil

7. Telur Rebus

kalori-telur-rebus-sebagai-kriteria-camilan-sehat-anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Telur rebus, ternyata salah satu kriteria camilan sehat yang bisa dicoba, nih!

Telur kaya akan gizi dan merupakan kriteria camilan sehat anak yang bisa dikonsumsi di pagi hari.

Kaya akan protein berkualitas tinggi dan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium.

Selain itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Kriteria camilan sehat ini adalah salah satu sumber makanan terbaik sumber kolin dan vitamin yang diperlukan untuk perkembangan otak yang tepat.

8. Es Krim

Es Krim Bisa Menjadi Ide Camilan Sehat Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Moms, es krim adalah kriteria camilan sehat untuk anak yang tak perlu diragukan lagi, lho!

Jika Moms pernah dengar kalau es krim adalah pemicu sakit tenggorokan ataupun flu, itu tidak sepenuhnya benar.

dr. Attila menambahkan, es krim dapat dikonsumsi sebagai kriteria camilan sehat Si Kecil apabila ia tidak memiliki alergi dingin ataupun susu. Justru, kandungan kalsium pada susu sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak.

Namun pastikan memberikan Si Kecil es krim saat ia sedang sehat dan tidak batuk ataupun flu, ya.

Perhatikan juga kandungan gula pada es krim. Sebaiknya tidak melebihi 50 gram per harinya.

Baca Juga: 6 Buah yang Bikin Kenyang untuk Camilan Anak di Rumah

Itu dia Moms, kriteria camilan sehat dan jenis makanannya yang bisa menjadi ide untuk Si Kecil di rumah.

Mulai saat ini, yuk ganti camilan sehat anak dari keripik ke daftar makanan seperti disebutkan di atas.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait