Selebriti

SELEBRITI
27 Februari 2021

5+ Rekomendasi Drama dan Film Zombie Korea, Seru dan Menegangkan!

Ada juga yang bergenre komedi romantis lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Film zombie Korea terbilang populer. Popularitasnnya bukan hanya di dalam negeri, tapi juga sudah mendunia.

Menikmati hari libur bersama keluarga di rumah, bisa dilakukan dengan menonton film atau drama Korea bersama. Film dan drama Korea yang bagus tidak hanya terbatas pada genre romantis dan komedi saja, tetapi juga pada genre lain misalnya seperti misteri atau thriller crime, sejarah atau kerajaan, dan juga horor.

Untuk genre horor, drama dan film zombie Korea bisa menjadi pilihan untuk ditonton bersama karena saat ini memang sedang booming di berbagai negara. Selain menegangangkan, drama dan film zombie Korea memang layak ditonton karena selalu menyuguhkan berbagai cerita menarik.

Bagaimanapun, Train to Busan memang memiliki sejarah tersendiri sebagai bagian dari film Zombie Korea. Film zombie Korea yang ditayangkan pada 15 Juli ini telah mengumpulkan lebih dari US$ 30 juta di box-office.

Lalu bagaimana dengan drama zombie Korea? Saat berbicara tentang drama zombie Korea, maka kita akan ingat tentang keberhasilan drama berjudul Kingdom. Dengan penayangan yang lebih mirip seperti film zombie Korea, sejauh ini Kingdom telah hadir sebanyak 2 musim di mana setiap musim menawarkan enam episode. Kingdom pertama kali tayang perdana pada Januari 2019, dan musim kedua tiba lebih dari setahun kemudian pada Maret 2020.

Dikutip dari Digital Spy, Penulis Kingdom Kim Eun-Hee mengatakan bahwa sebelum Train to Busan, genre drama dan film zombie Korea dalam industri pertelivisan adalah genre khusus yang hanya menarik bagi  sekelompok kecil penggemar.

"Terlebih lagi untuk serial drama. Di Korea, drama TV biasanya ditayangkan di stasiun penyiaran publik dan saluran ini biasanya ditonton oleh keluarga. Itu berarti bahwa acara biasanya diberi peringkat lebih rendah untuk audiens yang lebih luas dan dievaluasi dengan aturan yang lebih ketat," ujarnya.

Adegan berdarah dalam drama dan film zombie Korea yang menunjukkan dan melukai mayat adalah hal yang tabu. Dalam keadaan seperti itu, hampir tidak mungkin drama dan film zombie Korea tayang layaknya drama Korea lain karena zombie hanya bisa dihentikan dengan pemenggalan.

Namun tak perlu khawatir, kini media aplikasi menonton drama dan film seperti Netflix dan Viu memudahkan Moms dan keluarga untuk tetap menonton dan up to date drama serta film zombie Korea. Jadi berikut ini adalah 5 drama dan film zombie Korea yang wajib Moms tonton bersama keluarga.

Baca Juga: 4 Film Horor yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

1. Rekomendasi Film Zombie Korea: Train to Busan

Train_To_Busan-p1.jpg

Foto: asianwiki.com

Seok-woo yang diperankan oleh Gong Yoo adalah seorang pecandu kerja dan hampir tidak bisa menghabiskan waktu dengan putrinya Kim Su-an. Seok-woo sangat jauh dari Kim Su-an sehingga dia membelikannya Nintendo Wii untuk hadiah ulang tahunnya. Sayangnya, Su-an sudah memilikinya.

Untuk menebus momen yang agak canggung ini, dia setuju untuk memberikan Su-an apa yang sebenarnya dia inginkan. Su-an menginginkan perjalanan ke rumah ibunya di Busan yang berjarak 280 mil jauhnya dan bisa ditempuh selama satu jam naik kereta api cepat dari Seoul.

Lalu apa yang salah? Orang terakhir yang naik adalah seorang gadis remaja yang jalannya terseok-seok dan pahanya menunjukan urat nadi yang menegang. Namun di sisi lain, penumpang dan awak kereta menjadi lebih khawatir atas seorang pria tunawisma yang bersembunyi di kamar kecil.

Dalam 15 menit pertama, film ini menggoda penonton dengan sekilas ancaman zombi seperti bayangan yang menerjang dengan cepat ke seluruh platform atau laporan berita yang tidak menyenangkan tentang kerusuhan di ibu kota.

Namun, begitu gadis yang terinfeksi mulai menyerang korban pertama, aksi tersebut melonjak dengan kekacauan yang menghebohkan. Keramaian didukung oleh tata letak kompartemen kereta yang sesak.

Alasan utama zombie memiliki peringkat yang tidak terlalu menakutkan dalam skala yang mengerikan adalah cara berjalan mereka yang lambat. Namun film zombie Korea berjudul Train to Busan ini kerap memperlihatkan keegoisan manusia.

Satu persatu penumpang dan petugas di kereta api cepat ini mulai terinfeksi. Petugas wanita mulai kejang, leher dan mulutnya mengeluarkan darah. Dengan membabi buta, zombie ini menyerang seluruh penumpang di depan matanya. Dalam kondisi kereta yang penuh kepanikan, Seuk Woo berusaha menyelamatkan diri dan anaknya.

Kepanikan serupa juga terlihat jelas dari raut wajah penumpang lain yaitu seorang perempuan yang tengah hamil besar. Suaminya, dengan seluruh upaya menyelamatkan sang istri dari kejaran para  zombie yang terus merangkak maju.

Kekacauan tidak hanya terjadi di kereta, tetapi juga di berbagai kota besar Korea Selatan yang menjadi berantakan dan salah satu kota yang masih aman adalah kota tujuan yaitu Busan.

Film zombie Korea Train to Busan ini bergerak sangat cepat pada setiap detiknya. Moms pasti akan dibuat tercengang dan tegang saat menonton karena setiap kondisi yang ditampilkan tak hanya menunjukan sesuatu yang menakutkan tetapi juga romantisme yang bisa membuat sedih. Penasaran dengan film Train to Busan ini? Maka Moms harus coba menontonnya bersama keluaga.

Baca Juga: 7 Serial Drama Korea Jadul yang Pasti Bikin Kangen Untuk Nonton Lagi

2. Rekomendasi Film Zombie Korea: Alive

alive.jpg

Foto: IMDB.com

Warga negara harus tinggal di rumah dan tidak boleh keluar. Terdengar akrab bukan? Meskipun kedengarannya seperti itu, ini bukanlah perintah tinggal di rumah yang terkait dengan situasi saat ini atau virus Covid-19. Sebaliknya, itu adalah kalimat yang utama dari film zombie Korea berjudul Alive.

Film zombie Korea ini pertama kali tayang di bioskop Korea Selatan pada 24 Juni 2020. Dibintangi oleh Yoo Ah-in dan Park Shin-hye, Alive menggambarkan bagaimana dua milenial Seoul yang terisolasi berjuang untuk bertahan hidup dari wabah zombie.

Alive dimulai di apartemen yang gelap, sebagian besar diterangi melalui lampu warna-warni dari pengaturan game komputer. Alarm berdering dan akan terlihat wajah mengantuk Joon-woo atau Yoo Ah-in. Tinggal sendirian di gedung tinggi, Joon-woo tampaknya lebih menikmati permainan komputer dan media sosial daripada berkelana keluar untuk membeli bahan makanan dan bertemu orang.

Untunglah Joon-woo tidak pergi ke luar ruangan.  MSetelah sesi permainan singkat, peringatan darurat ponsel cerdas memintanya untuk mengintip ke luar dan dia menemukan bahwa zombie menguasai lingkungan padat penduduk di sekitarnya.

Dalam beberapa menit, zombie mulai menginfeksi penghuni gedung tinggi Joon-woo. Dia dengan cepat membarikade dirinya sendiri di apartemennya, mematuhi siaran pemerintah untuk tinggal di rumah.

Film zombie Korea Alive berdurasi 30 menit berikutnya sebagian besar terdiri dari Joon-woo yang mencoba untuk tetap aman dan waras di tengah isolasi diri.  Dia bermain game, dia menonton siaran langsung, dia menerbangkan drone-nya, dan dia kadang-kadang melihat pemandangan kehancuran yang disebabkan para zombie di jalan-jalan di bawah.

Namun, setelah Internet terputus dan makanan hampir habis, Joon-woo mulai kehilangan harapan. Pada titik inilah Yoo-bin yang diperankan Park Shin-hye, wanita penghuni menara apartemen tetangga, melihat Joon-woo melalui teropongnya dan memberi sinyal keberadaannya dengan penunjuk laser.

Keduanya mulai berkomunikasi dengan memproyeksikan kata-kata di layar perangkat pintar dan terlepas dari jarak sosial, mereka menjadi sekutu dalam upaya untuk bertahan hidup.

Baik Joon-woo dan Yoo-bin adalah generasi milenial yang paham teknologi dan itu membantu mengilhami Alive dengan nada awet muda.  Ponsel pintar dan drone berperan penting tidak hanya dalam membantu kedua protagonis berkomunikasi, tetapi juga dalam memajukan plot.

Jadi, bagaimana Joon-Woo dan Yoo Bin bertahan hidup di tengah sergapan para zombie? Bagaimana jika itu terjadi pada kehidupan Moms dan keluarga saat ini?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis, Sudah Nonton?

3. Rekomendasi Drama Zombie Korea: Kingdom

kingdom.jpg

Foto: imdb

Film zombie Korea ketiga yang wajib Moms tonton adalah Kingdom Musim 1 dan 2. Mirip seperti drama, film zombie Korea berjudul Kingdom ini hadir dalam 6 episode pada musim pertama dan keduanya.

Kingdom menjadi serial Korea asli pertama aplikasi Netflix, yang ditayangkan perdana pada tanggal 25 Januari 2019. Serial ini diadaptasi dari serial komik web The Kingdom of the Gods, yang ditulis oleh Kim Eun-hee dan digambar oleh Yang Kyung-il.

Kingdon musim 1 dimulai dengan rumor kematian raja Joseon yang tidak pernah terlihat di luar tembok istana selama lebih dari seminggu. Selebaran muncul ditempel di Hanyang, mengumumkan kematian raja dan menyerukan penobatan langsung pangeran, Lee Chang yang diperankan Ju Ji-hoon.

Namun, orang-orang di dalam istana mengklaim raja tidak mati dan hanya sakit. Akan tetapi, penderitaannya telah mengubahnya menjadi sesuatu yang mengerikan. Sementara itu, warga di sebuah kota kecil di provinsi selatan tanpa sadar tertular penyakit yang mirip dengan penyakit yang melanda raja dan mati mendadak.

Namun, menyeramkan karena malam itu mereka semua bangkit kembali sebagai zombie, haus akan daging manusia seperti zombie pada umunya. Putra mahkota atau pangeran berangkat dari istana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Ditengah perjalan, dia menemukan kebenaran penyakit tersebut. Dia bekerja sama dengan seorang wanita yang paham tentang herbal, seorang pejuang misterius, dan pengawal pribadinya untuk melawan penyebaran penyakit. Di waktu yang bersamaan, dia juga berusaha menghentikan kudeta dari menggulingkan klaimnya atas takhta kembali ke rumah.

Pertarungan menghadapi zombie ini berjalan dengan cepat dan sangat menarik meskipun hanya dalam enam episode. Plotnya bergerak dengan cepat saat karakter menemukan diri mereka lebih dalam dan lebih dalam dalam masalah.

Lalu bagaimana dengan Kingdom Musim 2? Pastikan Moms dan keluarga mengikuti Kingdom musim 1 terlebih dahulu karena Kingdom musim 2 yang juga hadir 6 episode akan sangat terhubung dengan serialnya yang pertama.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Korea Bergenre Kriminal yang Seru!

4. Rekomendasi Drama Zombie Korea: Zombie Detective

zombie-detective.jpg

Foto: viki.com

Untuk berperan sebagai zombie yang ingin berbaur dengan dunia manusia dan mengungkap latar belakangnya, aktor Korea Selatan Choi Jin-hyuk, 34, tidak hanya harus mengolesi riasan mayat hidup, tetapi juga mencoba usus mentah.

Para penggemar drama Korea tentu tahu bagaimana Choi Jin-Hyuk biasa memerani drama Korea bergenre romantis komedi dan kini berubah menjadi seorang zombie dalam drama zombi Korea.

Drama zombie Korea berjudul Zombie Detective ini menceritakan seorang pria yang bangun tanpa mengingat apa yang telah terjadi dan siapa dia.  Dia menemukan dirinya di atas tumpukan sampah di tempat pembuangan.

Dia kaget saat mengetahui dirinya berubah menjadi  zombie. Alur cerita lucu mulai terlihat saat cerita tak terduga ini memperlihatkan bagaimana seorang zombie menjadi pahlawan dan berusaha  kembali kemampuannya agar berjalan bahkan hidup normal seperti manusia biasa.

Choi Jin-Hyuk yang tidak mengenali namanya sendiri ini bertahan hidup sebagai zombie dengan menahan diri dari memakan darah serta daging manusia. Karena dia tidak tahu mengapa dirinya bisa menjadi zombie, dia hanya memakan binatang buruan di hutan.

Di tengah perjalanannya bertahan hidup tanpa nama, dia menyaksikan pembunuhan seorang detektif yang secara kebetulan menyerahkan kunci kantornya. Dari sinilah dia mulai berperan berpura-pura menjadi manusia dan menggantikan detektif yang bernama Kim Mooyoung.

Zombie ini menggantikan detektif yang terbunuh dengan menggunakan identitasnya dan melanjutkan pekerjaannya di sepanjang seri. Drama Korea ini sangat menghibur untuk ditonton karena ceritanya yang tidak biasa dan sangat memikat.

Mungkin, hanya pada drama ini Moms akan melihat bagaimana zombie sangat bergantung dengan produk kosmetik seperti menggunakan BB Cream agar bisa menutupi wajah dan tubuhnya yang menakutkan. Zombie Detective adalah drama zombie Korea yang bergenre komedi.

Jadi apakah Moms tidak penasaran dengan konsep luar biasa dari drama Zombie Detective ini? Ceritanya sangat memikat dan tidak biasa. Pastinya, drama menyeramkan yang humoris ini juga layak ditonton oleh Moms dan keluarga.

Baca Juga: 7 Ahjussi Rasa Oppa yang Bikin Betah Nonton Drama Korea

5. Rekomendasi Film Zombie Korea: Rampant

Rampant.jpg

Foto: asianwiki

Rompant adalah film zombie Korea yang hebat karena tahu cara menarik perhatian penontonnya. Film zombie Korea ini menarik perhatian penonton  dengan sedikit rasa penasaran tentang apa yang akan datang selanjutnya dan bagainana jika hal itu juga terjadi pada kita semua.

Film zombie Korea ini mengambil latar selama era Joseon. Dalam tindakan 'diplomasi' Raja yang dilakoni Eui-sang Kim menyerahkan putranya Pangeran Ganglim yang diperankan aktor tampan Hyun Bin kepada kaisar Qing.

Sementara itu putra tertuanya, putra mahkota yang diperankan Tae-woo Kim melihat terlalu banyak korupsi di pengadilan ayahnya dan memimpin pemberontakan rahasia. Maka, para pemberontak pangeran mengadakan pertemuan dengan seorang pedagang senjata Belanda untuk mengamankan senjata agar proses pemberontakan mereka berjalan lancar.

Di sisi lain, seseorang terkunci di kapal pedagang senjata. Orang ini adalah orang yang terinfeksi virus dan menjadi zombie. Menteri perang kekaisaran istana yang diperankan Jang Dong-gun menggunakan infeksi virus zombie ini untuk membuat kerajaan menjadi kacau sehingga dia bisa naik tahta.

Pangeran Ganglim kembali di tengah-tengah anarki, yang mana kerajaan sedang dihebohkan dengan wabah zombie yang parah. Pangeran Ganglim adalah seorang yang sombong dan dangkal, tetapi juga merupakan pejuang kerajaan yang paling sengit.

Dia membutuhkan keterampilan legendarisnya untuk menyelamatkan janda saudaranya dan anak yang belum lahir. Selain itu, Pangeran Ganglim bergabung dengan kelompok pemberontak bangsawan yang sangat gigih dalam mengalahkan wabah zombie dan mengakhiri korupsi politik Joseon.

Menonton karakter, plot dan skema pada film zombie Korea ini akan membuat kita berpikir bahwa pergolakan politik tidak akan pernah semenarik melihat invasi zombie. Masalahnya di sini adalah bahwa film zombi Korea ini berlarut-larut dalam waktu yang lama sebelum membawa kita ke dalam aksi.

Jadi, apakah Moms penasaran dengan akhis Hyun Bin dan cerita dari film zombie Korea ini? Rampant adalah salah satu film zombie Korea yang wajib Moms tonton.

6. Rekomendasi Film Zombie Korea: Peninsula

peninsula.jpg

Film zombie Korea berjudul Peninsula ini merupakan kelanjutan Train to Busan. Dikutip dari screenrant.com, Peninsula milik Sang-ho Yeon menjadi salah satu teatrikal film zombie Korea terbesar yang rilis tahun 2020 dan sangat dinanti pada masanya. Namun, sayangnya Peninsula tidak mencetak keberhasilan seperti pendahulunya.

Kisah film zombie Korea Peninsula berawal dari kapten Marinir Jung-Seok mengantar kakak perempuannya, saudara iparnya, Chul-min, dan keponakannya Dong-Hwan ke sebuah kapal yang meninggalkan Korea Selatan, yang sedang disapu oleh wabah zombie.

Dalam perjalanan, dia bertemu keluarga dengan seorang anak kecil yang membutuhkan tumpangan namun menolaknya.

Di kabin kapal, seorang pria yang terinfeksi berubah menjadi zombie dan menginfeksi banyak orang. Jung-Seok kemudian dengan enggan memutuskan untuk meninggalkan Dong-Hwan dan saudara perempuannya dan menghentikan Chul-min, yang kembali setelah mendapatkan beberapa persediaan, memasuki kabin.

Empat tahun kemudian di Hong Kong, Jung-Seok yang diliputi rasa bersalah, bersama Chul-min, dan dua orang Korea lainnya, diberi pengarahan oleh warga Hongkong tentang operasi yang mengharuskan keempatnya kembali ke Incheon di semenanjung yang dikarantina dan mengambil truk yang berisi uang tunai.

Film zombie Korea Peninsula sebenarnya terpilih untuk ditayangkan di Festival Film Cannes 2020, namun dibatalkan karena pandemi COVID-19. Film garapan Yeon Sang-ho ini dirilis di Korea Selatan pada 15 Juli 2020 dan di Amerika Serikat pada 21 Agustus 2020.

Film ini mendapatkan ulasan mixed dari para kritikus dan telah meraup $ 37 juta di seluruh dunia.

Film ini dibintangi oleh Gang Dong-won (1987: When the Day Comes, Golden Slumber), Lee Jung-hyun (Split, The Battleship Island), dan Lee Re (Miss & Mrs. Cops, Innocent Witness).

Baca Juga: Penggemar Drama Korea, Yuk Simak Arti dari 15 Nama Marga Korea Ini

Jangan lupa siapkan cemilan agar menonton drama dan film zombie Korea bersama keluarga menjadi lebih seru. Stay at home tidak menghalangi Moms dan keluarga untuk tetap up to date menonton film dan drama Korea yang bagus.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait