3-5 tahun

13 Juli 2021

8 Film Kartun Anak Terbaik untuk Ajarkan Anak Makna Kehidupan

Upin & Ipin baik lho Moms untuk ditonton Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Widya Citra Andini

Film kartun anak bisa menjadi sebuah media untuk mendidik Si Kecil. Bukan hanya di sekolah, film kartun anak pun bisa Moms jadikan sebagai salah satu media belajar Si Kecil yang mendidik dan menghibur.

Ada banyak sekali genre film kartun anak, mulai dari membahas agama hingga mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Jadi, memilih film kartun anak yang tepat sangat penting untuk dilakukan.

Rekomendasi Serial dan Film Kartun Anak Terbaik

Jangan sampai salah, berikut serial dan film kartun anak terbaik yang bisa Moms pilih!

1. Upin & Ipin

6. upin ipin the movie sepertinya seru banget

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu serial kartun tentang agama yang bisa ditonton oleh Si Kecil bersama Moms adalah Upin & Ipin. Upin & Ipin mempunyai cerita yang cukup bagus dan Islami.

Di dalam beberapa episode serial kartun Upin & Ipin bercerita tentang puasa, solat tarawih, zakat, puasa, salam, dan sebagainya.

Serial kartun dari negara Malaysia ini sangat baik untuk mendidik akhlak Si Kecil agar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Apalagi, Upin & Ipin mengambil cerita seperti kehidupan nyata sehari-hari dengan cerita yang ringan.

Baca Juga: Belajar dari Karakter Film Kartun

2. Nussa & Rara

nussa film

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi serial kartun tentang agama lainnya adalah Nussa & Rara. Film kartu ini diproduksi oleh anak negeri lho Moms, yaitu dari rumah animasi The Little Giantz. Penggagasnya adalah Mario Irwinsyah.

Serial kartun tentang agama Nussa & Rara bercerita mengenai pengenalan agama Islam dengan cara menyenangkan serta kekinian.

Jangan heran ketika Moms dan Si Kecil menonton serial ini akan mendengar kata yang familiar yaitu “Hai, gaes!”.

Nussa digambarkan sebagai anak laki-laki yang berpakaian gamis dan selalu mengenakan kopiah putih.

Sedangkan Rara adalah adik Nussa yang riang, lucu, dan sudah menggunakan hijab di usia 5 tahun.

Baca Juga: 6 Film Keluarga yang Bisa Ditonton Bersama Si Kecil di Tahun 2019

3. Dodo & Syamil

maxresdsefault

Foto: Orami Photo Stock

Masih bertemakan agama, film kartun anak yang satu ini mulai diperkenalkan di tahun 2013 tepat di bulan Ramadan.

Bahkan setahun kemudian, film serial berjudul Dodo & Syamil ini mendapatkan penghargaan dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) sebagai tayangan anak terbaik tahun 2014.

Film Dodo & Syamil menghadirkan pengetahuan tentang agama Islam di dalam setiap ceritanya.

Kisahnya dibuat sederhana sehingga dapat mudah diserap oleh Si Kecil yang menontonnya dan tidak membuatnya merasa bosan untuk belajar agama.

Hadirnya film-film kartun tentang agama ini menjadi kabar baik bagi kita para orang tua yang mendambakan tontonan mendidik.

Orang tua pastinya merasa terbantu dengan adanya kartun yang membahas tentang pendidikan agama seperti di atas.

4. Toy Story

film kartun anak

Foto: Orami Photo Stock

Selain yang bertemakan agama, film anak yang baik untuk ditonton adalah Toy Story. Film ini mengisahkan tentang mainan yang bisa hidup dan bicara layaknya manusia.

Mainan tersebut pun melakukan petualangan yang menarik. Mengisahkan Woody, sebuah mainan kayu koboy bersama dengan teman-teman mainan lainnya.

Woody sendiri adalah mainan kesayangan Andy. Namun, ia harus berbagi kasih dengan Buzz Lightyear yang menjadi mainan terbaru Andy.

Toy Story mengajarkan tentang pentingnya persahabatan dan juga tolong menolong dengan teman ketika menemukan kesulitan dalam hidup.

Baca Juga: Di Film Tampil Garang, 5 Aktor Laga Ini Sangat Sayang Keluarga

5. Finding Nemo

film kartun anak

Foto: Disney

Film kartun anak yang populer adalah Finding Nemo. Finding Nemo sendiri bisa menjadi kartun kesayangan Si Kecil karena mengisahkan perjalanan ikan.

Dilansir dari Pixar, dikisahkan seekor anak ikan badut yang bernama Nemo terpaksa berpisah dengan ayahnya karena tak mendengar larangan Sang Ayah.

Ia pun harus dibawa oleh penyelam dan hidup di daratan bersama manusia.

Tak ingin kehilangan Nemo, sang ayah pun mencarinya agar sang anak bisa kembali ke laut.

Ia pun menempuh segala macam rintangan bersama Dori, seekor ikan pelupa yang menemaninya bertualang dalam pencarian Nemo.

Film kartun anak ini mengandung pesan bahwa anak-anak perlu menuruti larangan orang tua. Tak sampai sana saja, film ini pun menunjukkan betapa kasih sayang orang tua kepada anak begitu besar.

6. The Lion King

film kartun anak

Foto: Disney

Dilansir dari IMDb, The Lion King adalah film Disney klasik yang rilis pada tahun 1990an. Meski demikian, film kartun anak ini masih digemari dan memiliki pesan yang sangat baik untuk diberikan pada Si Kecil.

The Lion King mengisahkan tentang kehidupan seekor singa kecil bernama Simba yang merupakan anak dari Mufasa, sang Raja.

Mufasa terbunuh oleh adiknya sendiri yang bernama Scar. Scar adalah singa yang ambisius dan ingin mengambil alih kedudukan Mufasa sebagai raja.

Simba sendiri pun berusaha untuk merebut kembali kedudukan sang ayah yang sudah dibunuh oleh Scar ketika ia dewasa.

Lewat film kartun anak yang satu ini sendiri kita bisa belajar mengenai keberanian, kepemimpinan, keadilan, dan tidak boleh menjadi seseorang yang serakah.

Baca Juga: 10 Film Keluarga Menarik untuk Quality Time bareng Si Kecil

7. Inside Out

film kartun anak

Foto: Disney

Film kartun anak selanjutnya yang bisa Moms tonton bersama Si Kecil adalah Inside Out. Film ini mengisahkan tentang gadis kecil yang bernama Riley.

Riley merasa kesepian karena harus pindah ke kota lain bersama dengan sang Ayah.

Di tempat yang baru, anak perempuan ini harus belajar untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam lingkungan di sekitarnya yang berubah.

Perubahan yang banyak ini pun membuat Riley merasakan berbagai macam emosi seperti sedih, takut, marah, dan juga bahagia.

Ketika menonton film ini, kita bisa belajar bahwa setiap emosi yang dimiliki oleh diri kita sama pentingnya.

Kita pun bisa memperkenalkan berbagai jenis emosi yang ada dalam diri kita kepada Si Kecil. Hal ini bisa membuat Si Kecil belajar untuk memahami dan mengontrol emosinya.

Baca Juga: 12 Film Romantis Barat Terbaik untuk Tingkatkan Kemesraan Suami Istri, Yuk Tonton!

8. Ratatouille

film kartun anak

Foto: Pixar

Film kartun anak yang terakhir adalah Ratatouille. Film ini mengisahkan tentang seekor tikus yang memiliki impian menjadi chef bernama Remy.

Remy, seekor tikus yang terobsesi dengan makanan dan dunia kuliner pun akhirnya membantu Languini yang merupakan seorang koki pemula di restoran ternama.

Film ini sangatlah baik untuk ditonton Si kecil karena bisa menghibur dan memberikan pesan yang sangat menarik. Pesan yang disampaikan oleh film ini adalah bahwa semua impian bisa tercapai.

Hal yang perlu dilakukan adalah percaya pada diri sendiri dan tak ada hal yang bisa menghentikan usaha kita.

Nah, itu dia Moms 8 serial dan film kartun anak terbaik yang bisa Moms saksikan bersama dengan Si Kecil!

Yuk, sisihkan waktu untuk menikmati quality time bersama keluarga kecil Moms dan Dads!

  • https://www.pixar.com/feature-films/finding-nemo#:~:text=Pixar%20Animation%20Studios,struggles%20to%20protect%20his%20son.
  • https://www.imdb.com/title/tt0110357/plotsummary
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait