Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
19 Agustus 2020

5 Rekomendasi Merek Lubricant Terbaik dan Tips Menggunakannya

Berikut ini rekomendasi lubricant terbaik yang dapat Moms dan Dads coba malam ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyaknya beredar berbagai merek lubricant sebagai pelengkap aktivitas seksual Moms dan Dads dapat membuat bingung.

Terlebih lagi, tersedia banyak pilihan lubricant yang berbeda jenis maupun diberi perasa. Bagaimana memilihnya?

Rekomendasi Lubricant Terbaik

Tips memilih merek lubricant terbaik adalah dengan menyesuaikan kebutuhan dan kebiasaan Moms dan Dads ketika beraktivitas seksual. Pertimbangkan apakah Moms dan Dads cukup sering menggunakan sex toys, bereksperimen di kamar mandi, atau melakukan oral seks.

Pada rekomendasi lubricant di bawah ini, akan dibagi menjadi dua jenis lubricant yang paling umum, aman digunakan, dan mudah ditemukan di pasaran, yaitu lubricant berbasis silikon dan yang berbasis air.

1. Silicone Lubricant

Menurut Sex Info Online, kelebihan lubricant berbahan dasar silikon ialah dapat bertahan lebih lama daripada lubricant berbahan dasar air. Sebab, kulit dan membran mukosa pada manusia tidak menyerapnya.

Lubricant silikon dapat digunakan pada kondom lateks dan sex toys non-silikon, selain itu juga bisa digunakan saat melakukan aktivitas seksual yang melibatkan air, seperti di kamar mandi atau bathtub.

Lubricant atau pelumas berbahan dasar silikon cenderung mempunyai daya tahan lebih lama jika dibandingkan dengan pelumas berbasis air.

Tetapi, sama seperti pelumas berbasis air dan minyak, perlu kesadaran kalau pelumas jenis silikon juga bisa menyebabkan iritasi pada organ kewanitaan jika tidak langsung dibersihkan setelah berhubungan seks.

Seperti pelumas berbasis air, pelumas berbasis silikon juga terkadang mempunyai kandungan gliserin yang bisa menyebabkan peradangan dan infeksi jamur pada organ kewanitaan.

Pelumas berbasis silikon biasanya dipilih oleh pasangan karena sifatnya yang tahan lama.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Baby Oil Sebagai Pelumas?

  • Vivo Uranus Silicone Lube - Rp65.000
rekomendasi lubricant

Foto: blibli.com

Rekomendasi lubricant terbaik untuk jenis berbahan dasar silikon yang pertama ialah Vivo Uranus Silicone Lube. Lubricant ini mengklaim produknya lebih licin dan tahan lama karena tidak mudah larut dengan air.

Cocok digunakan saat berfantasi di air dan dapat digunakan dengan atau tanpa kondom. Vivo juga tidak menyebabkan iritasi untuk Moms dan Dads yang berkulit sensitif.

Water Based Lubricant

Jenis lubricant berbahan dasar air biasanya tidak mahal dan mudah didapatkan. Selain itu, keuntungan pelumas berbasis air ini adalah mudah dibersihkan.

Namun, karena bahan dasarnya air, maka pasangan harus rajin mengaplikasikan pelumas terus-menerus ketika berhubungan seks untuk memastikan daerah vagina tetap basah.

Keuntungan menggunakan pelumas berbahan dasar air yaitu sifatnya yang cocok jika digunakan bersamaan dengan kondom.

Tentu saja hal ini berbeda jika dibandingkan dengan pelumas berbahan dasar minyak yang bisa merusak kondom.

Beberapa merek pelumas berbahan dasar air menggunakan formula kandungan pelembap yang berkualitas tinggi seperti aloe vera.

Tetapi, jika ingin membeli pelumas ini, Moms dan Dads harus memperhatikan kandungan yang ada di dalam pelumas tersebut.

Banyak merek pelumas berbasis air yang mengandung glycerin di dalamnya. Seringkali glycerin bisa menyebabkan infeksi pada vagina.

Maka, Moms hendaknya selalu membersihkan daerah kewanitaan setelah berhubungan seks, jika pelumas yang digunakan memiliki kandungan glycerin.

Baca Juga: 3 Pelumas Alternatif Alami yang Aman Digunakan Saat Berhubungan Intim

  • Durex Play Massage 2in1 - Rp75.000
rekomendasi lubricant

Foto: tokopedia.com

Lubricant ini berbahan dasar air dan mengandung aloe vera yang membuat kulit menjadi halus, lembut, dan sehat. Dapat digunakan juga untuk pijatan sensual saat foreplay, Moms.

Lubricant ini juga tidak berbau, tidak berwarna, tidak berminyak, dan tidak menyebabkan iritasi.

  • Vivo Lube Strawberry - Rp41.500
rekomendasi lubricant

Foto: asmaraku.com

Selain mengeluarkan lubricant dengan silicone based, Vivo juga memiliki varian lubricant water based dan yang pertama merilis lubricant dengan aroma dan rasa stroberi.

Dibuat dengan bahan dasar air dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit, lubricant ini juga aman ketika dikonsumsi. Cocok digunakan bersama kondom atau untuk permainan oral.

Baca Juga: Memakai Pelumas Saat Bercinta Berpengaruh ke Kesuburan?

  • VIGEL Lubricating Gel - Rp15.000 s.d. Rp27.000
rekomendasi lubricant

Foto: tokopedia.com

Merek VIGEL dikeluarkan oleh perusahaan farmasi yang sudah dikenal lama, yakni Konimex. Berbahan dasar air, tekstur gel, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berminyak, VIGEL dapat digunakan sebagai pelicin kondom maupun vagina.

Tersedia dalam kemasan 30 gram dan 60 gram dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Fiesta Lubricant Aloe Vera & Vitamin E - Rp35.000
rekomendasi lubricant

Foto: tokopedia.com

Keunggulan dari varian Fiesta ini adalah memiliki ektrak aloe vera dan vitamin E yang belum ada pada merek lainnya.

Fiesta menggunakan bahan-bahan ini pada lubricant water based mereka karena memiliki manfaat sebagai antiinflamasi, antibakteri, antivirus, mengurangi resiko iritasi, dan membantu mengatasi masalah vagina yang sulit mengeluarkan lubrikasi alami.

Nah, Moms dan Dads itulah beberapa rekomendasi lubricant yang dapat dipilih. Tinggal menentukan merek mana yang akan dibeli sesuai kebutuhan dan budget masing-masing.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pelumas

Hal Penting Sebelum Menggunakan Lubricant untuk Seks

Selain itu, Moms dan Dads juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum menggunakan lubricant saat berhubungan seks.

1. Cek Kandungan Lubricant

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pelumas 2.jpg

Foto: freepik.com

Hal pertama yang bisa Moms perhatikan adalah kandungan lubricant yang akan digunakan. Hindari merek dengan kandungan gliserin, paraben, aroma, dan gula.

Zat kimia tersebut bisa mengganggu keseimbangan pH halus pada vagina, yang akan menyebabkan reaksi alergi, bacterial vaginosis, serta infeksi jamur.

Banyak jenis lubricant beraroma yang mengandung gula untuk bumbu. Jadi, pastikan pelumas beraroma atau yang mempunyai rasa mengandung bahan pemanis seperti aspartame atau stevia, yang aman bagi tubuh.

2. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pelumas 3.jpeg

Foto: unsplash.com

Seperti bahan lainnya, lubricant juga mempunyai tanggal kedaluwarsa. Penting diingat bahwa tanggal mengacu pada umur simpan lubricant yang belum dibuka.

Sebab, sebagian besar lubricant akan kehilangan keefektifannya setelah disimpan beberapa lama, termasuk lubricant yang mengandung bahan antibakteri.

Jadi, jika umur lubricant sudah cukup lama, mungkin saja menggunakannya bisa menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Ketahui 3 Tipe Lubricant untuk Tingkatkan Kepuasan Seksual

3. Gunakan Secukupnya, Jangan Berlebihan

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pelumas 4.jpeg

Foto: unsplash.com

Sesuatu yang berlebihan itu tentunya tidak baik Moms, begitu juga dengan penggunaan lubricant.

"Terlalu banyak gesekan menyebabkan luka bakar. Padahal, gesekan adalah apa yang merangsang saraf dan memungkinkan kita untuk merasakan kesenangan," kata Jill McDevitt, PhD, seksolog dari San Diego.

4. Di Mana Sebaiknya Lubricant Digunakan?

5 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Pelumas 5.jpeg

Foto: pexels.com

Lubricant dapat diterapkan hampir di setiap bagian tubuh, jari, ataupun sex toys. Lubricant pun aman untuk digunakan di bagian dalam alat vital.

Saat Moms melakukan hubungan intim, balur lubricant pada penis Dads atau vagina Moms untuk merasakan sensasinya.

Kenali juga titik rangsang Dads yang biasanya terletak di antara anus dan penis. Oleskan lubricant pada jari dan gosok dengan hati-hati.

Lubricant untuk seks adalah aktivitas yang harus pula dipertimbangkan selain foreplay, gairah seks, dan minat Moms dan Dads sendiri.

Bahkan, berdasarkan penelitian dari Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa lubricant dikaitkan dengan laporan kenikmatan dan kepuasan seksual yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga: Selain Baby Oil, Ini 5 Pengganti Lubricant yang Tidak Aman Digunakan

Sebagai keamanan tambahan, beli rekomendasi lubricant di atas dari toko seks yang sudah terkemuka, di mana produknya cenderung berkualitas lebih tinggi daripada yang Moms temukan di toko obat biasa.

Merek apapun yang dipilih, jangan lupa untuk membersihkan diri dengan teliti sebelum dan setelahnya agar tidak menimbulkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang tidak diinginkan, ya!

Artikel Terkait