Home & Living

16 September 2021

9+ Rekomendasi Mainan untuk Kucing, Ada yang Bisa Dibuat Sendiri lho!

Mainan untuk kucing bermanfaat untuk menjaga indera kucing agar tetap bekerja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bermain dengan kucing juga merupakan aspek penting dari kesehatan kucing lho, Moms. Terutama jika Moms memilki kucing yang hanya di dalam ruangan. Oleh karena itu, sebagai majikan yang baik, tentu saja Moms perlu menyediakan mainan untuk kucing.

Ada banyak jenis mainan untuk kucing. Akan tetapi, kesamaannya adalah untuk menjaga indera kucing tetap tajam dan juga membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat. Tidak hanya itu, mainan untuk kucing yang Moms pelihara juga dapat digunakan untuk mendorong banyak lompatan dan menerkam.

Mainan untuk kucing interaktif juga membantu Moms membentuk ikatan chemistry dengan kucing di rumah, memastikan banyak meringkuk saat waktu bermain selesai. Akan tetapi, seperti yang diketahui biasanya, kucing bisa sangat pilih-pilih dalam hal apa yang menggairahkan mereka dan apa yang membuat mereka bosan.

Baca Juga: Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

Rekomendasi Mainan untuk Kucing yang Bisa Bergerak

mainan kucing

Foto: yankodesign.com

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah mainan untuk kucing seperti apa yang bisa Moms miliki di rumah? Berikut adalah enam mainan untuk kucing yang bisa bergerak, seperti dilansir dari The Spruce Pets.

1. SmartyKat Skitter Critters Catnip Cat Toys

Menjaga kucing Moms tetap berada dalam ruangan adalah cara teraman. Akan tetapi, yang perlu Moms ketahui, kucing merupakan hewan pemburu alami dan bisa cepat bosan jika mereka tidak memiliki stimulasi yang cukup.

Untuk menstimulasinya, Moms perlu menyiapkan mainan untuk kucik yang bisa bergerak seperti SmartyKat Skitter Critters. Mainan murah berbentuk tikus ini memuaskan naluri mangsa kucing, sementara catnip di dalamnya dapat merangsang kucing, mendorong permainan, dan, pada akhirnya, mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Moms dapat melempar mainan dan melihat kucing Moms mengejarnya. Kucing Moms juga dapat memainkannya sendiri, berkat bodinya yang mewah dan desain yang mudah dibawa.

2. Petstages Tower of Tracks Cat Toy

Mainan untuk kucing yang bisa bergerak lainnya adalah Tower of Tracks Petstages. Mainan ini bisa membantu kucing Moms yang belakangan kurang beraktivitas.

Mainan untuk kucing berbentuk tower tiga tingkat ini mencakup tiga bola pemintalan warna-warni yang terdapat dalam tiga trek. Saat kucing Moms memukul bola, mereka berputar dan berguling, tetapi tidak meninggalkan jejak.

Mainan untuk kucing memuaskan naluri berburu kucing, tetapi karena bola tidak meninggalkan menara, kucing Moms tidak perlu mengejarnya di sekitar ruangan atau mencarinya di bawah sofa.

Mainan ini juga merupakan solusi yang bagus untuk induk kucing. Kucing Moms dapat menghibur dirinya sendiri bahkan ketika Moms tidak di rumah.

Baca Juga: Manfaat Baik Memelihara Kucing Bagi Anak

3. Mainan Laser Kucing Otomatis YVE LIFE

YVE LIFE Automatic Cat Laser Toy adalah salah satu mainan kucing yang bisa bergerak terbaik. Ini dapat membantu kucing Moms berolaharga di rumah tanpa membuat Moms kelelahan.

Saat melihat laser, kucing akan berlari untuk mengejarnya. Dan Moms tahu, seberapa cepat kejaran kucing saat berlari.

Mainan laser otomatis ini, yang menggunakan baterai AA atau pengisi daya USB, serta memiliki dua mode: lambat dan cepat. Seperti namanya, mode lambat perlahan menggerakkan laser di sekitar ruangan, sedangkan mode cepat menambah kecepatan dan membuat kucing Moms berlari bolak-balik, mencoba menangkap cahaya. 

Itu bisa menggambar lingkaran atau melemparkan laser ke sekeliling ruangan dalam pola acak untuk benar-benar membuat kucing bergerak.

4. HEXBUG nano Robotic Cat Toy

Moms pasti tahu, kucing akan mengejar serangga yang ada di rumah. Seperti ngengat yang terbang atau semut yang merayap di lantai. 

Dan betapa menjengkelkannya ketika Moms harus membersihkan hasil buruan kucing di rumah.

HEXBUG nano Robotic Cat Toy akan membantu Moms mengurangi agenda membersihkan serangga mati yang ditinggalkan kucing.

Mainan untuk kucing yang bisa bergerak ini dirancang supaya terlihat seperti serangga. Mainan kucing robotik ini menggunakan teknologi getaran untuk bergerak di sekitar rumah Moms, memikat kucing untuk mengejar, menerkam, dan memukul.

Ia berubah arah saat menemui rintangan dan dapat berdiri kembali saat kucing Moms mau tak mau menjatuhkannya. Ia juga memiliki ekor bulu berwarna cerah yang diseret di belakangnya untuk menarik perhatian kucing bermain.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Memelihara Kucing Saat Hamil, Ini Cara Amannya

5. Trixie 5-in-1 Cat Activity Center

Trixie 5-in-1 Cat Activity Center adalah mainan yang bagus untuk membuat kucing yang termotivasi berinteraksi dengan mainan. Ini memungkinkan Moms untuk menyembunyikan makanan favorit kucing, atau potongan makanan kering dalam bola, pasak, gang, lidah, dan terowongan bergaya mangkuk ikan.

Dengan mainan untuk kucing yang satu ini, kucing Moms akan terpancing mengeluarkan kudapan dengan cakarnya membangkitkan rasa ingin tahu kucing sambil merangsang indranya.

Ini tidak hanya memungkinkan kucing untuk menggunakan kecerdasan dan keterampilan berburu mereka, pada akhirnya ketika mereka berhasil, mereka mendapatkan hadiah  yang membuat mereka tidak frustrasi.

Ketika kucing selesai bermain, Moms tidak perlu khawatir tentang bagaimana untuk membersihkan semua sudut dan celahnya. Plastik tahan lama aman untuk mesin cuci piring.

6. Cat Dancer Charmer Toys

Cat Dancer Charmer Toys adalah mainan pengejaran klasik yang akan membuat kucing Anda melompat dan menerkam di sekitar ruangan. Dengan empat kaki kain, mainan untuk kucing interaktif ini adalah cara yang bagus untuk menjaga hewan peliharaan Moms tetap aktif dan terstimulasi.

Pegangannya hampir tidak bisa patah, dan aman digunakan dengan kucing dan anak kucing selama waktu bermain. Itu murah dan kainnya sendiri cerah dan berwarna-warni. Anak-anak juga suka membuat pola pita yang lucu sambil menari-nari dengan mainan pita seperti ini.

Baca Juga: Pencinta Kucing Wajib Follow 5 Akun Instagram Ini

Rekomendasi Mainan untuk Kucing Buatan Sendiri

mainan kucing

Foto: onecrazyhouse.com

Selain mainan untuk kucing yang bisa dibeli di Pet Shop atau online shop, Moms juga bisa membuat maianan untuk kucing sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Selain hemat, Moms tetap bisa berkreativitas dan kucing peliharaan Moms pun akan bahagia. Berikut adalah empat mainan kucing buatan sendiri yang dilansir One Crazy House.

7. Mainan Untuk Kucing dari Gabus Wine

Jika Moms memiliki gabus wine di rumah, jangan dibuang. Gabus wine bisa dimanfaatkan untuk beberapa mainan yang menggemaskan untuk teman berbulu Moms di rumah.

Cara membuat mainan untuk kucing ini, Moms perlu melunakkan gabus anggur dengan merebusnya. Kemudian, buat lubang di setiap gabus anggur yang sudah dilunakkan. Menggunakan epoksi untuk memastikan tidak ada yang lepas.

Moms bisa menggunakan apapun yang bisa menarik perhatian kucing. Seperti menempelkan beberapa bulu, pembersih pipa, pita, maupun goni di mainan kucing buatan Moms. Biarkan mainan benar-benar kering sebelum memberikannya kepada kucing Moms.

Baca Juga: Suka Pelihara Anjing atau Kucing? Kenali Bahaya Bulu Hewan Untuk Kesehatan

8. Mainan untuk Kucing dari Tiang

Tidak ada rumah pemilik kucing yang lengkap tanpa tiang garukan. Moms juga bisa membuat tiang garukan sendiri di rumah.

Dengan begitu, Moms bisa mengucapkan selamat tinggal pada tiang garukan versi pet shop yang terkadang bentuknya sangat jelek. Tiang garukan ombre ini cantik, merah muda, dan akan terlihat luar biasa di hampir semua ruangan di rumah Moms.

9. Mainan untuk Kucing dari Pompom

Tongkat kucing pompom juga merupakan salah satu mainan untuk kucing yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Mainan untuk kucing yang satu ini bisa merangsang insting berburu kucing Moms di rumah, selain bentuknya yang menggemaskan.

Apalagi membuat pompom sendiri juga sangat mudah dan Moms tingga menambahkan tongkat untuk menggantung pompom tersebut. Dan kucing peliharaan Moms pun akan senang memiliki kesempatan melompat dan menerkam mainan kucing buatan Moms.

Baca Juga: Memelihara Kucing Pasti Terkena Toksoplasma?

10. Mainan untuk Kucing dari Bulu

Mainan untuk kucing yang satu ini juga sama sederhananya dengan pompom. Beberapa kucing juga lebih menyukai bulu ketimbang pompom, terutama dari bulu dengan lonceng.

Moms bisa membuat bulu dari kain wol, menambahkan lonceng kecil, dan tali sebagai pengganti pompom. Dan voila! Moms dapat satu koleksi mainan untuk kucing lagi di rumah. Dan tentu saja maianan gemas itu akan membuat kucing Moms bahagia.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan untuk kucing yang bisa Moms beli atau buat sendiri. Anabul makin semangat untuk bermain nih Moms!

  • https://www.thesprucepets.com/best-cat-toys-4153336
  • https://www.onecrazyhouse.com/easy-diy-cat-toys/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait