Kesehatan

KESEHATAN
28 April 2020

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi Agar Tetap Sehat

Kurangi asupan minuman manis dan tinggi kalori ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengonsumsi makanan bernutrisi tidak hanya diperlukan saat sahur, tetapi juga ketika berbuka puasa. Meskipun ada banyak sajian takjil manis, ada baiknya Moms dan keluarga makan makanan bergizi.

Moms tidak perlu bingung hendak memasak apa untuk berbuka puasa, karena ada beberapa ide menu buka puasa yang padat vitamin dan juga mudah dibuat. Berikut ini daftarnya.

Baca Juga: Anti Mainstream, Ini 6 Menu Buka Puasa Tradisional Indonesia yang Perlu Dicoba!

Menu Buka Puasa Sehat Bergizi

Mengutip Nutrition, setelah berbuka puasa, coba konsumsi makanan yang memberikan keseimbangan nutrisi. Apalagi, usai puasa tubuh juga butuh banyak asupan cairan.

Karena itu, pilih makanan rendah lemak, kaya akan cairan untuk menghidrasi tubuh, dan konsumsi makanan yang mengandung gula alami untuk asupan energi. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Teh Hijau

menu buka puasa sehat bergizi-1

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms dan keluarga yang sering berbuka puasa dengan mengonsumsi teh, coba dengan minum teh hijau sebagai menu buka puasa sehat bergizi.

Mengutip The Active Times, teh hijau punya kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin B dan vitamin C. Selain itu, secangkir teh hijau mengandung 99,5 persen air, sangat pas untuk menghidrasi tubuh usai berpuasa.

Baca Juga: 3 Manfaat Kandungan Teh Hijau pada Produk Skincare

2. Kurma

menu buka puasa sehat bergizi-2

Foto: Orami Photo Stock

Buah kurma juga menjadi salah satu pilihan menu buka puasa yang sehat bergizi, apalagi buah ini secara tradisional dikonsumsi saat berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

Asupan kurma bagus karena memberikan pasokan gula alami untuk energi, serta ragam mineral seperti kalium, tembaga dan mangan, dan kurma merupakan sumber serat.

3. Sayur Bayam

menu buka puasa sehat bergizi-2.jpg

Foto: simplyrecipes.com

Sayuran tentunya menjadi makanan yang penting dikonsumsi saat berpuasa, Moms bisa memasak sayur bayam sebagai menu buka puasa yang sehat dan bergizi.

Mengutip jurnal Bioactive Foods in Promoting Health, sayur bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, kalsium, kalium, dan vitamin B6, mangan, folat, magnesium, zat besi yang sangat baik.

Moms bisa mengolahnya menjadi sayur bayam bening yang berkuah untuk menghidrasi tubuh, sekadar ditumis, atau direbus untuk asupan yang bernutrisi saat berbuka puasa.

Baca Juga: Ini Nutrisi Penting untuk Menu Sahur dan Berbuka Puasa, Yuk Penuhi!

4. Ikan Tuna

menu buka puasa sehat bergizi-4

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai menu lauk untuk buka puasa yang sehat dan bergizi, Moms bisa memasak ikan tuna. Mengutip Healthy Eating, ikan tuna adalah sumber protein tanpa lemak, vitamin B, dan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 ini punya ragam manfaat kesehatan, seperti menangkal depresi dan penurunan kognitif, hingga mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, konsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 sebanyak 2 porsi dalam seminggu.

Itu dia Moms, inspirasi menu buka puasa sehat dan bergizi di bulan Ramadan nanti. Pastikan tetap menjaga kesehatan dengan memerhatikan asupan makanan harian, ya.

Artikel Terkait