Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Feb 7, 2019

Rekomendasi Gerakan Olahraga di Kantor yang Menyehatkan

Bagikan



Banyak orang menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga. Padahal, untuk melakukan olahraga sederhana sebetulnya tak perlu pergi ke gym atau lapangan olahraga.


Instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf mengatakan, cubicle di kantor pun bisa jadi tempat strategis untuk berolahraga. Laila mengatakan, ada empat gerakan olahraga dasar yang bisa dilakukan di kantor.
“Waktu 5 menit juga cukup. Ditambah pemanasan dan pendinginan 10 menit, jadi 15 menit. Nah, tidak ada alasan sibuk atau tidak ada waktu jadi tidak bisa berolahraga,” kata Laila saat ditemui pada peluncuran AIA Healthy Living Index 2018 di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, awal Desember lalu. 
Apa saja gerakan olahraga dasar yang bisa dilakukan di kantor? Yuk kita lihat di bawah ini Moms!

Squat

Foto: ymcamidtn.org

Gerakan pertama yang bisa dilakukan di kantor adalah squat atau gerakan berjongkok. Moms bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang.
Jangan lupa untuk memastikan kursi kerja tidak bergerak terlebih dahulu agar olahraga tetap aman. “ Kalau kursinya masih jalan-jalan, di-lock dulu,” Jelas Laila.

Squat-Lunge

olahraga di kantor

Foto: Bevi.co

Gerakan berikutnya adalah mengombinasikan squat dan lunge. Apa itu lunge? Gerakan menekuk lutut ke depan sementara kaki lainnya diposisikan di belakang.
Cara melakukannya adalah dengan duduk-berdiri-lunge. Laila mengatakan, gerakan sederhana ini sudah cukup melatih otot kaki.

Push up

Foto: ymcamidtn.org

Siapa bilang untuk melakukan push up dibutuhkan space yang besar? Cubicle di kantor pun bisa jadi lokasi untuk berlatih push up, lho Moms. Push up yang dimaksud juga tidak selalu push up yang sejajar dengan lantai.
“Bisa juga jadikan kursi atau meja sebagai tumpuan agar bebannya tidak terlalu berat,” ungkap Laila.
Laila mengingatkan bahwa push up bukan semata untuk melatih otot tangan dan kaki, tapi juga untuk melatih otot perut. Jadi, penting sekali mengunci perut selama melakukan gerakan push up.

Foto : Skimble.com

Gerakan berikut mampu melatih kekuatan otot perut lebih intens. Caranya, duduklah di atas kursi seperti biasa lalu angkat kedua kaki dengan posisi lurus.
Jika tidak mampu mengangkatnya dalam posisi lurus, Moms bisa mengangkat kedua kaki dalam posisi menekuk. Jangan lupa untuk merapatkan kedua kaki dan mengencangkan otot perut saat melakukannya secara berulang.
Simple, yang penting kursi stabil. Kaki diangkat dua-duanya. Kalau enggak bisa boleh hanya tekuk,” terangnya.

Itulah beberapa gerakan dasar olahraga yang bisa dilakukan di cubicle kantor. Jika cubicle kantor Moms ukurannya lebih besar, Moms bisa mencoba gerakan burpees, plank, atau push up di lantai.
Menurut Laila, lakukan setiap gerakan masing-masing 30 detik. “Bisa diulang sesuka hati. Katakanlah satu gerakan 30 detik, setelah itu napas 10 detik, lalu ganti gerakan,” ucap Laila.

Selamat mencoba!


(AND/ PAS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.