Home & Living

13 Agustus 2021

10 Rekomendasi Oven Listrik Low Watt di Bawah 1 Juta, Terjangkau dan Hemat Listrik!

Moms tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Oven listrik menjadi salah satu kebutuhan memasak di dapur. Terutama buat Moms yang hobi berkreasi dengan aneka masakan, seperti memanggang misalnya. 

Beberapa tahun lalu, banyak orang terbiasa menggunakan oven tangkring atau manual. Sayangnya, sudah pasti akan repot ketika Moms hanya memiliki oven tangkring di rumah.

Oven jenis ini memang sangat digemari pada masanya, karena dipercaya bisa memanggang dengan sempurna. Hanya saja, jenis oven yang satu ini cukup tricky.

Jika tidak terbiasa menggunakannya, makanan yang dipanggang bisa tidak matang dengan sempurna atau bahkan gosong. Untuk menghindari hal tersebut kemudian muncullah oven listrik sebagai perangkat elektronik dapur untuk mempermudah kegiatan memasak.

Sebenarnya, oven listrik bukan perangkat dapur yang baru muncul seperti air fryer. Dikutip dari ThoughtCo, Thomas Ahearn dari Kanada adalah penemu oven listrik pertama pada tahun 1882. Thomas Ahearn dan mitra bisnisnya Warren Y. Soper memiliki Chaudiere Electric Light and Power Company of Ottawa.

Namun, oven Ahearn baru digunakan pada tahun 1892, di Hotel Windsor di Ottawa. Perusahaan Manufaktur Pemanas Listrik Carpenter menemukan oven listrik pada tahun 1891.

Berbeda dengan oven tangkring yang membutuhkan kompor minyak tanah atau kompor gas sebagai media pemanas, oven listrik memanfaatkan sumber energi listrik maupun gas sebagai pemanas. Elemen pemanas dalam oven listrik mengubah dua sumber energi tadi menjadi pemanas yang disebar secara merata ke seluruh ruang oven.

Selain itu, oven listrik juga memiliki kelebihan ukuran yang minimalis, hingga tidak membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan. Ada cukup banyak merek yang menawarkan oven listrik dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. 

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Pemakaian Listrik Bulanan yang Bisa Moms Coba

Rekomendasi Oven Listrik di Bawah Rp1 Juta

Oven listrik adalah perangkat dapur elektronik yang kini cukup mudah ditemukan di toko online. Harganya sangat bervariatif dan bahkan dibanderol cukup murah sehingga oven listrik bisa dimiliki siapa saja. 

Untuk mempermudah Moms memilih oven listrik, berikut adalah 5 rekomendasi oven listrik untuk Moms dengan harga low budget atau dibawah Rp 1 juta.

1. Electrolux Oven Toaster EOT 2805K

oven listrik

Foto: Shopee/ethreeshop

Oven listrik Electorlux EOT2805K merupakan alat yang tepat untuk memanggang berbagai jenis makanan seperti memanggang ayam, membuat roti, pizza, pop corn atau kue.

Meski kapasitasnya tidak terlalu besar yaitu hanya 9 Liter, namun oven listrik yang satu dapat diandalkan untuk kegiatan masak sehar-hari.

Electrolux Oven Toaster juga dilengkapi dengan nampan dan rak anti lengket yang bisa dibersihkan dengan cukup mudah dan pengatur suhu hingga 250 derajat Celcius.

Oven listrik yang dibandrol dengan kisaran harga Rp600 ribuan hingga Rp1 juta-an ini menggunakan daya 800 Watt. Murah dan hemat listrik ya Moms?

2. Konka

oven listrik

Foto: Shopee/Konka Official

Moms yang memiliki budget tidak lebih dari Rp500 ribu mungkin akan tertarik dengan oven listrik dari Konka ini. Melansir official store Konka di ecommerce, oven listrik ini bisa berfungsi untuk memanggang sekaligus menghangatkan makanan dengan kapasitas 12 Liter.

Jika Moms berencana menggunakannya untuk memanggang kue, pastikan Moms memiliki loyang berukuran 255 x 195. Oven seharga Rp369.600 ini dilengkapi lampu indikator, tabung pemanas stainless steal yang memberikan panas merata, timer yang dapat disetting hingga satu jam, temperatur 90-230 derajat Celcius, serta pegangan dari kulit yang tahan panas. Selain itu, oven listrik dengan dua pilihan warna ini juga menggunakan daya hingga 800 Watt.

Baca Juga: spring bed dan harganya

3. Oxone OX-858BR 4-in-1  

oven listrik

Foto: Lazada/Oxone

Oxone memang kerap mengeluarkan perangkat dapur mutakhir, salah satunya oven listrik dengan fitur 4 in 1. Mengutip official store Oxone di ecommerce, oven listrik dengan kode OX-858BR 4-in-1 ini dapat digunakan untuk memanaskan makanan, mencairkan, memanggang dan membakar.

Selain itu, oven listrik ini juga dilengkapi juga dengan teknologi BBQ & Rottiseries Pick yang mampu mengembangkan kue dan memanggang ayam dengan cepat dan merata, serta timer hinga satu jam.

Dengan daya listrik 800 Watt, Oxone OX-858BR 4-in-1 memiliki kapasitas hingga 18 Liter dan temperatur suhu hingga 250 derajat Celcius.

Oven listrik yang satu ini masih berada dikisaran harga Rp900 ribu hingga Rp1 juta.

4. Sharp EO-28LP

oven listrik

Foto: Lazada / Station Electric

Sharp EO-28LP merupakan oven listrik dengan daya 1500 watt dengan kapasitas ruang mencapai 28 liter. Mengutip official store Station Electronic di ecommerce, oven ini punya banyak fungsi, sehingga dapat digunakan untuk memasak macam-macam makanan.

Selain itu, fitur dari oven listrik ini adalah timer selama 60 menit dan juga kontrol suhu hingga 250 derajat celcius. Terdapat pula tombol pemilih untuk pemanas bawah, atas, dan keduanya. Dilengkapi dengan elemen pemanas stainless steel, Sharp EO-28LP dibanderol dengan kisaran harga Rp600 ribu hingga Rp1 juta.

5. Denpoo DEO-18T

oven listrik

Foto: Tokopedia /  Rahman Barokah Electric

Oven listrik Denpoo seri DEO-18T cocok untuk Moms yang memiliki budget di bawah Rp 1 juta rupiah. Bahkan Moms bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp499 ribu hingga Rp800 ribu-an di beberapa official store online shop.

Oven listrik yang satu ini memiliki juga dapat dipakai untuk memanggang roti, kue kering, daging, sampai dengan ayam. Mengutip sebuah toko barang elektronic di ecommerce, oven listrik Denpoo dilengkapi dengan teknologi dual heater dengan material stainless steel, kaca oven tahan panas, dan daya listrik 950 Watt.

Baca Juga: Ketahui Plus Minus Kompor Listrik Sebelum Membelinya

Rekomendasi Oven Listrik Low Watt

Selain mencari oven listrik yang murah, Moms juga harus memperhatikan ukuran daya dari oven listrik yang Moms beli. Jangan sampai, oven listrik yang Moms gunakan justru membuat kantong Moms jebol karena tagihan listrik yang membengkak. Berikut ini adalah beberapa oven listrik low watt yang bisa Moms pilih dan pertimbangkan untuk di rumah ya Moms. 

6. Maspion MOT 1801s

oven listrik

Foto: Shopee/jawa_electric

Maspion mengeluarkan oven listrik seri MOT 1801s, sebagai salah satu oven listrik yang hemat energi karena hanya memanfaatkan daya 850 Watt.

Selain itu, oven listrik yang satu ini didisain dengan cukup unik yang bentuknya kotak serupa roti tawar. 

Meski begitu, Maspion MOT 1801s termasuk dalam oven listrik yang cepat, efisien, dan hemat.

Tidak hanya bisa dipakai untuk memasak makanan, tetapi oven listrik ini juga bisa digunakan untuk menghangatkan makanan.

Mengutip sebuah online store di ecommerce, oven listrik Maspion MOT 1801s juga dilengkapi alat pengukur waktu dan bel sebagai penanda bahwa proses pemanggangan telah selesai. Oven listrik ini juga dibekali dengan temperatur suhu hingga 250 derajat celcius serta pengatur waktu hingga 60 menit dan juga kaca transparan tahan panas.

Bentuknya minimalis dengan ukuran 450 x 350 x 400 mm dan kapasitas 20 liter.

Di beberapa official store online shop, oven listrik ini dibandrol dengan harga dikisaran Rp400 ribu-an hingga Rp700 ribu-an. 

7. Signora Mini Oven

oven listrik

Foto: Tokopedia/LindayStore

Oven listrik lain yang membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar adalah Signora mini oven, yang hanya mengonsumsi 600 Watt, seperti dikutip dari laman online store di ecommerce.

Selain itu, oven listrik yang sudah cukup lama dikenal oleh para pemanggang kue ini juga cocok untuk memanaskan pizza, kue, roti, bahkan gorengan. Oven listrik ini memiliki pemanas atas dan bawah.

Di beberapa store online shop, harga seri oven listrik Signora mini oven dibandrol sekitar Rp600 ribuan. Ukurannya 35 cm x 20 cm x 18 cm dengan daya listrik 600 watt.

Oven listrik Signora mini oven ini memiliki kapasitas 6 liter dengan timer otomatis 1-15 menit, cocok untuk Moms yang jarang memasak untuk banyak orang. Aksesoris rak jari dan rak minyak jadi fitur tambahan oven listrik yang satu ini.

8. Cosmos CO-9918

oven listrik

Foto: Tokopedia/Sarana Gemilang

Mengutip online store di ecommerce, oven listrik keluaran merek lokal atau Cosmos CO-9918 juga menjadi salah satu oven listrik hemat energi dengan konsumsi listrik 300 Watt dan maksimum temperatur 250 derajat Celsius.

Meski begitu, oven listrik ini memiliki kapasitas cukup besar, 18 Liter dan dilengkapi pemanggang berputar otomatis. Tersedia pula timer yang bisa disesuaikan dengan masakan. Cosmos seri ini menempati harga jual yang cukup terjangkau di kisaran harga Rp500 ribuan hingga Rp900 ribu-an.

Baca Juga: Ini Dia 5 Bahan Alami Untuk Membersihkan Peralatan Dapur

9. Kirin KBO 190 LW

oven listrik

Foto: Shopee/Versi Fashion

Dilansir dari sebuah online store di ecommrce, oven listrik Kirin KBO ini memiliki kapasitas 19 liter dengan daya listrik 220 Volt/50 Hz/275 Watt. Selain itu desainnya cukup sederhana dengan bahan material stainless steel dan pintu kaca yang membuat Moms bisa melihat makanan yang sedang dipanggang.

Selain itu, terdapat wire rack dan baking tray dan sistem pemanasan menggunakan upper heat (pemanas atas) dan lower heat (pemanas bawah), yang membuat makanan matang secara merata 

dengan temperatur 100-250 derajat Celsius.

Oven listrik ini dibanderol dengan harga kisaran Rp500 ribu hingga Rp800 ribu dan juga dirancang dengan fitur low watt atau daya rendah. Itu artinya,  Moms dapat memasak tanpa perlu mengkhawatirkan pemakaian listrik.

10. Cosmos CO-9919 R

oven listrik

Foto: Tokopedia/Ramah Electronic

Cosmos sebagai salah satu merek lokal juga turut mengeluarkan oven listrik terbarunya di 2021, yang dianggap sebagai produk unggulan. Dikutip dari sebuah online store di ecommerce, Cosmos CO-9919 R memiliki kapasitas ruang mencapai 19 liter dan bisa memuat dua rak kue dan rak besi.

Sementara untuk dayanya, oven listrik yang satu ini tidak terlalu tinggi, yakni 350 watt. Dijual di berbagai marketplace, Cosmos CO-9919 R memiliki harga jual di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp600 ribu-an.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membersihkan Alat Dapur Berbahan Stainless Steel

Itulah 10 pilihan oven listrik yang bisa Moms pilih dari harga terendah hingga yang memiliki daya paling minimal. Namun sebelum membeli oven listrik, Moms harus tahu seberapa besar kebutuhan oven listrik yang Moms cari. Apakah oven listrik tersebut untuk kebutuhan Moms sehari-hari, atau memang untuk kebetuhan berdagang dengan kapasitas besar?

  • https://www.thoughtco.com/history-of-the-oven-from-cast-iron-to-electric-1992212
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait