Fashion & Beauty

31 Agustus 2021

11 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Berminyak

Mengetahui pelembab wajah yang cocok untuk berbagai jenis kulit!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Seperti serum, pelembab wajah tidak boleh dilupakan dalam rangkaian skincare routine. Gunanya kita memakai pelembab wajah yang tepat adalah agar kulit bisa dijaga dari paparan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan iritasi.

Dampak terparah dari kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa dijaga adalah kanker kulit. Sementara itu pelembab wajah bisa menjaga elastisitas kulit wajah dan menjaga kekenyalannya.

Mengutip Skin Health Institute, hindari menggunakan sabun atau toner secara sering karena dapat mengeringkan kulit, dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Mencuci Wajah dengan Air Keran Ternyata Picu Timbulnya Jerawat

Pelembab wajah sendiri harus disesuaikan dengan jenis kulit. Setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda dan hal tersebut akan berpengaruh pada produk yang dipakai.

Ini tipe kulit yang perlu diketahui dan cara merawatnya, yaitu:

  • Kulit normal. Memiliki warna kulit yang merata, tekstur kulit yang lembut, dan permukaannya tidak berminyak atau kering.
  • Kulit berminyak. Kulit tampak mengkilap, pori-pori wajah terlihat besar, dan rentan alami jerawat dan komedo.
  • Kulit kering. Kulit yang dapat terlihat kusam, kasar, bersisik, gatal, dengan pori-pori yang hampir tidak terlihat.
  • Kulit kombinasi. Biasanya area dahi, hidung, dan dagu akan berminyak dan area yang lainnya terlihat kering. Pori-pori wajah besar dan cenderung memiliki komedo.

Memiliki kulit wajah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Jadi, berikut rekomendasi pelembab kulit wajah yang cocok untuk tipe kulit kering, berminyak dan juga berjerawat.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Pelembab yang Baik Berdasarkan 4 Jenis Kulit Wajah

Pelembab Wajah untuk Kulit Kering

Kulit kering memang menyebalkan. Ketika kulit kering, wajah akan terlihat sangat kusam. Karenanya, Moms perlu untuk memenuhi asupan nutrisinya.

Selain OLAY Regenerist Whip UV, berikut pelembap wajah yang cocok untuk kulit kering.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

1. OLAY Regenerist Whip UV

Presented by OLAY

Bagi Moms yang mencari pelembap wajah yang sekaligus berfungsi sebagai primer make up, OLAY Regenerist Whip UV dapat jadikan sebagai pilihan. Pasalnya, pelembap ini memiliki tekstur yang halus dan tidak berminyak, dengan hasil akhir mattifying.

Selain itu, OLAY Regenerist Whip UV diformulasikan dengan 99% Niacinamide. Sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah lebih lama tanpa mengganggu pengaplikasian make up setelahnya.

2. Cetaphile Moisturizing Cream

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Kulit kering bisa dialami oleh wanita hamil. Nah, ketika sedang hamil, dokter biasanya melarang untuk tidak menggunakan kosmetik dengan sembarangan karena bisa memengaruhi kondisi janin.

Untuk mendapatkan kembali kelembapan kulit, Cetaphile Mositurizing Cream sendiri bisa digunakan untuk perempuan yang mengalami masalah kulit kering terlebih ketika hamil.

Selain aman digunakan ketika hamil, pelembab wajah ini pun sangat cocok dipakai oleh perempuan dari segala macam usia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Anak 12 Tahun, Dijamin Aman!

3. Wardah Purifying Moisturizer Gel

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Nah, untuk Moms yang menyukai pelembab waja dala bentuk gel, Wardah Purifying Moisturizer Gel bisa menjadi pilihan yang baik.

Produk lokal ini pun bisa memberikan sensasi segar sepanjang hari di wajah para pemilik kulit kering.

Beberapa bahan aktif pada produk skincare ini seperti vitamin E, Pro-Vitamin B5 hingga ekstrak buah Chamomile yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit wajah sepanjang hari.

Bahan-bahan yang dimiliki oleh pelembab wajah ini pun sudah diformulasikan untuk menjaga kulit wajah kering agar tidak kusam dan kembali terlihat cerah serta lembap.

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

4. The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Pelembab wajah untuk kulit kering berikutnya adalah The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet. Produk ini cukup efektif untuk memberikan kelembapan untuk kulit kering yang cenderung kusam.

Kandungan alami yang dimiliki oleh The Body Shop Vitamin E Aqua Boost Sorbet bisa memberikan efek lembut pada kulit wajah secara merata.

Aquasphere yang terkandung di dalam produk ini bisa ampuh untuk menghidrasi kulit yang kering. Perpaduan minyak kedelai oun bisa membuat wajah terasa segar setiap hari. Moms juga tak akan merasakan sensasi lengket selama melakukan aktivitas harian.

Baca Juga: Manfaat Masker Tomat untuk Wajah dan Resepnya, Yuk Cari Tahu!

5. Laneige Water Bank Gel Cream

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Produk pelembap wajah dari Laneigh ini cocok untuk direkemndasikan sebagai salah satu rangkaian skincare yang aman. Memiliki bahan dasar air, pelembap dari Laneige bisa mengikis kulit kering dan mengubahnya menjadi lebih kenyal dan juga lembap.

Tak hanya itu, produk ini pun bisa merangsang produksi dari faktor pelembap natural kulit wajah. Pelembab wajah dengan bentuk gel ini bisa mengembalikan elastisitas kulit dan membuat kulit terhidrasi dengan sempurna hingga membuat kelembapannya terjaga dengan optimal.

Baca Juga: Heboh Razia Skincare di Sekolah, Apa Manfaat Perawatan Kulit untuk Anak Remaja?

6. Sebamed Extreme Dry Skin Relief Face Cream

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Sebamed memiliki produk pelembab wajah yang diperuntukkan bagi pemilik wajah kering dan juga kasar. Produk ini pun bisa mengatasi peradangan pada kulit yang menimbulkan efek gatal dan pecah-pecah.

Produk dari Sebamed Extreme Dry Skin Relief Face Cream mengandung sejumlah kandungan penting yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan utama yang menjadi andalannya adalah zat keratolitik yang memiliki fungsi memperbaiki dan menimbulkan efek kesegaran dan melembutkan lapisan terluar kulit.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Pelembab Wajah untuk Kulit Berminyak

Tak sedikit orang yang mengira bahwa memiliki kulit berminyak berarti tak membutuhkan pelembab wajah. Hal tersebut tidak benar, Moms! Berikut rekomendasi pelembab wajah untuk kulit berminyak yang bisa Moms gunakan untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit wajah!

7. Laneige Water Bank Gel Cream

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Produk dari Laneige ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pelembab kulit berminyak. Pelembab wajah ini mengandung hydro-ionized mineral water yang terdiri dari 6 bahan dan bisa menghidrasi sekaligus menutrisi kulit.

Tak hanya itu Laneige Water Bank Gel Cream juga memiliki fungsi untuk mengunci kelembapan kulit wajah selama 24 jam. Mosturizer yang dikhususkan untuk kulit berminyak ini memperkuat lapisan pelembab agar kulit wajah terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

8. Sebamed Clear Face Care Gel

Wajah berminyak rentan untuk berjerawat. Produk Sebame

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Sebamed Clear Face Care Gel bisa menjadi pelembab wajah dan membuat kulit di wajah terhindar dari jerawat.

Formula bebas oil dan emulsifer ini membuat pori-pori terhindar dari sumbatan. Produk ini pun mengandung pelembap alami aloe vera dan juga hyalurnis acid agar kulut selalu terhidrasi dengan sempurna dan juga optimak.

Produk Sebamed Clear Face Care Gel yang satu ini dilengkapi dengan allontoin dan juga pathenol untuk meredakan iritasi. Formula pH 5.5 pun membuat bakteri penyebab jerawat menjadi mati.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

9. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Nah, untuk yang suka produk lokal, Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel bisa jadi pilihan untuk pelembab wajah kulit berminyak, nih.

Mosturizer dari wardah sendiri memiliki SPF 18 yang bisa melindungi kulit wajah dari bahayanya sinar matahari terus menerus menyinari wajah.

Sementara itu, kandungan triclosan yang terkandung dalam produk wardah ini bisa mencegah timbulnya jerawat. Tak hanya itu, wich hazel yang dimiliki Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel bisa membantu prodyksi minyak di wajah.

Wardah ini pun mengandung Pro-Vitamin B5 serta vitamin E yang bisa membantu menjaga kulit agar selalu lembab dan melindunginya dari radikal bebas.

Baca Juga: 11+ Cara Melebatkan Rambut Bayi, Bisa dengan Seledri atau Lidah Buaya!

10. Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Nah, untuk Moms yang membutuhkan pelembap wajah kulit berminyak, pastikan memilih moisturizer yang oil free ya! Nah, Inez Moisturizing Lotion for Oily Skin ini adalah salah satu produk yang mengakomodasi kebutuhan itu.

Pelembab wajah produk ini mengandung fruity acid yang akan mengurangi produksi minyak yang berlebihan di wajah.

Tak hanya itu, pelembab wajah ini akan menghidrasi kulit secara menyeluruh dan tidak membuat tampak kusam dan berminyak.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Bengkuang untuk Anak

11. The Face Shop Clean Face Oil-Free Control Cream

Pelembap Wajah

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan, kulit wajah yang berminyak cenderung berjerawat. Nah The Face Shop Clean Face Oil-Free Control Cream bisa menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi.

Tak hanya bebas dari kandungan minyak, formula yang dimiliki oleh produk pelembab wajah The Face Shop bisa mengurangi masalah jerawat dan membuat kulit menjadi tetap lembab.

Nah itu dia 10 rekomendasi pelembap wajah untuk pemilik wajah berminyak dan juga kering! Mana yang paling cocok untuk Moms?

(ADV)

  • https://www.skinhealthinstitute.org.au/page/102/teen-skin-health
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait