Di atas 5 tahun

3 September 2021

7+ Rekomendasi Sepeda Lipat Anak untuk Si Kecil, Modelnya Keren dan Cocok untuk Sunmori!

Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tren sepeda lipat kini tidak hanya menyasar target para Dads karena semua umur pun tertarik menggunakannnya. Sehingga, tak heran ketika obrolan mengenai sepeda lipat anak juga muncul ke permukaan.

Dilansir dari jurnal keluaran Transport Reviews, bersepeda memiliki beberapa manfaat seperti peningkatan fungsi kognitif, hingga penurunan risiko depresi. Memilih sepeda lipat juga memungkinkannya masuk ke dalam angkutan umum dan tidak perlu kendaraan khusus untuk mengangkutnya.

Dengan kata lain, rekomendasi sepeda lipat anak juga memberikan kesempatan yang sama kareana dapat banyak fleksibilitas. Misalnya, jika hujan turun saat pengendara bersepeda, ia bisa melipatnya dan membawanya naik MRT ke tujuan lain.

Rekomendasi Sepeda Lipat Anak

Menurut laman downtube, dalam membeli sepeda lipat anak perhatikan rodanya. Pilih sepeda roda 16" (305 mm). 16" (349 mm) mungkin terlalu besar untuk anak-anak yang lebih muda. Berikut ini rekomendasi sepeda lipat anak:

1. Pacific 2990 HT-V 16

Pacific 2990 HT-V 16

Foto: Blibli

Rekomendasi sepeda lipat anak yang pertama adalah pacific 2990 HT-V 16. Sepeda ini memiliki ukuran roda 16 inch. Cocok untuk Si Kecil yang berusia sekolah dasar dan juga bisa dipilih sebagai sepeda lipat anak perempuan dan laki laki.

Sepeda lipat anak ini dilengkapi dengan sadel dan setang yang bisa diatur dengan posisi tinggi rendahnya sesuai ukuran tinggi dan kenyamanan anak. Bisa dibilang sebagai sepeda lipat anak terbaik di kelasnya.

Ada gear system Shimano 7 speed sehingga anak bebas mengatur kecepatannya. Produk yang satu ini hadir dalam 4 pilihan warna yang menarik. Anak bisa memilih sendiri warna favoritnya. Hanya satu kekurangannya yaitu sepeda ini sedikit berat kerangkanya. Namun hal itu juga membuat sepedanya tahan lama digunakan.

2. United Trifold 3S

United Trifold 3S

Foto: Blibli

Salah satu rekomendasi sepeda lipat anak lainnya yaitu united trifold 3S. Sepeda lipat anak perempuan dan laki-laki ini juga memiliki ban 16 inch dengan bagian pegangan yang ergonomis dan nyaman digenggam tangan Si Kecil.

Si Kecil juga nyaman bersepeda dengan jarak jauh sekali pun. Bahan sepedanya kokoh dan kuat sehingga tahan lama. Selain itu, rangka dan pedalnya berbahan alloy ringan sehingga anak mudah mengendarai sepedanya. Produk ini telah melalui quality control ketat saat proses produksi jadi lebih aman digunakan dan tak aneh jika masuk sepeda lipat anak terbaik.

Sepeda ini hadir dengan ban yang ukurannya cocok untuk anak usia Sekolah Dasar. Ada 3 pilihan kecepatan yang dihadirkan. Pengoper gigi pada sepeda memakai Revoshifter yang mudah dipindahkan. Sepedanya mampu menghadapi medan tanjakan maupun jalan yang tak rata sekali pun. Produk ini nyaman dikendarai karena memiliki fleksibilitas yang bagus.

Baca Juga: Memilih Sepeda Roda Tiga Untuk Balita

3. Family Violet

Family Violet

Foto: Blibli

Kalau ini rekomendasi sepeda lipat anak perempuan. Ya, Family Violet benar-benar sepeda lipat anak perempuan karena memiliki desain yang unik dan cantik. Sepeda ini cocok untuk anak usia 4 hingga 10 tahun. Produk ini dijual satu set dengan roda tambahan jadi bisa digunakan pada anak yang baru belajar mengendarai sepeda.

Namun, karena masuk kategori sepeda lipat anak murah sehingga tak dilengkapi dengan gear system dan hanya memiliki single speed. Kendati demikian, sepedanya nyaman untuk digunakan bersepeda di sekeliling area rumah dan tentunya memiliki manfaat bersepeda yang sama juga.

3. United Stylo 16

United Stylo 16

Foto: Shopee

Sepeda lipat anak selanjutnya dari united stylo 16 yang bisa dipakai anak ketika mulai mahir mengendarainya. Sepeda lipat anak perempuan dan laki-laki ini bisa digunakan ketika menginjak Sekolah Dasar. Cocok dipakai ke sekolah atau bermain di sekitaran rumah.

Ban sepeda hadir dengan ukuran diameter 16 inch. Desainnya unik karena ada batang frame tengah yang melengkung seperti huruf S. Sepeda lipat anak murah ini juga mudah disimpan dan juga mudah untuk dibawa bepergian.

Baca Juga: Para Ibu, Pahami 5 Cara Aman Membonceng Anak di Sepeda Motor untuk Hindari Kecelakaan Fatal

4. United Genio Click

United Genio Click

Foto: Blibli

Sepeda lipat anak ini juga memiliki ban 16 inch dengan desain stripping yang keren dan tentu banyak disukai anak. Sepeda lipat ini hadir dengan harga yang terjangkau jadi masuk kategori sepeda lipat anak murah. Walau terjangkau namun kualitasnya tidak perlu diragukan.

Sepeda ini bisa dipakai anak ke sekolah, bermain bersama teman, atau ngabuburit bersama Moms dan Dads. Rangkanya dari besi sehingga sepedanya agak berat. Kendati demikian, sepedanya kokoh dan tahan banting sehingga bisa dipakai dalam waktu lama.

Keunggulan sepeda ini dilengkapi dengan sistem rem yang sederhana dan mudah dikendalikan. Pembuatan sepeda sudah sesuai SNI jadi sepedanya aman untuk anak-anak. Sayangnya, sepedanya hanya memiliki single speed sehingga anak bisa cepat lelah saat mengendarainya dalam waktu lama.

5. Odessy ATX16 City Edge

Odessy ATX16 City Edge

Foto: Shopee

Odessy ATX16 City Edge memiliki desain keren yang stylish. Bagian kerangkanya lebih kokoh dan tampak cerah. Ini membuatnya sangat menarik di mata anak-anak. Sepeda ini juga cocok untuk usia remaja. Produk ini mudah dikendarai dan tak akan membuat pegal karena sepedanya ringan.

Ada busa yang tebal dengan per di bagian bawah sehingga bikin anak nyaman mengendarainya. Sepeda ini mudah dilipat dan Anda bisa membawanya ke mana saja saat liburan bersama anak.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

6. Exotic

Exotic

Foto: Blibli

Nah, ini juga masuk rekomendasi sepeda lipat anak perempuan dan laki-laki. Warna sepedanya netral sehingga tetap keren dikenakan siapa saja. Bahan kerangka sepeda dari baja yang kokoh dan tahan lama. Sepeda ini memiliki boncengan di bagian belakang.

Produk ini lengkap juga dengan pelindung rantai jadi anak lebih aman memakainya tanpa takut tergores rantai sepeda. Anda bisa membawanya kemana saja dengan mudah karena sepeda juga sangat mudah dilipat tanpa ribet.

7. Erminio 613

Erminio 613

Foto: ShopeFoto: Shopeee

Sepeda yang satu ini pas untuk yang memiliki bujet terbatas sehingga masuk kategori sepeda lipat anak termurah. Produk ini bisa dipakai anak usia 4 hingga 6 tahun. Ada boncengan di bagian belakang. Sepeda ini hadir dengan busa tebal pada sadelnya sehingga nyaman diduduki dalam waktu lama. Dilengkapi pula dengan sepatbor pada roda depan dan belakang.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

8. Kouan

Kouan

Foto: Shopee

Sepeda lipat anak dari Kouan didesain khusus untuk anak perempuan, dengan warna-warna pastel yang menarik, keranjang di bagian depan dan roda tambahan yang bisa menyala. Sepeda ini cocok dibawa bepergian bersama Si Kecil. Karena sepeda bisa dilipat untuk dibawa dan diletakan di bagasi mobil.

Cara melipat sepeda ini juga sangat mudah sehingga kamu tidak akan sulit saat melipat dan membukanya. Si Kecil pun tetap bisa main sepeda, sambil liburan di tempat kakek/nenek. Selain itu, sepeda lipat anak murah dari Kouan bisa digunakan oleh anak usia TK hingga SD kelas 1 dan kelas 2, karena roda tambahannya bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Setelah mengetahui rekomendasi sepeda lipat anak, Moms dan Dads juga harus tahu manfaat bersepeda bagi anak bisa teratur mengurangi stress, keseimbangan postur, kontrol berat badan, meningkatkan kebugaran kardiovaskular hingga meningkatkan kesehatan kulit sebagai paparan sinar matahari untuk vitamin D.

Nah, itulah manfaat bersepeda untuk anak. Jadi tunggu apa lagi, segera lihat rekomendasi sepeda lipat anak dan mulailah mendorong anak-anak untuk bersepeda setiap hari dan berkontribusi pada kehidupan yang lebih sehat. Ini akan membantu mereka dalam jangka panjang.

Bersepeda membantu memberikan kebebasan dan kemandirian untuk berkeliling. Dorong anak-anak Anda sejak usia dini karena ini adalah waktu terbaik untuk melibatkan mereka dalam bersepeda. Ini adalah waktu terbaik untuk mulai bersepeda.

  • https://bp-guide.id/AXp3LKmH
  • https://my-best.id/137855
  • https://review.bukalapak.com/mom/sepeda-lipat-anak-terbaik-112189
  • https://indoblognet.com/sepeda-lipat-untuk-anak/
  • https://www.tokopedia.com/blog/top-sepeda-lipat-terbaik-hbl/
  • https://blog.halfords.com/5-health-benefits-to-folding-bikes/
  • https://www.littledayout.com/foldable-bike-buying-guide-what-to-consider-when-shopping-for-new-wheels/
  • https://www.downtube.com/blog/kids-on-folding-bikes/
  • https://bicycle2work.com/are-folding-bikes-worth-it-pros-cons/
  • https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/01441647.2015.1057877#
  • https://www.bikefriday.com/folding-bikes/what-is-a-folding-bike-a-beginners-guide
  • https://www.bikeforums.net/folding-bikes/1051761-folding-bikes-children.html
  • https://www.bicycling.com/bikes-gear/a20048132/best-folding-bikes/
  • https://sanrocycles.com/benefits-of-cycling-for-kids/
  • https://www.researchgate.net/publication/295074915_Development_of_cycling_skills_in_7_to_12_year_old_children
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait