Kesehatan

22 September 2021

5 Rekomendasi Susu Rendah Lemak, Tinggi Kalsium tapi Rendah Kalori!

Cocok untuk Moms yang sedang diet
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memilih susu ketika sedang menjalani program penurunan berat badan memang menjadi salah satu masalah. Susu mana yang paling baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan? Susu bebas lemak atau susu rendah lemak?

Untuk memenuhi kebutuhan diet, susu menjadi salah satu asupan penting yang kaya akan nutrisi. Bahkan United States of Agriculture (USDA) merekomendasikan sekitar tiga cangkir susu sehari untuk orang dewasa dan anak-anak usia 9 tahun ke atas, seperti dilansir Integris Health.  

Sudah jadi rahasia umum, susu memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Seperti kalsium penguat tulang dan vitamin D. Tapi yang jadi pertanyaan adalah susu sapi mana yang paling baik dikonsumsi?

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Yuk Biasakan Balita Minum Susu di Gelas Dengan 9 Cara Ini

Mengenal Susu Rendah Lemak dan Jenis Lainnya

susu rendah lemak

Foto: myfitnesspal.com

Hampir setiap toko menjual susu murni, rendah lemak dan susu bebas lemak. Akan tetapi, Moms mungkin ingin mengetahui dengan jelas kenapa istilah-istilah itu muncul dalam kemasan susu.

Saat susu diproses, kadar lemak yang berbeda dapat diambil (atau disaring). Oleh karena itu, berbagai jenis susu ini biasanya dapat dilihat dari prosesnya.

Setelah mengenal jenis-jenis susu yang umum ditemukan di toko, Moms juga mungkin penasaran dengan kandungan dari susu-susu tersebut. Informasi tentang kandungan susu juga bisa membantu Moms dalam memilih susu sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sebagai informasi, biasanya tingkat nutrisi setiap jenis susu sedikit berbeda. Susu rendah lemak dan susu bebas lemak mempertahankan jumlah protein yang kira-kira sama dengan susu murni, tetapi kehilangan sebagian kandungan vitaminnya selama proses pembuangan lemak. Vitamin A dan D, yang larut dalam lemak, ditambahkan kembali melalui fortifikasi.

Berikut ini adalah jenis susu dari pembuatannya dan juga rincian jumlah protein, kalium, kalsium vitamin A dan vitamin yng ditemukan dalam satu porsi (satu cangkir) setiap jenis susu.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond Dibanding Susu Lainnya

1. Susu Murni

Susu sapi ini merupakan susu yang belum dihilangkan kandungan lemaknya. Susu mempertahankan lemaknya (sekitar 3,5 persen) dan sedikit kental.

Susu murni mengandung 8 gram protein, 9% dari nilai kalium harian seseorang, dan 27% dari nilai kalsium harian. Susu ini mengandung 5 persen nilai vitamin A harian seseorang dan 24 persen nilai vitamin D harian seseorang.

2. Susu Rendah Lemak

Dalam prosesnya, susu rendah lemak mempertahankan kandungan lemaknya sebanyak 2 persen. Sementara untuk kandungannya, susu rendah lemak mengandung 8 gram protein, 9% dari nilai kalium harian, dan 29% dari nilai kalsium harian. Setelah fortifikasi, susu rendah lemak mengandung 9% vitamin A harian dan 29% vitamin D harian.

3. Susu Bebas Lemak

Susu bebas lemak atau dikenal dengan skim milk diproses dengan menghilangkan lemak, hingga tidak ada kandungan lemaknya sama sekali.

Pemrosesan susu rendah lemak dan susu bebas lemak biasanya menurunkan kalori hingga sedikit mengubah rasa susu. Meski begitu, biasanya produsen membentengi susu untuk mengembalikan nutrisi dan kekentalannya.

Susu bebas lemak mengandung 8 gram protein, 10% dari nilai kalium harian, dan 29% dari nilai kalsium harian. Setelah fortifikasi, susu skim mengandung 10% vitamin A harian dan 25% vitamin D harian.

Baca Juga: 6 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Ketahui Porsi yang Tepat!

Umumnya, hasil fortifikasi membuat susu rendah lemak dan susu bebas lemak memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit. Meski begitu, jumlah vitaminnya lebih tinggi ketimbang susu murni.

Selain itu, kandungan lemak jenuh susu rendah lemak dan susu bebas lemak juga lebih sedikit. Hal inilah yang membuat susu rendah lemak dan susu bebas lemak terlihat lebih menarik, terutama untuk Moms yang sedang menjalani diet.

Namun, hasil penelitian menunjukkan susu rendah lemak dan susu bebas lemak mengandung lebih banyak gula daripada susu murni. Dan hal ini menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Sementara yang lain mempermasalahkan kemungkinan implikasi kesehatan dari proses fortifikasi.

Jika Moms masih kebingungan memilih jenis susu terbaik untuk dikonsumsi, Moms mungkin bisa memilih susu rendah lemak atau susu bebas lemak. Kedua jenis susu itu merupakan rekomendasi dalam pedoman diet untuk orang Amerika, seperti dilansir Medical News Today.

Pendekatan ini untuk membantu menjaga asupan lemak jenuh seseorang menjadi kurang dari 10% kalori per hari dan mengurangi risiko penyakit kronis. Bagi orang yang ingin mempertahankan berat badan sedang, memilih susu rendah lemak atau susu bebas lemak mungkin merupakan pilihan yang bijaksana karena mengandung lebih sedikit kalori.

Baca Juga: Lezat dan Manis, Ini 7 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Rekomendasi Susu Rendah Lemak

susu rendah lemak

Foto: fitday.com

Ada berbagai merek susu rendah lemak yang muncul di pasaran. Namun Moms mungkin bertanya, mana susu rendah lemak terbaik yang bisa masuk dalam daftar belanja bulanan.

Berikut ini adalah ulasan beberapa susu rendah lemak yang bisa mengisi kulkas di rumah.

1. Tropicana Slim

Salah satu susu rendah lemak yang mudah dikenali dan banyak di pasaran adalah Tropicana Slim Low Fat Milk. Susu rendah lemak yang satu ini diklaim tidak mengandung gula maupun pemanis buatan. 

Tentu saja ini cocok untuk Moms yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Bukan hanya itu, susu rendah lemak ini juga aman diminum oleh penderita diabetes.

Tropicana Slim Low Fat Milk disebut mengandung serat alami yang berasal dari tumbuhan chicory dan hanya mengandung 170 kalori per porsi. Harga susu rendah lemak Tropicana Slim berada dikisaran Rp30.000 hingga Rp55.000.

2. Diamond

Jika Moms membutuhkan susu rendah lemak dengan kalori yang lebih rendah, Moms bisa memilih Diamond Low Fat Milk yang diklaim hanya memiliki 70 kalori per porsi.

Susu rendah lemak yang satu ini sangat praktis dikonsumsi. Moms bisa meminumnya langsung atau berkreasi dengan membuat berbagai makanan seperti mencampurnya dengan oatmeal untuk overnight oats atau mencampurnya dengan yogurt dan buah favorit untuk smoothies.

Tentu saja menu-menu tersebut cocok untuk Moms yang ingin mencapai berat badan ideal.

Jangan khawatir, Diamond Low Fat Milk juga sudah bersertifikasi halal yang tercantum pada kemasannya. Diamond Low Fat Milk memiliki rentang harga sekitar Rp16.000 hingga Rp20.000 per liter.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

3. Greenfields

Greenfields juga menjadi salah satu susu rendah lemak rekomendasi karena praktis namun sehat dan bergizi. Selain itu, Greenfields Low Fat Milk juga mengandung 110 kalori per porsi.

Susu rendah lemak yang satu ini diklaim sangan higienis karena sejak proses pemerahan hingga pengolahannya tidak tersentuh tangan manusia sedikit pun demi menjaga standar higienis tinggi.

Sama seperti Diamond Low Fat Milk, susu rendah lemak ini juga bisa dijadikan campuran untuk smoothies, oatmeals hingga kopi.

Dengan harga sekitar Rp18.000 hingga Rp23.000 per liter, susu rendah lemak ini cocok untuk Moms yang ingin diet dengan mengutamakan higienis.

4. WRP

Moms juga pasti sudah familiar dengan merek WRP yang memang identik dengan asupan diet khususnya di kalangan wanita. Susu rendah lemak yang satu ini menjadi bisa menjadi rekomendasi terutama untuk Moms yang tidak terlalu menyukai rasa susu. Karena WRP Everyday Low Fat Milk memiliki dua rasa pilihan, cokelat dan vanila.

Jangan khawatir Moms, karena susu rendah lemak yang satu ini mengandung pemanis alami stevia dan 110 kalori per porsi hingga aman diminum setiap hari. Harga WRP Everyday Low Fat Milk cukup terjangkau lho Moms, sekitar Rp11.000 hingga Rp14.000.  

Baca Juga: Susu Hamil, Apa Benar Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu dan Janin?

5. Nestle

Susu rendah lemak yang satu ini merupakan rekomendasi untuk Moms yang suka minum susu dalam keadaan panas. Karena diolah sebagai susu bubuk.

Nestle Omega Plus merupakan satu-satunya susu rendah lemak yang mengandung Acticol yaitu 1,2 gram sterol tumbuhan. Sterol tumbuhan tersebut sudah terbukti secara ilmiah bisa menurunkan kolesterol dengan cara mencegah kolesterol jahat masuk ke dalam aliran darah.

Jadi selain mencegah berat badan naik, susu rendah lemak yang satu ini juga bisa menjaga stabilitas kolesterol dalam tubuh. Kandungan kalori dalam setiap porsi susu seharga sekitar Rp180.000 hingga Rp210.000 per kg ini hanya 120 kalori. Jadi aman juga diminum setiap hari.

Itulah beberapa rekomendasi susu rendah lemak yang bisa Moms pilih. Cocok untuk Moms yang sedang diet rendah kalori.

https://integrisok.com/resources/on-your-health/2019/january/what-you-need-to-know-about-milk

https://www.medicalnewstoday.com/articles/whole-vs-skim-milk#risks

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait