Kesehatan

KESEHATAN
30 Juni 2020

6 Jenis Rempah yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Selain diet, konsumsi rempah-rempah tertentu bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua orang pasti ingin memiliki bentuk tubuh ideal. Karena itu, orang rela melakukan diet apapun untuk menurunkan berat badan, seperti makan salad, nasi merah, melakukan diet protein, dan lainnya.

Padahal ada banyak cara lain yang menggunakan bahan alami untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa beberapa rempah-rempah bisa membantu menurunkan berat badan.

Herbal dan rempah-rempah adalah cara terbaik untuk menambahkan rasa ke dalam makanan tanpa kalori, gula, atau natrium yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan .

Apalagi, rempah-rempah juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih cepat.

Rempah-Rempah yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Adapun 6 jenis rempah-rempah yang bisa membantu menurunkan berat badan, antara lain:

Baca Juga: Ketahui Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Lebih dari Sekadar Rempah!

1. Jahe

rempah menurunkan berat badan - jahe.jpg

Foto: pixabay.com

Dilansir oleh jurnal PubMed, jahe adalah rempah yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Satu ulasan dari 14 penelitian pada manusia menunjukkan bahwa suplemen jahe bisa menurunkan berat badan dan lemak perut secara signifikan.

Studi pada 27 manusia juga menyimpulkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Selain itu, jahe juga membantu mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

2. Ginseng

rempah menurunkan berat badan - ginseng.jpg

Foto: pixabay.com

Ginseng merupakan rempah yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan kesehatan. Bahkan ginseng juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok.

Banyak penelitian menunjukkan ginseng juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Satu studi kecil menemukan bahwa konsumsi dua kali sehari selama delapan minggu menurunkan berat badan drastis dan mengubah komposisi mikrobiota usus.

Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ginseng membantu mengatasi obesitas dengan mengubah pembentukan lemak dan menunda penyerapan lemak usus.

Namun, penelitian skala besar yang lebih berkualitas diperlukan untuk memeriksa dampak ginseng pada penurunan berat badan pada manusia.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

3. Kunyit

rempah menurunkan berat badan - kunyit.jpg

Foto: pixabay.com

Sebagian besar manfaat kesehatan dari kunyit dikaitkan dengan kandungan curcumin, yakni bahan kimia yang bisa mengatasi peradangan hingga penurunan berat badan.

Satu studi pada 44 orang yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa konsumsi curcumin dalam kunyit dua kali sehari selama satu bulan efektif dalam mengurangi lemak perut dan meningkatkan penurunan berat badan hingga 5%.

Demikian pula, sebuah penelitian pada hewan dari Tufts University menemukan bahwa suplemen tikus dengan curcumin selama 12 minggu mengurangi berat badan dan lemak tubuh dengan menghalangi sintesis lemak.

Namun, studi ini hanya menggunakan jumlah curcumin yang terkonsentrasi, jauh lebih besar dari jumlah yang ada dalam dosis khas kunyit. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa cara kerja kunyit dalam memengaruhi penurunan berat badan.

4. Lada Hitam

rempah menurunkan berat badan - lada hitam.jpg

Foto: pixabay.com

Lada hitam adalah rempah kaya piperin yang memerikan rasa pedas sebagai karakteristiknya.

Kandungan piperin dalam lada hitam yang dilansir oleh stylecraze.com, bisa menghambat pembentukan sel-sel lemak, yang membantu mengurangi berat badan.

Moms bisa menggabungkan lada hitam dan cayenne pepper untuk mempercepat proses pembakaran lemak.

Baca Juga: Lada Putih vs Lada Hitam, Ini 5 Perbedaannya

5. Kayu Manis

rempah menurunkan berat badan - kayu manis.jpg

Foto: pixabay.com

Kayu manis adalah rempah dengan rasa manis kuat yang paling populer di India. Kayu manis bisa membantu mempercepat metabolisme danmengatur gula darah.

Rempah ini bisa memainkan peran penting dalam mengurangi gula darah, kolesterol LDL dan trigliserida. Kayu manis juga dapat meningkatkan metabolisme glukosa, yang membantu meningkatkan pengaturan gula darah.

6. Jinten

rempah menurunkan berat badan - jinten.jpg

Foto: pixabay.com

Jinten juga merupakan rempah yang selalu ada di hampir setiap resep masakan India. Rempah ini membantu meningkatkan energi tubuh dan membantu pencernaan baik. Karena itu, jinten bisa efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Jintan dan Adas

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait