Kesehatan Umum

1 Desember 2021

Kenali Teknik Renang Gaya Dada dan Manfaat untuk Kesehatan

Teknik renang yang banyak digunakan oleh para pemula
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Debora

Renang gaya dada merupakan salah satu teknik berenang yang kerap dijuluki dengan nama renang gaya katak.

Dinamakan renang gaya katak adalah karena posisi ketika Moms berenang ini mirip dengan gerakan katak saat akan melompat dan berada di atas air.

Renang gaya dada bisa dikatakan sebagai teknik renang yang sudah lama.

Disebutkan bahwa gaya renang ini sudah ada sejak abad ke-15.

Awalnya, teknik renang ini diciptakan untuk mengurangi risiko bahaya tenggelam.

Meski awalnya ditujukan untuk keselamatan, tapi gaya renang dada justru populer karena dianggap sederhana dan mudah untuk dipelajari oleh pemula.

Teknik Renang Gaya Dada

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: pexels.com/Jess Loiterton

Supaya bisa mengenal tentang renang gaya dada ini, alangkah baiknya kalau Moms mempelajari terlebih dahulu teknik-tekniknya.

Dengan menggunakan teknik renang gaya dada yang benar, maka Moms bisa berenang dengan mudah nantinya.

Ketika akan mempraktikkan teknik renang gaya dada, ada beberapa yang bisa Moms perhatikan, yaitu:

1. Posisi Badan

Untuk melakukan teknik renang gaya dada, pertama-tama Moms harus memperhatikan posisi badan.

Posisikan tubuh lurus dengan permukaan air.

Sebaiknya jaga posisi bahu, paha, dan kaki berada dalam satu garis horizontal lurus.

Hindari paha untuk terlalu turun ke dalam air.

Rilekskan tubuh senyaman mungkin agar gerakan renang gaya dada bisa dilakukan dengan baik.

2. Posisi Kepala

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: swimswam.com

Setelah posisi tubuh benar, barulah perhatikan posisi kepala.

Posisi kepala yang benar akan menentukan penerapan renang gaya dada yang benar.

Posisikan kepala menghadap depan dengan mensejajarkannya dengan posisi tubuh.

Setelah itu, rilekskan bagian leher karena nantinya kepala akan naik dan turun ke atas dan bawah permukaan air untuk mengambil napas.

Saat kepala masuk ke dalam air, lakukan gerakan sedikit menunduk untuk mencegah hambatan air.

3. Posisi Tangan

Untuk melakukan teknik renang gaya dada, Moms akan melakukan banyak gerakan tangan.

Awali dengan mengarahkan kedua lengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan yang saling bertemu.

Setelah itu, dorong tubuh Moms agar meluncur ke depan.

Saat meluncur tersebut, gerakkan kedua tangan membentuk lingkaran dari arah samping hingga menyatu di atas kepala lalu turun ke bagian atas dada.

Luruskan kembali dan lakukan gerakan yang sama berulang kali.

Hindari membuat gerakan lingkaran terlalu lebar karena nantinya yang akan mendorong tubuh adalah bagian kaki.

Baca Juga: Bayi Berenang: Kapan Usia yang Tepat dan Apa Saja Manfaatnya?

4. Posisi Kaki

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: oshun-swim.com

Posisi kaki adalah posisi terpenting dalam teknik renang gaya dada.

Posisi kaki pada renang daya dada ini berbeda dengan gaya renang lainnya.

Pada gaya dada, kaki akan membentuk gerakan seperti kaki katak saat berenang.

Untuk melakukannya, saat menggerakkan tangan, kedua kaki awalnya lurus lalu tekuk kedua lutut hingga ke bawah tumit mengarah ke arah bokong.

Posisikan telapak kaki mengarah ke permukaan air.

Kemudian, posisikan kedua lutut terbuka sedikit lebar dari pinggul menghadap ke bawah dan berada sedikit di belakang pinggul.

Setelah itu, lakukan tendangan menyapu ke arah luar dan belakang dalam gerakan melingkar seperti gerakan pada tangan tadi.

Moms bisa melakukan gerakan yang sinkron antara tangan dengan kaki secara bersamaan.

Baca Juga: Wisata Hits Curug Love, Disebut Juga Green Canyon Mini yang Eksotis di Bogor!

5. Teknik Pernafasan

Untuk teknik renang gaya dada yang terakhir ini adalah teknik pernapasannya.

Pelajari teknik ini setelah mempelajari keempat hal di atas.

Jika sudah mempelajari keempat teknik di atas, maka Moms bisa melakukan teknik pernapasan dengan benar.

Teknik pernapasan pada renang gaya dada memang tidak sesulit renang gaya lainnya.

Hanya saja, Moms tetap membutuhkan teknik yang matang.

Untuk melakukan teknik pernafasan pada renang gaya dada ini, saat kedua tangan berada di depan dada, angkat bahu hingga melewati permukaan air.

Dengan begitu, bagian wajah akan keluar dari permukaan air.

Di sinilah Moms bisa mengambil napas dalam-dalam.

Lalu, lanjutkan kembali dengan memasukkan kepala ke dalam air.

Buanglah napas perlahan hingga kedua lengan dan kaki dalam posisi rapat dan lurus.

Saat mengangkat kepala, usahakan angkat dengan pelan dan jangan turunkan pinggul untuk menghindari terjadinya sakit punggung dan menghambat pergerakan.

Baca Juga: 11 Manfaat Renang bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Terapi Radang Sendi

Manfaat Renang Gaya Dada

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: www.greenwichtime.com

Setelah sudah menguasai teknik renang gaya dada, pastinya Moms ingin mengetahui apa saja manfaat dari teknik yang satu ini.

Berikut manfaat renang gaya dada bagi kesehatan tubuh, yaitu:

1. Bisa Membantu Membakar Kalori

Manfaat yang pertama dari teknik gaya renang dada sudah pasti bisa membakar kalori karena ada banyak gerakan yang dilakukan.

Mulai dari kaki, paha, tangan, hingga leher.

Ketika Moms melakukan renang gaya dada selama 30 menit, akan ada kalori yang dibakar sebanyak 200.

2. Membentuk Otot pada Bagian Tertentu

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: guim.co.uk

Dengan berenang gaya dada, akan ada banyak otot yang bisa dibentuk.

Mulai dari otot paha, betis, punggung, dada, hingga lengan.

Inilah yang menyebabkan renang gaya dada banyak dilakukan oleh para atlet.

Melalui jurnal berjudul Regression Analysis of Breaststroke Swim Performance From Physical, Physiological and Energy Parameters, disebutkan bahwa dengan melakukan renang gaya dada, otot kaki akan lebih terbentuk.

Baca Juga: Telinga Tersumbat: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

3. Meningkatkan Kebugaran Jantung dan Paru-paru

Sudah bukan rahasia kalau olahraga renang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan paru-paru, terutama dengan melakukan renang gaya dada.

Renang gaya dada bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru.

Moms akan lebih banyak menarik nafas saat berenang dengan gaya dada.

4. Memperlancar Sirkulasi Darah

Teknik Renang Gaya Dada

Foto: bluebuoy.com

Manfaat lain dari teknik renang gaya dada adalah bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Pembuluh darah akan mengalirkan lebih banyak darah dengan cepat saat kita melakukan renang gaya dada.

Dengan lancarnya sirkulasi darah, maka oksigen yang dialirkan juga lebih banyak.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Sakit Rahang Serta Cara Mengatasinya

5. Cocok untuk yang Memiliki Fisik Lemah

Manfaat terakhir dari teknik renang gaya dada adalah gaya renang ini sangat hemat energi sehingga cocok dilakukan untuk yang memiliki fisik lemah karena tidak terlalu melelahkan.

Saat melakukan renang gaya dada, akan ada waktu beristirahat untuk tangan dan kaki ketimbang gaya renang lainnya.

Itulah sekilas mengenai teknik renang gaya dada dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dari beberapa teknik renang yang sudah Moms pelajari, gaya renang apa yang paling sering Moms gunakan saat berenang?

  • https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss/#:~:text=Breaststroke%20is%20a%20much%20better,and%20tone%20the%20chest%20muscles.
  • https://bluebuoy.com/4-major-fitness-benefits-breaststroke-swimmers/
  • https://allamericanswim.com/different-swimming-strokes
  • https://www.womenshealthmag.com/uk/fitness/g27268961/benefits-of-swimming/
  • https://www.livestrong.com/article/523742-benefits-of-the-breaststroke/
  • https://livehealthy.chron.com/benefits-breaststroke-4664.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait