Kesehatan Umum

1 Desember 2021

Yuk, Kenali Teknik Dasar Renang Gaya Punggung yang Tepat!

Teknik renang ini dapat membantu memperbaiki postur tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Debora

Renang gaya punggung menjadi salah satu gaya renang yang dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Selain gaya renang bebas, teknik dasar renang gaya punggung juga menjadi pilihan gaya renang yang banyak digunakan oleh orang dewasa, mulai dari pria hingga wanita.

Teknik dasar renang gaya punggung ini pertama kali dipopulerkan pada tahun 90-an oleh Harry Hebner.

Ia merupakan seorang perenang asal Amerika Serikat.

Renang gaya punggung ini sangat mudah dibedakan dengan teknik berenang lainnya.

Sebab, posisi ini mengharuskan Moms yang menghadap ke atas saat sedang berenang.

Baca Juga: Mengenal Teknik Dasar Renang Gaya Kupu-Kupu dan Manfaatnya

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: swimitright.com

Tidak semua orang bisa dengan mudah melakukan teknik dasar renang gaya punggung.

Dibutuhkan teknik khusus dan latihan supaya nantinya Moms bisa menguasai dengan baik teknik dasar renang gaya punggung.

Supaya bisa berlatih dengan benar, ada beberapa teknik dasar renang gaya punggung yang bisa Moms perhatikan, yaitu:

1. Posisi Tubuh

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan saat akan melakukan renang gaya punggung adalah rilekskan tubuh terlebih dahulu.

Setelah tubuh menjadi lebih rileks, maka Moms bisa memposisikan tubuh dengan kepala menghadap ke atas.

Usahakan selama berenang nanti, posisi tubuh harus tetap lurus.

Turunkan bagian pinggul dari permukaan air untuk menjaga agar kaki bisa bergerak bebas di bawah air.

Baca Juga: 10 Desain Kolam Renang Minimalis yang Simpel

2. Posisi Kepala

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: arcpublishing.com

Untuk posisi kepalanya, Moms harus tetap memposisikan kepala lurus ke atas.

Ketinggian air pada bagian kepala harus menutupi sebagian telinga Moms sementara pandangan dibiarkan lurus ke atas untuk menjaga gerakan berenang tetap lurus.

Saat melakukan teknik dasar renang gaya punggung, penting untuk Moms selalu merilekskan bagian leher hingga kepala.

Hal ini dikarenakan bagian leher yang akan menopang kepala.

Jika bagian leher dibiarkan tegang, maka Moms bisa dengan cepat mengalami kram leher.

3. Posisi Lengan

Sementara pada posisi lengan untuk teknik dasar renang gaya punggung, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan renang gaya bebas.

Perbedaannya adalah posisi tubuh Moms yang menghadap ke atas, bukan ke bawah.

Saat melakukan gerakan tangan pada renang gaya punggung, lengan akan berputar mendayung secara bergantian searah dengan jarum jam.

Pertama-tama posisikan salah satu lengan di atas permukaan air dengan telapak menghadap keluar dan lurus sejajar dengan bahu.

Kemudian putar lengan ke arah bawah melewati kepala lalu masukkan lagi ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dulu.

Ketika lengan berada di dalam air, Moms harus menekuk siku sedikit hingga membentuk segitiga lalu dorong ke arah pinggul.

Lakukan hal yang sama terus-menerus secara bergantian antara lengan satu dengan lainnya.

Baca Juga: Berikut 18 Arti Mimpi Berenang, Mulai dari Lokasi hingga Cara!

4. Posisi Kaki

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: redbull.com

Kita lanjut ke posisi kaki untuk teknik dasar renang gaya punggung.

Posisi kaki ini juga sama dengan yang Moms lakukan pada renang gaya bebas.

Hanya posisinya saja yang merupakan kebalikannya.

Langkah pertama, Moms bisa memposisikan kedua kaki dalam kondisi lurus dengan jarak yang berdekatan.

Lalu, lakukan tendangan dari pinggul secara naik turun dengan bergantian di bawah permukaan air.

Lakukan secara bergantian antara kaki kanan dengan kaki kiri.

Saat menggerakkan kaki, pergelangan kaki juga harus dalam kondisi rileks untuk mencegah terjadinya kram.

5. Teknik Pernapasan

Teknik dasar renang gaya punggung terakhir adalah pernapasan.

Penting untuk memperhatikan teknik pernapasan saat berenang.

Untuk teknik pernapasan, renang gaya punggung ini akan lebih mudah dilakukan dibanding gaya lainnya.

Hal ini karena posisi hidung selalu di atas permukaan air.

Cara ini akan membuat Moms lebih leluasa bernapas.

Supaya tidak mudah lelah, tarik napas saat salah satu lengan melewati telinga.

Buanglah napas saat lengan yang satunya lewat.

Baca Juga: Bayi Berenang: Kapan Usia yang Tepat dan Apa Saja Manfaatnya?

Manfaat Teknik Dasar Renang Gaya Punggung untuk Kesehatan

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: www.westend61.de

Dengan melakukan renang gaya punggung secara rutin, akan ada manfaat yang didapat oleh tubuh pastinya.

Berikut ini adalah manfaat teknik dasar renang gaya punggung, yaitu:

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat pertama dari teknik dasar renang gaya punggung adalah bisa membantu menyehatkan jantung.

Ketika Moms melakukan gerakan renang gaya punggung, maka otot-otot yang ada dalam tubuh, termasuk otot jantung akan dilatih hingga bekerja dengan baik.

Tidak hanya bisa membantu menyehatkan tubuh saja, renang gaya punggung juga bisa membantu menyehatkan organ vital lainnya seperti paru-paru.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Foto: sheknows.com

Saat Moms melakukan gerakan renang gaya punggung selama 30 menit, maka akan ada 250 kalori yang bisa dibakar.

Jika Moms ingin lebih mengurangi kalori lagi, Moms bisa memadukan teknik dasar renang gaya punggung ini dengan gaya renang lainnya.

Baca Juga: 11 Manfaat Renang bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Terapi Radang Sendi

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Salah satu manfaat dari renang gaya punggung adalah bisa membantu memperbaiki postur tubuh.

Ketika Moms melakukan gerakan lengan yang mengayun ke atas, maka otot bahu akan tertarik ke belakang.

Hal ini bisa memperkuat punggung atas dan postur tubuh yang bungkuk bisa diluruskan.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang berjudul Swimming for Back Pain: How to Soak up the Benefits dijelaskan kalau semua gaya renang, termasuk renang gaya punggung bisa memberikan manfaat bagi orang yang mengalami masalah sakit punggung.

4. Meningkatkan Fleksibilitas

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Foto: blog.arenaswim.com

Manfaat lain dari teknik dasar renang gaya punggung adalah bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh Moms, terutama pada bagian pinggul.

Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berenang gaya punggung ini mampu menguatkan otot pada bagian pinggul.

Jika Moms memiliki sakit sendi di bagian pinggul atau punggung, renang dengan gaya ini sangat bagus dilakukan.

5. Mengencangkan Otot Tubuh

Manfaat terakhir dari teknik dasar renang gaya punggung adalah bisa mengencangkan otot-otot pada tubuh.

Beberapa bagian tubuh yang ototnya bisa lebih kencang adalah bahu, lengan, kaki, perut, dan bokong.

Sekarang Moms sudah tahu apa itu teknik dasar renang gaya punggung.

Semoga dengan adanya informasi di atas, Moms bisa mendapat manfaat yang maksimal dengan melakukan renang gaya punggung.

  • https://www.220triathlon.com/training/swim-training/backstroke-what-are-its-benefits-and-will-it-improve-my-front-crawl/
  • https://www.spineuniverse.com/wellness/exercise/swimming-back-pain-how-soak-benefits
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Backstroke#History
  • https://www.enjoy-swimming.com/backstroke.html
  • https://www.swimming.org/masters/improving-your-backstroke-technique/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait