Resep

RESEP
2 Maret 2021

3 Resep Kacang Telur Renyah untuk Teman Nonton Film di Rumah

Membuatnya ternyata mudah, dan rasanya tak perlu Moms ragukan lagi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat sedang menonton film atau drama Korea di rumah, tampaknya kurang lengkap jika tidak sambil makan camilan ya Moms. Salah satu jenis camilan yang cukup sering dijadikan olahan lezat namun tetap menyehatkan adalah kacang. Kacang juga merupakan bahan makanan yang memiliki banyak manfaat, misalnya sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Resep kacang telur pun cukup mudah, dan tak hanya Moms yang akan suka, tetapi juga semua anggota keluarga di rumah.

Banyak sekali olahan kacang yang bisa memanjakan lidah, seperti salah satunya kacang telur. Cita rasanya yang gurih bisa bikin Moms ketagihan dan lupa diri. Moms pun bisa membelinya di supermarket terdekat atau toko online.

Namun, jika Moms ingin memastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan terbaik sehingga cita rasanya menjadi lebih nikmat, maka Moms bisa mencoba mencari resep kacang telur renyah dan pastinya nikmat.

Baca Juga: Moms, Coba Buat 3 Resep Semur Jengkol Ini, Yuk!

Berikut ini adalah beberapa resep kacang telur dengan bahan-bahan terbaik yang bisa Moms buat di rumah sebagai teman nonton film:

1. Resep Kacang Telur Renyah

Resep Kacang Telur 2

Foto: cookpad.com

Salah satu keunikan dari kacang telur adalah rasanya yang renyah dan pastinya bikin ketagihan. Nah, berikut ini resep kacang telur renyah yang bisa coba Moms ikuti di rumah:

Bahan-Bahan:

  • 500 gr kacang tanah
  • 500 gr tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 3 butir telur ukuran kecil (kalau besar pakai 2 butir saja)
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sdm margarin yang dicairkan
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Sebelum memulai memasak, cuci bersih dahulu kacang dan kemudian tiriskan. Jika sudah kering, maka Moms bisa langsung sangrai hingga kering dan matang. Setelah itu sisihkan dahulu hingga dingin.
  2. Di dalam wadah, Moms bisa mencampur tepung terigu dan tapioka dan aduk hingga rata. Setelah itu, ayak dan kemudian sisihkan.
  3. Di dalam wadah lain, campurkan telur, gula pasir, dan kaldu bubuk dan kocok sampai gula benar-benar larut. Setelah itu tambahkan margarin cair ke dalam adonan dan aduk hingga merata. Jika sudah, sisihkan sejenak.
  4. Kini Moms bisa menaruh kacang yang telah disangrai ke dalam wadah yang besar. Tambahkan 6 sendok adonan telur yang sudah dikocok rata. Lalu pada wadah yg lebar taburkan 6 sendok campuran terigu dan tuang kacang ke campuran terigu. Kocok rata kembali dan pastikan mengocoknya hingga benar-benar rata. Jika ada kacang yang saling menempel, maka segera pisahkan.
  5. Ulangi langkah berulang kali sampai telur dan tepung habis, dan kacang sudah siap digoreng.
  6. Panaskan minyak goreng yang banyak dan goreng kacang dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk sampai kuning keemasan.
  7. Jika sudah berwarna cokelat keemasan, maka angkat kacang dan lakukan sampai selesai. Biarkan hingga dingin dan baru kemudian masukkan ke dalam toples.
  8. Kacang telur renyah sudah siap disajikan untuk dinikmati bersama keluarga.

Baca Juga: 3 Ragam Resep Es Dawet yang Manis dan Istimewa untuk Keluarga

2. Resep Kacang Telur Mulus

Resep Kacang Telur 3

Foto: habismanis.com

Punya sisa kacang tanah di dalam toples? Sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama ya Moms, karena nanti rasanya jadi tidak enak atau bahkan berjamur.

Mungkin Moms bisa mencoba mengolahnya menjadi kacang telur yang pasti akan disukai suami atau anak-anak di rumah.

Apalagi jika mereka sedang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, maka Moms harus membuatkan camilan untuk mereka.

Berikut ini adalah resep kacang telur mulus yang bisa dicoba di rumah yang pastinya bikin Moms dan suami atau anak jadi tidak mau berhenti makan!

Bahan-Bahan:⁣

  • 500 gram kacang tanah yang sudah disangrai⁣
  • 400 gram tepung terigu⁣
  • 100 gram tepung tapioka⁣
  • 120 gram gula halus⁣
  • 2 butir telur⁣
  • 2 sdm margarin,cairkan⁣
  • 6 siung bawang putih, haluskan⁣
  • 1/2 sdt garam⁣

Cara Membuat:⁣

  1. Campur tepung terigu dan tepung tapioka, kemudian sisihkan
  2. Campur gula halus, garam, bawang putih, margarin cair dan telur dan aduk sampai semua bahan larut dengan baik dan merata.
  3. Dalam wadah, siapkan kacang tanah dan beri 6 sdm adonan telur, dan aduk sampai tercampur rata
  4. Tambahkan tepung terigu secukupnya, dan aduk sampai seluruh kacang tercampur dengan tepung. Moms perlu melakukan berulang seperti langkah di atas sampai adonan telur dan tepung habis. Setelah itu, diayak dengan ayakan kasar⁣
  5. Moms bisa segera menggoreng sampai warnanya kuning kecoklatan. Jika sudah, angkat dan tiriskan dan masukkan ke dalam toples.
  6. Kacang telur mulus nan renyah sudah siap dan sajikan!

Baca Juga: 4 Resep Asinan Buah Segar yang Bisa Dicoba di Rumah

3. Resep Kacang Telur Manis dan Keriting

Resep Kacang Telur 1

Foto: kibrispdr.org

Kacang telur biasanya memiliki rasa yang unik namun cenderung gurih. Namun, Moms juga bisa memodifikasinya supaya lebih manis.

Atau jika Moms lebih suka kacang telur dengan bentuk yang keriting, maka Moms bisa mengikuti resep kacang telur manis dan keriting berikut ini untuk teman menonton film atau bersantai bersama anggota keluarga di rumah:

Bahan-Bahan:

  • 500 gr kacang tanah
  • 1 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 150 gr tepung
  • 1 sdm garam
  • 15-20 siung bawang putih di haluskan

Cara Membuat:

  1. Pertama, cuci bersih kacang dan diamkan sampai kering kembali
  2. Campur telur dan gula sampai pucat saja
  3. Setelah itu, masukkan tepung dan garam aduk rata
  4. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan
  5. Campur dengan kacang aduk rata pake tangan saja
  6. Setelah itu, goreng dengan api sedang yang sudah panas. Jangan lupa untuk menggunakan minyak yang banyak supaya lebih cepat matang dan merata. Selain itu, pastikan masukkan adonan kacang secukupnya jangan terlalu banyak
  7. Diamkan kurang lebih 1/2 - 1 menit baru adonan di wajan dipisah-pisahkan agar kacangnya tidak menggumpal
  8. Goreng sampai kuning kecokelatan, kira-kira membutuhkan waktu sekitar tujuh hingga delapan menit.
  9. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.
  10. Waktu diangkat mungkin kelihatan seperti masih basah, namun ini tidak menjadi masalah karena kacang mengandung banyak gula. Jika sudah dingin, kacang telur ini akan mengeras dan renyah.
  11. Setelah dingin, masukkan toples dan siap disajikan.

Baca Juga: 5 Resep Rengginang yang Enak untuk Camilan

Ternyata mudah ya Moms membuat kacang telur di rumah. Mungkin Moms bisa membagikan resep kacang telur ini kepada saudara atau kerabat dekat supaya tak perlu beli lagi. Dengan membuat kacang telur sendiri di rumah, pastinya akan lebih hemat.

Bahkan jika menurut Moms rasanya cukup nikmat dan disukai oleh keluarga di rumah, Moms bisa menjadikannya sebagai ide bisnis rumahan. Moms bisa menjualnya ke teman, saudara, kerabat, atau tetangga.

Atau Moms juga bisa menjadikannya sebagai hantaran yang diberikan kepada orang-orang terdekat saat lebaran.

Dengan begini, Moms bisa memberikan makanan dengan modal yang cukup terjangkau namun terkesan spesial karena dibuat sendiri oleh Moms di rumah. menarik bukan? Semoga menginspirasi ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait