Resep

21 Agustus 2021

Resep Kentang Mustofa Lezat dan Nikmat, untuk Teman Makan Setiap Hari

Rasanya sangat lezat, bahkan jika hanya disajikan dengan nasi putih saja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sedang mencari resep kentang mustofa?

Saat makan, beberapa di antara Moms pasti tidak bisa jika tidak ada sensasi rasa asin nan gurih dalam makanannya. Oleh karena itu, biasanya Moms akan menambahkan lauk pelengkap lain, misalnya saja kentang mustofa.

Moms pasti tidak asing dengan kentang mustofa bukan? Ini adalah kentang goreng kering biasa yang dibentuk sebesar batang korek api.

Resep kentang mustofa juga mudah dibuat, atau jika Moms tidak ada waktu membuatnya, kini banyak juga orang yang menjualnya di toko belanja online.

Rasa kentang mustofa yang lezat, gurih, dan terkadang pedas adalah tambahan lauk yang sangat tepat. Bahkan hanya dimakan dengan nasi putih saja, hidangan jadi terasa nikmat sekali.

Namun hati-hati ya Moms, jangan sampai lupa diri saat memakannya. Karena saat mencoba kentang mustofa ini, Moms pasti ingin lagi, lagi, dan lagi!

Kentang mustofa juga pasti cocok di lidah semua anggota keluarga, sehingga mungkin Moms perlu banyak stok kentang mustofa di rumah supaya tidak cepat habis.

Khusus untuk Moms yang sangat menggemari kentang goreng kering ini, ada beberapa resep kentang mustofa yang bisa Moms buat di rumah berikut ini!

Baca Juga:

1. Resep Kentang Mustofa Goreng Renyah

Resep Kentang Mustofa 2
Siap dalam 30 menit
Sajian 1 porsi

Untuk mendapatkan resep kentang mustofa yang rasanya renyah, maka Moms bisa mengikuti resep berikut ini.

Namun, jika ternyata Moms gagal dan malah mendapatkan kentang yang tidak renyah, maka Moms tak perlu khawatir. Moms bisa memanaskan kentang di dalam oven agar kentangnya renyah lagi.

Yuk, simak resep kentang mustofa renyah berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 150 gr kacang goreng
  • Air kapur secukupnya (hanya ambil beningnya saja)
  • 2 asam matang (larutkan dengan 2 sdm air)
  • 1 sdt garam
  • 3 daun jeruk sobek-sobek
  • 50 gr gula merah

Bahan Bumbu Halus:

Cara membuat:

  1. Pertama, kentang harus dikupas dan dicuci bersih dana kemudian diparut panjang-panjang menggunakan parutan kentang agar didapatkan ukuran yang sama panjang dan besarnya. Setelah itu, rendam dg air kapur selama 1 jam, dan cuci bersih kembali. Moms bisa menambahkan garam lalu rendam kembali selama 15 menit
  2. Selanjutnya, Moms bisa menumis bumbu halus sampai wangi. Kemudian masukan daun jeruk, air asam dan gula merah. Tumis hingga air menyusut, dan kemudian angkat dan biarkan dingin.
  3. Jika kentang sudah selesai direndam, Moms bisa menggoreng kentang dalam minyak panas yang banyak sampai kentang terendam. Supaya matang merata, Moms harus menggorengnya dengan api sedang. Jangan dibolak-balik ketika menggoreng, karena ini bisa menyebabkan kentang menggumpal. Balik kentang sesekali saja ketika ia sudah terlihat akan mengering. Goreng hingga kecoklatan, lalu angkat untuk ditiriskan dan biarkan dingin.
  4. Jika sudah dingin, masukan kentang pada bumbu yg sudah dingin aduk hingga tercampur rata dan Moms bisa menambahkan kacang goreng untuk melengkapinya.
  5. Kentang goreng mustofa sudah siap, dan pastikan untuk menyimpannya di dalam toples agar tetap renyah ya Moms!
Baca Juga:

2. Resep Kentang Mustofa Awet untuk Dijual

Resep Kentang Mustofa 3
Siap dalam 30 menit
Sajian 1 porsi

Kelezatan dari kentang goreng mustofa memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, ada saja orang di luar sana yang kesulitan membuatnya atau tak punya waktu ekstra untuk membuat hidangan pelengkap ini.

Oleh karena itu, membuat resep kentang mustofa bisa menjadi ide bisnis yang menarik untuk Moms geluti.

Namun, kentang goreng yang akan dijual ini tidak hanya harus renyah Moms, tetapi juga harus awet sehingga rasanya tetap enak saat sampai ke tangan pelanggan.

Berikut ini resep kentang mustofa goreng yang awet dan bisa Moms jual kepada orang-orang:

Bahan-bahan

  • 1,5 kg kentang ukuran sedang
  • 3 lembar daun salam
  • 3 biji asam jawa (larutkan dengan 3 sdm air hangat dan buang bijinya)
  • 125 gr gula putih
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam

Bumbu Halus:

  • 10 buah cabe merah
  • 2 buah cabe rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Pertama-tama siapkan kentang di iris sebesar korek api atau Moms bisa pakai parutan serbaguna supaya lebih praktis. Jangan lupa kentang harus dalam keadaan terendam semua supaya tidak berubah warna dan rusak.
  2. Jika semua kentang sudah diparut, cuci bersih kentang hingga air rendaman menjadi bening alias tidak keruh lagi. Biasanya dicucinya 5 kali supaya getah kentang benar-benar bersih dan hasil gorengan kentangnya nanti bisa renyah dan tahan lama. Tiriskan setiap Moms menggorengnya saja, jangan sekaligus supaya kentang tidak berubah warna.
  3. Siapkan minyak di wajan besar dan pastikan minyaknya banyak supaya kentang digoreng dalam keadaan terendam. Moms juga bisa gunakan api besar dan terus diaduk sampai kentang terasa kaku saat diaduk.
  4. Lalu, ubah api dengan api sedang dan terus diaduk hingga kentang berwarna kecoklatan. Kemudian tiriskan dan lakukan hingga semua kentang tergoreng sempurna.
  5. Siapkan bumbu halus untuk diulek sampai halus. Moms juga bisa menghaluskan dengan blender supaya cepat dengan dicampur air 3 sdm supaya bumbu benar2 halus.
  6. Kemudian siapkan wajan besar dan masukkan minyak 5-6 sdm lalu tumis bumbu halus dengan api sedang hingga harum masukkan daun salam, garam, kaldu bubuk, lalu masukkan gula pasir dan tumis aduk sampai semua tercampur rata.
  7. Setelah mendidih, masukkan air asam jawa kemudian aduk hingga bumbu mengental dan menjadi karamel. Tandanya bumbu menjadi karamel adalah adanya bentuk letupan dan didihannya besar-besar.
  8. Setelah bumbu menjadi karamel, kecilkan api kompor sambil diaduk dan kemudian masukkan semua kentang yang sudah digoreng dan aduk cepat dan ratakan ke semua kentang.
  9. Setelah dingin, langsung masukkan ke wadah toples supaya tetap renyah dan awet.
Baca Juga:

3. Resep Kentang Mustofa Pedas Manis

Resep Kentang Mustofa
Siap dalam 30 menit
Sajian 1 porsi

Kentang goreng mustofa akan lebih nikmat lagi jika Moms membuat bumbunya lebih pedas namun dengan sedikit rasa manis.

Jika sudah matang, Moms hanya perlu menambahkan nasi panas saja, dan kenikmatan kentang mustofa ini bikin Moms menambah nasi terus!

Berikut ini resep kentang mustofa pedas manis yang bisa Moms coba buat sendiri di rumah:

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 1/4 kg kacang tanah
  • 20 biji cabai keriting
  • 7 lembar daun jeruk
  • 2 sdt air perasan jeruk nipis atau lemon
  • 60 gram gula halus
  • 8 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 2.5 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Iris kentang seperti korek api, cuci bersih hingga air cucian jernih, kemudian rendam dengan air garam selama 15 menit dan tiriskan.
  2. Kemudian goreng sedikit demi sedikit supaya bisa kering dan tidak menggumpal di minyak yang sudah panas. Masak terus hingga kering.
  3. Goreng kacang tanah dan masak hingga matang. Memasak kacang goreng tidak boleh sampai gosong karena ini bisa menyebabkan rasanya pahit.
  4. Haluskan cabai keriting dan bawang putih, panaskan dan tumis bumbu halus beserta daun jeruk sampai wangi dan bumbu kering.
  5. Masukkan garam dan kaldu bubuk kemudian aduk-aduk dengan cepat. Masukkan perasan jeruk nipis, aduk cepat. Masukkan kering kentang dan gula bubuk yang ditabur bertahap. Aduk-aduk cepat. Kemudian masukkan lagi gula bubuk hingga habis. Aduk-aduk dengan cepat dan merata.
  6. Di sini Moms bisa mengoreksi rasa. Jika sudah tepat, maka kentang goreng mustofa siap dihidangkan.
Baca Juga:

Itulah beberapa resep kentang mustofa yang bisa Moms coba buat di rumah. Selamat mencoba ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait