Resep

31 Juli 2021

Ragam Resep Kue Apem yang Mudah Dibuat Sendiri, Yuk Coba!

Kue satu ini memang nikmat disantap dengan segelas kopi atau teh hangat bersama keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Kue apem adalah salah satu kue tradisional yang dikenal akrab oleh masyarakat Indonesia. Apakah Moms tahu seperti apa resep kue apem yang lezat dan anti gagal?

Cita rasanya manis dan tidak sulit dikreasikan dengan berbagai bentuk, warna, dan rasa, kue apem sering dibagi-bagikan dalam berbagai acara.

Kue apem diduga berasal dari pengaruh India, yang memiliki kue dengan nama yang mirip, yaitu Appam. Bahannya pun mirip, tepung, santan, ragi, gula, dan sedikit garam.

Melihat sejarah, kemungkinan kue ini diperkenalkan dan diadaptasi masyarakat ketika zaman kerajaan Hindu dan Buddha masih berjaya.

Bila Moms hendak membuat camilan tradisional yang lezat dan empuk untuk keluarga, coba bikin resep kue apem ini yuk! Apalagi, kue apem memang cocok sebagai camilan teh atau kopi di sore hari.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara membuat resep kue apem kukus, resep kue apem tanpa santan, dan resep kue apem gula merah yang tidak sulit untuk langsung Moms praktekkan di rumah.

Baca Juga:

1. Resep Kue Apem Kukus

Resep kue apem kukus
Foto: Cookpad.com
Siap dalam 1 jam
Sajian 5 porsi

Membuat resep kue apem kukus tidak sulit dan tidak memerlukan terlalu banyak peralatan. Resep kue apem kukus ini juga bisa dibuat tanpa mixer dan bisa diaduk dengan tangan saja.

Resep kue apem kukus dapat dikreasikan sesuai dengan selera Moms dan anggota keluarga dengan menambahkan bahan-bahan lain seperti bubuk kopi dan daun pandan agar semakin harum.

Bahan-bahan

  • 30 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung beras
  • 140 gram gula pasir
  • 100 gram tape (buang sumbunya)
  • 250 ml santan
  • 1 sdt ragi (misalnya Fermipan)
  • ½ sdt garam
  • 100 ml air hangat
  • Pewarna makanan secukupnya sesuai selera

Cara membuat:

  1. Rebus santan sejenak hingga hangat, sekitar 60-70 derajat Celsius. Selagi hangat, masukkan gula, kemudian aduk hingga rata.
  2. Larutkan ragi dengan air hangat, aduk-aduk dan sisihkan.
  3. Siapkan tape yang sudah dibuang sumbunya, lumatkan hingga halus dan masukkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk-aduk hingga merata.
  4. Setelah adonan kering rata, masukkan larutan ragi, kemudian tuang larutan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk perlahan hingga tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Setelahnya, Moms bisa menambahkan pewarna sesuai selera.
  5. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 1 jam.
  6. Setelah kurang lebih 1 jam, adonan akan berbuih. Aduk-aduk adonan hingga buihnya berkurang atau hilang. Kemudian tuang ke dalam loyang cetakan.
  7. Panaskan kukusan selama kurang lebih 5 menit agar suhunya benar-benar panas. Lapisi tutup panci dengan kain untuk mencegah air dari uap menetes ke kue.
  8. Kukus adonan kue selama 20-30 menit. Untuk memastikan adonan benar-benar matang, tusuk adonan dengan lidi atau tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel, maka kue sudah bisa diangkat.
  9. Setelah mendingin, sajikan kue apem.
Baca Juga:

2. Resep Kue Apem Tanpa Santan

Resep kue apem tanpa santan
Foto: Cookpad.com
Siap dalam 1 jam
Sajian 5 porsi

Santan adalah krim hasil olahan buah kelapa, memberikan rasa manis dan gurih yang alami pada berbagai olahan makanan, termasuk kue basah.

Walaupun membuat makanan semakin nikmat, kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam santan perlu diwaspadai. Bukan tanpa alasan, dalam 100 ml santan terdapat 21 gram lemak jenuh, jumlah ini setara dengan 104% dari asupan yang dianjurkan per hari.

Penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, lemak jenuh dapat meningkatkan level kolesterol LDL dalam darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Walaupun jenis lemak dalam santan tergolong sehat dikonsumsi, lemak jenuh dan kaitannya dengan penyakit kardiovaskular masih dalam perdebatan.

Sehingga para dokter menyarankan untuk membatasi konsumsi santan untuk kelompok risiko.

Resep kue apem tanpa santan ini bisa menjadi solusi Moms dan keluarga yang ingin menikmati kue basah tradisional yang lezat. Resep kue apem tanpa santan ini juga sangat mudah dibuat dan tidak menyita waktu lama.

Bahan-bahan

  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 150 gram gula pasir
  • 500 ml air hangat
  • 8 gram ragi instan (misalnya Fermipan)
  • ½ sdt garam
  • Pewarna makanan sesuai selera secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan gula dan garam dengan air hangat.
  2. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan ragi dalam mangkuk adonan, kemudian aduk merata.
  3. Tuangkan larutan air gula hangat ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit agar tepung tidak menggumpal. Aduk hingga merata. Lalu tambahkan pewarna makanan sesuai keinginan dan selera Moms.
  4. Diamkan adonan beberapa saat hingga berbuih, kurang lebih selama 1 jam. Tutup mangkuk dengan kain.
  5. Setelah 1 jam, adonan akan berbuih karena ragi yang bekerja. Aduk kembali adonan hingga buihnya hilang.
  6. Siapkan panci kukus dan panaskan kurang lebih selama 5 menit dengan api sedang. Lapisi tutup panci dengan kain agar uap air tidak jatuh membasahi kue.
  7. Lapisi loyang adonan dengan sedikit minyak, kemudian masukkan adonan ke dalam loyang. Kukus selama kurang lebih 25-30 menit.
  8. Sebelum diangkat, Moms dapat mencoba menusukkan sebatang lidi atau tusuk sate hingga ke dasar loyang. Jika masih ada adonan yang menempel di batang lidi, kukus kembali selama beberapa menit, kemudian tusuk kembali hingga tidak ada adonan yang menempel.
  9. Angkat loyang dari panci dan sajikan setelah menghangat.
Baca Juga:

3. Resep Kue Apem Gula Merah

Resep apem kukus gula merah
Foto: Resepkoki.id
Siap dalam 1 jam
Sajian 5 porsi

Salah satu jenis kue apem tradisional yang disukai masyarakat kita adalah kue apem gula merah.

Resep kue apem gula merah sebetulnya tidak begitu jauh berbeda dengan kue apem kukus lainnya, hanya diperlukan tambahan bahan gula merah dan daun pandan sebagai penambah aroma agar semakin nikmat.

Sebagai cemilan pendamping kopi atau teh yang sedap di sore hari, resep kue apem gula merah ini tidak terlalu sulit dan Moms dapat membuatnya di siang hari.

Dalam resep kue apem ini, Moms dapat menambahkan taburan kelapa parut yang sudah dikukus sebagai variasi.

Gurih dan manisnya kelapa parut berpadu dengan hasil resep kue apem gula merah ini dijamin membuat anggota keluarga ketagihan.

Bahan-bahan

  • 100 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 270 ml santan
  • 1 sdm ragi (misalnya Fermipan)
  • 2 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
  • Kelapa parut kukus (opsional)

Cara membuat:

  1. Lelehkan gula merah dengan merebusnya bersama santan dan daun pandan. Setelah larut merata, angkat daun pandan dan biarkan larutan menghangat.
  2. Dalam mangkuk adonan, campurkan garam, tepung terigu, tepung beras, dan ragi, aduk-aduk hingga merata.
  3. Tuang larutan santan dan gula merah ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga merata dan pastikan tidak ada gumpalan.
  4. Setelah merata, tutup dengan kain dan diamkan 30-40 menit.
  5. Setelah 30-40 menit, adonan mungkin akan berbuih. Jika ini terjadi, Moms hanya perlu mengaduk-aduknya kembali hingga buihnya hilang. Setelah selesai, Moms dapat menuangkan adonan ke loyang cetakan.
  6. Siapkan panci kukus, panaskan selama kurang lebih 5 menit agar benar-benar panas. Lapisi tutup panci kukus dengan kain, tujuannya agar air dari uap tidak menetes ke kue. Masukkan loyang berisi adonan dan kukus selama 15-20 menit.
  7. Setelah 15-20 menit, tusuk kue dengan lidi untuk memastikan kue telah matang sempurna. Jika tidak ada lagi adonan yang menempel di lidi, angkat loyang.
  8. Setelah menghangat, sajikan. Moms dapat menambah parutan kelapa yang telah dikukus untuk menambah kenikmatan resep kue apem gula merah ini.
Baca Juga:

4. Resep Kue Apem Jawa Empuk

kue apem jawa lembut dan empuk.jpg
Foto: cookpad.com/rulykartika
Siap dalam 1 jam 30 menit
Sajian 75 porsi

Tidak hanya dengan resep kue apem mangkuk yang lezat. Moms juga bisa membuat resep kue apem Jawa dengan tekstur yang lembut dan juga nikmat.

Moms juga bisa membuat kue apem ini bila hendak mengadakan acara tertentu. Karena porsi sajian yang bisa mencapai 75 buah kue apem, lho!

Simak seperti apa resep kue apem Jawa berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 kg tepung beras
  • 1/4 kg tepung terigu
  • 750 gr gula pasir
  • 1/2 kg tape singkong
  • 1 bungkus fermipan
  • 1,5 liter santan hangat

Cara membuat:

  1. Haluskan gula dan tape
  2. Kemudian masukkan tepung terigu, tepung beras dan fermipan.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit santan hangat, uleni adonan sampai tercampur rata.
  4. Tutup adonan dengan tutup panci, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Panaskan cetakan apem, oleskan dengan margarin lalu masukkan adonan apem ke dalam cetakan, tutup cetakan, dan tunggu sampai matang.
  6. Kue apem Jawa pun siap dihidangkan. Moms bisa mengonsumsinya selagi hangat.
Baca Juga:

Nah, itu dia variasi resep kue apem yang bisa Moms buat untuk camilan tradisional keluarga. Meskipun tidak bisa langsung berhasil dalam proses pembuatannya pertama kali, tetapi jangan patah semangat ya, Moms.

Jika Moms sudah sukses membuat ragam resep kue apem ini, Moms dapat bereksperimen membuat kue apem dengan aroma, bentuk, dan rasa lainnya. Minum kopi dan teh semakin nikmat, nih!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait