Resep

RESEP
24 Juli 2020

Resep Kue Batik Biskuit Marie, Tak Perlu Oven dan Mixer!

Bisa dibuat dengan cara dimasak atau tanpa dimasak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pernah mendengar tentang kue batik? Irisan kue berbahan cokelat ini seperti memiliki pola batik. Ternyata cara membuatnya sangat gampang dan bahannya pun mudah dicari, Moms!

Kue batik berasal dari Malaysia. Di sana kudapan ini dikenal dengan sebutan “kek batik”. Biasanya kue batik disajikan pada perayaan seperti Idul Fitri dan Natal.

Kue ini terdiri dari chocolate fudge (seperti permen cokelat lunak) yang dicampur dengan potongan biskuit marie sehingga membentuk pola seperti batik. Chocolate fudge-nya sendiri terbuat dari serbuk minuman cokelat atau bubuk kakao, kental manis, mentega atau margarin, serta telur.

Kue batik disebut-sebut terinspirasi dari tiffin, kue campuran biskuit, cokelat leleh, dan bahan-bahan lain yang dibawa ke Malaysia oleh orang-orang Inggris di masa penjajahan. Bahan-bahannya lalu disesuaikan dengan bahan yang populer di Malaysia seperti biskuit marie dan Milo.

Kek batik juga mirip kue hedgehog slice dan chocolate biscuit cake yang menjadi kue pernikahan Pangeran William dulu. Di Brunei, kue batik memiliki topping berwarna hijau.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Minuman dan Dessert Regal yang sedang Hits

Resep Kue Batik Biskuit Marie

Kue ini bisa dibuat dengan mudah tanpa oven, kukusan, maupun mixer. Sebaiknya buat satu hari sebelum disajikan agar biskuit menjadi lunak dan kue mengeras dengan baik.

Ini resep kue batik biskuit marie dari situs web Makan with Cherry:

Bahan Kue Batik

  • 1 kaleng (397 ml) kental manis
  • 175 gram bubuk kakao atau bubuk minuman cokelat (Milo/Ovaltine/Chocolatos dan sebagainya)
  • 150 gram mentega
  • 4 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 250-300 gram biskuit marie, bisa dipatah-patahkan atau dibiarkan utuh
  • Kacang-kacangan untuk topping (opsional)

Baca Juga: Resep Puding Regal Mudah dan Disukai Anak-anak

Cara Membuat Kue Batik

  1. Lapisi loyang kue (bundar, persegi panjang, atau kotak) dengan kertas roti, lalu olesi dengan mentega. Sisihkan.
  2. Di panci kecil, lelehkan mentega dengan api sedang. Masukkan kental manis dan bubuk cokelat. Aduk rata.
  3. Tuangkan telur dan aduk terus sampai cokelat mengental dengan konsistensi seperti permen lunak. Kalau Moms punya termometer permen, suhunya sekitar 118-120°C.
  4. Setelah mengental, masukkan ekstrak vanili. Aduk rata. Matikan api.
  5. Mencampurkan chocolate fudge dan biskuit bisa dengan dua cara. Pertama, jika biskuit dipatah-patahkan, langsung masukkan ke chocolate fudge, aduk rata, dan tuangkan ke loyang. Hasilnya adalah kek batik dengan pola acak. Namun, kalau Moms ingin polanya lebih rapi, Moms bisa menuangkan selapis adonan chocolate fudge ke loyang, tata biskuit utuh di atasnya, lapisi chocolate fudge lagi, dan begitu terus sampai chocolate fudge menjadi lapisan teratas.
  6. Beri topping jika suka.
  7. Biarkan kue batik dingin di suhu ruang lalu tutup loyang dan masukkan ke kulkas.
  8. Setelah mengeras, keluarkan kue dari loyang, potong-potong, dan sajikan.

Resep kue batik biskuit marie di atas adalah resep pada umumnya. Bentuknya rapi dan teksturnya agak kenyal. Selain itu, Moms juga bisa membuat kue batik tanpa dimasak dan tanpa telur. Meski agak berantakan dan lebih cepat meleleh, teksturnya lebih lembut dengan rasa cokelat yang lebih pekat. Menurut blog Guai Shu Shu, seperti makan Kit Kat!

Begini cara membuat kue batik tanpa dimasak: campurkan mentega leleh dan kental manis, lalu kocok dengan mixer atau whisk sampai teksturnya konsisten. Setelah itu, tambahkan bubuk cokelat dan aduk rata. Langkah selanjutnya seperti di resep, yakni menata biskuit di loyang dan menuangkan chocolate fudge.

Baca Juga: Resep : Chocolate & Salted Caramel Mug Cake

Semoga resep kue batik biskuit marie ini bisa menginspirasi Moms yang bingung ingin membuat dessert apa di rumah!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait