Fashion & Beauty

9 April 2021

9 Resep Masker Susu Beruang: Cocok untuk "Mendinginkan" Kulit

Bukan hanya enak diminum, tapi bisa merawat kulit juga, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Susu tidak hanya berguna untuk menjaga stamina dan kesehatan tulang orang dewasa dan Si Kecil. Susu juga berperan untuk membantu menjaga kesehatan dan performa kulit. Tak heran jika banyak orang mencari manfaat masker susu, terutama masker susu Beruang.

Penggunaan susu Beruang sepertinya dipilih karena susu produk susu ini sudah terkenal dengan cap “beruang” yang selalu menjadi andalan untuk dikonsumsi saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Jurnal A Comparison of the Nutritional Value of Cow's Milk and Nondairy Beverages, menyatakan bahwa susu sapi memiliki banyak vitamin yang terdiri dari riboflavin, vitamin E, vitamin A, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, vitamin B12, hingga vitamin D yang lebih tinggi dibanding produk susu lain.

Dilansir dari womenshealthmag.com, Paige Padgett, selaku Natural Beauty Expert menyatakan bahwa susu memiliki berbagai manfaat untuk kulit karena mengandung alpha hydroxy acid (AHA) dan juga asam laktat.

Kandungan diatas berperan untuk membantu mengurangi kerutan dan garis halus, mengangkat sel kulit mati, menenangkan kulit yang merah karena "terbakar" sinar matahari, bahkan meredakan iritasi kulit.

Baca juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

Susu untuk Perawatan Kulit. Memang Bisa?

Perbedaan Susu Sapi A1 dan Susu Sapi A2.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Kenapa tidak! Padgett pun menyatakan bahwa susu dapat turut disertakan dalam rutinitas perawatan kulit. Namun, susu yang dimaksud bukanlah susu rasa stroberi atau kental manis, ya Moms! Penggunaan susu yang dimaksud untuk perawatan kulit adalah susu jenis cair tanpa gula dan susu bubuk.

Hmm…makin tak heran rasanya ya Moms, jika masker susu Beruang banyak dicari. Susu cap Beruang mudah didapat di berbagai supermarket atau warung terdekat dari rumah. Harganya pun terjangkau.

Jika digunakan sebagai masker wajah, masker susu Beruang juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat masker susu Beruang bagi kulit?

1. Masker Susu Beruang: Kulit Lebih Cerah dan Glowing

Ada banyak hal yang membuat kulit mudah kusam. Sebut saja polusi, sebum, bekas make up, dan kotoran membandel yang melekat di kulit wajah.

“Teratur membersihkan wajah saja tidak cukup. Kita juga perlu melakukan perawatan kulit ekstra seperti masker untuk mengangkat sebum dan sel kulit mati lebih mendalam,” jelas dr. Dewi Maryani, SpKK dari Klik Glowderma saat ditanya oleh Orami.

Penggunaan masker susu Beruang dapat membantu mengatasi masalah kulit kusam dan membantu Moms mendapatkan kulit cerah.

2. Masker Susu Beruang: Kulit Lebih Halus!

Manfaat masker susu Beruang yang kedua yang bisa Moms rasakan adalah membantu menghaluskan kulit. Hal ini karena masker susu Beruang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang melekat di lapisan epidermis atas.

Moms bisa mencampurkan susu cair Beruang dengan produk lain yang bertekstur lebih kasar seperti gandum atau kopi halus.

3. Masker Susu Beruang: Jawaban Kulit Cenderung Kering

Manfaat masker susu Beruang selanjutnya adalah membantu mengatasi kulit kering. Berbeda dengan kulit yang cenderung berminyak, kulit kering akan cenderung mengalami kondisi kulit sensitif dan rentan iritasi.

Bagaimana mengetahui kulit Moms adalah kulit kering? Setelah mandi dan mencuci muka, jangan gunakan produk perawatan wajah sama sekali pada kulit selama 30 menit. Jika kulit wajah tidak mengeluarkan minyak, terasa tetap kesat, kencang, dan seperti tertarik, tandanya Moms memiliki kulit yang cenderung kering.

Kulit yang cenderung kering tidak hanya membuat sensasi yang tidak nyaman, gatal, dan cenderung perih. Saat menggunakan make up, riasan wajah tentu sulit menempel pada kulit wajah.

Ketika Moms bersahabat dengan kulit kering, Moms perlu mengonsumsi banyak air mineral, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, makanan mengandung vitamin E, hingga memilih produk perawatan kulit bertekstur krim (yang cocok untuk kulit kering).

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Hamil

Di pasaran, produk yang bertekstur krim biasanya dijual dalam kemasan jar.

Selain itu, Moms juga bisa mengaplikasikan masker susu Beruang yang diaplikasikan setiap tiga hari sekali. Aplikasikan masker setiap malam setelah membersihkan kulit .

Mengapa sebaiknya masker digunakan pada malam hari? Hal ini untuk membantu mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit yang berlangsung lebih maksimal saat malam hari.

4. Masker Susu Beruang: Cegah Penuaan Dini

Susu memiliki kandungan lactic acid. Asam ini merupakan bagian dari alpha hydroxy acid (AHA) yang memiliki unsur sama dengan produk eksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Kandungan AHA pada susu dapat membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan produksi kolagen yang meningkat, secara otomatis kulit pun akan terhindar dari masalah kerutan dan garis halus lebih lama.

Baca juga: Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

5. Masker Susu Beruang: Membantu Mengatasi Jerawat dan Komedo

Masker susu Beruang juga membantu mengatasi jerawat. Inilah salah satu manfaat yang populer di tengah pencinta dunia kecantikan.

Masalah jerawat di wajah disebabkan adanya peradangan akibat bakteri dan sebum yang terjebak pada pori-pori kulit. Kandungan lactic acid dalam susu bermanfaat untuk membantu mengurangi kulit yang meradang karena jerawat.

Padgett pun menyatakan bahwa formula yang terkandung dalam susu dapat membantu mengeringkan jerawat, meredakan peradangan, dan membantu mengatasi komedo.

Aplikasikan susu yang dicampur dengan sedikit air pada kulit yang berjerawat pada malam hari. Diamkan semalaman, bersihkan kulit wajah saat pagi hari.

Psst…Moms juga bisa menggunakan campuran susu Beruang dan beras tumbuk sebagai scrub untuk membantu mengangkat komedo.

6. Masker Susu Beruang: Samarkan Bekas Jerawat

Masker susu Beruang selanjutnya yang tak kalah penting adalah menyamarkan bekas jerawat. Yes, siapa sih, yang tidak sebal dengan masalah bekas jerawat yang tidak kunjung hilang?

Nah, masker susu Beruang dapat membantu mengatasi problem ini, nih, Moms! Meski demikian, masalah bekas jerawat dan jerawat bukanlah masalah yang bisa lansung hilang seperti membalikkan telapak tangan.

Penggunaan masker susu Beruang perlu dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal: kulit halus, lembut, dan glowing.
Baca juga: Tips Merawat Gigi Susu Bayi

Cara Membuat Masker Susu Beruang

Setelah mengetahui manfaat masker susu Beruang, saatnya kita mengetahui berbagai cara mendapatkan masker alami dengan mengoptimalkan masker susu Beruang sesuai dengan masalah kulit.

Namun, yang jangan lupa diperhatikan adalah takaran susu Beruang untuk membuat masker susu Beruang dengan kekentalan masker yang sesuai.

Tak perlu menggunakan semua susu Beruang dalam masker untuk sekali pakai. Moms cukup menggunakan satu hingga tiga sendok makan saja.

Jika lebih dari itu, maka tekstur masker akan terasa sangat tebal, lengket, dan tidak nyaman digunakan.

Lalu apa saja campuran yang bisa Moms gunakan untuk memaksimalkan penggunaan masker susu Beruang pada wajah?

1. Masker Susu Beruang dan Madu

Manfaat-Madu-Kelulut,-Baik-untuk-Diabetes-Hero.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Madu dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu memiliki antioksidan sangat tinggi sehingga cocok dicampurkan dengan susu Beruang.

Cara membuat:

Campurkan satu sendok makan susu Beruang dengan satu sendok makan madu. Campur kedua bahan tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Masker Susu Beruang dan Minyak Zaitun

Pemilik masalah jerawat, campurkan susu Beruang dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E, antioksidan, dan asam amino yang dapat membantu mengatasi jerawat pada kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Ambil dua sendok makan susu Beruang, tambahkan dua sendok makan minyak zaitun.
  2. Aduk hingga masker memiliki tekstur yang agak lengket.
  3. Aplikasikan pada seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas hingga bersih.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berminyak

3. Masker Susu Beruang dengan Jeruk Nipis

manfaat-susu-beruang.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan dan menghilangkan noda gelap pada kulit wajah.

Cara membuat:

  1. Ambil satu sendok makan susu Beruang. Tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya.
  2. Campurkan kedua bahan tersebut.
  3. Aplikasikan pada wajah dengan bantuan kuas atau kapas seperti menggunakan penyegar.
  4. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air.

4. Masker Susu Beruang dan Tepung Beras

Tahukah Moms bahwa tepung beras mampu membantu memberi tampilan kulit lebih cerah?

Cara membuat:

  1. Campurkan satu sendok makan susu Beruang dengan satu sendok makan tepung beras.
  2. Tambahkan air hingga menjadi adonan seperti pasta yang kental.
  3. Aplikasikan campuran masker susu Beruang tersebut pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
  4. Bilas dengan air dingin.

5. Masker Susu Beruang dan Lemon

masker susu dan lemon

Photo: Orami Photo Stock

Kaya akan antioksidan, tak heran jika jeruk lemon dapat diandalkan untuk membantu mengatasi masalah kulit jerawat.

Cara membuat:

  1. Ambillah tiga sendok makan susu Beruang, campurkan bersama dengan tiga sendok makan air perasaan lemon.
  2. Aplikasikan pada wajah dengan bantuan kapas.
  3. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan menggunakan air.

Baca juga: Resep Bola Cokelat Lemon yang Manis dan Segar Aromanya

6. Masker Susu Beruang dan Kopi

Bubuk kopi mengandung kafein, protein, mineral, asam amino yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kandungan aktif di dalam kopi juga senantiasa mampu membuat kulit menjadi lebih halus.

Kombinasi kopi dan susu pastinya mampu membantu menjaga tampilan kulit wajah lebih maksimal.

Cara membuat:

Campurkan 2 sendok makan susu Beruang dengan 2 sendok makan kopi. Tambahkan sedikit air sehingga tekstur susu dan kopi mengental bagaikan pasta. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

7. Masker Susu Beruang dan Air Mawar

air mawar

Photo: Orami Photo Stock

Air mawar dikenal sejak lama memiliki manfaat untuk membantu kulit wajah terasa segar. Tak heran rasanya jika air mawar banyak digunakan sebagai penyegar di produk perawatan kulit.

Aromanya yang harum dan menenangkan juga berperan untuk merelakskan pikiran.

Cara membuat:

  1. Ambil 2 sendok makan susu Beruang lalu campur dengan air mawar secukupnya.
  2. Aplikasikan masker susu Beruang pada kulit wajah seperti menggunan penyegar.
  3. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air.

8. Masker Susu Beruang dan Putih Telur

Di dalam putih telur terdapat protein alami yang dapat menutrisi kulit wajah dan membuat wajah lebih kencang.

Masker susu Beruang dengan campuran putih telur dapat membantu masalah kulit berminyak, mengatasi jerawat, hingga membantu mengangkat komedo.

Cara membuat:

Gunakan 1 butir telur ayam, sisihkan putih telurnya saja. Kocok lepas putih telur tersebut dan tambahkan tiga sendok makan susu Beruang.

Aplikasikan campuran masker susu Beruang tersebut ke kulit wajah dengan bantuan kuas. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga masker mengering. Angkat masker dan bilas hingga bersih.

Baca juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

9. Masker Susu Beruang dan Yogurt

greek-yoghurt.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Apakah Moms bermasalah dengan kulit kering, kasar, kusam, dan kurang bercahaya? Artinya, Moms bisa mengandalkan masker susu Beruang dan yogurt.

Cara membuat:

Campurkan 2 sendok makan susu bubuk Beruang dengan 1 sendok makan yogurt tawar. Tambahkan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga adonan masker menjadi seperti pasta.

Ulaskan pada seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.

Ingat Moms, pada saat Moms menggunakan masker susu Beruang, Moms mungkin akan merasakan sensasi kurang nyaman. Hal ini karena aroma susu atau teksturnya sendiri yang sangat kental.

Baca juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

Jangan terburu-buru membilas masker susu Beruang ya, Moms! Setidaknya, diamkan masker susu Beruang selama 15 hingga 20 menit agar semua kandungannya dapat meresap sempurna ke dalam kulit wajah.

Jika sebelum 15 menit masker susu Beruang sudah mengering dan terasa ketat di wajah, maka Moms dapat mengangkat masker susu dan membilasnya dengan air sampai bersih

Masker Susu Beruang Efektif untuk Wajah. Benarkah?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masker susu Beruang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Namun, seringkali pencinta dunia kecantikan akhirnya bertanya apakah masker susu Beruang aman dan efektif?

Well, susu yang kaya akan nutrisi memang seringkali digunakan sebagai salah satu kandungan alami perawatan wajah. Segala sesuatu yang bersifat alami, biasanya akan cenderung aman.

Namun, menurut healthline.com, khusus untuk Moms yang memiliki alergi terhadap asam laktat, penggunaan masker susu yang mengandung asam laktat bisa jadi memicu alergi. Moms disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Tetapi, ketika Moms bertanya tentang efektifitas masker susu Beruang untuk perawatan kulit, tentu saja hal ini tergantung pada pribadi masing-masing.

Perawatan yang cocok digunakan oleh satu orang belum tentu efektif digunakan oleh orang lain. Meski demikian, selama bahan utamanya adalah bahan alami, kenapa tidak dicoba saja, Moms! Toh, sudah banyak yang merasakan khasiatnya.

Yuk, saatnya bikin sendiri dan mencobat masker susu Beruang weekend ini.

  • https://journals.lww.com/jpgn/fulltext/2017/05000/A_Comparison_of_the_Nutritional_Value_%20of_Cow_s.28.aspx
  • https://www.healthline.com/health/milk-for-face
  • https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19982753/benefits-of-milk-on-skin/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait