Resep

RESEP
2 Juli 2020

Resep Membuat Arancini Khas Italia dari Nasi Sisa

Nasinya lembut dan lapisan tepung rotinya renyah. Enak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain dibuat menjadi nasi goreng, nasi sisa bisa dimasak menjadi apa lagi, ya? Nah, resep membuat arancini khas Italia ini mungkin bisa menginspirasi Moms!

Bukan cuma orang Jepang yang punya bola-bola nasi onigiri. Orang Italia juga punya, namanya arancini. Bedanya, arancini dari daerah Sicilia ini dilapisi tepung roti dan digoreng.

Nama “arancini” berarti “jeruk kecil”. Sebab, bentuknya bulat dan berwarna agak oranye setelah digoreng, mirip jeruk. Arancini juga ada yang berbentuk kerucut. Di Roma, makanan yang hampir sama tapi berbentuk lonjong seperti kroket dinamai suppli.

Menurut sebuah artikel di situs web The Guardian, arancini diperkenalkan oleh penjajah Arab yang membawa beras ke Sicilia di abad ke-10. Beras lalu digantikan dengan risotto yang lebih tradisional di Italia.

Arancini disukai karena bisa jadi makanan mengenyangkan yang mudah dibawa-bawa saat bekerja, memancing, piknik, dan sebagainya. Bagaikan sandwich bagi orang Amerika.

Sebelum membaca resep membuat arancini khas Italia, Moms perlu mengetahui dulu komponen-komponen penyusun arancini asli Italia.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Italia yang Tak Kalah Lezat Selain Pizza

Bahan-bahan Arancini

resep membuat arancini khas italia, Bahan-bahan Arancini.jpg

Foto: Simone_ph from Pixabay

Risotto

Arancini sering dibuat untuk memanfaatkan risotto sisa. Risotto adalah hidangan nasi berupa beras Italia yang dimasak dengan kaldu, mentega, bombai, keju, dan bahan-bahan lain sehingga creamy. Safron kadang digunakan untuk menambah rasa dan warna kuning.

Risotto biasanya sudah lengket, sehingga tidak memerlukan bahan pengikat lagi agar tidak buyar saat dibentuk. Tapi kalau Moms menggunakan nasi biasa, Moms mungkin memerlukan telur.

Bumbu Nasi

Selain safron, Moms bisa menggunakan herba dan rempah lain untuk membumbui nasi agar terasa lebih enak. Contohnya adalah peterseli cincang, pala, cabai bubuk, parmesan parut, dan sebagainya. Beberapa bumbu tak hanya menambah rasa, tapi juga memperkaya tekstur.

Isi

Isi arancini yang paling umum adalah al ragù (mirip saus Bolognese), mozzarella, dan kacang polong. Ada juga arancini al burro dengan mentega atau saus béchamel serta potongan daging ham dan mozzarella. Arancini juga bisa diisi dengan jamur, pistachio, dan sebagainya.

Baca Juga: Resep Tiramisu, Dessert Italia yang Enak dan Nikmat

Resep Arancini

Resep Membuat Arancini Khas Italia.jpg

Foto: Anna Guerrero from Pexels

Resep membuat arancini khas Italia membutuhkan risotto, safron, dan beberapa bahan lain yang mungkin sulit didapatkan di Indonesia. White wine juga sering digunakan saat memasak beras untuk arancini.

Namun, Moms bisa menyesuaikan dengan bahan yang Moms punya. Risotto bisa diganti dengan nasi pulen dan alkohol bisa disubstitusi dengan air kaldu, misalnya.

Blog Just a Taste membagian resep arancini simpel yang menggunakan nasi. Cek, yuk, Moms!

Bahan Arancini

  • 2 mangkuk nasi putih dingin
  • ½ cup keju parmesan parut
  • 3 butir telur
  • 8 potongan kecil keju mozzarella
  • 1 cup tepung roti
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya
  • 1 bungkus saus marinara siap pakai (bisa dibeli di supermarket)

Cara Membuat Arancini Simpel

  1. Campur nasi dengan parmesan dan satu buah telur di sebuah wadah. Aduk rata menggunakan tangan.
  2. Buat nasi menjadi bola-bola. Arancini bisa dibuat agak besar sebagai bekal yang mengenyangkan, atau kecil-kecil untuk jadi camilan.
  3. Lubangi bagian tengah bola nasi, lalu masukkan potongan mozzarella. Tutupi lubang tersebut dengan membentuk nasi kembali menjadi bola. Moms bisa mengepalnya agak kuat agar nasi lebih padat dan tidak buyar saat digoreng.
  4. Kocok lepas dua telur yang tersisa. Celupkan nasi ke telur, lalu ke tepung roti.
  5. Panaskan minyak goreng yang banyak di wajan. Goreng arancini sampai berwarna cokelat keemasan. Tiriskan.
  6. Letakkan arancini di wadah beralas tisu dapur, lalu taburi garam.
  7. Sajikan selagi hangat dengan cocolan saus marinara.

Untuk: 8 porsi

Baca Juga: Resep Panna Cotta, Si Puding Lembut dari Italia

Jika Moms ingin arancini dengan lapisan luar yang lebih kokoh dan renyah meski sudah dingin, Moms bisa melapisi bola-bola nasi dengan campuran telur, tepung, dan air sebelum menggulingkannya ke tepung roti.

Intinya, resep membuat arancini khas Italia bisa dimodifikasi dengan memanfaatkan nasi semalam, isi dengan lauk sisa, lalu baluri dengan tepung roti dan goreng. Lembut sekaligus renyah dan gurih! Arancini nasi goreng isi rendang, mengapa tidak?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait