Resep

RESEP
25 Juni 2020

4 Resep Minuman Jeruk Nipis yang Asam Segar

Ada minuman hangat dan dingin. Semuanya bisa dibuat dengan mudah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jeruk nipis memang buah yang serbaguna. Selain membuat masakan lebih aromatik, jeruk nipis juga bisa dijadikan minuman yang menyegarkan. Ada banyak resep minuman jeruk nipis yang bisa Moms coba lho.

Manfaat Minuman Jeruk Nipis

Menurut Live Health Foundation, jeruk nipis yang dicampur dengan air memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Kaya Antioksidan

Jeruk nipis adalah sumber potassium, vitamin A, B, C, dan D, serta kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Semua antioksidan tadi dapat menghidrasi dan memperbaiki tampilan kulit. Selain itu, jeruk nipis mengandung bentuk flavonoid tertentu yang mendorong produksi kolagen di kulit.

3. Meningkatkan Metabolisme

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mendorong metabolisme selagi memberi energi tambahan. Buah kecut ini bisa membantu Moms menurunkan berat badan lho!

Baca Juga: Resep Es Jeruk Nipis Manis

Resep Minuman Jeruk Nipis

Minuman berbahan jeruk nipis yang paling sederhana adalah limeade. Air jeruk dicampur dengan air gula atau madu dan ditambah air, lalu diaduk rata. Jeruk nipis juga sering menjadi campuran minuman beralkohol untuk menjadi cocktail.

Ada sedikit tips untuk memaksimalkan air perasan jeruk nipis. Pastikan jeruk di suhu ruangan (bukan baru keluar dari kulkas), lalu gulingkan di meja sambil agak ditekan dengan tangan. Baru jeruk nipis dipotong dan diperas.

Yuk, kita coba resep minuman jeruk nipis berikut ini!

1. Es Kuwut

resep minuman jeruk nipis: Es Kuwut.jpg

Foto: RitaE from Pixabay

Minuman asal Bali ini sungguh menyegarkan dan bisa dibuat tanpa takaran pasti. Untuk airnya, Moms bisa mencampurkan sirop melon dengan air kelapa muda dan perasan jeruk nipis, lalu aduk rata dan cicipi apakah manisnya sudah pas.

Setelah itu, tambahkan serutan kelapa muda dan melon, selasih, serta irisan buah jeruk nipis sebagai isiannya. Jangan lupa beri es, ya, Moms, agar lebih segar. Jadi, deh, es kuwut yang manis, dingin, sedikit asam, dan menyegarkan!

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis!

2. Teh Serai, Jahe, Jeruk Nipis

resep minuman jeruk nipis: Teh Serai, Jahe, Jeruk Nipis.jpg

Foto: reyhaneh mehrnejad on Unsplash

Minuman hangat ini cocok diminum saat udara dingin atau Moms sedang mengalami flu. Resep minuman jeruk nipis ini bisa Moms buat sendiri di rumah.

Rebus 6 gelas air, 2-3 batang serai yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong, 4-5 iris jahe, dan 6 sendok teh gula sampai mendidih. Biarkan sekitar lima menit, baru matikan api. Saring, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, aduk rata, dan minum selagi hangat.

Jika tidak langsung habis, Moms bisa menyimpannya di kulkas agar menjadi minuman dingin atau menghangatkannya lagi saat akan diminum.

Moms bisa mengganti gula dengan madu, tapi tambahkan madu saat minuman sudah tidak panas, ya, Moms, agar kandungan madu tetap terjaga. Moms juga bisa menambahkan teh saat merebus. Ingat, jangan menambahkan jeruk nipis saat memasak karena akan terasa pahit.

3. Brazilian Limeade

resep minuman jeruk nipis: Brazilian Limeade.jpg

Foto: Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Minuman asal Brazil ini unik sekaligus simpel karena memadukan jeruk nipis dengan kental manis. Cara membuatnyapun sangat mudah.

Moms tinggal memblender empat buah jeruk nipis yang sudah dicuci dan dipotong-potong, 6 gelas air dingin, dan ½ gelas kental manis hingga halus. Cicipi apakah sudah pas manisnya. Jika kurang manis, Moms bisa menambahkan kental manis atau gula dan blender lagi.

Setelah itu saring dan tuangkan limeade ke gelas berisi es. Selamat menikmati Brazilian limeade dingin!

Baca Juga: Cara Cepat Menghilangkan Cegukan, Mulai dari Jeruk Nipis hingga Menjulurkan Lidah!

4. Virgin Mojito

resep minuman jeruk nipis: Virgin Mojito.jpg

Foto: alleksana from Pexels

Mojito adalah minuman tradisional Kuba yang populer saat musim panas. Bahan utamanya adalah white rum, gula, air jeruk nipis, air soda, dan daun mint.

Namun, Moms bisa, kok, membuat versi nonalkoholnya alias virgin mojito. Caranya, masukkan 15 helai daun mint, 1 sendok makan gula, dan air dari 1 buah jeruk nipis ke dalam sebuah gelas. Tumbuk dengan alu (pestle) kayu. Setelah itu tambahkan es secukupnya dan tuangi 120 ml air soda. Aduk rata.

Virgin mojito siap dinikmati! Tambahkan daun mint dan potongan jeruk nipis sebagai hiasan jika suka.

Semoga empat resep minuman jeruk nipis di atas bisa menginspirasi Moms, ya!

Artikel Terkait