Resep

RESEP
22 Oktober 2020

6 Variasi Resep Sambal Goreng, Mudah Dibuat!

Sambel goreng merupakan sajian pelengkap yang memiliki banyak penggemar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Daftar isi artikel

Berbagai macam menu makanan yang lezat dan nikmat rasanya memang akan kurang pas tanpa kehadiran sambel goreng yang memiliki banyak penggemar ini.

Pencinta rasa pedas, pasti tidak bisa melewatkan sambal sebagai pelengkap makanan.

Bahkan dikatakan, sambal yang terbuat dari cabai ini sungguh ampuh untuk menambah nafsu makan lho. Apalagi jika dipadukan dengan bahan-bahan lain yang menggugah selera.

Baca juga: Sajian Nikmat Untuk Lebaran, Balado Kentang

Di Indonesia sendiri, jika mengunjungi berbagai daerahm, sambal yang memang populer selalu disajikan sebagai pelengkap untuk berbagai hidangan makanan.

Biasanya sambal juga digoreng terlebih dahulu agar semakin nikmat.

Nah, varian sambal goreng pun berbeda-beda sesuai dengan selera dan daerah asalnya. Tapi Moms bisa kok membuat berbagai macam sambal goreng ini meskipun di rumah aja. Ikuti aja beberapa resep di bawah ini.

Resep Sambal Goreng

Di bawah ini ada berbagai resep sambal goreng dengan kombinasi beberapa bahan. Yuk, kita tengok.

1. Resep Sambal Goreng Ati Ampela

resep sambal goreng ati ampela

Foto: resep.titikdua.net

Sambal goreng ati ampela memang nikmat dimakan bersama ketupat, sayur lodeh, dan rendang.

Untuk itu, yuk simak resep sambel goreng ati ampela berikut, agar momen Lebaran dan menu hidangan Moms semakin lengkap.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Rebus ati ampela hingga matang atau menjadi empuk.
  2. Angkat, tiriskan, potong-potong.
  3. Siapkan minyak panas lalu goreng ati ampela yang telah dipotong-potong.
  4. Blender semua bahan bumbu yang telah disiapkan.
  5. Tumis ati ampela bersama bumbu yang telah halus.
  6. Jangan lupa untuk tambahkan daun jeruk serta santan.
  7. Aduk hingga merata lalu sajikan.

Baca Juga: Dijamin Ketagihan, Ini 5 Variasi Menu Sambal Matah

2. Resep Sambal Goreng Kentang

resep sambel goreng kentang

Foto: cnnindonesia.com

Penggemar kentang pasti sudah tidak asing dengan olahan kentang satu ini, apalagi kalau bukan sambal goreng kentang? Rasanya makan nggak cukup sekali!

Bahan:

  • 500 gram kentang, kupas, potong dadu, goreng hingga matang
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit
  • 9 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Tumis bumbu hingga harum dan matang.
  3. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas yang telah dimemarkan.
  4. Masukkan kentang yang sudah digoreng hingga matang.
  5. Aduk rata semua bahan dan bumbu lalu tambahkan kecap manis.
  6. Masak selama 10 menit hingga matang dan bumbu meresap dengan baik.

3. Resep Sambal Goreng Krecek

resep sambal goreng krecek

Foto: sajiansedap.grid.id

Siapa yang nggak tahu sambal goreng krecek yang terkenal itu? Jika Moms sering berkunjung ke Yogyakarta, pasti tidak asing dengan menu satu ini.

Tapi kita tidak perlu jauh-jauh ke Jogjakarta untuk mencicipinya kok, cukup buat sendiri saja di rumah juga bisa.

Baca Juga: Makan Makanan Pedas saat Hamil, Amankah?

Bahan:

  • 100 g kacang tolo, rebus hingga empuk
  • 100 g kerupuk kulit, rendam hingga lunak, tiriskan
  • 100 g tempe, potong 1x1 cm
  • 100 g udang kupas ukuran kecil
  • 1 L santan kental dari butir kelapa parut
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 buah batang serai, memarkan

Bumbu halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm kencur
  • 1 ½ sdt garam
  • 1 sdt gula

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak di atas wajan. Gunakan api sedang. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum.
  2. Tambahkan jahe, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan batang serai. Aduk kembali hingga rata.
  3. Masukkan santan, kacang tolo, dan kerupuk kulit. Masak hingga matang. Angkat. Sajikan.

4. Resep Sambal Goreng Terasi

resep sambel goreng

Foto: tribunnews.com

Sambal goreng terasi juga menjadi salah satu varian sambal yang banyak sekali peminatnya. Rasa pedas yang nikmat bercampur dengan gurihnya terasi, nikmatnya bikin kita jadi laper ya Moms. Apalagi jika dimakan dengan tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng plus lalapan mentah. Langsung buat aja deh, yuk!

Bahan:

  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 2 buah cabai hijau besar, dipotong
  • 8 buah cabai merah keriting, dipotong
  • 5 buah cabai rawit merah, dipotong
  • 2 butir bawang merah, dipotong
  • 5 siung bawang putih, iris, goreng
  • 2 sdt terasi goreng
  • 1 buah tomat, belah menjadi 2
  • 3/4 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 4 sdm minyak untuk menggoreng

Baca Juga: Masak Setengah Jam dengan Resep Daging Sapi Cabai Hijau yang Lezat

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak. Goreng cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, terasi, dan tomat, angkat.
  2. Uleg halus cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, dan sereh.
  3. Masukkan garam dan gula merah, uleg halus.
  4. Tambahkan tomat. Uleg asal rata.

5. Resep Sambal Goreng Cumi

resep sambel goreng

Foto: Instagram/@yendaniel

Cumi yang kenyal dipadukan dengan sambal goreng yang pedas, dijamin makan nggak cukup cuma satu kali, pasti Moms jadi ingin nambah berkali-kali. Yuk, disimak resepnya berikut ini.

Bahan:

  • 300 gr cumi asin, cuci bersih
  • 1 sdm gula merah
  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah ukuran sedang
  • Garam dan gula secukupnya

Bumbu:

  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan

Cara membuat:

  1. Rebus sebentar cumi untuk mengurangi rasa asin dan amisnya. Tiriskan, jika besar, potong-potong terlebih dahulu.
  2. Goreng bahan sambal, haluskan. Tumis lagi sebentar, masukkan cumi, gula merah, serai dan lengkuas serta sedikit air.
  3. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak hingga mendidih dan air sambal menyusut. Jika sudah mengental, angkat.

6. Resep Sambal Goreng Petai

resep sambal goreng petai

Foto: yummy.co.id

Bagi para pecinta petai, sambal goreng petai wajib banget nih dicobain. Makan dengan nasi hangat saja juga sudah nikmat, lho!

Bahan:

  • 3 batang pete, kupas
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah besar
  • 8 siung bawang merah
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm terasi, goreng
  • 1 buah tomat merah sedang
  • Air secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Baca Juga: Ini Takaran Garam per Hari yang Direkomendasikan Ahli

Bumbu:

  • 1 batang serai
  • 1 ruas lengkuas
  • 5 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya

Cara membuat:

  1. Goreng petai hingga matang, sisihkan.
  2. Ulek halus atau blender bumbu hingga hancur. Tumis bumbu halus sambal hingga wangi, masukkan bumbu utuh, tumis hingga bumbu agak mengental.
  3. Masukkan petai, gula merah, dan garam secukupnya. Coba rasanya.
  4. Masak hingga sambal hingga mengental, lalu sajikan.

Itu dia Moms berbagai olahan sambal goreng yang bisa Moms coba buat di rumah. Kira-kira Moms mau masak yang mana dulu nih? Selamat memasak!

Artikel Terkait