Resep

14 April 2021

3 Resep Sukun Goreng yang Gurih, Lezat, dan Crispy!

Simak resep sukun goreng yang mudah dibuat pemula ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sebenarnya, tidak hanya dibuat menjadi sukun goreng. Buah sukun yang bernama latin artocarpus altilis yang sekilas mirip dengan buah nangka ini juga enak dikukus, dipanggang, atau dibuat sebagai campuran kolak.

Apalagi jika buah sukun yang memiliki daging buah putih, empuk, gurih, dan manis ini disajikan selagi hangat.

Psst…tahukah Moms, bahwa buah sukun juga memiliki komposisi gizi relatif tinggi? Dilansir dari laman verywellfit.com, buah sukun memiliki kandungan karbohidrat kompleks, serat, protein, dan air.

Tak hanya itu saja, buah sukun juga memiliki kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, zinc, fosfor, dan kalsium. Selain itu, buah sukun juga mengandung beta karoten, folat, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan (flavonoid dan polifenol)

“Dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lain seperti beras dan kentang, buah sukun mengandung mineral dan vitamin lebih banyak dan lengkap,. Meski demikian, nilai kalorinya jauh lebih rendah. Cocok untuk makanan diet,” jelas Heather Livinstone, M.Sc.

Baca juga: 16 Manfaat Buah Sukun, Moms Perlu Tahu!

Manfaat Sukun bagi Kesehatan

buah sukun.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Berbagai kandungan dan nutrisi sukun di atas membuat sukun menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak percaya? Inilah manfaat sukun bagi kesehatan.

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan di dalam buah sukun dapat membantu mencegah pembentukan sumbatan, aterosklerosis pada pembuluh darah jantung, mengurangi kolesterol, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu saja, buah sukun pun kaya akan serat. Serat sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Meski demikian, cara pengolahan buah sukun pun perlu diperhatikan. Moms disarankan untuk mengolah buah sukun dengan cara dikukus untuk kesehatan.

2. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Biotechnology and Applied Biochemistry menyatakan bahwa buah sukun memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Kandungan ini tidak hanya terdapat pada buah sukun, namun juga pada ekstrak kulitnya. Itulah sebabnya, sukun seringkali diandalkan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga imunitas tubuh lebih terjaga.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kulit Wanita

3. Membantu Mengatasi Peradangan

Radang merupakan reaksi tubuh ketika terpapar oleh zat oksidatif. Penelitian yang dilakukan oleh Current Medicinal Chemistry menyatakan bahwa buah sukun mengandung fenolat yang dapat membantu menghambat sitokin, zat penyebab radang.

Begini Cara Benar Memilih Buah Sukun

kandungan buah sukun

Photo: Orami Photo Stock

Buah sukun bisa diolah dengan berbagai cara yaitu digoreng, dipanggang, hingga dikukus. Meski demikian, sama seperti buah lainnya, buah sukun memiliki nilai gizi yang maksimal ketika sudah dalam keadaan matang.

Nah, memilih buah sukun yang sudah matang tidaklah mudah. Namun, Hawaii Department of Agriculture memberikan beberapa tips untuk memilih buah sukun yang baik, yaitu:

Baca juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

1. Perhatikan Kulit Buah Sukun

Kulit buah sukun yang masih mentah berwarna hijau terang. Sedangkan kulit buah sukun berwarna hijau kekuningan menyatakan buah sukun sudah dalam keadaan matang.

Sukun juga memiliki celah pada tekstur kulitnya. Pada sukun yang sudah matang, celah pada tekstur kulit sukun akan membentuk gars yang gelap dan berkerak.

Selain itu, Moms juga bisa memastikan buah sukun yang matang dari tesktur kulitnya. Kulit sukun yang matang memiliki tekstur yang halus dan datang. Tidak lagi menonjol dan terasa tajam.

2. Perhatikan Getah pada Buah Sukun

Pada buah sukun yang matang, batang buah sukun yang berwarna hijau gelap akan berubah menjadi hijau kekuningan.

Moms juga bisa memastikan buah sukun matang lewat retakan kulit sukun yang mengeluarkan getah. Semakin banyak getah yang keluar dari kulit sukun, artinya buah sukun itu sudah sangat matang dan siap diolah.

3. Perhatikan Daging Buahnya

Buah sukun memang cenderung bergetah. Itulah sebabnya Moms perlu memilih buah sukun yang matang agar getahnya sudah keluar dari kerak kulit sukun.

Daging buah sukun yang masih memiliki banyak getah cenderung meningkatkan risiko alergi getah atau dikenal sebagai colophony allergy.

Salah satu cara terakhir memastikan buah sukun matang adalah dengan memastikan daging buah sukun yang berada di bawah kulit berwarna putih krem. Tidak ada nuansa kehijauan sama sekali.

Baca juga: 7+ Resep Es Buah Segar, Cocok jadi Santapan di Hari yang Panas

Resep Sukun Goreng Paling Enak

Cara paling mudah dan paling sehat untuk mengolah buah sukun adalah dengan mengukus dan memanggang. Meski demikian, tak adalah salahnya untuk memanjakan lidah keluarga dengan membuat sukun goreng.

Agar bisa sukses diminati dan tidak habis tersisa di meja makan, simak 3 resep sukun goreng andalan Orami ini:

1. Sukun Goreng Crispy

sukun goreng crispy

Photo: Cookpad.com

Bahan

  • 1 buah Sukun
  • 100ml Air
  • 100gr Tepung terigu

Bumbu halus:

  • 7 siung Bawang putih
  • 1sdm Ketumbar bubuk
  • ½sdt Kunyit bubuk
  • ½sdt Gula
  • ½sdt Garam

Baca juga: Resep Gurame Bumbu Oranye untuk Berbuka Puasa dengan Keluarga

Cara membuat:

  1. Cuci sukun sebelum dikupas agar getah di kulitnya hilang. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar getah sukun tidak menempel di tangan Moms.
  2. Kupas seluruh kulit sukun. Cuci kembali sukun yang telah dikupas.
  3. Belah sukun dan potong tipis-tipis. Kurang lebih 2cm. Cuci kembali sukun hingga getahnya benar-benar hilang.
  4. Campurkan seluruh bumbu halus dengan 100 ml air. Marinasi seluruh sukun dengan bumbu halus tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  5. Masukkan tepung terigu ke dalam campuran marinasi. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Sementara itu, Moms bisa memanaskan minyak di wajan.
  6. Goreng sukun dalam minyak panas hingga matang dan bewarna keemasan. Jangan “ganggu” sukun goreng pada saat ini dengan cara membolak-balik sukun ya, Moms!
  7. Biarkan sukun goreng matang pada satu sisi. Kemudian balik sukun goreng. Diamkan kembali hingga benar-benar matang. Angkat dan tiriskan.
  8. Sajikan sukun goreng selagi hangat.

2. Sukun Goreng Nangka Manis

Bahan:

  • ½ buah Sukun
  • 3sdm Tepung terigu
  • 1sdm Gula pasir
  • 1/2sdt Garam
  • 10 buah Nangka matang. Iris tipis
  • 60ml Air matang

Cara membuat:

  1. Setelah sukun dikupas, cuci sukun hingga getahnya hilang. Lalu rebus sukun setengah matang, kurang lebih 15 menit. Potong sukun tipis-tipis sesuai selera.
  2. Dalam wadah, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan air. Aduh hingga tercampur sempurna. Masukkan irisan nangka.
  3. Masukkan sukun yang sudah diiris tipis ke dalam adonan. Diamkan sejenak selama kurang lebih 5 menit. Sementara ini, panaskan minyak dalam wajan. Gunakan minyak bersih (bukan minyak bekas menggoreng makanan lain) ya, Moms!
  4. Goreng sukun dalam hingga matang dan berwarna keemasan.
  5. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.
  6. Psst…Moms juga bisa menyandingkan sukun goreng nangka manis ini dengan gula merah leleh sebagai cocolan. Nyam!

Baca juga:5 Cara Membuat Kegiatan Memasak Bersama Anak Lebih Menyenangkan

3. Sukun Goreng Gula Merah

Bahan:

  • 1 buah Sukun
  • 3 butir Gula merah
  • 4sdm Air putih
  • 1/2sdt Garam

Cara membuat:

  1. Cuci sukun sebelum dikupas agar getah di kulitnya hilang. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar getah sukun tidak menempel di tangan. Moms juga bisa melumuri seluruh telapak tangan dengan minyak goreng saat menguliti sukun.
  2. Kupas seluruh kulit sukun. Cuci kembali sukun yang telah dikupas. Potong kecil- kecil, kira-kira 5cm
  3. Rebus sukun dalam air garam hingga empuk. Tiriskan.
  4. Goreng seluruh sukun yang telah direbus tadi hingga keemasan. Gunakan api kecil saat menggoreng sukun ya, Moms
  5. Lelehkan gula merah bersama air putih. Biarkan gula larut dan setengah mengental.
  6. Masukkan sukun yang telah digoreng ke dalam lelehan gula merah. Aduk seluruh sukun dengan gula merah hingga tercampur sempurna.
  7. Sajikan selagi hangat. Lebih nikmat jika ditemani dengan secangkir teh tawar hangat.

Itu dia Moms informasi mengenai sukun goreng. Tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah?

  • https://www.verywellfit.com/breadfruit-nutrition-facts-calories-carbs-and-health-benefits-4773017
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25649443/
  • https://www.eurekaselect.com/154870/article
  • https://hdoa.hawaii.gov/add/files/2014/05/Breadfruit_Production_Guide_web_edition.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait