Resep

12 September 2021

3 Resep Tape Ketan yang Legit dan Segar, Yuk Coba!

Ada beragam cita rasa tape ketan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi pecinta makanan tradisional yang manis, pasti kenal dengan makanan yang satu ini, tape ketan. Makanan ini lebih enak dimakan saat dingin, apalagi ditambahkan menjadi topping di atas es krim, akan menjadi perpaduan menyegarkan saat dimakan di siang hari. Seperti apa yang resep tape ketan jika ingin membuatnya sendiri?

Tape ketan juga bisa dengan mudah di temui di beberapa tempat. Meski memiliki perbedaan dalam pengemasan, rasa khas dalam tape ketan akan tetap terasa manis dan menyegarkan. Jika ingin membuatnya di rumah, Moms bisa mencoba resep tape ketan telah dirangkum dari beberapa sumber ini.

Baca Juga: 8 Pemanis Alami yang Aman Untuk Persiapan Kehamilan

1. Resep Tape Ketan Hitam

Resep Tape Ketan -1.jpg

Foto: Cookpad/@NurulIsmayanti

Resep tape ketan hitam ini cocok untuk pemula yang berlum pernah membuat tape ketan sebelumnya. Bahan-bana yang dibutuhkan mudah dicari dan caranya juga mudah dilakukan.

Bahan-bahan:

  • 1 liter beras ketan hitam
  • 1 1/2 btr ragi tape
  • Gula pasir, secukupnya
  • Daun pisang, secukupnya
  • Air panas, secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ketan lalu rendam sekitar 2-3. Setelah itu kukus selama 20-25 menit.
  2. Kukus hingga menjadi ketan aron, lalu masukkan air panas secukupnya hingga menyusut sambil tetap diaduk.
  3. Kukus lagi hingga matang dan harum. Jika teksturnya sudah lembek dan menempel, ini tandanya tape ketan sudah matang.
  4. Alasi wadah yang sudah kering dan bersih dengan daun pisang, kemudian tata tape ketan di dalamnya. Angin-anginkan sebentar hingga dingin.
  5. Di wadah lain, campurkan gerusan ragi dan gula pasir.
  6. Setelah ketan benar-benar dingin, taburi dengan campuran ragi dan gula tadi hingga rata.
  7. Tutup wadah dan diamkan selama 2-3 hari untuk proses fermentasi. Wadah ketan jangan terlalu sering dibuka tutup agar fermentasinya berhasil
  8. Tape ketan yang berhasil adalah tape yang berair dan rasanya manis.
  9. Resep tape ketan hitam selasai. Bisa langsung dikonsumsi atau masukkan kembali ke dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas agar rasanya semakin manis.

Baca Juga: Manis Lembutnya Resep Puding Karamel yang Pasti Si Kecil Suka

2. Resep Tape Ketan Hijau

Resep Tape Ketan -2.jpg

Foto: Emmabloq.web.app

Ini adalah variasi resep tape ketan lainnya. Warnanya yang hijau dan manis saat matang dapat menjadi camilan siang yang menyegarkan.

Bahan-bahan:

  • 1 kg beras ketan putih
  • 3 btr ragi tape
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt pasta pandan

Cara Membuat:

  • Cuci bersih beras ketan hingga kesat kemudian rendam minimal 2 jam. Masukkan pasta pandan, aduk, dan rendam kembali. Tiriskan dan sisihkan.
  • Rebus air dalam kukusan hingga mendidih, lalu masukkan ketan yang telah direndam sebelumnya. Kukus kurang lebih 15 menit atau setengah matang.
  • Didihkan air, lalu setelah mendidih siramkan di atas kukusan tape hingga rata atau menutupi ketan. Tutup lagi dan tunggu sampai benar-benar matang kurang lebih 5 sampai 10 menit.
  • Setelah terlihat matang yaitu lembek, angkat dan ratakan di wadah plastik agar tidak lengket. Tunggu hingga benar-benar dingin.
  • Gerus ragi tape hingga halus kemudian taburkan di atas ketan yang sudah dingin bersama dengan gula pasir. Aduk hingga rata menggunakan alat seperti centong atau tangan yang dibungkus plastik.
  • Setelah merata, masukkan ke dalam cup atau bungkus dengan daun pisang sedikit demi sedikit.
  • Tutup rapat dan simpan ke dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Tunggu sekitar 2-3 hari, kemudian keluarkan dari wadah dan simpan di dalam kulkas.
  • Resep tape ketan hijau selesai. Nikmati selagi dingin lebih enak.

Baca Juga: 4 Dampak Bagi Kesehatan Anak Jika Mengonsumsi Susu Kental Manis

3. Resep Tape Ketan Merah Putih

Resep Tape Ketan -3.jpg

Foto: Cookpad.com/@JEdeBloom

Sebagai jajanan favorit keluarga, tape ketan bisa divariasikan dengan melihat berbagai resep lainnya. Salah satunya adalah resep tape ketan merah putih ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gr beras ketan putih kualitas bagus
  • 2 keping ragi tape, haluskan
  • 2 sdt gula pasir
  • 250-300 ml air mendidih
  • Pewarna kue merah

Cara Membuat:

  1. Rendam tape ketan sekitar 6-8 jam, kemudian tiriskan.
  2. Sambil menunggu ketan, didihkan air. Bagi air menjadi dua bagian, salah satunya dicampurkan dengan pewarna kue merah dan jaga agar tetap panas.
  3. Setelah ditiriskan, bagi ketan menjadi 2 bagian. Satu bagian diberi air putih saja dan satu bagian lagi diberi air yang sudah diberi pewarna kue merah. Kemudian aduk rata dan biarkan sekitar 15-20 menit.
  4. Kukus ketan berdampingan selama 25-30 menit hingga matang.
  5. Setelah matang, tuang ketan di dalam nampan, dan biarkan dingin.
  6. Jika sudah benar-benar dingin, taburkan ragi dan gula pasir di atasnya, aduk merata.
  7. Masukkan ketan ke dalam wadah atau kantong plastik, tutup rapat. Biarkan selama 2 x 24 jam dalam tempat tertutup dan kedap udara.
  8. Selama proses fermentasi, bungkus ketan jangan sampai dibuka hingga ketan matang dan menjadi tape.
  9. Resep tape ketan selesai. Selamat mencoba.

Manfaat Ragi untuk Kesehatan

ragi kering.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ragi telah memainkan peran penting dalam makanan selama ribuan tahun. Jamur ini merupakan bahan penting untuk roti dan berbagai makanan lainnya, termasuk tape ketan ini. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang mulai mengonsumsi jenis ragi tertentu yang disebut ragi gizi,

Ragi gizi nutrisi tidak mengandung susu dan dapat menjadi suplemen yang berguna bagi penderita alergi makanan. Ragi nutrisi mirip dengan ragi yang digunakan saat memanggang, tetapi ragi ini mengalami proses pemanasan dan pengeringan yang membuatnya tidak aktif.

Ragi gizi juga bebas dari susu dan biasanya bebas gluten. Jadi, ragi ini bisa menjadi suplemen yang berguna bagi orang yang memiliki alergi atau kepekaan makanan, serta orang yang menjalani diet terbatas. Ini juga rendah lemak dan tidak mengandung gula atau kedelai.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), ragi gizi adalah sumber vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi yang sangat baik. Ini juga mengandung vitamin B-3, kalium, kalsium, dan zat besi.

Karena kandungan nutrisinya, ragi gizi mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Meningkatkan energi. Vitamin B-12 dalam ragi dapat membantu meningkatkan energi, karena kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan., menurut National Institutes of Health .
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh. Penelitian Nutrients telah menunjukkan bahwa S. cerevisiae, jenis jamur dalam ragi gizi dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan akibat infeksi bakteri. Ini juga dapat membantu mengobati diare.
  • Meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ragi nutrisi dapat mengatasi masalah kuku yang rapuh dan rambut rontok. Ini juga dapat membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki masalah kulit umum, terutama pada masa remaja.
  • Mendukung kehamilan yang sehat. Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan mengonsumsi harus 400-800 mcg asam folat sehari untuk mencegah kelainan bawaan dan mendukung pertumbuhan janin. Folat ini juga terkandung dalam ragi gizi. Beberapa merek ragi nutrisi mungkin mengandung lebih dari satu porsi standar asam folat.

Membayangkannya saja sudah menyegarkan bukan, Moms? Segera eksekusi resep tape ketan ini, selain enak juga bisa memangkan pengeluaran untuk camilan. Hemat kan?

  • https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/45360902?fgcd=&manu=&format=&count=&max=25&offset=&sort=default%E2%84%B4=asc&qlookup=LARGE+FLAKE+NUTRITIONAL+YEAST%2C+UPC%3A+039978025463&ds=&qt=&qp=&qa=&qn=&q=&ing
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-HealthProfessional/
  • Cookpad.com/@JEdeBloom
  • Cookpad.com/@NurulIsmayanti

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait