Jalan-jalan

29 Oktober 2021

Yuk, Coba 8 Restoran Vegetarian yang Lezat dan Murah Ini!

Tak kalah enak dari restoran biasa, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms bingung jika harus menyiapkan menu sehat dan lezat ala menu vegetarian? Saat ini sudah semakin banyak restoran vegetarian yang tidak kalah enak dari restoran biasa lho.

Meski menu-menu yang disajikan berbahan dasar non daging, tampilan bahkan rasanya pun tak kalah dengan panganan berbahan dasar daging.

Vegetarian merupakan salah satu gaya hidup yang dilakukan beberapa orang dengan alasan tertentu.

Ada yang dengan alasan ingin menurunkan berat badan, ada pula yang memang memutuskan menjadi vegetarian karena satu kepercayaan, dan ada pula yang hanya ingin menjalani pola hidup sehat.

Apapun alasannya, menjadi menjalan vegetarian tentu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian ilmiah Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa, salah satu manfaat menjadi vegetarian dapat menghindari tubuh dari terserang penyakit kronis, seperti gangguan pankreas, kanker rahim, kanker usus, sampai kanker payudara.

Saat ini sudah banyak yang menerapkan gaya hidup sehat vegetarian, sehingga mulai munculnya restoran vegetarian. Tidak sesulit dulu, kini menu vegan bisa diperoleh dengan mudah di berbagai rumah makan.

Yuk simak rekomendasi restoran vegetarian di bawah ini.

Baca Juga: Apakah Softlens Kering Masih bisa Dipakai Kembali? Simak Penjelasannya!

Rekomendasi Restoran Vegetarian

Rekomendasi restoran vegetarian ini bisa dikunjungi bagi Moms yang mau hidup sehat. Ada beragam olahan nabati enak dengan tampilan menggugah selera!

Berikut ini rekomendasi restoran vegetarian yang bisa Moms kunjungi:

1. Burgreens

burgreens

Foto: instagram.com/burgreens

Ingin menyantap burger tanpa rasa bersalah? Moms bisa mencoba burger dari Burgreens di Rempoa. Menu burger-nya pun bervariasi mulai dari jamur, chick pea, atau bean.

Tak hanya itu, kita pun bebas memilih roti yang ingin dimakan. Masih kurang? Moms bisa memilih side dish di antara keripik ubi atau mashed potato kembang kol. Restoran ini juga menyediakan es krim dairy free yang tak kalah lezat.

Di menu Burgreens juga Moms akan mendapatkan beberapa varian minuman sehat, seperti superfood smoothies dan plant-based shakes. Semua smoothies ini memiliki kalori yang tak lebih dari 220 kalori dengan harga sekitar 50 ribu saja.

Burgreens sekarang sudah menjadi restoran sekaligus catering nabati sehat dan organik pertama di Jakarta. Ditambah lagi, Burgreens berbasis komunitas untuk menghubungkan petani lokal, aktivis hidup sehat, dan pelanggan yang sadar untuk mengkonsumsi makanan nabati.

Lokasi: Pacific Place LG #18, Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.5, RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, 15412.

2. Loving Hut

loving hut

Foto: instagram.com/nonaseptiana

Loving Hut juga menghadirkan olahan makanan tanpa daging.

Menu yang menjadi favorit adalah sop betawi namun tanpa menggunakan daging sama sekali. Meski begitu, rasa soto yang disajikan tetap creamy dan gurih.

Restoran vegetarian ini juga menyajikan sederet menu mulai dari Indonesian Style, seperti Nasi Lemak, Nasi Goreng, Nasi Bali Risjtafel, Crispy. Joy, Jakarta Golden Soup, kemudian Japanese Style seperti Seven Seas Delight, Thailand Style. Tom Yam soup, Thai Fragrant, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Jatinegara Timur 2 No. 9, Jatinegara, Jakarta.

Baca Juga: 6 Penyebab Bentol Berair pada Kulit Bayi dan Cara Mengatasinya, Catat!

3. VMAD Vegetarian Madness

vmad

Foto: instagram.com/jenzcorner

Restoran vegetarian ini menyajikan makanan dengan citarasa India.

Moms bisa mencicipi nasi briyani tanpa takut terhadap daging kambing. Ada juga menu spesial, kurry kentang yang kental lengkap disajikan bersama dengan roti.

Salah satu menu andalan VMAD Vegetarian Madness adalah, Masala Pappad. Menu ini merupakan Crackers Pedas India yang di atasnya menggunakan topping tomat, bubuk cabe, dan bawang. Rasanya enak dan gurih!

Lokasi: Sarinah Building Lantai Ground, Jalan M.H. Thamrin No.11, Menteng, RT.8/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

4. SNCTRY

snctry

Foto: instagram.com/snctry

Jika ingin menikmati Healthy Bowl, Moms bisa menyambangi SNCTRY di Dharmawangsa.

Dalam satu mangkuk healthy bowl ini, Moms akan mendapatkan granola, yogurt, spirulina, dan aneka buah segar. Tak hanya itu, green meal-nya pun tak kalah lezat seperti sayuran hijau segar yang disiram dengan yogurt feta dressing.

Menu ini dibanderol dengan harga Rp75 ribu per porsi. Walaupun terdiri dari buah-buahan sehat, tapi rasanya tidak menyiksa sama sekali, dan sangat menyegarkan. 

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio No.3-5 lotte shopping avenue, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Batuk pada Anak yang Alami, Salah Satunya dengan Jus Lemon!

5. Dharma Kitchen

dharma kitchen

Foto: instagram.com/lyn_evlyn

Restoran yang sudah ada sejak 20 tahun lalu ini mendedikasikan diri terhadap penikmat kuliner vegan.

Bagaimana tidak, hampir seluruh menu di restoran ini merupakan menu modifikasi khusus. Rendang, ayam cabe rawit, juga ikan Szechuan bisa Moms nikmati tanpa rasa bersalah karena seluruhnya dibuat dari bahan ramah vegetarian seperti tepung konyaku, jamur, dan soya.

Semua bahan utama restoran vegetarian ini adalah makanan nabati seperti jamur hingga menghasilkan daging imitasi.

Lokasi: Jl. Pluit Kencana No.124, RT.10/RW.7, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

6. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

resto vege Bandung.jpg

Foto: instagram.com/kokokuliner

Bagi Moms yang tinggal atau sedang berkunjung ke Bandung, tak ada salahnya mengunjungi restoran vegetarian ini. Walaupun namanya nyeleneh, makanan di sini enak-enak dan tentunya sangat sehat, lho.

Restoran vegetarian ini memang menyasar kaum vegetarian. Makanannya tidak hanya salad atau buah-buahan saja, tapi ada spaghetti, kwetiau, nasi liwet, bala-bala, dan masih banyak lagi.

Semua masakan di Resto Kehidupan ini dimasak tanpa MSG, bawang, santan, dan tentunya daging sama sekali. Jika ada menu "daging" di sini, dimasakannya pun tidak benar-benar dibuat dari daging.

Resto Kehidupan menggunakan jamur sebagai pengganti daging. Sebuah penelitian Journal Appetite menunjukkan bahwa, jamur dapat memberikan efek mengenyangkan yang serupa dengan daging ketika kadar proteinnya seimbang.

Sayur-sayuran yang digunakan restoran vegetarian ini pun terbebas dari pestisida.

Lokasi: Jl. Pajajaran No.63, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

Baca Juga: 3 Pertolongan Pertama pada Bayi Jatuh dari Tempat Tidur dan Cara Mencegahnya

7. Mom's Bakery

Mom's Bakery.jpg

Foto: instagram.com/greensandbeans.id

Moms pernah mendengar ada sebuah toko roti di Bandung yang menunya sehat-sehat dan Instagram-able banget? Tempat makan vegetarian di Bandung ini bernama Mom's Bakery.

Tempat ini memiliki slogan menyediakan produk bakery yang lebih sehat dan natural.

Mom's Bakery menyediakan aneka produk roti dan kue rendah kalori, sehingga aman buat penderita diabetes dan yang sedang diet.

Toko bakery ini sudah berdiri selama 15 tahun lamanya, dan selama itu pula Mom's Bakery selalu mempertahankan kualitas bahan utamanya.

Mereka selalu menggunakan tepung whole wheat, kacang-kacangan, dan sayuran tanpa menggunakan ragi sedikitpun. Moms bisa membawa pulang roti dan kue atau bisa makan di sana langsung.

Lokasi: Jl. Progo No.18, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

8. iVegan Pizza

iVegan Pizza.jpg

Foto: instagram.com/iveganpizza

Selama ini pizza identik dengan daging, dan bahan-bahan dari produk hewani seperti keju.

Nah, bagaimana jika bahan-bahan tersebut diganti khusus vegetarian? Kalau penasaran, Moms perlu coba menu khas Italia itu dari iVegan Pizza.

Bahan-bahannya pun disebut bebas dari produk hewani. Restoran vegetarian ini mencontohkan keju dari susu sapi diganti dengan keju dari kacang kedelai.

Lalu pengganti daging juga digunakan bahan seperti jamur, dan bahan-bahan buah seperti nanas untuk menambah sensasi rasa segar.

Menariknya pula, pizza vegetarian yang terdiri dari 12 topping ini tidak mengingatkan rasa pizza topping daging pada umumnya.

Di sana Moms juga bisa menikmati menu lain, seperti spaghetti hingga dessert vegetarian.

Lokasi: Ruko Paramount DotCom, Blok B No. 17. Jl. Gading Serpong Boulevard, Gading Serpong, Tangerang.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Mual saat Hamil, Bye Morning Sickness!

Nah itu dia Moms rekomendasi restoran vegetarian yang bisa dikunjungi. Ternyata makanan vegan tak melulu soal sayur hijau nih. Moms mau mencoba yang mana?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC526387/
  • https://www.researchgate.net/publication/256929998_Positive_effect_of_mushrooms_substituted_for_meat_on_body_weight_body_composition_and_health_parameters_A_1-year_randomized_clinical_trial
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait